Wujudkan anugrahNya

Wujudkan anugrahNya

Efesus 3:20 , “ Bagi DIAlah , yang dapat melakukan jauh lebih banyak daripada yang kita doakan atau pikirkan , seperti yang ternyata dari kuasa yang BEKERJA DIDALAM KITA, “

Dari pembacaan kebenaran Firman Tuhan ini kita melihat betapa indahnya hidup sebagai anak Tuhan , Kalau kita bisa menangkap maksud Tuhan ini maka hidup kita akan berubah , tidak lagi dalam area biasa-biasa saja tetapi menjadi luar biasa karena hidup dalam KUASA ALLAH !
Kita bisa melihat jaminan Firman Tuhan akan rencanaNya yang indah dan baik bagi umatNya lewat kebenaran yang tertulis dalam ;

Yesaya 22 : 22 , “ Aku akan menaruh kunci rumah Daud keatas bahunya ; Apabila IA membuka , tidak ada yang dapat menutup ; apabila IA menutup , tidak ada yang dapat membukanya . “

• Ayat ini menubuatkan keturunan Daud , “ Yesus ” akan menerima kekuasaan ; Otoritas kuasa membuka maupun menutup KUASA besar yang akan diberikan kepada umatNya !

Yesaya 45 : 2 – 3 , “ AKU sendiri hendak berjalan didepanmu dan hendak meratakan gunung-gunung , hendak memecahkan pintu-pintu tembaga dan hendak mematahkan palang-palang besi . AKU akan memberikan kepadamu harta benda yang terpendam dan harta kekayaan yang tersembunyi , supaya engkau tahu , bahwa AKUlah Allah Isarel , yang memanggil engkau dengan namamu.”

Otoritas kuasa didepan kita umatNya tidak bisa dihalangi oleh kuasa apapun ( mematahkan palang-palang besi ) untuk memberikan harta kekayaan yang tersembunyi supaya kita tahu bahwa , tiada yang sama seperti Tuhan kita Yesus Kristus .

Yosua 24:13 , “ Demikianlah kuberikan kepadamu negeri yang kamu peroleh TANPA KAMU BERSUSAH-SUSAH dan kota-kota yang tidak kamu dirikan , tetapi kamulah yang diam didalamnya ; juga kebun-kebun anggur dan kebun – kebun zaitun yang TIDAK KAMU TANAMI , kamulah yang akan memakan hasilnya !”

Tuhan menginginkan kita mencapai kesejahteraan hidup dan menikmati kemakmuran-Nya , dengan memberikan ; “ Kekayaan dan semua aset yang Yesus peroleh setelah menaklukkan segala sesuatu dibawah kakiNya.” Efesus 1 : 21-23 sehingga tanpa susah payah kita tinggal menikmatinya !

Allah tidak berkata, " AKU bisa memberi " artinya bisa ya atau tidak memberi , tetapi Tuhan berkata , " AKU telah memberikan " yang berarti pasti akan terjadi , hanya soal waktu melalui karya Kristus dikayu salib yang sudah menyelesaikan masalah kebutuhan manusia ( rohani dan jasmani ) , menghasilkan hadiah-hadiah bagi kita umatNya . Efesus 4 : 8 .

Sejak semula Tuhan merencanakan untuk kita menjadi Kepala bukan ekor
Ulangan 28:13 , “ Tuhan akan mengangkat engkau jadi kepala dan bukan menjadi ekor , engkau akan tetap naik dan bukan turun , apabila engkau mendengarkan perintah Tuhan , Allahmu yang kusampaikan pada hari ini kau lakukan dengan setia ,

Ketika Allah merencanakan kita menjadi kepala dan bukan ekor tetap naik dan bukan turun , RencanaNya yang baik itu pasti terjadi dan tidak pernah gagal ! Sebab Allah yang berfirman pasti akan digenapinya ! Bilangan 23 : 19 ; Ayub 42 : 2 .

Sarana kuasaNya mengalir didalam hidup kita lewat ;

  1. Sebagai anak Tuhan hidup dalam dunia ini kita tidak sendirian seperti yatim piatu , tetapi disertai “ Roh Kudus “ ( pneuma ) Yohanes 16 : 13, dengan “ KuasaNya yang dahsyat “

  2. Kuasa “ FirmanNya “ ( logos ) akan memerdekakan kehidupan kita dari konsep berpikir , paradigma , falsafah dan cara pandang hidup kita , ikatan kuasa yang membelenggu roh kita ( kepercayaan-kepercayaan nenek moyang ) sedemikian hebatnya kuasa Firman sampai masuk ketulang sumsum . Yohanes 8 : 32 ; 17:17 ; Ibrani 4 : 12 . FirmanNya yang merubah kehidupan kita menjadi “ Kebenaran “ ( Aletheia ) dihadapan Allah BAPA . Yohanes 1 : 14 .

  3. “ Kehidupan Kristus “ ( Zoe ) dari Tuhan penguasa langit bumi serta seisinya yang ada didalam hidup kita . 1 Yohanes 5 : 11-12 memungkinkan urapan dan hadiratNya mengalir dari dalam hidup kita dengan limpahnya . Yohanes 7 : 38 .

Itulah kuasaNya yang ada didalam hidup kita yang “ Mampu melakukan lebih banyak dari yang kita doakan dan pikirkan “ atau melebihi pikiran manusiawi kita .

Memang dalam perjalanan hidup sebagai anak Tuhan kita harus melewati berbagai proses hidup kadang naik tetapi kadang turun ,

Tujuan ujian hidup bagi umat Tuhan adalah , Dalam rangka pembelajaran dan pembentukan dalam semua aspek kehidupan ( cara berpikir,cara pandang dan tujuan hidup kita ) agar karakter dan kepribadian kita siap dan tidak jatuh ketika mendapat kasih karuniaNya !

Sikap ketekunan , dalam proses hidup bisa belajar dari Yusuf anak Yakub ,

• Tuhan memberikan mimpi kepada Yusuf apa yang Tuhan rencanakan dalam hidupnya , Kejadian 37 : 5 – 7 , 9 , dimasa sekarang kita memiliki mimpi yaitu semua janji Tuhan yang tertulis dalam Alkitab .

• Yusuf setelah mendapat mimpi mengalami proses hidup , mimpi dan visinya seperti kandas ditengah jalan karena Yusuf dimasukkan sumur dan dijual jadi budak . Kejadian 38 : 24-27 .

• Yusuf bisa melepaskan diri dari obsesi seorang anak orang kaya , dan mulai belajar menempatkan diri sebagai budak dan bekerja secara profesional , memiliki jiwa pemimpin , memiliki ; management , pandai membangun hubungan dengan sesamanya sehingga dipercaya kedudukan yang tinggi oleh Potifar tuannya . Kejadian 39 : 2 – 4 .

• Yusuf tetap mempertahankan gaya hidup seorang yang takut Tuhan tidak mau terjebak dengan godaan iblis , lewat jebakan istri tuannya Potifar . Kejadian 39 : 7 – 13 .

• Yusuf masuk penjara ( ujian hidup lagi ) Tuhan mengajar Yusuf masuk dalam pengalaman yang lebih sulit harus menghadapi orang-orang dengan latar belakang kriminal , tetapi Yusuf bisa menempatkan diri dengan baik dan lulus ujian , ( karena Tuhan menyertainya ) sehingga dipercaya menjadi wakil sipir penjara. Kejadian 39 : 21-23 .

• Akhirnya mimpi yang Tuhan berikan pada masa mudanya terwujud , Yusuf diberi karunia Tuhan untuk menafsirkan mimpi , lewat pelayan pembuat roti dan minuman Raja firaun yang masuk penjara karena membuat kesalahan , Kejadian 41 : 14-16 .

• Alasan Firaun mengangkat Yusuf menjadi orang kedua di Kerajaan Mesir bukan karena bisa menfasirkan mimpi tetapi rancangan pikirannya yang bijaksana hasil proses hidupnya . Kejadian 41 : 33-36 .
Belajar dari Yusuf bin Yakub ini , kita harus memiliki sikap hidup fokus untuk meraih mimpi / janji Tuhan , dengan hati yang takut akan Tuhan karena tahu apa yang baik yang sudah disediakan bagi kita umatNya walau kita harus melewati proses untuk mencapai visi hidup ,

Seperti Yusuf memiliki tujuan “ Hidup jadi berkat “ dengan nilai –nilai warga Kerajaan Allah yang terpuji . ( integrity value ) sehingga Tuhan menganugrahkan kasih karuniaNya dalam hidupnya . Kejadian 45 : 5-8 .
Jadi berhentilah melihat kurangnya sumber dayamu , tapi miliki visi hidup jadi berkat dengan pikiran dan tujuan hidup yang benar . Lihatlah karya salibNya dan berkatalah , " Ya Tuhan Yesus , saya percaya ENGKAU sudah siapkan semua yang terbaik dalam hidupku , Ini adalah masalah waktu sebelum aku mengalami kesejahteraan dalam hidupku "

Apa yang kita alami saat ini mungkin seperti berada didasar yang paling sulit sekalipun ingat itu hanya bersifat sementara saja untuk membentuk sikap dan tujuan hidup jadi berkat , percaya bahwa kita tetap dalam rencanaNya yaitu akan terus naik dan tidak turun . Asal kita tetap hidup dalam kehendak dan rencanaNya maka kemenangan hidup hanya soal waktu saja .

Bagaimana kita bisa mengalami aliran ANUGRAHNYA dalam semua aspek kehidupan kita ? Tuhan TIDAK MELEPASKAN ANUGRAHNYA , selama kita sendiri ;

  1. Tidak merindukannya atau memintanya kepada BAPA , sebaliknya apa yang kita butuhkan kita memintanya dengan Iman maka akan terjadi di bumi . Yesus berkata bahwa “Kepadamu kuberikan kunci kerajaan Sorga , Apa yang kamu ikat di bumi akan terikat di surga, dan apa yang kamu lepaskan di bumi akan dilepaskan di surga”. Matius 16:19 yang Yesus katakan adalah bahwa apa yang kita butuhkan , inginkan agar terjadi dan BAPA setuju , mengizinkan . Maka tidak ada kuasa yang bisa menolak atau melarangnya !

  2. Konsep berpikir kita yang masih terikat dengan paradigma lama ( pengaruh dunia , kata nenek moyang dan pola Taurat , harus begini dan begitu /usaha manusia ) itu sebetulnya yang menghalangi kasih karunia tidak nampak dalam hidup kita . Galatia 5 : 4 .

Cara kita menerima anugrahNya adalah ;

  1. Berdoa kepada BAPA Matius 7 : 7 , Kebenaran Firman Tuhan ini mengajarkan bagaimana kita bisa mengalami kuasa Allah dalam hidup kita ! minta apa yang memang sudah Tuhan rencanakan sejak semula menjadikan kita anak-anakNya . Yermia 29 : 11-13 .

  2. Berdoa dengan mengatakan Janji FirmanNya yang tertulis dalam Alkitab , Yehezkiel 36 : 37 . Maka Tuhan akan memberikan apa yang dijanjikanNya sehingga terjadi dalam hidup kita , ( untuk itu kita harus tahu apa yang Tuhan janjikan / suka membaca Alkitab )

  3. Berdoa dengan sikap “ Percaya “ bahwa Tuhan itu baik , sangat baik dan amat baik , kalau berdoa dengan iman percaya demikian maka ia akan sabar tekun berdoa sampai doanya dikabulkan BAPA yang baik !

  4. Berdoa dalam “ Bahasa roh “ Ketika kita membiarkan Roh-Nya untuk bersyafaat bagi kita , Roma 8:26 , maka mujizat akan terjadi ! ( dalam hal ini umat Tuhan jelas harus membangun hubungan secara baik dan mengandalkan Tuhan selama hidupnya .

Jadi percayalah Firman-Nya meskipun keadaan Anda saat ini seolah-olah tidak mendukung untuk pengalami pemulihan dan kemenangan dan berharap untuk melihat kemenangan! Percayalah kuasa yang melebihi apa yang kita pikirkan atau doakan akan kita alami dalam hidup ini . Amin