YESUS bukan TUHAN?

Salam damai,

saya mau tanya, apakah Yesus pernah meng-klaim/berkata dirinya adalah tuhan dan semua manusia di bumi ini wajib menyembahnya, artinya, apakah ada ayat-ayat di dalam bible PL/PB dimana Yesus sendiri bilang “Saya adalah Tuhanmu, Sembahlah aku”?

soalnya saya cari-cari di Bible kok ngga nemu, mungkin ada rekan2 di forum ini yang bisa membantu?

terima kasih.

Pertanyaan yg paling sering diajukan oleh org Muslim

Pertanyaan in adalah tipe pertanyaan yg salah karena sangat naif dan didasarkan oleh kesalah pengertian org2 anti-kristen akan misi Tuhan Yesus selama didunia.

Yesus tidak berkata " Saya adalah Tuhanmu, Sembahlah aku" karena saat Dia didunia, Dia mempunyai suatu misi yg harus digenapi yaitu disalibkan bagi dosa semua umat2 pilihanNya.

Dan karenanya, beberapa kali di Alkitab (Injil Perjanjian Baru khususnya) kita temukan bhw Dia sering kali melarang org utk memberitakan perbuatanNya atau mengangkat diriNya sebagai Raja karena itu akan mencegah misi kematianNya di kayu salib.

Walau demikian, kita temukan dibeberapa instances dalam PB, bahwa Dia juga menerima penyembahan dari mereka yg disembuhkanNya dan juga dari murid2Nya.

Di Yohanes 20:28, Thomas menyembah dan mengakui Dia sebagai Tuhan dan Allah

And Thomas answered and said unto him, My Lord and my God.

Org2 Muslim apologist spt Ahmad Deedat mengajarkan bahwa ayat Yoh 20:28 tidak mengajar bahwa Thomas mengakui bhw Yesus adalah “God”. Menurut Deedat, Thomas begitu terkejut melihat Yesus, sehingga dia melontarkan kata2 ini sama spt org2 sekarang sering mengucapkan “Oh My God!”.

Tapi hal itu sangat tidak mungkin dan terkesan melakukan pelintiran ayat dan konteks Yohanes
Sebab diayat itu sendiri dikatakan bahwa Thomas tidak sedang melontarkan kalimat itu kepada angin atau kepada Allah Bapa, melainkan KEPADA YESUS SENDIRI:

And Thomas answered and [b]said unto him[/b], My Lord and my God.

Dan kemudian diayat berikutnya Yesus menerima penyembahan Thomas yg diucapkan kepada Dia.

Jesus saith unto him, Thomas, because thou hast seen me, thou hast believed: blessed are they that have not seen, and yet have believed

terima kasih atas jawabannya.

Yesus tidak berkata " Saya adalah Tuhanmu, Sembahlah aku" karena saat Dia didunia, Dia mempunyai suatu misi yg harus digenapi yaitu disalibkan bagi dosa semua umat2 pilihanNya.
Apakah dengan disalibkan, kemudian Jesus menjadi tuhan? Apakah tuhan ini merupakan gelar saja yang diberikan oleh pengikut2nya karena ia telah berkorban utk umat pilihannya ataukah Jesus sendiri yang mengatakan bahwa dia adalah tuhan yang akan disalibkan utk menebus dosa?
24Now Thomas (called Didymus), one of the Twelve, was not with the disciples when Jesus came. 25So the other disciples told him, "We have seen the Lord!" But he said to them, "Unless I see the nail marks in his hands and put my finger where the nails were, and put my hand into his side, I will not believe it."

26A week later his disciples were in the house again, and Thomas was with them. Though the doors were locked, Jesus came and stood among them and said, “Peace be with you!” 27Then he said to Thomas, “Put your finger here; see my hands. Reach out your hand and put it into my side. Stop doubting and believe.”

28Thomas said to him, “My Lord and my God!”

29Then Jesus told him, “Because you have seen me, you have believed; blessed are those who have not seen and yet have believed.”


Jika melihat konteks diatas, Thomas yang tadinya belum percaya oleh perkataan teman2nya “terkejut” bahwa benar perkataan teman2nya bahwa mereka telah melihat Jesus yang telah bangkit dan dia juga melihat sendiri. Ayat ke 29 bukan merupakan penerimaan penyembahan atas perkataan “My Lord and my God” dari Thomas namun disini Jesus hanya mengatakan kepada Thomas bahwa karena dia (Thomas) telah melihat, maka dia percaya. Hal ini sama seperti jika ada teman anda bilang “tugu monas runtuh” kemudian anda belum percaya sebelum lihat sendiri, dan pada saat anda melihatnya dan benar tugu monas telah runtuh, maka dengan refleks kata2 yang akan keluar biasanya “Ya Tuhan” atau “Oh my God”, atau malahan ada yang bilang, “Busyet!!”.

Peace.

Tidak, Yesus adalah Tuhan sejak semula dari kekekalan, sampai kekekalan

Tapi Dia menjelma menjadi manusia utk suatu misi, yaitu menyelamatkan umat pilihanNya.

Ini bukan gelar yg diberikan oleh pengikut2Nya, melainkan justru pengikut2Nya sadar siapa diri Dia yg sebenarnya, setelah Dia bangkit dari kubur.

Tidak ada gunanya pengikut2 Yesus mengangkat Dia menjadi Tuhan kalau memang tidak demikian. Apa sih untungnya buat mereka? Malahan mereka disiksa, dan dibunuh, tapi mereka rela demi kebenaran berkorban utk Tuhannya.

24Now Thomas (called Didymus), one of the Twelve, was not with the disciples when Jesus came. 25So the other disciples told him, "We have seen the Lord!" But he said to them, "Unless I see the nail marks in his hands and put my finger where the nails were, and put my hand into his side, I will not believe it."

26A week later his disciples were in the house again, and Thomas was with them. Though the doors were locked, Jesus came and stood among them and said, “Peace be with you!” 27Then he said to Thomas, “Put your finger here; see my hands. Reach out your hand and put it into my side. Stop doubting and believe.”

28Thomas said to him, “My Lord and my God!”

29Then Jesus told him, “Because you have seen me, you have believed; blessed are those who have not seen and yet have believed.”

Jika melihat konteks diatas, Thomas yang tadinya belum percaya oleh perkataan teman2nya "terkejut" bahwa benar perkataan teman2nya bahwa mereka telah melihat Jesus yang telah bangkit dan dia juga melihat sendiri. Ayat ke 29 bukan merupakan penerimaan penyembahan atas perkataan "My Lord and my God" dari Thomas namun disini Jesus hanya mengatakan kepada Thomas bahwa karena dia (Thomas) telah melihat, maka dia percaya. Hal ini sama seperti jika ada teman anda bilang "tugu monas runtuh" kemudian anda belum percaya sebelum lihat sendiri, dan pada saat anda melihatnya dan benar tugu monas telah runtuh, maka dengan refleks kata2 yang akan keluar biasanya "Ya Tuhan" atau "Oh my God", atau malahan ada yang bilang, "Busyet!!".

Peace.


LOL. Ini yg sudah saya antisipasi sebelumnya, apa anda tidak membaca apa yg saya sudah tulis diposting sebelumnya?

Lihat ayat 28, disitu Thomas berbicara KEPADA Yesus (Thomas SAID TO HIM) bahwa Yesus adalah Allah dan Tuhan

SIAPA BILANG GA PERNAH???

Perkataan Yesus sendiri :

Yoh 13:13-15
Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.
Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamupun wajib saling membasuh kakimu;
sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu.

Halah…halah…halaaaah…
Udah ada ayatnya hitam di atas putih.
Ga usah pake banyak penafsiran kiri-kanan-depan-belakang,
Dibaca apa adanya aja dan temukan bahwa :

Yesus adalah Tuhan!!!


bung sandpiper:
memang benar disitu Thomas langsung berbicara kepada Jesus sendiri, tapi tetap dalam keadaan terkejut sehingga keluarlah kata2 itu.

bung Manusia Biasa Saja:
tenang, saya ngga bilang ngga pernah, justru saya nanya pernah ngga?
cuman dari ayat yang anda cantumkan, jika dibaca seluruh chapter 13 itu, tidak jelas bahwa kata Tuhan ini berarti Tuhan yang seluas2nya yang berhak disembah, sang pencipta, dll. Kalau benar maksud Jesus adalah Tuhan, maka menurut doktrin Tritunggal dimanakah Allah pada saat itu?

silakan lihat di postingan APAKAH ALLAH SAMA DENGAN JESUS - Non-Kristen - ForumKristen.com

My dear Militan,

Bila ditulis Tuhan, maka itu mengarah pada Tuhan sebagaimana yang kamu yakini tentang Tuhan.
Karena kata yang digunakan orang Yunani untuk menjelaskan Tuhan (Kurios) juga diatribusikan kepada kekuatan ilahi di atas manusia sebagaimana yang orang Indonesia gunakan untuk menggambarkan Tuhan.

Sekarang simak ini :

Mat 8: 2 - 4
Maka datanglah seorang yang sakit kusta kepada-Nya, lalu sujud menyembah Dia dan berkata: “Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku.”
Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata: “Aku mau, jadilah engkau tahir.” Seketika itu juga tahirlah orang itu dari pada kustanya.
Lalu Yesus berkata kepadanya: “Ingatlah, jangan engkau memberitahukan hal ini kepada siapapun, tetapi pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam dan persembahkanlah persembahan yang diperintahkan Musa, sebagai bukti bagi mereka.”

Yesus disembah dan Ia tidak menolak penyembahan itu. Ia malah menyembuhkan orang itu.

Tapi perhatikan sebuah prinsip kebenaran.
Belum waktunya Yesus menyatakan diri sebagai Allah dan Tuhan, meski Ia memang Allah dan Tuhan sehingga Ia melarang orang itu menyebarluaskannya (karena tugasnya di bumi belum tuntas).

Mat 9: 18 - 19
Sementara Yesus berbicara demikian kepada mereka, datanglah seorang kepala rumah ibadat, lalu menyembah Dia dan berkata: “Anakku perempuan baru saja meninggal, tetapi datanglah dan letakkanlah tangan-Mu atasnya, maka ia akan hidup.”
Lalu Yesuspun bangunlah dan mengikuti orang itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya.

Mrk. 3: 11
Bilamana roh-roh jahat melihat Dia, mereka jatuh tersungkur di hadapan-Nya dan berteriak: "Engkaulah Anak Allah."

Luk. 5: 8, 10
Ketika Simon Petrus melihat hal itu iapun tersungkur di depan Yesus dan berkata: “Tuhan, pergilah dari padaku, karena aku ini seorang berdosa.” Demikian juga Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus, yang menjadi teman Simon. Kata Yesus kepada Simon: “Jangan takut, mulai dari sekarang engkau akan menjala manusia.”

Yoh. 8: 57 - 58
Maka kata orang-orang Yahudi itu kepada-Nya: “Umur-Mu belum sampai lima puluh tahun dan Engkau telah melihat Abraham?”
Kata Yesus kepada mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada.”

Semua ayat sudah jelas menunjuk bahwa Yesus Kristus memanglah Tuhan dan Allah.

Sekarang dimanakah Allah pada saat itu?
Ya di Surgalah.

Sekarang apabila di alkitab tercantum bahwa Yesus mengatakan diri bahwa Ia adalah Allah dan Tuhan, lalu mengatakan bahwa Ia menciptakan semuanya dan mengatakan bahwa Ia harus disembah,
Apakah ini menjamin bahwa semua manusia akan serta-merta mempercayaiNya dan menyembahNya?

Semua ini adalah masalah iman.
Semua bermula dari iman dan akan bermuara ke iman.
Demikian pula ke-Tritunggal-an Allah adalah juga iman.

Jika ada yang menjelaskan mengenai Tritunggal kepada yang tidak memiliki iman terhadap Yesus Kristus sebagai Tuhan, maka tidak akan mudah baginya untuk menangkap.


Sekarang dimanakah Allah pada saat itu? Ya di Surgalah.
Kalau Allah berada di surga dan Jesus berada di dunia, berarti sudah bukan merupakan satu kesatuan lagi donk, karena zat mereka masing2 sudah terpisah. pertanyaan simple deh, zat Jesus dan zat Allah, berbeda atau sama?

Nah,
Anggaplah umat agama A di Jakarta dan Bandung sedang beribadah (agamanya sama) pada jam 11.00.
Bila pada jam 12.00 kepada umat agama A di Jakarta Allah menampakkan Diri lalu mengatakan tentang pentingnya beribadah dan kepada umat agama A di Bandung Allah juga menampakkan Diri lalu mengatakan tentang pentingnya bersedekah,

Apakah zatNya terpisah?
Padahal dalam kedua penampakan, Allah sedang bicara mengenai hal-hal yang berbeda pada jam yang sama.

Misalkan bila kedua penampakan itu direkam (sekarang khan jaman hi-tech),
Akan beda bukan hasilnya??

Apakah zat Allah Jakarta dan zat Allah Bandung adalah sama (inget lho - sama-sama sedang menampakkan Diri pada umat agama A)?


Interpretasi anda terkesan sangat tidak masuk akal. Dari mana anda tahu bahwa Thomas sedang bicara kepada Yesus tetapi tidak UNTUK Dia???

Jawabannya hanya satu, yaitu presuposisi / asumsi anda sebagai org Muslim yg tidak akan pernah mau menerima bahwa Yesus adalah Tuhan, dan bahwa org2 Kristen sejak semula sudah menyembah dan mengenal Dia sebagai Tuhan.

bro Sandpiper, sebagai muslim, saya percaya Isa adalah seorang nabi utusan Allah yang menyampaikan wahyu Allah untuk bani Israil pada waktu itu, dan dia lahir tanpa bapak, dan dia bisa menghidupkan orang mati, menyembuhkan org sakit lepra dengan ijin Allah.

sedangkan anda sebagai umat kristiani meng-klaim bahwa nabi isa adalah Anak Tuhan/Tuhan.
disini saya sedang mencoba memahami dari alkitab buku anda sendiri, saya cuma mengajukan pertanyaan simple dan mendasar sekali tentang aqidah ketuhanan anda, berdasarkan alkitab anda. Sebaiknya anda anggap saya bukan sebagai org muslim, karena disini saya tidak membandingkan ajaran kristen terhadap ajaran islam, tapi saya bertanya layaknya saya orang awam karena saya ingin tahu lebih dalam lagi karena menurut saya, memahami alkitab itu tidak bisa dengan begitu saja, mendengarkan dari pendeta atau orang lain lalu menerima apa adanya, tapi kita harus mengerti benar maksud ayat2nya, konteks ayat2nya, kapan ayat2 itu turun, dalam kasus apa, bahasa aslinya gimana, apakah translasinya bener, dst.


bro Manusia Biasa Saja,

ayat yang anda kutip itu adalah dari Mathius, Lukas, Mark, dan siapakah mereka ini? apakah mereka juga menerima wahyu dari Roh Kudus sebagaimana Jesus? Lalu bagaimana status dari mereka itu?. Jadi itu adalah pandangan menurut Mathius bahwa orang yang sakit itu sujud dan menyembah Jesus, jadi bukan menurut Jesus sendiri.

Sekarang apabila di alkitab tercantum bahwa Yesus mengatakan diri bahwa Ia adalah Allah dan Tuhan, lalu mengatakan bahwa Ia menciptakan semuanya dan mengatakan bahwa Ia harus disembah, Apakah ini menjamin bahwa semua manusia akan serta-merta mempercayaiNya dan menyembahNya?
bro, saya tidak bilang/bermaksud bahwa kalau Jesus meng-klaim bahwa dirinya Tuhan dan semua harus menyembahNya, maka itu jaminan bahwa semua manusia akan menyembahNya, tapi ini akan menguatkan doktrin ketuhanan Yesus itu sendiri, tapi sampai sekarang belum ada satupun pendeta yang bisa menunjukkan ayat dari Yesus sendiri (not by Mathius, Mark, John, dst.) yang menyatakan "Aku adalah Tuhanmu, dan sembahlah Aku" atau "Akulah satu2nya Tuhan yang patut disembah".

=militan link=topic=809.msg9336#msg9336 date=1205419434]
Salam damai,

saya mau tanya, apakah Yesus pernah meng-klaim/berkata dirinya adalah tuhan dan semua manusia di bumi ini wajib menyembahnya, artinya, apakah ada ayat-ayat di dalam bible PL/PB dimana Yesus sendiri bilang “Saya adalah Tuhanmu, Sembahlah aku”?

WELL,
TUHAN YESUS HANYA MENGATAKAN:
"AKULAH jalan dan kebenaran dan hidup.
Tidak ada seorangpun yang datang kepada BAPA
kalau tidak melalui AKU.(yohanes 14:6)

kalimat datang kepada BAPA…
mengacu pada DIRI YESUS sendiri…
(dapat dipahami ketika miliki IMAN ttg peristiwa KAYU SALIB.)
Sungguh sia-sia…
kalo memahami ke ILAHIAN ALLAH dgn logika/akal pikiran kita.

(baca pengkhotbah 8:9-17)
topik:pekerjaan ALLAH tidak dapat diselami manusia. :angel:

tidaklah cukup utk mengerti FIRMAN TUHAN…
jika membacanya hanya sebagian kata or kalimat.
ada ayat2 paralelnya. :char11:

wah kok ramai ya… :tongue:
kekristenan sendiri menurut aku tidak hanya berdasar atas alkitab dan juga menurut aku isi alkitab adalah no 2. karena menurut aku no 1 adalah pengalaman/hubungan pribadi kita dengan Allah/Yesus/Kristus itu sendiri. Bukan berarti alkitab itu tidak perlu. :slight_smile:

Saya sendiri tidak menyalahkan bung militan karena tidak mengerti atau belum paham apa isi alkitab. Karena banyak sekali orang kristen mengatakan Yesus itu Tuhan dan percaya karena mereka tahu bahwa Yesus itu adalah Tuhan adalah dari pengalaman mereka dengan Yesus itu sendiri, yaitu perjumpaan dengan Yesus dan hubungan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Mungkin banyak dari orang kristen yang sudah percaya namun belum tentu mengerti seluruh isi alkitab, tapi setelah mereka mengalami perjumpaan dengan Yesus sendiri maka Tuhanlah yang akan memimpin mereka untuk mengerti dan belajar isi dari alkitab.

Kalau bung militan sendiri belum pernah mengalami perjumpaan dengan Kristus bagaimana mau mengerti isi alkitab. Saya percaya banyak sekali orang kristen PERCAYA ( Percaya dalam arti kekristenan bukan hanya sebagai KTP atau tanda keagamanan) bahwa Yesus adalah Tuhan bukan karena mereka tahu bahwa Yesus adalah Tuhan seperti yang dikatakan di alkitab. Tetapi karena mereka mengalamai perjumpaan dan hubungan dengan Yesus dalam hidup mereka. Jika membahas alkitab memang tidak ada habisnya, apalagi dengan isu-isu yang berhubungan dengan alkitab.

Tetapi sebagai orang percaya pastilah kita tahu siapa itu Tuhan Yesus. Percaya dalam arti kita tahu secara PRIBADI bukan dari orang tua yang mengajarkan kita tetang kristen ketika kita kecil, bukan dari sebuah buku agama, bukan dari kata pendeta atau pemuka agama. Alkitab sendiri adalah firman Tuhan dan penuntun untuk kita sebagai umat kristiani.

Sekarang saya kembalikan lagi kepada bung militan, :slight_smile: boleh saja sebagai umat muslim bung militan percaya bahwa Tuhan Yesus adalah nabi dan hanya sebatas nabi. Tapi atas dasar apa kepercayaan itu, jika hanya dari kitab agama ya sama saja. Alkitab sendiri juga hanyalah sebuah buku, yang semua orang tidak tahu darimana asalnya mungkin saja Alkitab dulu adalah tulisan dari seorang penulis cerita, atau hanya coretan diary orang jaman dahulu yang dipercaya. Tapi umat kristian percaya bahwa Alkitab adalah Firman Tuhan karena mereka kenal siapa Tuhan mereka, mereka memiliki hubungan pribadi dengan Tuhan Yesus, perjumpaan setiap hari, oleh karena itu mereka percaya bahwa Alkitab adalah Firman Tuhan.

Jadi jika Anda sendiri tidak pernah mengalami perjumpaan dan hubungan secara pribadi dengan Tuhan Yesus bagaimana mau mengerti isi Alkitab. :afro:

Buat yang lain kalau tulisan saya ada yang salah tolong dikoreksi ya.
GBU 4 EVER

Saya tidak bisa menganggap anda sebagai seorang yg netral dalam hal ini sebab jelas dari tulisan anda sendiri bhw anda sangat biased didalam argumen anda, khususnya mengenai ayat Yohanes 20:28, dimana anda tidak mau menerima penjelasan saya karena anda memberikan memberikan standard reply org Muslim mengenai ayat ini, tanpa perhatikan konteks ayat ini.

Perlu anda sadari bhw seluruh Yohanes dari pasal 1 sampai terakhir menekankan Ketuhanan Yesus sebagai Anak Allah dan kalau saja anda “melepaskan” kacamata asumsi anda yg berkata Dia adalah hanya manusia, maka akan jelas sekali bahwa penjelasanan saya mengenai ayat 20:28 adalah satu2nya penjelasan yg sesuai konteks dari tulisan Yohanes.

Mengenai klaim Yesus adalah Tuhan, memang itu adalah klaim kami sbg org Kristen. Tapi itu bukan sekedar klaim melainkan berdasarkan fakta dan sejarah.

Saya akan assert 3 hal yg mendukung klaim ini:

  1. Bahwa Yesus benar2 hidup didunia
  2. Bahwa sesuai Kitab Suci Dia menyatakan diriNya sbg Tuhan dan Juruselamat
  3. Dan bahwa Dia mati di kayu salib
  4. Dan bahwa Dia kemudian bangkit kembali sesuai apa yg dituliskan oleh Kitab Suci

Jika anda mau bahas 4 hal ini (atau salah satunya saja), saya akan dgn senang hati meladeninya.

boleh dong kasih jawaban juga? :slight_smile:

menurut pribadi saya dari semua ayat PB dan PL dari Alkitab memang Yesus Kristus (ISA) tidak mengklaim diriNYA sendiri bahwa DIA adalah TUHAN, tapi kenapa?

  • DIA ngga perlu dengan lantang mengatakan siapa diriNYA, karena didalam diriNYA sudah ada rencana ALLAH untuk menyelamatkan manusia, like you and me… sebenernya bisa juga sih DIA ngomong langsung saat turun dari langit dan berkata “AKULAH PENYELAMAT KALIAN” dengan membuka wujud asliNYA sebagai ALLAH, tapi apa manusia ngga bakalan langsung GOSONG/MATI? inget lho, manusia itu penuh dosa dan jika yang berdosa itu dihadapkan dengan YANG SUCI yaaa… ngga ada BANDINGANnya dong ah… (main ngga logikanya?)

  • kenapa DIA lahir dari keluarga tukang kayu dan bukan dari kalangan raja? bayangkan deh kalo kita berada di zaman baheula alias zaman dimana baru perhitungan 1 masehi, banyak kerajaan dimana2… kalo ALLAH berniat rencanaNYA itu dengan pribadi manusia dalam Yesus Kristus lahir dari keluarga kerajaan dan Yesus Kristus menjadi pangeran di sana, bisa aja sih, tapi kalo dalam keadaanNYA yang seperti itu, bagaimana dengan rakyat yang jelata? ALLAH itu pintar dan kreatif lho bro militan, melebihi pemikiran kita… DIA mau semua orang mengenalNYA, DIA mau semua orang SELAMAT tanpa terkecuali (bukan hanya dari golongan yahudi saja atau golongan raja saja atau dll, dsb, etc…) semua orang. itu sebabnya ALLAH dalam pribadi YESUS KRISTUS yang (nah, disini jangan coba2 main logika, karena hanya ALLAH yang punya nih) 100% manusia dan 100% ALLAH (toh ALLAH yang punya kehendak mau gimana, iya ngga? mau protes? silakan tanya ama ALLAH deh kok bisa gitu sih? paling jawabanNYA: “yang TUHAN itu sopo nak, AKU apa kamu sih…” ) membaurkan diri dalam komunitas manusia dan menjalankan rencana keselamatan dengan darahNYA (100% suci) sendiri. dari sini bukan Yesus Kristus sendiri yang menyatakan bahwa diriNYA adalah ALLAH, tapi ALLAHlah sendiri (yang dipanggilnya BAPA - ini Trinitas, dibahas di kolom lain yaw) yang menyatakan bahwa YESUS KRISTUS (AnakNYA) yang dikasihiNYA adalah ALLAH dan hanya kepada Yesus Kristuslah ALLAH berkenan.

  • bukan Yesus Kristus yang mengelu2kan diriNYA sendiri tapi semua orang yang sudah MELIHAT dengan mata kepala sendiri segala MUKJIZAT dan KEAJAIBAN yang sudah Yesus Kristus sebagai ALLAH lakukan, mereka semua inilah yang memberikan kesaksian bahwa memang benar Yesus Kristus (Isa) adalah Nabi, Raja, Imam dan ALLAH (Mesias).

  • manusia udah menyatakan bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan, bahkan ALLAH sendiri juga menyatakannya…!!! adakah pribadi yang lebih tinggi dari ALLAH dan bisa memberikan kesaksian bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan?

saya pikir udah cukup dulu deh…
semoga bisa ditelaah ya penjabaran yang saya berikan ini berdasarkan sedikit logika bagi pandangan yang dari luar dan semoga hikmat dari ALLAH bisa menaungi kita semua…

mohon maaf bagi yang ngga berkenan :wink:

GBU

tidak perlu Tuhan Yesus klaim pun manusia tahu bahwa Dia adalah Tuhan, tidak ada seorang pun yang rela mati bagi orang lain, di islam ada ga ya seseorang yang mati buat orang lain ??

kalau menikahi orang lain untuk diselamatkan sih ada :smiley:

Tuhan tetap Tuhan, mengklaim atau Tidak Dia tetap Tuhan, disembah atau tidak Dia tetap Tuhan, perbuatan, perkataan, pemikiran, dokrin, pertanyaan, atau apapun yang manusia lakukan tetap tidak mempengaruhi ke-Tuhanan Yesus.

Yesus tidak perlu mengklaim DiriNya sebagai Tuhan dengan kata2 yang manusia inginkan!!. Namun perbuatanNya yang ajaib, kenyataan akan KehadiranNya yang tak bisa dipungkiri, itu telah jauhhhhhhh, sangat jauhhhhhhhh membuktikan bahwa Dia adalah Allah itu sendiri.

Pernah gak bro militan, saat sholat, atau melakukan penyembahan, anda merasakan kehadiran Allah, yang dasyat itu!!, sampai, Tubuh, Jiwa, roh anda tidak mempu memungkiri, tidak mampu untuk (bahkan) hanya berdiri, yang ada hanya perasaan takut (takut ini adalah takut akan Allah, bukan takut akan setan atau iblis, sangat amat teramat berbeda), perasaan takut, dan kesadaran bahwa ANDA (atau siapapun yang pernah mengalami perjumpaan Pribadi dengan Allah) bahwa ANDA, adalah orang yang sangat berdosa!!, bahwa perbuatan baik yang pernah atau sedang anda berusaha lakukan itu semua sungguh-sungguh, teramat TIDAK BERARTI, dan seketika anda SADAR, bahwa TIDAK ADA SATUPUN CARA BUAT ANDA UNTUK MENYELAMATKAN DIRI ANDA, selain…selain…S E L A I NBELAS KASIHAN ALLAH…BELAS KASIHAN ALLAH…BELAS KASIHAN DARI ALLAH PENCIPTA anda!!, your creator!!

Dan pengenalan akan Allah akan membuat anda atau siapapun yang mengalaminya, tidak sanggup memungkiri bahwa Yesus Sungguh adalah Allah itu sendiri, walau seluruh dunia memberikan bukti bahwa Yesus bukan Tuhan, namun pengalaman pribadi dengan PRIBADI ALLAH yaitu YESUS itu sendiri membuat IMAN percaya kita tidak mungkin bahkan tidak mampu digoyahkan oleh apapun, kerena kita mengenal siapa yang kita sembah!!.

:slight_smile: buat setiap tulisan diatas, hanya berusaha menekankan apa yang saya berusaha ungkapkan melalui tulisan, bukan maksud memojokkan anda. Doa dan harapan saya, adalah TUHAN ALLAH pencipta anda sendiri yang akan memperkenalkan diriNYA secara pribadi kepada ANDA, agar anda dipuaskan.

God Bless your life in Him :slight_smile:

wah sangar… lama-lama bisa jadi fansnya sandpiper neh :char14:

Salaam,
menjawab pertanyaan TS kita " Pernahkah Yesus/Isa meng-klaim bahwa dirinya adalah tuhan?"
jawbannya sudah jelas… Tidak pernah Yesus/Isa meng-klaim bahwa dirinya adalah tuhan?

Salaam
Farell

Tuhan tetap Tuhan, mengklaim atau Tidak Dia tetap Tuhan, disembah atau tidak Dia tetap Tuhan, perbuatan, perkataan, pemikiran, dokrin, pertanyaan, atau apapun yang manusia lakukan tetap tidak mempengaruhi ke-Tuhanan....
sampai disini pernyataan anda sudah benar, tapi ketika anda menambahkan kata
Yesus.
nama yang yang anda tuliskan terakhir ini, tanpa anda sadari semuanya menjadi melawan bahkan menghinakan Yesus itu sendiri.
Yesus tidak perlu mengklaim DiriNya sebagai Tuhan dengan kata2 yang manusia inginkan!!.
benar, karena yesus tidak merasa perlu mengklaim dirinya Tuhan, dan karena Yesus sadar sesadar-sadarnya bahwa dia bukanlah Tuhan
Namun perbuatanNya yang ajaib, kenyataan akan KehadiranNya yang tak bisa dipungkiri, itu telah jauhhhhhhh, sangat jauhhhhhhhh membuktikan bahwa Dia adalah Allah itu sendiri.
banyak manusia ajaib melebihi keajaiban yesus bahkan tertulis dalam Alkitab, tapi tak satupun yang dianggap Tuhan, dan kehadiran merekapun juga tidak bisa dipungkiri.
Pernah gak bro militan, saat sholat, atau melakukan penyembahan, anda merasakan kehadiran Allah, yang dasyat itu!!, sampai, Tubuh, Jiwa, roh anda tidak mempu memungkiri, tidak mampu untuk (bahkan) hanya berdiri, yang ada hanya perasaan takut (takut ini adalah takut akan Allah, bukan takut akan setan atau iblis, sangat amat teramat berbeda), perasaan takut, dan kesadaran bahwa ANDA (atau siapapun yang pernah mengalami perjumpaan Pribadi dengan Allah) bahwa ANDA, adalah orang yang sangat berdosa!!, bahwa perbuatan baik yang pernah atau sedang anda berusaha lakukan itu semua sungguh-sungguh, teramat TIDAK BERARTI, dan seketika anda SADAR, bahwa TIDAK ADA SATUPUN CARA BUAT ANDA UNTUK MENYELAMATKAN DIRI ANDA, selain...selain...S E L A I N ... BELAS KASIHAN ALLAH...BELAS KASIHAN ALLAH..BELAS KASIHAN DARI ALLAH PENCIPTA anda!!, your creator!!
satu lagi bukti bukan cuma yesus yg membuat seseorang bergetar seperti itu, bahkan umat dari sang Budha pun bisa merasakan hal yg sama. jadi apa lebihnya menganggap Yesus anak keturunan Yahudi sebagai Tuhan anda, dan akan jauh lebih terhormat jika anda mengangkat Sang Tuhan itu sebaiknya dari suku nenek moyang anda sendiri.
Dan pengenalan akan Allah akan membuat anda atau siapapun yang mengalaminya, tidak sanggup memungkiri bahwa Yesus Sungguh adalah Allah itu sendiri,
Allah jauh lebih mulia dari apapun ciptanNya, dan Sang Pencipta tidak akan menghinakan dirinya dengan menjadi ciptaanNya sendiri.

jika aku pencipta sebuah boneka hidup, aku tidak akan pernah mau menjadi boneka ciptaanku apalagi aku harus mati demi boneka-boneka ciptaanku yang lain, dan aku maha kuasa sudah pasti aku bisa memperbaiki boneka2 yang dianggap rusak tanpa aku harus merusak satu boneka manapun.
Tuhan tidak akan menciptakan Tuhan, kecuali Dewa dalam imaginasi, memang bisa menciptakan anak Dewa dan menantu.

walau seluruh dunia memberikan bukti bahwa Yesus bukan Tuhan, namun pengalaman pribadi dengan PRIBADI ALLAH yaitu YESUS itu sendiri membuat IMAN percaya kita tidak mungkin bahkan tidak mampu digoyahkan oleh apapun, kerena kita mengenal siapa yang kita sembah!!.
sayang sekali dunia anda terlalu sempit, dan sudah menutup diri, anda belum pernah mecoba Sang Budha bekerja dalam diri anda, misalnya
buat setiap tulisan diatas, hanya berusaha menekankan apa yang saya berusaha ungkapkan melalui tulisan, bukan maksud memojokkan anda. Doa dan harapan saya, adalah TUHAN ALLAH pencipta anda sendiri yang akan memperkenalkan diriNYA secara pribadi kepada ANDA, agar anda dipuaskan.
sayangnya anda juga tidak berdo'a dengan yang menciptakan anda, tetapi anda lebih percaya berdo'a dengan manusia Ciptannya Tuhan anda sendiri.

dan jika benar Yesus adalah Tuhan, maka Maria sang ibu, sudah pasti menjadi orang yang pertama menyembahnya.

Salaam damai
Farell

hihihi… terserah deh anda mo bilang apa, bagi saya semua alasan yang anda kemukakan membuktikan bahwa anda memang tidak terhormat! :slight_smile: di kitab suci anda ajah bilang kalo Isa Almasih itu adalah Tuhan… kasian yah anda memungkiri kitab suci anda sendiri… cape deh…

nah, itu dia anda “sedikit lebih pintar”! ngga ada kan seorang pun yang mau mati bagi ciptaannya… :wink: ALLAH yang kami sembah dan ALLAH yang sama, yang menciptakan kamu itu beda dan penuh kasih lho! DIA (ALLAH) mau mati bagi kamu dan saya!

hmm… ternyata menclak menclok juga ya anda… gpp deh… topiknya berkaitan :azn:

maafkan jika tidak berkenan, but sekali lagi pribadi aku bilang, JESUS CHRIST, JESHUA HAMASIAH, ISA ALMASIH, YESUS KRISTUS adalah TUHAN!!! :afro: