Yesus tidak berkuasa memilih sodara untuk menjadi kawanan dombanya?

Yoh. 6:39 Dan Inilah kehendak Dia yang telah mengutus Aku, yaitu supaya dari semua yang telah diberikan-Nya kepada-Ku jangan ada yang hilang, tetapi supaya Kubangkitkan pada akhir zaman.

Berdasarkan pernyataan Yesus di atas, kita tahu bahwa Ia tidak berkuasa untuk memilih sodara menjadi domba gembalaan-Nya.

Bagaimana tanggapan sodara???

Salam,

Syalom saudaraku …

ijinkan saya mengoreksi …
Pemahaman saudara bertentangan dengan ayat tersebut …

Perjanjian Baru : Lukas : 6
6:13 Ketika hari siang, Ia memanggil murid-murid-Nya kepada-Nya, lalu memilih dari antara mereka dua belas orang, yang disebut-Nya rasul:

Perjanjian Baru : Yohanes : 6
6:70 Jawab Yesus kepada mereka: “Bukankah Aku sendiri yang telah memilih kamu yang dua belas ini? Namun seorang di antaramu adalah Iblis.”

Perjanjian Baru : Yohanes : 15
15:16 Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.

Perjanjian Baru : Yohanes : 15
15:19 Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu.

Setelah Bapa memberikan semua kepada Yesus maka Yesuslah yang memilih dombanya… perhatikanlah kisah seseorang pada kitab nabi Yehezkiel :
Yehezkiel…
9:2 Lihat, enam orang laki-laki datang dari jurusan pintu gerbang Atas, yang menghadap ke utara, masing-masing dengan alat pemukul di tangannya. Dan satu orang di antara mereka berpakaian lenan dan di sisinya terdapat suatu alat penulis. Mereka ini masuk dan berdiri di samping mezbah tembaga.9:3 Pada saat itu kemuliaan Allah Israel sudah terangkat dari atas kerub, tempatnya semula, ke atas ambang pintu Bait Suci dan Dia memanggil orang yang berpakaian lenan dan yang mempunyai alat penulis di sisinya.
9:4 Firman TUHAN kepadanya: "Berjalanlah dari tengah-tengah kota, yaitu Yerusalem dan tulislah huruf T pada dahi orang-orang yang berkeluh kesah karena segala perbuatan-perbuatan keji yang dilakukan di sana."9:5 Dan kepada yang lain-lain aku mendengar Dia berfirman: "Ikutilah dia dari belakang melalui kota itu dan pukullah sampai mati! Janganlah merasa sayang dan jangan kenal belas kasihan.
9:11 Lihat, orang yang berpakaian lenan itu dan yang mempunyai alat penulis di sisinya memberikan laporan, katanya: “Aku sudah kerjakan seperti Engkau perintahkan kepadaku.”

Dari ayat diatas TUHAN berfirman kepada orang yang berpakaian lenan yang memiliki alat tulis disampingnya untuk menulis huruf T pada dahi orang2 benar dan TUHAN tidak berkata bahwa si A ato si B karena Orang yang berpakaian Lenan tersebut tahu yang mana domba dan yang mana kambing. dan setelah melaksanakan tugas yang diperintahkan TUHAN orang itu berkata [color=red][b]“Aku sudah kerjakan seperti Engkau perintahkan kepadaku.”

maaf bila kurang berkenan …

Syalom saudaraku

Kuasa Inti ada di tangan Bapa, tetapi kuasa Itu/roh kudus diberikan kepada Anak.

Joh 6:44 Tidak seorang pun dapat datang kepada-Ku, jika Bapa yang telah mengutus Aku tidak menarik dia, dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman.
Joh 6:45 Hal itu telah tertulis di dalam kitab para nabi: Dan mereka semuanya akan diajari mengenai YAHWEH; karena itu setiap orang yang mendengarkan dan belajar dari Bapa, dia datang kepada-Ku.

Joh 12:32 Dan, jika Aku ditinggikan dari dunia ini, maka Aku akan menarik semua orang kepada-Ku.”

Maaf sodara @L.O.T
Yang saya bicarakan disini adalah mengenai sodara dan saya –bukan mengenai orang2 yang hidup pada masa Yesus– yang memang –pada saat waktu itu– Yesus berkuasa menentukan siapa-siapa orangnya yang akan menjadi murid-muridnya; Tetapi, jika pengertian seperti itu tetap sodara bawa hingga hari ini maka pernyataan Yesus di Yoh.6:39 mengatakan: “…yang telah diberikan-Nya kepada-Ku” itu menjadi tidak benar… apakah begitu pengertiannya bro? :slight_smile:

Salam,

memang saudara dan saya tidak dapat menilai apakah saudara dan saya dipilih atau tidak, dan itulah yang diinginkan kuasa kegelapan supaya dalam keyakinan kita ada keragu2an yang selalu mempertanyakan :

“Apakah, dapatkah, bisakah Yesus berkuasa memilih Muridnya saat ini?”

jawabannya “Berkuasa”


8:5 apakah manusia, sehingga Engkau mengingatnya? Apakah anak manusia, sehingga Engkau mengindahkannya?
8:6 Namun Engkau telah membuatnya hampir sama seperti Allah, dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat.
8:7 Engkau membuat dia berkuasa atas buatan tangan-Mu; segala-galanya telah Kauletakkan di bawah kakinya:


10:14 Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku
10:15 sama seperti Bapa mengenal Aku dan Aku mengenal Bapa, dan Aku memberikan nyawa-Ku bagi domba-domba-Ku.
10:16 Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala.
10:17 Bapa mengasihi Aku, oleh karena Aku memberikan nyawa-Ku untuk menerimanya kembali.
10:18 Tidak seorang pun mengambilnya dari pada-Ku, melainkan Aku memberikannya menurut kehendak-Ku sendiri. Aku berkuasa memberikannya dan berkuasa mengambilnya kembali. Inilah tugas yang Kuterima dari Bapa-Ku."
10:24 Maka orang-orang Yahudi mengelilingi Dia dan berkata kepada-Nya: “Berapa lama lagi Engkau membiarkan kami hidup dalam kebimbangan? Jikalau Engkau Mesias, katakanlah terus terang kepada kami.”
10:25 Yesus menjawab mereka: "Aku telah mengatakannya kepada kamu, tetapi kamu tidak percaya; pekerjaan-pekerjaan yang Kulakukan dalam nama Bapa-Ku, itulah yang memberikan kesaksian tentang Aku,
10:26 tetapi kamu tidak percaya, karena kamu tidak termasuk domba-domba-Ku.
10:27 Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku,
10:28 dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorang pun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku.

10:29 Bapa-Ku, yang memberikan mereka kepada-Ku, lebih besar dari pada siapa pun, dan seorang pun tidak dapat merebut mereka dari tangan Bapa.


kiranya berkenan saudaraku …

Syalom

Maaf bro jika pertanyaan saya itu membuat sodara menjadi ragu. :char12:
Tetapi sebenarnya bukan itu tujuan saya.
Saya menyatakan itu dengan tujuan supaya sodara sungguh-sungguh mau belajar mengenalnya secara benar.

Menurut saya sah-sah saja bila sodara berkeyakinan seperti itu, namun sangat disayangkan, jika keyakinan sodara bertolak belakang dengan pernyataan Yesus sendiri.

Yoh. 6:44 Tidak ada seorangpun yang dapat datang kepada-Ku, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus Aku, dan ia akan Kubangkitkan pada akhir zaman.

Salam,