Yesus, seorang Nabi, atau Tuhan ?

@Peninjau: jika Mesias adalah pembawa berita dari Tuhan, apa berarti semua nabi adalah Mesias?

Yohanes 13:13 Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.

Ini perkataan Yesus Kristus sendiri, silahkan cek di Alkitab masing-masing.

Guru => karena mengajar dan yang diajarkan adalah kebenaran dari Firman Tuhan. Dengan demikian Yesus juga seorang Nabi.
Tuhan => berarti dalam diri Yesus ada Keilahian dan Kuasa yang luar biasa sebagai Tuhan.

Ini sudah membuktikan keduanya benar dengan konfirmasi dari Yesus sendiri.

Tidak, pembawa berita bukan juru selamat.

Tepat sekali

Pertanyaan belum terjawab, bagaimana mungkin dibuatkan kesimpulan.

Yang ini setuju.
Masalahnya, banyak perkataan yang bukan berasal dari nabi, tapi diklaim sebagai perkataan nabi.

So…, apa maksud dari “menaruh firman-Ku dalam mulutnya” ?

Ya.

Saya lebih percaya pada pembuktian, baik secara logis maupun fakta.

Pertanyaan saya untuk anda, Apa itu TUHAN ?

SEBUAH RENUNGAN BAGI YANG BERAKAL
Ada formalin dalam sebuah botol,
layakkah saya mengatakan bahwa dalam botol itu adalah formalin, jika saya sendiri tidak pernah tahu apa itu formalin.
Bijaksanakah, jika saya mengakui bahwa dalam botol itu formalin hanya mendengar keterangan dari orang lain yang juga tidak tahu apa apa tentang formalin.

@Peninjau: Anda menjawab ‘ya’. Kalau begitu, pemikiran Anda tidak berlandaskan konteks teologi Yahudi.

Pembuktian logis apa yang anda inginkan?

Dan fakta apa yang anda ingin percayai?

Mengapa anda bertanya “Apa” bukan “Siapa”?

Hanya bagi yang berakal?

Bagaimana yang berhikmat sekaligus beriman?

Formalin adalah formalin dan anda bisa menanyakannya kepada ahli kimia, apa itu benar formalin? Apa jenisnya? Apa kegunaannya? Apa simbol2 kimianya?

Semua tentang formalin bisa anda ketahui dengan sangat pasti walau formalin itu didalam botol

Namun TUHAN itu apa sesuatu yang didalam “botol”?

GBU

Oke pertanyaan pertama gagal disetujui.
Berarti kita perlu menyajikan bukti untuk meyakinkan bahwa nabi yang dibahas di sana adalah YESUS KRISTUS. Bro n sis bisa bantu khan.

Pertanyaan kedua sudah dijawab “setuju” seperti di atas. Berarti apa yang diucapkan oleh nabi tersebut adalah kebenaran yang mutlak.

Kira-kira seperti ini statusnya.

@Hans188: tentang nabi yang akan datang ada di Mat 11:3-6 dan Kis 3:21-26. Semoga membantu.

Kalau apa yang tertulis dalam kitab Ulangan mengenai nabi tersebut bukan Yesus Kristus, lalu menurut Peninjau siapakah nabi tersebut?

Apakah Muhammad, nabi yang dimaksud seperti Musa?

Perjanjian Tuhan (u/ menghindari kata Allah yang diklaim muslim) kepada Abraham tidak akan berpindah kepada keturunan lain selain dari Ishak. Silahkan baca kitab Galatia 4:22-31 maupun Ibrani 11:17-19 - di situ seorang ahli Taurat mengupasnya dengan baik.

Aku kasih salinannya deh biar mudah, (entar gara-gara nggak punya Alkitab jadi ngaco kaya si 4li):

Galatia
4:22 Bukankah ada tertulis, bahwa Abraham mempunyai dua anak, seorang dari perempuan yang menjadi hambanya dan seorang dari perempuan yang merdeka?
4:23 Tetapi anak dari perempuan yang menjadi hambanya itu diperanakkan menurut daging dan anak dari perempuan yang merdeka itu oleh karena janji.
4:24 Ini adalah suatu kiasan. Sebab kedua perempuan itu adalah dua ketentuan Allah: yang satu berasal dari gunung Sinai dan melahirkan anak-anak perhambaan, itulah Hagar–
4:25 Hagar ialah gunung Sinai di tanah Arab–dan ia sama dengan Yerusalem yang sekarang, karena ia hidup dalam perhambaan dengan anak-anaknya.
4:26 Tetapi Yerusalem sorgawi adalah perempuan yang merdeka, dan ialah ibu kita.
4:27 Karena ada tertulis: “Bersukacitalah, hai si mandul yang tidak pernah melahirkan! Bergembira dan bersorak-sorailah, hai engkau yang tidak pernah menderita sakit bersalin! Sebab yang ditinggalkan suaminya akan mempunyai lebih banyak anak dari pada yang bersuami.”
4:28 Dan kamu, saudara-saudara, kamu sama seperti Ishak adalah anak-anak janji.
4:29 Tetapi seperti dahulu, dia, yang diperanakkan menurut daging, menganiaya yang diperanakkan menurut Roh, demikian juga sekarang ini.
4:30 Tetapi apa kata nas Kitab Suci? “Usirlah hamba perempuan itu beserta anaknya, sebab anak hamba perempuan itu tidak akan menjadi ahli waris bersama-sama dengan anak perempuan merdeka itu.”
4:31 Karena itu, saudara-saudara, kita bukanlah anak-anak hamba perempuan, melainkan anak-anak perempuan merdeka.

Ibrani
11:17 Karena iman maka Abraham, tatkala ia dicobai, mempersembahkan Ishak. Ia, yang telah menerima janji itu, rela mempersembahkan anaknya yang tunggal,
11:18 walaupun kepadanya telah dikatakan: “Keturunan yang berasal dari Ishaklah yang akan disebut keturunanmu.”
11:19 Karena ia berpikir, bahwa Allah berkuasa membangkitkan orang-orang sekalipun dari antara orang mati. Dan dari sana ia seakan-akan telah menerimanya kembali.

Musa adalah keturunan Lewi (yang adalah anak Yakub/Israel, anak Ishak, anak Abraham) bagian dari garis keturunan Ishak, bukan dari Ismael. Demikian juga audience yang mendengar firman Tuhan yang disampaikan adalah keturunan dari Yakub/Israel (jangan-jangan nggak tahu lagi kalau Yakub itu punya nama lain Israel)

Raja Daud yang kalian tahu juga adalah raja orang Israel, demikian pula dengan Raja Salomo/Sulaiman.
Khusus tentang Daud, Tuhan berfirman menjadikan seorang Mesias.

1Taw
17:11 Apabila umurmu sudah genap untuk pergi mengikuti nenek moyangmu, maka Aku akan membangkitkan keturunanmu yang kemudian, salah seorang anakmu sendiri, dan Aku akan mengokohkan kerajaannya.
17:12 Dialah yang akan mendirikan rumah bagi-Ku dan Aku akan mengokohkan takhtanya untuk selama-lamanya.
17:13 Aku akan menjadi Bapanya, dan ia akan menjadi anak-Ku. Tetapi kasih setia-Ku tidak akan Kuhilangkan dari padanya seperti yang Kuhilangkan dari pada orang yang mendahului engkau.
17:14 Dan Aku akan menegakkan dia dalam rumah-Ku dan dalam kerajaan-Ku untuk selama-lamanya dan takhtanya akan kokoh untuk selama-lamanya."
17:15 Tepat seperti perkataan ini dan tepat seperti penglihatan ini Natan berbicara kepada Daud.
17:16. Lalu masuklah raja Daud ke dalam, kemudian duduklah ia di hadapan TUHAN sambil berkata: “Siapakah aku ini, ya TUHAN Allah, dan siapakah keluargaku, sehingga Engkau membawa aku sampai sedemikian ini?
17:17 Dan hal ini masih kurang di mata-Mu, ya Allah; sebab itu Engkau telah berfirman juga tentang keluarga hamba-Mu ini dalam masa yang masih jauh dan telah memperlihatkan kepadaku serentetan manusia yang akan datang, ya TUHAN Allah.
17:18 Apakah lagi yang dapat ditambahkan Daud kepada-Mu dalam hal Engkau memuliakan hamba-Mu ini? Bukankah Engkau yang mengenal hamba-Mu ini?
17:19 Ya TUHAN, oleh karena hamba-Mu ini dan menurut hati-Mu Engkau telah melakukan segala perkara yang besar ini dengan memberitahukan segala perkara yang besar itu.
17:20 Ya TUHAN, tidak ada yang sama seperti Engkau dan tidak ada Allah selain Engkau menurut segala yang kami tangkap dengan telinga kami.
17:21 Dan bangsa manakah di bumi seperti umat-Mu Israel, yang Allahnya pergi membebaskannya menjadi umat-Nya, untuk mendapat nama bagi-Mu dengan perbuatan-perbuatan yang besar dan dahsyat, dan dengan menghalau bangsa-bangsa dari depan umat-Mu yang telah Kaubebaskan dari Mesir?
17:22 Engkau telah membuat umat-Mu Israel menjadi umat-Mu untuk selama-lamanya dan Engkau, ya TUHAN, menjadi Allah mereka.
17:23 Dan sekarang, ya TUHAN, diteguhkanlah untuk selama-lamanya janji yang Kauucapkan mengenai hamba-Mu ini dan mengenai keluarganya dan lakukanlah seperti yang Kaujanjikan itu.
17:24 Maka nama-Mu akan menjadi teguh dan besar untuk selama-lamanya, sehingga orang berkata: TUHAN semesta alam, Allah Israel adalah Allah bagi orang Israel; maka keluarga hamba-Mu Daud akan tetap kokoh di hadapan-Mu.
17:25 Sebab Engkau, ya Allahku, telah menyatakan kepada hamba-Mu ini, bahwa Engkau akan membangun keturunan baginya. Itulah sebabnya hamba-Mu ini telah memberanikan diri untuk memanjatkan doa ke hadapan-Mu.
17:26 Oleh sebab itu, ya TUHAN, Engkaulah Allah dan telah menjanjikan perkara yang baik ini kepada hamba-Mu.
17:27 Kiranya Engkau sekarang berkenan memberkati keluarga hamba-Mu ini, supaya tetap ada di hadapan-Mu untuk selama-lamanya. Sebab apa yang Engkau berkati, ya TUHAN, diberkati untuk selama-lamanya.”

Yesaya
9:6 (9-5) Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.
9:7 (9-6) Besar kekuasaannya, dan damai sejahtera tidak akan berkesudahan di atas takhta Daud dan di dalam kerajaannya, karena ia mendasarkan dan mengokohkannya dengan keadilan dan kebenaran dari sekarang sampai selama-lamanya. Kecemburuan TUHAN semesta alam akan melakukan hal ini.

11:1. Suatu tunas akan keluar dari tunggul Isai (nama ayah Daud), dan taruk yang akan tumbuh dari pangkalnya akan berbuah.
11:2 Roh TUHAN akan ada padanya, roh hikmat dan pengertian, roh nasihat dan keperkasaan, roh pengenalan dan takut akan TUHAN;
11:3 ya, kesenangannya ialah takut akan TUHAN. Ia tidak akan menghakimi dengan sekilas pandang saja atau menjatuhkan keputusan menurut kata orang.
11:4 Tetapi ia akan menghakimi orang-orang lemah dengan keadilan, dan akan menjatuhkan keputusan terhadap orang-orang yang tertindas di negeri dengan kejujuran; ia akan menghajar bumi dengan perkataannya seperti dengan tongkat, dan dengan nafas mulutnya ia akan membunuh orang fasik.
11:5 Ia tidak akan menyimpang dari kebenaran dan kesetiaan, seperti ikat pinggang tetap terikat pada pinggang.

53:2 Sebagai taruk ia tumbuh di hadapan TUHAN dan sebagai tunas dari tanah kering. Ia tidak tampan dan semaraknyapun tidak ada sehingga kita memandang dia, dan rupapun tidak, sehingga kita menginginkannya.
53:3 Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan.

53:4. Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.
53:5 Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.
53:6 Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian.
53:7 Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian; seperti induk domba yang kelu di depan orang-orang yang menggunting bulunya, ia tidak membuka mulutnya.
53:8 Sesudah penahanan dan penghukuman ia terambil, dan tentang nasibnya siapakah yang memikirkannya? Sungguh, ia terputus dari negeri orang-orang hidup, dan karena pemberontakan umat-Ku ia kena tulah.
53:9 Orang menempatkan kuburnya di antara orang-orang fasik, dan dalam matinya ia ada di antara penjahat-penjahat, sekalipun ia tidak berbuat kekerasan dan tipu tidak ada dalam mulutnya.

53:10. Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya.
53:11 Sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang dan menjadi puas; dan hamba-Ku itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan banyak orang oleh hikmatnya, dan kejahatan mereka dia pikul.
53:12 Sebab itu Aku akan membagikan kepadanya orang-orang besar sebagai rampasan, dan ia akan memperoleh orang-orang kuat sebagai jarahan, yaitu sebagai ganti karena ia telah menyerahkan nyawanya ke dalam maut dan karena ia terhitung di antara pemberontak-pemberontak, sekalipun ia menanggung dosa banyak orang dan berdoa untuk pemberontak-pemberontak.

Zakharia 12:10 "Aku akan mencurahkan roh pengasihan dan roh permohonan atas keluarga Daud dan atas penduduk Yerusalem, dan mereka akan memandang kepada dia yang telah mereka tikam, dan akan meratapi dia seperti orang meratapi anak tunggal, dan akan menangisi dia dengan pedih seperti orang menangisi anak sulung.

Nah sekarang ke keturunan yang maksud ini, Siapa Dia?
Galatia 3:16 Adapun kepada Abraham diucapkan segala janji itu dan kepada keturunannya. Tidak dikatakan “kepada keturunan-keturunannya” seolah-olah dimaksud banyak orang, tetapi hanya satu orang: “dan kepada keturunanmu”, yaitu Kristus.

Matius16:15 Lalu Yesus bertanya kepada mereka: “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?”
16:16 Maka jawab Simon Petrus: “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!”
16:17 Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.

Yohanes 19:32 Maka datanglah prajurit-prajurit lalu mematahkan kaki orang yang pertama dan kaki orang yang lain yang disalibkan bersama-sama dengan Yesus;
19:33 tetapi ketika mereka sampai kepada Yesus dan melihat bahwa Ia telah mati, mereka tidak mematahkan kaki-Nya,
19:34 tetapi seorang dari antara prajurit itu menikam lambung-Nya dengan tombak, dan segera mengalir keluar darah dan air.
19:35 Dan orang yang melihat hal itu sendiri yang memberikan kesaksian ini dan kesaksiannya benar, dan ia tahu, bahwa ia mengatakan kebenaran, supaya kamu juga percaya.
19:36 Sebab hal itu terjadi, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci: “Tidak ada tulang-Nya yang akan dipatahkan.”
19:37 Dan ada pula nas yang mengatakan: “Mereka akan memandang kepada Dia yang telah mereka tikam.”

Yohanes 20:30 Memang masih banyak tanda lain yang dibuat Yesus di depan mata murid-murid-Nya, yang tidak tercatat dalam kitab ini,
20:31 tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya.

Lukas 24:25 Lalu Ia berkata kepada mereka: “Hai kamu orang bodoh, betapa lambannya hatimu, sehingga kamu tidak percaya segala sesuatu, yang telah dikatakan para nabi!
24:26 Bukankah Mesias harus menderita semuanya itu untuk masuk ke dalam kemuliaan-Nya?”
24:27 Lalu Ia menjelaskan kepada mereka apa yang tertulis tentang Dia dalam seluruh Kitab Suci, mulai dari kitab-kitab Musa dan segala kitab nabi-nabi.
24:28 Mereka mendekati kampung yang mereka tuju, lalu Ia berbuat seolah-olah hendak meneruskan perjalanan-Nya.
24:29 Tetapi mereka sangat mendesak-Nya, katanya: “Tinggallah bersama-sama dengan kami, sebab hari telah menjelang malam dan matahari hampir terbenam.” Lalu masuklah Ia untuk tinggal bersama-sama dengan mereka.

TIDAK ADA SEORANG PUN YANG MEMILIKI PENGENAPAN NUBUAT DI ATAS SELAIN DALAM DIRI YESUS KRISTUS.

Masa sih bukan Yesus???

Apalagi seseorang yang berasal dari luar keturunan yang dijanjikan, tiba-tiba diklaim sebagai nabi yang telah banyak dinubuatkan.

Kalau Anda percaya Abraham, Musa, Daud, Yesaya — kenapa juga ngak percaya YESUS KRISTUS penggenapan janji itu?

Thank Bro ini juga mendukung tuh… Baca yang benar yach Peninjau.

hans188 di dalam hal ini apologetika Kristen dan Islam selalu mentok,

beberapa rekan sudah menyimpulkannya begini:

Guru sedang mengajar matematika di kelas…
Guru Kristen : 2+2 = 4

salah satu murid berbicara dengan orang tuanya:
Murid I : Eh kata guruku, dia Kristen seh, 2+2=4
Bapaknya :“siapa gurumu? bodoh, 2+2 = 7”

lalu:
Murid I :“Hmmmm guruku salah, sebab yang terkemudian Bapakku sudah berkata yang benar”, dasar guru bdh"

inilah makanya kita perlu juga mengenal jenis2 Fallacy, supaya kita kaya.
coba guugling deh… Clear Thinking atau Fallacy <— moga2 dengan ini para penuduh bisa tahu ke Fallacy-an mereka

@hans188:bahas Iskak or Ismael ya?wuih seru nih :afro: cari contekan-contekan dulu ah…lanjut gan :happy0025:

Ini ada sedikit sentilan tentang nabi yang seperti Musa.

Kata muslim:“itu nabi Muhammad, karena sama-sama ada ‘Mu’-nya.”
Kata kristen:“itu nabi Isa(maksudnya Yesus), karena sama-sama ada ‘Sa’-nya”.

Tuhan pasti punya selera humor yang tinggi. :slight_smile:

Apa yang saya lakukan hanya untuk meyakinkan kalau pertanyaan pertama, yaitu:
Apakah Anda setuju kalau nabi yang dijanjikan dalam kitab Ulangan tadi adalah YESUS KRISTUS?

dijawab dengan yakin bahwa itu benar, nabi yang dimaksud digenapi dalam diri YESUS KRISTUS.

@Hakadosh
Aku tembak langsung ke arah pengakuan mereka bahwa nabi yang dimaksud adalah Muhammad. Karena memang kita tahu bahwa arahnya akan dialihkan mereka ke sana khan.

So… ini blokirnya nggak mungkin dari garis keturunan selain dari yang dijanjikan.
Harus melalui Abraham-Ishak-Yakub(Israel) ----- Daud.
Kenapa Israel dibold? Karena banyak yang diluar Kristen tidak tahu kalau nama lain Yakub itu Israel.

Muhammad khan di luar dari line keturunan itu.
Padahal dalam hal ini nggak boleh ada cangkokkan.:slight_smile:

Mana si Peninjau??? Mau minta bukti dah dikasih. Mau diyakini kalau itu YESUS eh… dia jadi anak hilang :slight_smile:

Dengan demikian, hanya ada 3 kemungkinan yang logis:

  1. Klaim nabi itu harus dicabut.
  2. Ibrahim dalam Al-Qur’an berbeda dengan Abraham di Alkitab.
  3. Referensi tentang nabi Muhammad di Alkitab telah dihapus/dipalsukan(once again, teori konspirasi :frowning: )

Bro, sorry kurang nyimak.

  1. Klaim nabi yang mana yach?
  2. Ibrahim di Quran # Abraham di Alkitab, krn apa Bro alasanya?
  3. Emang ada referensi Muhammad di Alkitab???

@Hans188: 1.klaim bahwa nabi yang akan datang=Muhammad.
2. Di ranah konseptual, dunia yang paralel itu logis. Kita hanya perlu pembuktian yang mana yang historis.
3.tidak ada. Karena itu saya sebut teori konspirasi.