Wah Ternyata Per10an di Maleakhi 3 adalah MA’ASER ANI (per10an jenis ke-3)

Maleakhi 3:5-10

Aku akan mendekati kamu untuk menghakimi dan akan segera menjadi saksi terhadap
tukang-tukang sihir,
orang-orang berzinah dan
orang-orang yang bersumpah dusta dan terhadap
orang-orang yang menindas orang upahan, janda dan anak piatu, dan
yang mendesak ke samping orang asing,
dengan tidak takut kepada-Ku, Firman Tuhan semesta alam.
Bahwasanya Aku, TUHAN, tidak berubah, dan
kamu, bani Yakub, tidak akan lenyap.

Sejak zaman nenek moyangmu kamu telah menyimpang dari ketetapan-Ku dan tidak memeliharanya.
Kembalilah kepada-Ku, maka Aku akan kembali kepadamu, Firman Tuhan semesta alam.
Tetapi kamu berkata: “Dengan cara bagaimanakah kami harus kembali?”

Bolehkah manusia menipu Allah? Namun kamu menipu Aku.
Tetapi kamu berkata: “Dengan cara bagaimanakah kami menipu Engkau?”
Mengenai persembahan persepuluhan dan persembahan khusus!

Kamu telah kena kutuk, tetapi kamu masih menipu Aku, ya kamu seluruh bangsa!
Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan,
supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan
ujilah Aku, Firman Tuhan semesta alam,
apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan
mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.


Dari Maleakhi 3 diatas
ada beberapa poin yg harus diperhatikan :

b ayat 5 → orang upahan, janda dan anak piatu, orang asing
(B) ayat 10 → persediaan makanan
(C) ayat 10 → mencurahkan berkat kepadamu
[/b]

seperti kita ketahui bahwa per10an hukum taurat itu ada 3 jenis

Ma’aser Rishon (Persepuluhan Pertama),
Ma’aser Sheni (Persepuluhan Kedua), dan
Ma’aser Ani (Persepuluhan Ketiga).

Nah di maleakhi 3 ini , Per10an jenis apakah yg diselewengkan ?

apakah Ma’aser Rishon ?
apakah Ma’aser Sheni ?
apakah Ma’aser Ani ?


mari kita pelajari dahulu ke-3 jenis per10an h.taurat berikut ini

Rabi-rabi Israel menamakan 3 macam persepuluhan itu dengan nama:
Ma’aser Rishon (Persepuluhan Pertama),
Ma’aser Sheni (Persepuluhan Kedua), dan
Ma’aser Ani (Persepuluhan Ketiga).

  1. MA’ASER RISHON
    Kumpulan Thread yg berhubungan dengan Per10an - Diskusi Umum Kristen - ForumKristen.com

Mengenai bani Lewi,
sesungguhnya Aku berikan kepada mereka segala persembahan persepuluhan di antara orang Israel sebagai milik pusakanya, untuk membalas pekerjaan yang dilakukan mereka, pekerjaan pada Kemah Pertemuan…

Mereka tidak akan mendapat milik pusaka di tengah-tengah orang Israel, sebab persembahan persepuluhan yang dipersembahkan orang Israel kepada TUHAN sebagai persembahan khusus Kuberikan kepada orang Lewi sebagai milik pusakanya; itulah sebabnya Aku telah berfirman tentang mereka: Mereka tidak akan mendapat milik pusaka di tengah-tengah orang Israel."

TUHAN berfirman kepada Musa:
"Lagi haruslah engkau berbicara kepada orang Lewi dan berkata kepada mereka:

Apabila kamu menerima dari pihak orang Israel persembahan persepuluhan yang Kuberikan kepadamu dari pihak mereka sebagai milik pusakamu, maka haruslah kamu mempersembahkan sebagian dari padanya sebagai persembahan khusus kepada TUHAN, yakni persembahan persepuluhanmu dari persembahan persepuluhan itu, dan
persembahan itu akan diperhitungkan sebagai persembahan khususmu,
sama seperti gandum dari tempat pengirikan dan
sama seperti hasil dari tempat pemerasan anggur.

Secara demikian kamupun harus mempersembahkan sebagai persembahan khusus kepada TUHAN sebagian dari segala persembahan persepuluhan yang kamu terima dari pihak orang Israel. Dan yang dipersembahkan dari padanya sebagai persembahan khusus kepada TUHAN haruslah kamu serahkan kepada imam Harun.
(Bilangan 18:21-28)

Maaser Rishon → TIDAK ADA JANJI BERKAT dari Tuhan

  1. MA’ASER SHENI
    Kumpulan Thread yg berhubungan dengan Per10an - Diskusi Umum Kristen - ForumKristen.com

Haruslah engkau benar-benar mempersembahkan sepersepuluh dari seluruh hasil benih yang tumbuh di ladangmu, tahun demi tahun.

Di hadapan TUHAN, Allahmu, di tempat yang akan dipilih-Nya untuk membuat nama-Nya diam di sana, haruslah engkau memakan persembahan persepuluhan dari gandummu, dari anggurmu dan minyakmu, ataupun dari anak-anak sulung lembu sapimu dan kambing dombamu,

supaya engkau belajar untuk selalu takut akan TUHAN, Allahmu.
Apabila, dalam hal engkau diberkati TUHAN, Allahmu, jalan itu terlalu jauh bagimu, sehingga engkau tidak dapat mengangkutnya, karena tempat yang akan dipilih TUHAN untuk menegakkan nama-Nya di sana terlalu jauh dari tempatmu, maka haruslah engkau menguangkannya dan membawa uang itu dalam bungkusan dan pergi ke tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu, dan haruslah engkau membelanjakan uang itu untuk segala yang disukai hatimu, untuk lembu sapi atau kambing domba, untuk anggur atau minuman yang memabukkan, atau apapun yang diingini hatimu, dan haruslah engkau makan di sana di hadapan TUHAN, Allahmu dan bersukaria, engkau dan seisi rumahmu.

Juga orang Lewi yang diam di dalam tempatmu janganlah kauabaikan, sebab ia tidak mendapat bagian milik pusaka bersama-sama engkau.
(Ulangan 14:22-27)

Maaser Sheni → TIDAK ADA JANJI BERKAT dari Tuhan

  1. MA’ASER ANI
    Kumpulan Thread yg berhubungan dengan Per10an - Diskusi Umum Kristen - ForumKristen.com

Pada akhir tiga tahun engkau harus
mengeluarkan segala persembahan persepuluhan dari hasil tanahmu dalam tahun itu dan
menaruhnya di dalam kotamu(Sha’ar);

maka

– orang Lewi, karena ia tidak mendapat bagian milik pusaka bersama-sama engkau, dan
orang asing,
anak yatim dan
janda yang di dalam tempatmu,

akan datang makan dan menjadi kenyang,
supaya TUHAN, Allahmu, memberkati engkau di dalam segala usaha yang dikerjakan tanganmu.
(Ulangan 14:28-29)

perhatikan POIN-POIN yg terdapat dalam Maaser Ani
b → orang asing, yatimpiatu, janda
(B) → makan dan kenyang
(C) → memberkati engkau <---- ADA JANJI BERKAT DARI TUHAN —>
[/b]


kembali pada pertanyaan
di maleakhi 3 ini , Per10an jenis apakah yg diselewengkan ?

Dengan melihat ketiga deskripsi per10an diatas (Maaser Rishon , Sheni, Ani)
maka sekarang kita tahu dengan jelas bahwa

Per10an yg diselewengkan di Maleakhi 3 ternyata adalah MAASER ANI (PER10AN KE-3)

Maaser Ani memiliki 3 poin yg sama persis dengan per10an yg disinggung di Maleakhi 3
mari kita lihat persamaannya

[b]per10an di Maleakhi 3

(A) ayat 5 → orang upahan, janda dan anak piatu, orang asing
(B) ayat 10 → persediaan makanan
(C) ayat 10 → mencurahkan berkat kepadamu
[/b]

dengan

Maaser Ani
(A) → orang asing, yatimpiatu, janda
(B) → makan dan kenyang
(C) → memberkati engkau


Apa yg diperoleh melalui pembahasan diatas ?

  1. Bahwa Per10an di Maleakhi 3 ternyata adalah Maaser Ani
    bukan Maaser Rishon yg diberikan ke Lewi
    bukan Maaser Sheni yg dimakan sendiri

  2. Tujuan Tuhan mengutus nabi maleakhi adalah utk meluruskan kembali Maaser Ani yg tidak dilakukan

  3. ADALAH TIDAK BENAR, apabila menggunakan Maleakhi 3 sebagai DASAR DOKTRIN GEREJA utk
    memerintahkan jemaat menyetor Maaser Ani ke Organisasi Gereja Saja
    karena apa ?
    karena penerima Maaser Ani ada 4 golongan :
    a. Lewi
    b. Janda
    c. YatimPiatu
    d.Orang Asing

NB : Cukup menarik bahwa, dari ke-3 jenis Maaser di Hukum Taurat , ternyata
Tuhan berjanji memberi berkat apabila melakukan Maaser Ani

   sementara ketika  melakukan 2 Maaser lain, 
   [b]Maaser Rishon TIDAK ADA JANJI BERKAT dari Tuhan[/b]
   [b]Maaser Sheni   TIDAK ADA JANJI BERKAT dari Tuhan[/b]

sebagai tambahan saja
berikut ini adalah penjelasan tentang Maaser Ani di Hukum Taurat

Syalom

Itu Isi Alkitab lo tafsirin sendiri ato lewat ROH KUDUS ?

Thanks bro for this info…

GBU

[email protected]
Semua penjelasan Meleakhi 3:5-10 tidak ada satu ayat menyentuh dengan konsep anda mengenai:
Ma’aser Rishon (Persepuluhan Pertama),
Ma’aser Sheni (Persepuluhan Kedua), dan
Ma’aser Ani (Persepuluhan Ketiga).

Persembahan persepulhan adalah milik TUhan (Imamat 27:30), Milik Tuhan itu tidak memakai konsep-konsep Ma’aser Rishon, Ma’aser Sheni dan Ma’aser Ani segala, itu cuma konsep Repento saja, yang kelihat semakin membuat orang yang membaca semakin tersesat dan menyesatkan umat-Nya, yang namanya persepuluhan milki Tuhan itu tidak dapat dibatalkan, tidak ada ayat yang mendukung walapupun anda cari sampai udelmu pecah tidak pernah ketemu ayatnya bahwa milik Tuhan dibatalkan .

Tetap paten milki Tuhan, tetap milik Tuhan tidak pernah ada yang dapat merampas milik Tuhan apalagi mau ambil alih dan mengantikan kedudukan sebagai pemilik hak Tuhan, dengan tipu daya konsep konsep yang kelihatannya alkitabiah, tetap orang tahu milik Tuhan tetap milik Tuhan, miliki-Nya kekal selama-lama-Nya, jangan bealibi menuduh pendeta pendeta menyeleweng kan uang namun maksud tujuan anda adalah satu yaitu merencanakan menghapus/membatalkan persepuluhan itu milik TUhan…
Anda perhatikan ayat Bilangan dibawa ini Allah yang menetapkan para iman dan suku Lewi harus disokong melalui persembahan persepulhan kepada mereka merupakan ketetapan Allah untuk selama-lamanya,.

Bilangan 18:8 Lagi berfirmanlah TUHAN kepada Harun: "Sesungguhnya Aku ini telah menyerahkan kepadamu pemeliharaan persembahan-persembahan khusus yang kepada-Ku; semua persembahan kudus orang Israel Kuberikan kepadamu dan kepada anak-anakmu sebagai bagianmu; itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya. .

Keteapan Allah ini untuk selama-lamanya berlaku bukan hanya mereka yang bangsa Lewi saja, namun mereka yang dewasa ini (1Kor.9:13-14)-Firman Tuhan diatas ini adalah suatu ketetapan yang ditetapkan Allah bahwa milik Allah adalah milik Allah, mereka yang menikmati milki Allah semua fasilitas yang Tuhan telah berikan bagi mereka melalui orang orang yang yelah mereka layani…

Secara prinsip Allah yang berjanji dan menetapkan janji ini menjangkau semua orang percaya dari generasi ke generasi semua orang yang percaya kepada Kristus…Setelah saya membaca kopnsep anda Repento terus terang membinggungkan dan menyesatkan dari konsep konsep anda karena anda mau menghapuskan persepulhan milik Allah dengan konsep mu, itu sudah keterlaluan sekali…
Anda lihat dan membaca kedua ayat PL diatas ini adalah firman Tuhan yang menetapkan, arti menetapkan disini artinya perintah Tuhan yang tidak dapat dirubah, sebagaimana keputusan dari Allah, telah menetapkan perintah persepuluhan ini sebagai keputusan yang tidak dapat dirubah,dari kegenerasi- kegenerasi; kekal selama-lamanya…arti penetapan Allah ini …tidak dapat dirubah lagi oleh siapapun juga, apalagi Repento mau mengatikan posisi kedukan Mesias,HEHEHEHE,siapakah anda repento yang mau rubah Firman Tuhan yang sudah ditetapkan oleh Tuhan sendiri, anda tidak lebih dari debu dan tanah, jangan sok jadi pahlawan, mau jadi penganti mesias ya.Cermin dulu deh loe… Siapakah anda Repento…

jgn suka junker neh bnyk postingan u yg isinya cm “thanks bro for this info bla…bla…”
mau kejar setoran bung??

maap temen2 FK, cm infotainment doank neh…

silahkan lanjut ke topiknya


yang satu merasa ini uangku saya tidak akan dan tidak akan memberikannya walau pada siapapun…
apa fungsinya, lari k mana? untuk apa???
ini pun cinta uang…
yang satu
saya "katakan"menipu orang untuk dapat uang banyak…semua milikku…
ini pun cinta uang…
semua cinta akan uang…
26:1 Setelah Yesus selesai dengan segala pengajaran-Nya itu, berkatalah Ia kepada murid-murid-Nya:
26:2 “Kamu tahu, bahwa dua hari lagi akan dirayakan Paskah, maka Anak Manusia akan diserahkan untuk disalibkan.”
26:3 Pada waktu itu berkumpullah imam-imam kepala dan tua-tua bangsa Yahudi di istana Imam Besar yang bernama Kayafas,
26:4 dan mereka merundingkan suatu rencana untuk menangkap Yesus dengan tipu muslihat dan untuk membunuh Dia.
26:5 Tetapi mereka berkata: “Jangan pada waktu perayaan, supaya jangan timbul keributan di antara rakyat.”
26:6 Ketika Yesus berada di Betania, di rumah Simon si kusta,
26:7 datanglah seorang perempuan kepada-Nya membawa sebuah buli-buli pualam berisi minyak wangi yang mahal. Minyak itu dicurahkannya ke atas kepala Yesus, yang sedang duduk makan.
26:8 Melihat itu murid-murid gusar dan berkata: “Untuk apa pemborosan ini?
26:9 Sebab minyak itu dapat dijual dengan mahal dan uangnya dapat diberikan kepada orang-orang miskin.”
26:10 Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka lalu berkata: “Mengapa kamu menyusahkan perempuan ini? Sebab ia telah melakukan suatu perbuatan yang baik pada-Ku.
26:11 Karena orang-orang miskin selalu ada padamu, tetapi Aku tidak akan selalu bersama-sama kamu.
26:12 Sebab dengan mencurahkan minyak itu ke tubuh-Ku, ia membuat suatu persiapan untuk penguburan-Ku.
26:13 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di mana saja Injil ini diberitakan di seluruh dunia, apa yang dilakukannya ini akan disebut juga untuk mengingat dia.”

Exia ayatnya matap tu—

Salam

Penelitian bro Repent kurang cermat,

Kitab Maleakhi + penulisnya hidup semasa post Babylon exilic dan diperkirakan hidup semasa Ezra dan Nehemia. Malekahi (yang diperkirakan sbg ‘nama samaran’) mencerca keteledoran umat yang tidak memelihara hidup kaum Lewi dan Harun, tdk pernah diberikan perpuluhan, akibatnya para imam ini meningalkan jabatannya dan pergi ke ladang2 untuk bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Detail silakan baca kitab Ezra-Nehemia

Salam

terima kasih untuk infonya saudara moe…
saya sendiri baru tahu…

Loyd saya bahas dari poin yg paling penting dulu

diatas anda sedang mencoba melegalismekan per10an bagi umat PB dengan
teknik tafsiran anda yg mencetak tebal ketetapan untuk selama-lamanya

sekarang anda perhatikan salah satu perintah hukum taurat yg lain dibawah ini

Keluaran 12:17
Jadi kamu harus tetap merayakan hari raya makan roti yang tidak beragi,
sebab tepat pada hari ini juga Aku membawa pasukan-pasukanmu keluar dari tanah Mesir.
Maka haruslah kamu rayakan hari ini turun-temurun; itulah suatu ketetapan untuk selamanya.

Perayaan Hari Raya Roti Tak Beragi adalah suatu ketetapan untuk selamanya.

Apakah anda Loyd merayakan hari raya roti tak beragi ? TENTU TIDAK kan LOYD ?

tetapi bukankah perayaan hari raya tak beragi adalah ketetapan utk selamanya ?

kenapa anda Loyd tidak melakukannya ?

Nah sekarang anda Loyd bingung kan anda mau berkelit dan bersilat lidah model bagaimana lagi.

ada suatu hal yg benar2 MISS anda tangkap adalah

KEPADA SIAPA PERINTAH ITU DITUJUKAN

Maaser (Rishon, Sheni, Ani) adalah PERINTAH YG DITUJUKAN bagi Umat Israel yg Tunduk Dibawah Hukum Taurat

dan BUKAN DITUJUKAN BAGI ORANG Kristen YG TUNDUK DIBAWAH HUKUM KRISTUS !

orang yg berada dibawah hukum Taurat tentu saja

SELAMANYA HARUS melakukan Maaser Rishon, Sheni, Ani
SELAMANYA HARUS merayakan Hari Raya Roti Tak Beragi

sedangkan orang Kristen PB

-1- apakah harus merayakan ketetapan selamanya bagi Israel spt Hari Raya Roti Tak Beragi ?
-2- apakah harus merayakan ketetapan selamanya bagi Israel spt per10an-taurat ?

jawaban dari kedua pertanyaan diatas adalah sama : TENTU TIDAK HARUS !

mau merayakan hari raya roti tak beragi silahkan, tidak merayakan juga gak masalah
mau memberi per10an-taurat silahkan, tidak memberi per10an juga gak masalah

semoga sekarang anda paham dan sadar bahwa

tafsiran anda yg berusaha melegalismekan Maaser Rishon bagi umat PB adalah

suatu tindakan tafsir yg benar-benar sangat amat super menyesatkan sekali

bertobatlah dari cara tafsir yg demikian
minta petunjuk ROH KUDUS dulu sebelum menafsir

Okay ke poin berikutnya yg tidak seberapa penting
dan hanya pengulangan ad hominem berulang2

per10an di Maleakhi adalah per10an Hukum Taurat, karena pada jaman Malekahi berada pada waktu no.2 :
-1- Hukum Taurat belum diberikan
-2- Hukum Taurat sudah diberi ke Israel
-3- Hukum Taurat sudah dibatalkan oleh kematian YESUS

dimana sudah sangat jelas bahwa
per10an pada HT ada 3 jenis yaitu Maaser Rishon, Sheni dan Ani

Ma’aser Rishon, Ma’aser Sheni dan Ma’aser Ani adalah konsep hukum Taurat yg dirancang TUHAN SENDIRI
utk dilakukan bangsa Israel

mending anda belajar di sekolah alkitab dulu lah daripada mengoceh dan menafsir ga karu2an dan ga jelas

keinginan LEGALISME yg kuat dari diri anda ,
seperti tampak pada tulisan anda diatas itu adalah keinginan KAMU ,

maka dari itu dapat dipahami oleh semua netter bahwa
metode tafsir Loyd adalah alkitab yg mengikuti keinginan KAMU

karena itu walaupun sudah saya tunjukkan ayatnya berulang2 di signature saya
hati kamu tetap akan TERSELUBUNG selamanya

2 Korintus 3:14-18
Tetapi pikiran mereka telah menjadi tumpul,
sebab sampai pada hari ini

selubung itu masih tetap menyelubungi mereka,
jika mereka membaca perjanjian lama itu tanpa disingkapkan,
karena hanya KRISTUS saja yang dapat menyingkapkannya.

Bahkan sampai pada hari ini,
setiap kali mereka membaca kitab Musa, ada selubung yang menutupi hati mereka.

Tetapi apabila hati seorang berbalik kepada Tuhan,
maka selubung itu diambil dari padanya.

Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan.

Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung.
Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh,
maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.

Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan.

TIDAK ADA LAGI LEGALISME/TAURAT yg ada adalah KEMERDEKAAN

di mana ada Roh Allah, di situ ada FREEDOM

Setelah saya membaca kopnsep anda Loyd
terus terang membinggungkan dan menyesatkan dari konsep konsep anda Loyd
karena anda mau MENTAURATKAN KEMBALI HUKUM TAURAT KEPADA UMAT PB

Loyd, anda benar2 sudah melecehkan kematian YESUS di kayu salib yg membatalkan hukum taurat
itu sudah keterlaluan sekali…

apa anda LOYD mau mengatikan posisi kedukan Mesias yg sudah membatalkan taurat
dengan cara
anda LOYD sebagai Mesias yg MENEGAKKAN KEMBALI TAURAT pada umat PB

HEHEHEHE,siapakah anda Loyd yang mau RUBAH-RUBAH Firman Tuhan
yang sudah ditetapkan oleh Tuhan sendiri,

Loyd anda itu tidak lebih dari debu dan tanah, jangan sok jadi pahlawan Taurat,
anda ga bakal bisa menyamai Musa si pembawa Taurat apalagi Mesias

mau jadi Musa baru ya.
atau
mau jadi Mesias baru ya.

Cermin dulu deh loe… Siapakah anda Loyd…

bertobatlah nak… bertobatlah … dan berbaliklah kepada Tuhan Yesus…

bro moe saya memang pernah mendengar tentang tafsiran anda thd tegoran maleakhi
itu dari pendeta per10an wajib

Tafsiran Tegoran Maleakhi versi Moe → Nabi Malekahi mencerca keteledoran suku lain
[i]tafsiran ini mirip seperti Pendeta per10an-wajib yg mencerca jemaat yg tidak per10an
melalui kotbah di mimbar, hal ini mayoritas dikarenakan

  • uang tabungan si pendeta lagi seret
  • kas gereja lagi seret
  • butuh dana karena mau bangun gereja lagi / bangun gereja baru yg MEGA BIG
  • seorg pendeta-per10an yg lagi IRI melihat perolehan per10an dari
    pendeta-per10an lainnya yg super kaya raya
  • dll[/i]

Nah saya memiliki pandangan lain yaitu terhadap Tegoran maleakhi

Tafsiran Tegoran Maleakhi versi Repent → Nabi Maleakhi mencerca keteledoran IMAM
yg menyelewengkan Maaser Ani

sila bro moe perhatikan Maleakhi 2:1 bahwa
tegoran ditujukan khusus kepada para Imam bukan kepada umat Israel

soal ini kalau mau lanjut, ini kita bahas di thread lain saja ya.


sekarang bro Moe ,
anda perhatikan dari 3 jenis Maaser yg ada di Hukum Taurat :
Maaser Rishon, Maaser Sheni, Maaser Ani

Tuhan hanya menjanjikan berkat ketika rakyat israel melakukan Maaser Ani

lagipula lihat persamaan berikut

Maaser Ani memiliki 3 poin yg sama persis dengan per10an yg disinggung di Maleakhi 3
mari kita lihat persamaannya

per10an di Maleakhi 3
(A) ayat 5 → orang upahan, janda dan anak piatu, orang asing
(B) ayat 10 → persediaan makanan
(C) ayat 10 → mencurahkan berkat kepadamu

dengan

Maaser Ani
(A) → orang asing, yatimpiatu, janda
(B) → makan dan kenyang
(C) → memberkati engkau

POIN C , yaitu tentang memberkati rakyat Israel ,
SAMA SEKALI TIDAK DIMILIKI OLEH 2 Maaser yg lain
dan hanya dimiliki oleh Maaser Ani

sehingga dengan poin diatas jelas bahwa

Maaser di Maleakhi 3 = Maaser Ani

ada tanggapan bro Moe ?

– quote author=steavan

jgn suka junker neh bnyk postingan LOYD + EXIA
yg isinya cm “thanks bro for this info bla…bla…”

mau kejar setoran bung??

maap temen2 FK, cm infotainment doank neh…

silahkan lanjut ke topiknya

sama-sama bro

GBU too

Syalom

@ Repento

Bro , saya mau nanya itu isi Alkitab bro sendiri yg menafsirkan atau ROH KUDUS yg menafsirkan

Tolong di jawab

Thx , TUHAN memberkati

ilmu baru carilah selumbar sebanyak2nya di mata saudaramu…
wah nabi mana nih???

pertanyaan saya kembalikan kepada anda sendiri bang hocai

@ hocai

Syalom bang hocai,

saya mau nanya sama bang hocai,

itu isi Alkitab ,

pendeta bang hocai yg menafsirkan
atau
bang hocai sendiri yg menafsirkan
atau
ROH KUDUS yg menafsirkan membimbing bang Hocai

Tolong di jawab ya bro hocai

Thx , TUHAN memberkati

NB : bang Hocai , ROH KUDUS itu tidak usah menafsirkan,
karena ROH KUDUS tahu persis apa yg dimaksud Alkitab tanpe memerlukan ilmu tafsir bang
lha wong itu bukuNYA DIA sendiri

maap temen2 FK, cm infotainment doank neh…

silahkan lanjut ke topiknya

@Exia, Hocai please btt

contohlah cara berdiskusi yg baik dan sehat seperti yg sudah dilakukan bro Moe

yaitu : Tanggapilah isi topiknya

janganlah bisanya hanya red herring melulu saja
mendingan diam drpd red herring

red herring…?? nyam nyam…
kalo orang yang “berkeras hati” dan tidak mau menerima masukan nama-Nya apa???

red herring…?? nyam nyam…
kalo orang yang “berkeras hati” dan tidak mau menerima masukan nama-Nya apa???