Yesus Menangis

Yesus Menangis

Yohanes 11:28-44

28 Dan sesudah berkata demikian ia pergi memanggil saudaranya Maria dan berbisik kepadanya: “Guru ada di sana dan Ia memanggil engkau.”
29 Mendengar itu Maria segera bangkit lalu pergi mendapatkan Yesus.
30 Tetapi waktu itu Yesus belum sampai ke dalam kampung itu. Ia masih berada di tempat Marta menjumpai Dia.
31 Ketika orang-orang Yahudi yang bersama-sama dengan Maria di rumah itu untuk menghiburnya, melihat bahwa Maria segera bangkit dan pergi ke luar, mereka mengikutinya, karena mereka menyangka bahwa ia pergi ke kubur untuk meratap di situ.
32 Setibanya Maria di tempat Yesus berada dan melihat Dia, tersungkurlah ia di depan kaki-Nya dan berkata kepada-Nya: “Tuhan, sekiranya Engkau ada di sini, saudaraku pasti tidak mati.”
33. Ketika Yesus melihat Maria menangis dan juga orang-orang Yahudi yang datang bersama-sama dia, maka masygullah hati-Nya. Ia sangat terharu dan berkata:
34 “Di manakah dia kamu baringkan?” Jawab mereka: “Tuhan, marilah dan lihatlah!”
35 Maka menangislah Yesus.
36 Kata orang-orang Yahudi: “Lihatlah, betapa kasih-Nya kepadanya!”
37 Tetapi beberapa orang di antaranya berkata: “Ia yang memelekkan mata orang buta, tidak sanggupkah Ia bertindak, sehingga orang ini tidak mati?”
38 Maka masygullah pula hati Yesus, lalu Ia pergi ke kubur itu. Kubur itu adalah sebuah gua yang ditutup dengan batu.
39 Kata Yesus: “Angkat batu itu!” Marta, saudara orang yang meninggal itu, berkata kepada-Nya: “Tuhan, ia sudah berbau, sebab sudah empat hari ia mati.”
40 Jawab Yesus: “Bukankah sudah Kukatakan kepadamu: Jikalau engkau percaya engkau akan melihat kemuliaan Allah?”
41 Maka mereka mengangkat batu itu. Lalu Yesus menengadah ke atas dan berkata: “Bapa, Aku mengucap syukur kepada-Mu, karena Engkau telah mendengarkan Aku.
42 Aku tahu, bahwa Engkau selalu mendengarkan Aku, tetapi oleh karena orang banyak yang berdiri di sini mengelilingi Aku, Aku mengatakannya, supaya mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.”
43 Dan sesudah berkata demikian, berserulah Ia dengan suara keras: “Lazarus, marilah ke luar!”
44 Orang yang telah mati itu datang ke luar, kaki dan tangannya masih terikat dengan kain kapan dan mukanya tertutup dengan kain peluh. Kata Yesus kepada mereka: “Bukalah kain-kain itu dan biarkan ia pergi.”

Umhh, APa yang Nico dapat dari cerita tersebut diatas? :coolsmiley: bisa di share?

itu bahan khotbah di gerejaku hari minggu kemaren…

Ada beberapa hal yang ak dapat dari ayat ini :

  1. Tuhan Yesus itu manusia artinya Dia bisa merasakan apa yang kita rasakan seperti menangis dalam ayat
    ini.
  2. Tuhan Yesus punya kuasa. terbukti di sini Dia sanggup membangkitkan Lazarus yg sudah meninggal selama
    4 hari dari kuburnya.
  3. Tuhan Yesus peduli kepada orang2 yang dilayani-Nya
    maksudnya sekalipun Lazarus meninggal atas kehendak Allah dan demi kemuliaan-Nya tetapi karena
    kepedulian-Nya pada orang2 yang dilayani-Nya Dia mau membangkitkan Lazarus dari kuburnya.

Oleh karena itu untuk kita semua, mari yuk kita percaya dan setia kepada-Nya karena Tuhan ga akan pernah meninggalkan kita sekalipun kita dihadapi hal yang tersulit yaitu kematian karena Dia adalah Kebangkitan dan Hidup

Good sharing Nico :slight_smile:

Nah, di sini gue mau share tentang unsur kesengajaan dari Yesus.

Yoh 11:4, 6
Ketika Yesus mendengar kabar itu, Ia berkata: “Penyakit itu tidak akan membawa kematian, tetapi akan menyatakan kemuliaan Allah, sebab oleh penyakit itu Anak Allah akan dimuliakan.”
Namun setelah didengar-Nya, bahwa Lazarus sakit, Ia sengaja tinggal dua hari lagi di tempat, di mana Ia berada;

Yoh 11:14-15
Karena itu Yesus berkata dengan terus terang: “Lazarus sudah mati; tetapi syukurlah Aku tidak hadir pada waktu itu (??? - kalo ada hamba Tuhan ngomong gitu, pasti dia akan dihakimi habis2an & dicela atas nama kasih), sebab demikian lebih baik bagimu, supaya kamu dapat belajar percaya. Marilah kita pergi sekarang kepadanya.”

Kenapa Yesus sengaja tinggal 2 hari lagi?
Karena kemuliaan Anak Allah akan dinyatakan.

Jadi, kadang2 Allah memang melambatkan langkahNya agar kemuliaanNya terpancar luar biasa (Ini berita yang ga enak sebenarnya untuk disampaikan).

Yesus datang kesana memang dengan maksud membangkitkan Lazarus.

Tapi Yesus menangis.
Kenapa Dia menangis?

Yoh 11:33-35
Ketika Yesus melihat Maria menangis dan juga orang-orang Yahudi yang datang bersama-sama dia, maka masygullah hati-Nya. Ia sangat terharu dan berkata:
“Di manakah dia kamu baringkan?” Jawab mereka: “Tuhan, marilah dan lihatlah!”
Maka menangislah Yesus.

Yesus tidak menangis saat Ia berjumpa dengan Marta (ay 20 - 28).
Yesus baru menangis saat Ia berjumpa dengan Maria.

Yoh 11 : 38 (PHILIPS)
Jesus was again deeply moved, and went on to the grave. It was a caves and a stone lay in front of it.

Yesus deeply moved oleh Maria.

Siapakah dia yang mampu deeply move Jesus’s heart?

Cobalah rekan-rekan review ayat2 tentang Maria.


oooo…
bgitu toooo…
ic ic… :wink:
good share :afro:

sip… udah dikasih tau ma si om di atas… :afro:

kok bisa sama sih isi khotbah sama penjabaran Manusia Biasa Saja ???
jangan2… keluaran STT yang sama ma pendeta yang di tempatku… :azn:

Kayanya engga tuh…

:slight_smile: :slight_smile: :slight_smile:


eh, bener lho… kalo minggu ini khotbahnya tentang Yesus dielu2kan di Yerusalem bukan?
(OOT dikit yah…)

Hehehe…

Bukan…

:slight_smile: :slight_smile: :slight_smile:


:char14: ya udah berarti ngga sama deh… ;D