Yesus Menyelamatkan Kita dari Apa?

Eh…
Tuhan Yesus itu juru selamat, kan? tapi ia menyelamatkan kita dari apa?
Seingat saya, saya diajarkan bahwa Tuhan Yesus menebus kita dari dosa asal.
Tapi akhir-akhir ini saya jadi bertanya tanya, di alkitab bagian mana disebutkan soal itu??
di kejadian, waktu hawa dimarahi oleh Tuhan, cuma dibilang keturunanmu dan keturunan ular akan saliing bermusuhan. Lalu juga tidak dibilang bahwa pengusiran dari taman eden itu sesuatu yang sungguh terkutuk.

Saya membaca bahwa juru selamat yang ditunggu kaum yahudi pada waktu itu adalah semacam raja yang memerintah mereka,seperti yang ada di kitab yesaya. kenapa tuhan yesus tidak memenuhi keinginan itu? bahkan ia melarikan diri ketika ada orang-orang yang mau menjadikannya raja. padahal sepertinya ia bisa saja dengan kuasanya menghalau prajurit romawi dari negerinya.

jadi intinya pertanyaan saya kenapa tuhan yesus bukan juru selamat yang diharapkan bangsa yahudi pada saat itu?

karena YESUS tidak ingin populer di mata orang secara duniawi…
itu bukan kehendak BAPA,…
kehendak BAPA adalah supaya kita “terpisah” dari dunia ini,…
caranya terpisah gimana? menerima apa yang telah Kristus kerjakan…
apa yang Kristus kerjakan?
bacalah kitab Injil…

bagaimana kita tahu orang Yahudi pada saat itu duniawi?
karena orang Yahudi pada masa itu hanya ingin mengalahkan Romawi,
padahal Kehendap Bapa adalah mengalahkan DUNIA…

tetapi coba teliti… ROMAWI runtuh oleh Bar Kokhba (yang ngaku mesias), atau oleh berita Injil yang disampaikan para rasul Mesias Yesus?

gitu saya kira

kehendak BAPA adalah supaya kita "terpisah" dari dunia ini,..

kalau begitu tidak ada hubungannya dengan pengusiran manusia dari taman eden?

lalu yang terpikir oleh saya, tuhan yesus menyelamatkan kita dari kegelapan dunia ini. benar atau salah? ada yang kurang?

dua kalimat Anda itu saya kira bisa disatukan, meski itu berupa pertanyaan…

Di Taman Eden, manusia pertama bisa berinteraksi langsung dengan TUHAN…
Taman Eden identuk dengan Firdaus, dimana ALLAH ada…

setelah berdosa, manusia di usir dari Taman Eden
ketiadaan ALLAH sebagi simbol “diusir”…

Karena Allah adalah TERANG, maka jika diusir dari TERANG berarti KEGELAPAN…
dan Terang itu telah Datang kepada kegelapan, dan kegelapan itu tidak menguasaiNYA…

jadi kehendak BAPA adalah supaya kita tetap berasama DIA, tetapi jika kita melakukan kesalahan TUHAN juga rela menjangkau,… TUHAN YANG LUAR BIASA BAIK bukan?
setelah keluar dari Taman Eden, IA menjangkau ke luar Taman Eden,… dan … kita pada saatnya akan menjadi di dalam berada di Firdaus bukan? karena IMANUEL, TUHAN beserta kita, di bumi dan di sorga…

salam

Pendapat gw,
Yesus menyelamatkan kita dari para penggarap ladang yg ingin memiliki hasil panen untuk dirinya sendiri, padahal mereka hanya penggarap upahan dan bukan pemilik ladang. …sebelum Yesus datang, manusia seperti sandera yg di sekap, matanya di tutup, sehingga ga tau jalan keluar dari belenggu penyaderaan…

Bangsa Yahudi mengharapkan Juru selamat yang datang sebagai Raja yang langsung memerintah mereka selama di dunia ini, dan menghancurkan Roma, seperti dulu di Perjanjian Lama.

Misi Tuhan Yesus datang kedunia berlainan dengan keinginan manusia.
pada saat Adam jatuh dalam dosa,

  • mati secara rohani,
  • terjadi keterpisahan hubungan manusia dengan Tuhan,
  • peta dan teladan rusak.
  • seluruh keberadaan manusia hanya mempunyai kecendrungan berdosa
  • manusia menjadi hamba iblis,
  • ketidak mampuan manusia menolong dirinya sendiri.

Dalam keadaan inilah Tuhan Yesus datang menggenapi penebusan yang di rencanakan Allah Bapa, karena tidak ada satupun manusia mampu menanggung murka Allah, maka Tuhan Yesus sendiri rela mati menggantikan manusia, sebagai Anak Allah taat sampai mati.

Tujuan penebusan,

  • Keadilan Allah harus di tegakkan, dosa harus di hukum, hanya DARAH KRISTUS yang mahal yang dapat menebus dan menanggung murka Allah, dengan menjadi domba sembelihan.
  • mendamaikan hubungan antara manusia dengan Allah, sehingga kita sekarang mempunyai keberanian memhampiri Tahta kerajaan Nya.
  • menanggung kutuk bagi kita.
  • mengalahkan maut.

Rencana kekekalan Allah merupakan rencana kekekalan, yang berarti bagi Allah sudah selesai seluruh rencananya, baik pemilihan, penetapan, bagi orang orang pilihan, manusia yang terikat ruang dan waktu, masih harus menjalankannya.

Dan 12 : 9, 10
Sebab Firman ini akan tersembunyi dan termaterai sampai akhir jaman. Banyak orang akan di sucikan dan di murnikan dan di uji, tetapi orang orang fasik akan berlaku fasik, tetapi orang orang bijaksana akan memahaminya

Re: YESUS Menyelamatkan Kita dari Apa?

YESUS sanggup menyelamatkan apa saja(semua hal)
yang menurut kita tidak bisa selamat :afro:

terima kasih atas penjelasannya, lalu yang saya ingin tahu, apakah ada ayat yang menjelaskan mengenai ini di PL?

Misi Tuhan YESUS datang kedunia berlainan dengan keinginan manusia. pada saat Adam jatuh dalam dosa, * mati secara rohani, * terjadi keterpisahan hubungan manusia dengan Tuhan, * peta dan teladan rusak. * seluruh keberadaan manusia hanya mempunyai kecendrungan berdosa * manusia menjadi hamba iblis, * ketidak mampuan manusia menolong dirinya sendiri.

Tujuan penebusan,

  • Keadilan Allah harus di tegakkan, dosa harus di hukum, hanya DARAH KRISTUS yang mahal yang dapat menebus dan menanggung murka Allah, dengan menjadi domba sembelihan.
  • mendamaikan hubungan antara manusia dengan Allah, sehingga kita sekarang mempunyai keberanian memhampiri Tahta kerajaan Nya.
  • menanggung kutuk bagi kita.
  • mengalahkan maut.

soalnya Yesus banyak mengutip hal yang nabi yesaya katakan, tapi selain isinya berberlit-belit, saya tidak menangkap hal di atas dalam kitab yesaya atau kitab PL lainnya.

Krn nubuatan Nabi PL itu adlah nubuatan ttg Yesus

Misi Yesus turun kedunia:Menyelamatkan manusia dengan Allah,memberikan contoh bgm manusia itu berinteraksi dengan Allah (spt Ayah & anaknya),mencari manusia yang hilang,menyampaikan bahasa Allah thd manusia …dll

Banyak ayatnya, nanti ya, memang kamu harus mengerti PL dengan PB. baru nyambung , karena Alkitab merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.
Kalau kamu mau sabar, nanti pelan2 di berikan, bolleh ya.

silakan.

kej 3: 15 mati rohani
kej 6 : 5 ; 8 : 21 kecendrungan berbuat dosa, sejak kecil
Yer 17 : 9 hati yang telah rusak
Yer 11:19 hati batu, hati yang mati , hati yang tidak dapat berbuat apa2
Mzm 51 :7 dosa asal
Rm 3 sebanding dengan Mzm 14 dan mzm 53
1 Yoh 2 : 2 pendamaian Rm 3 : 25
Mal 2 : 2 ; 3 : 9 kutuk
Gal 3 : 10, 13 membebaskan kita dari kutuk
Rm 6 : 17 hamba dosa
Rm 3 : 4 manusia pembohong
Rm 9 : 15, 16, 18 belas kasihan dan kemurahan Tuhan dan kerelaan Tuhan
Yoh 15 : 4,5 ketidak mampuan total manusia, pokok anggur menjadi contoh ketidak mampuan manusia menyelamatkan dirinya.

Banyak ayat di PL, dijelaskan di genapi nubuatnya di PB, sehingga di PL kita kesulitan mengerti maksud dari kata2nya, memang Tuhan menyembunyikan sebagian, barulah di PB kita mengerti apa yang di maksudkan oleh PL.

yesus adam baru… :afro:

karena diciptakan secitra dengan Allah, maka manusia dapat memilih sendiri apa yang menjadi keinginannya, yaitu untuk taat kepada-Nya maupun menolak-Nya. Sayangnya manusia pertama memilih untuk menolak kasih Allah dan menolak taat kepada Allah, karena lebih percaya kepada bujukan Iblis. Oleh karena itulah, Yesus, sebagai Adam ke-dua ‘memperbaiki’/ memulihkan kejatuhan ini dengan menyatakan kasih kepada Allah Bapa dengan ketaatan yang sempurna terhadap kehendak Allah Bapa, dengan menyerahkan nyawa-Nya di kayu salib demi menyelamatkan umat manusia.

“Sudah selesai” sebagai perkataan Yesus yang terakhir sebelum wafat-Nya lebih mengacu kepada pernyataan sudah dipenuhinya segala tugas yang dipercayakan oleh Allah Bapa kepada-Nya di dunia. Atau dengan kata lain misi Inkarnasi-Nya sudah selesai.
Tuhan sendiri tidak pernah beristirahat dalam arti yang harafiah, sebab Ia terus berkarya, baik dalam penciptaan maupun dalam penyelenggaraan Ilahi-Nya.
Oleh wafat Kristus di salib, kuasa maut dan dosa dipatahkan. Oleh karena itu di dalam Pembaptisan, kita dikuburkan bersama Yesus (maksudnya meninggalkan segala dosa/ mati terhadap dosa) untuk dibangkitkan dan hidup bersama dengan Dia (lihat Rom 6:5-11). Maka melalui Pembaptisan, dosa asal dan dosa pribadi dihapuskan, walaupun concupiscence masih tetap tinggal pada kita, agar kita dapat berjuang untuk mencapai kekudusan dengan mengalahkan kecenderungan berbuat dosa tersebut

salam

ond32lumut :afro:


YESUS Menyelamatkan Kita dari Apa?

Eh…
Tuhan YESUS itu juru selamat, kan? tapi ia menyelamatkan kita dari apa?
Seingat saya, saya diajarkan bahwa Tuhan YESUS menebus kita dari dosa asal.
Tapi akhir-akhir ini saya jadi bertanya tanya, di alkitab bagian mana disebutkan soal itu??
di kejadian, waktu hawa dimarahi oleh Tuhan, cuma dibilang keturunanmu dan keturunan ular akan saliing bermusuhan. Lalu juga tidak dibilang bahwa pengusiran dari taman eden itu sesuatu yang sungguh terkutuk.

Saya membaca bahwa juru selamat yang ditunggu kaum Yahudi pada waktu itu adalah semacam raja yang memerintah mereka,seperti yang ada di kitab yesaya. kenapa tuhan YESUS tidak memenuhi keinginan itu? bahkan ia melarikan diri ketika ada orang-orang yang mau menjadikannya raja. padahal sepertinya ia bisa saja dengan kuasanya menghalau prajurit romawi dari negerinya.

jadi intinya pertanyaan saya kenapa tuhan YESUS bukan juru selamat yang diharapkan bangsa Yahudi pada saat itu?

=============================================================
Yesus menyelamatkan mu dari Peng_kasih_an yg sebenarnya yg Allah Bapa harapkan…!
syarat yg harus kamu tempuh untuk bisa sampai kepada Allah Bapamu, adalah Yesus Kita…
yang harus mati di kayu salib, yg tertuduh diantara penyamun, yg harga dirinya dikoyak2 seperti pakaianNya yg dikoyak…!, dirajam, di cambuk, dimaki, ditampar, diludahi, (Rajaku anak Allah Bapaku, yg dr firman) dan di siksa dengan siksaan yg terberat dari hukuman yg pernah ada…!

Agar kita dapat bercermin dari BUAh yg Yesus persembahkan dalam HidupNYa hingga di Kayu Salib…

agar layak kita bernubuat jg sperti Buah yg Yesus persembahkan, agar kita tetap mengasihi, walau diludahi sekalipun, walau dimaki sekalipu, tetap memberi walau di caci sekalipun… dan masih banyak bentuk applikasi nubuat-nubuat yg merupakan buah2 yg baik…

Allah Bapa hanya berkenan melihat hal2 sperti itu, seperti yg Yesus persembahkan, di perjalanan hidupNya di dunia sebagai Anak Manusia…
Karena DIa mati bagiku dan bagimu dan bagi kita semua yg mau menjadikan DIA penyelamat kita…!

sehingga yg membuat kita sadar, bahwa kita sangat dikasihi…!!
dan perlu jg mengasihi saudara2 kita seperti yg Yesus coba mengasihi semua domba2Nya…

oh ya banyak2 lah menantang diri sendiri…
melihat orang miskin, orang yg sakit, orang yg hampir mati, orang yg di UGD, disana tentunya akan lebih menemukan hikmat2 yg lebih dalam akan hidup yg sebenarnya,

Mall dan kedai kopi tidak akan menyajikan hikmat2 hidup…

God Bless us…!

Saudara yang dikasihi Tuhan, kita diselamatkan Tuhan Yesus dari Murka Allah dan Kutuk dosa…
Allah adalah Allah yang adil, dimana Ia sudah menetapkan sebuah hukum : Barangsiapa melakukan dosa pasti MATI. (Dalam Kejadian 2 disebutkan, jika manusia makan buah pengetahuan yang baik dan yang jahat, maka pasti kita mati)
Allah tidak mungkin BERKOMPROMI atas dosa karena Allah adalah Allah yang SUCI.
Tapi Allah tidak membiarkan orang-orang pilihan-Nya mati, karena Allah adalah Kasih (seperti yang ditulis oleh rasul-rasul)
Maka Tuhan Yesus datang ke dunia, mengosongkan diri-Nya, mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi manusia…
Mengapa Tuhan Yesus 100% Allah dan 100% manusia?
Karena tidak ada manusia yangdapat menebus manusia lain. Semua orang telah berbuat dosa dan kehilangan kemuliaan Allah… Maka hanya Allah yang dapat menyelamatkan manusia.
Tetapi mengapa harus 100% manusia? karena Allah tidakdapat dibunuh. Maka ALLAH SENGAJA MENGAMBIL WUJUD MANUSIA AGAR IA DAPAT DIBUNUH : Ya, bagi kau dan saya…
Bagi semua orang pilihan-Nya.
Justru saya lebih bersyukur Tuhan Yesus tidak hanya mendirikan kerajaan Israel yang bersifat duniawi, tetapi kerajaan Sorga melalui hidup dan kematian-Nya…
:wink: :wink: :wink: :wink: