Transfigurasi : Mengapa Elia dan Musa?

Matthew 17

The transfiguration of Christ
1 Enam hari kemudian Yesus membawa Petrus, Yakobus dan Yohanes saudaranya, dan bersama-sama dengan mereka Ia naik ke sebuah gunung yang tinggi. Di situ mereka sendiri saja. 2 Lalu Yesus berubah rupa di depan mata mereka; wajah-Nya bercahaya seperti matahari dan pakaian-Nya menjadi putih bersinar seperti terang. 3 Maka nampak kepada mereka Musa dan Elia sedang berbicara dengan Dia. 4 Kata Petrus kepada Yesus: “Tuhan, betapa bahagianya kami berada di tempat ini. Jika Engkau mau, biarlah kudirikan di sini tiga kemah, satu untuk Engkau, satu untuk Musa dan satu untuk Elia.” 5 Dan tiba-tiba sedang ia berkata-kata turunlah awan yang terang menaungi mereka dan dari dalam awan itu terdengar suara yang berkata: “Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia.” 6 Mendengar itu tersungkurlah murid-murid-Nya dan mereka sangat ketakutan. 7 Lalu Yesus datang kepada mereka dan menyentuh mereka sambil berkata: “Berdirilah, jangan takut!” 8 Dan ketika mereka mengangkat kepala, mereka tidak melihat seorangpun kecuali Yesus seorang diri. 9 Pada waktu mereka turun dari gunung itu, Yesus berpesan kepada mereka: “Jangan kamu ceriterakan penglihatan itu kepada seorangpun sebelum Anak Manusia dibangkitkan dari antara orang mati.” 10 Lalu murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya: “Kalau demikian mengapa ahli-ahli Taurat berkata bahwa Elia harus datang dahulu?” 11 Jawab Yesus: “Memang Elia akan datang dan memulihkan segala sesuatu 12 dan Aku berkata kepadamu: Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka. Demikian juga Anak Manusia akan menderita oleh mereka.” 13 Pada waktu itu mengertilah murid-murid Yesus bahwa Ia berbicara tentang Yohanes Pembaptis.

Beberapa hal menarik adalah :

  1. Mengapa Musa dan Elia?

a. Karena Allah berjanji kepada Musa :

Deut 18:18 seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya.

b. Ada pendapat :
Semasa hidupnya Musa tidak boleh masuk Kanaan, Tuhan ijinkan Musa masuk Kanaan (Israel) dalam peristiwa diatas.

c Elia

Mal 4:5 Sesungguhnya Aku akan mengutus nabi Elia kepadamu menjelang datangnya hari TUHAN yang besar dan dahsyat itu.
  1. Mengapa Petrus (dkk) tahu bahwa kedua sosok tyadi adalah Musa dan Elia? Dari manakah dia (mrk) tahu demikian?

Bila dari cerita turun temurun mengenai deskripsi sepertinya kecil kemungkian, jadi - imo - Petrus (dkk) diberitahu scr roh (spiritual)

  1. Mengapa Yesus melarang menceritakan hal ini sebelum Dia bangkit dari antara orang mati?

Bile sebelum bangkit (masih hidup) Yesus bisa kena dakwaan memanggil arwah orang mati, namun setelah bangkit, orang jadi tahu bahwa Yesus adalah Tuhan yang sanggup membedakan mrk itu benar2 Musa dan Elia atau roh yang menyamar sbg Musa dan Elia ( yang adalah roh2 najis)

Bagaimana dg anda?

Salam

Musa dan Elia adalah sosok yang sangat dihormati oleh bangsa Israel.

Bangsa Israel sangat memegang 2 hal yakni hukum Taurat dan nabi-nabi.

Hukum Taurat didatangkan oleh Musa. Oleh karena itu, penampakan Musa mewakili hukum Taurat.

Di antara nabi-nabi, Elia merupakan sosok yang mewakili nabi-nabi tersebut.
Banyak mukjizat yang terlihat pada jaman nabi Elia. Oleh karena itu, Elia mewakili nabi-nabi.

Realisasi dari hukum Taurat dan nabi-nabi ada pada diri Yesus.
Dia menggenapkan seluruh tuntutan hukum Taurat.
Dia memenuhi seluruh nubuat nabi-nabi tentang kedatangan Mesias.

Karena itu, saat Petrus menyamakan kedudukan Yesus dengan Musa dan Elia (dengan mau mebuat tenda bagi mereka bertiga), suasana berubah.
Alkitab mencatat bahwa terdengar suara ‘Inilah Anak yang Kukasihi, dengarkanlah Dia’
Setelah suara terdengar hanya tersisa Yesus seorang.
Hal ini menunjukkan Allah tidak mau hukum Taurat dan nabi-nabi memiliki tempat di hati kita, sejajar dengan Yesus.

Gbwu

@karj

salam kenal.

theory anda boleh juga boleh zin sedot yah bro.:slight_smile:

  1. Mengapa Musa dan Elia ?
    jawaban anda dua-duanya sudah benar, cuma saya nambahin dikit :
    Musa tidak masuk Kanaan, dia gagal menyelesaikan bagiannya sampai tuntas, Tuhan beri kesempatan kedua. (mayat musa tidak diketemukan, dan menjadi ‘royokan’ iblis dan malaikat)
    artinya Musa memegang peranan sangat penting di akhir jaman untuk orang Israel, karena dia yang pegang kesaksian ayat tentang nabi sesudah dia.

2.Mengapa Petrus (dkk) tahu bahwa kedua sosok tyadi adalah Musa dan Elia? Dari manakah dia (mrk) tahu demikian?
Pengalaman roh beda dengan pengalaman jasmani, dimana anda benar2 mengalami dimensi alam roh, anda tidak perlu tahu seseorang itu namanya siapa tapi anda akan langsung mengerti seseorang itu siapa. Rk lah yang memberi pengertian secara langsung bukan melalui kata2.

  1. Mengapa YESUS melarang menceritakan hal ini sebelum Dia bangkit dari antara orang mati?
    menurut saya…sederhana saja : kalo cerita ini tersiar bisa2 penyaliban Yesus akan terjadi lebih awal… :stuck_out_tongue:
    bayangkan Musa itu nabi TERBESAR dan TERHEBAT menurut mereka (orang Israel) …kok bisa2nya muncul sama Yesus yang istilah mereka anak Maria dan Yusuf (orang biasa) apa ga geger dunia per-Israel-an ?

tentu saja itu akan menyulitkan Dia bebas bergerak karena waktnya belum tiba.
bro bisa ingat tiap kali Yesus menyembuhkan Dia juga melarang kan orang2 untuk cerita, tapi apa yang terjadi? sering bocor…dan itu menyulitkan Dia untuk bebas bergerak.

GBU

Semua rekan rekan diatas sudah memberikan informasi yang sangat memberkati bagi saya…dan banyak terimakasih untuk itu semua ya.
GBU ALL

Pasti boleh…
Dengan senang hati…