Tradisi Suci = Tradisi Kebatinan Tenaga Dalam Adat setempat?

"Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis. " [2 Tesalonika 2:15].

Ignas: Pondasi gereja katolik, Alkitab - Tradisi Suci - Magisterium
Tiga Pilar pondasi gereja yang tak bisa dipisahkan…

Alvazez:
Ada yang ingin saya ketahui mengenai tradisi suci ini. Yang saya tahu, tiap kali Khatolik memasuki suatu daerah, maka Gereja Khatolik menyatu dengan tradisi dan adat istiadat asli dari daerah setempat. Bahkan sering dalam liturgi kebaktian, dimasukkan juga cara-cara berdoa sesuai tradisi setempat.

Apakah ini yang di maksudkan Tradisi Suci?

Thanks sebelumnya

Bukan.

Salam.

Kalau bukan tradisi suci, apakah nama dari kegiatan penyatuan tradisi nenek moyang dan liturgi Gereja Khatolik tersebut?

emang, Tau dari mana , liturgi Gereja Protestan udah bener ??

Yang saya tanyakan itu tradisi dan adat istiadat nenek moyang yang di satukan dengan liturgi Gereja Khatolik itukah maksudnya dengan Tradisi Suci? dan kalau bukan namanya itu apa yang menyatukan tradisi adat istiadat di mana Gereja Khatolik berada?

Kok jawabnya liturgi Protestan???

ya amprrrruuuunnnn, saya juga nanya itu, pake tanda tanya dibelakangnya!!!

bilang aja kaga tau jawabannya he he :slight_smile:
makanya kalo diskusi jangan kebanyakan nanya yang aneh-aneh he he :slight_smile:

nih gw kasih tau, ama kamu :
Liturgi prostestan itu paling benar sekarang karena :

Pendeta yg sekarang diajarin liturginya sama pendeta lepelan bapake pendeta.

lepelan bapake pedenta diajaran ama pendeta lepelan kakeknya pendeta…

trus nihhhh…


nah terakhir yang ngajarin MOYANGnye pendeta… gitu… :slight_smile:

jadi liturgi protestan yang sekarang dari MOYANGnye Pendeta Juga. :happy0062:

Iceng… Iceng. Yang saya maksudkan tradisi adat istiadat nenek moyang itu bukan nenek moyang buyut seperti yang kamu terangkan di atas.

Contohnya di Jawa tengah, Gereja Khatolik kadang mengadakan misa mirip acara keraton, termaksud pakaian dan bahasa yang di gunakan.
Begitu juga dengan Gereja Khatolik di daerah lainnya juga sering menyatu dengan adat istiadat sesuai kebiasaan setempat.

Yang saya tanyakan adalah, apakah itu yang di maksud dengan Tradisi Suci? dan kalau bukan, apakah nama kebijakan Gereja Khatolik untuk menyatu dengan adat nenek moyang setempat?

Kalau anda memang tidak tahu, tentu saja anda tidak perlu menjawab ngawur seperti itu.

Apalagi kamu bukan maha tahu kan?

@Alvarez

Itu bukan tradisi suci.
Cuma sekedar semacam asimilasi begitu lah.

Liturgi tetap sama, meskipun tata cara berbeda.

Engine-nya sama, cuma theme yg berbeda (kalau pakai bahasa wordpress)

Salam.

Yang saya tanyakan itu tradisi dan adat istiadat nenek moyang yang di satukan dengan liturgi Gereja Khatolik itukah maksudnya dengan Tradisi Suci?

jawabnya , itu adalah : sinkretisme :wink:

nah kalo yang ini, jika romo bilang itu ajaran katolik, artinye pastor/romo nya yang ngawur-wur …

ada baiknya rekan katholik menjawab perbedaan antara ‘T’ dg ‘t’ serta menjabarkannya

salam

Level anak TK nih…

mo tau contohnya tradisi suci???

coba dateng ke gereja katolik di Indonesia pada saat Ekaristi…
bandingkan dengan gereja katolik di Nigeria, Mesir, Arab, China dll…

bandingkan apakah sama atau tidak…
kalau masing2 berbeda u bisa tampar saya…

tetapi jika sama, disitu u temukan arti contoh tradisi suci katolik…

jadi bukan sama dengan tradisi setempat ya!!! :smiley: :smiley:

ada baiknya anda jawab dengan etika, bukan merendahkan

salam

tidak merendahkan bro…

tetapi narasumbernya mending dari katolik langsung dong…
jangan dari bro Alvazez…

kalau dikatakan membaur dengan tradisi setempat ya… asimilasi seperti kata bro jell…

Tradisi suci adalah istilah teknis yang digunakan beberapa aliran kristen (katolik Roma, Ortodok timur dan Ortodok Oriental) untuk menunjukkan pentingnya kekuasaan gereja.

Tradisi suci diturunkan dari para rasul baik lisan (warisan apostolik) maupun tertulis (kitab suci)

jadi bukan asimilasi :slight_smile:

salam

oot dikit

(katolik Roma, Ortodok timur dan Ortodok Oriental

bedanya timur dan oriental dimana ya? bukankah oriental = timur, oxidental = barat?

salam

wah ga tau bro moe
saya cari di wiki :smiley:

@ bro moe

mungkin ini bro :slight_smile:

Gereja Ortodoks Oriental adalah sebutan bagi komuni Gereja-Gereja Kristen Timur yang hanya mengakui ke-3 Konsili Ekumenis

salam

Yang dimaksud dengan Paradoseis (Tradisi Rasuli) adalah semua hal-hal lisan dan tulisan diluar Kanon Alkitab yang disampaikan turun temurun pada Gereja oleh sumber para rasul sendiri.

Penyatuan dengan adat dan tradisi setempat adalah Akulturasi Budaya dan bukan Paradoseis, ada perbedaan dalam melihat Tradisi Rasuli antara Katolik Roma dan Orthodox Timur,

Gereja Katolik Roma memandang bahwa Tradisi Rasuli dapat berkembang, sedangkan Gereja Orthodoc Timur memandang bahwa Tradisi Rasuli harus dipertahankan statis.

Best Regard,
Daniel FS

Gereja Orthodox Timur mengalami skisma dengan Gereja Orthodox Oriental (semuanya memang berada di Timur) pada tahun 451 AD, mengenai Natur Yesus Kristus, menurut Gereja Orthodox Oriental Natur Yesus Kristus adalah 1 saja, yaitu Natur Ilahi (Natur manusiawinya tertelan oleh Natur IlahiNya); sedangkan Gereja Orthodox Timur memandang bahwa Natur Yesus Kristus adalah 2, Ilahi dan manusiawi, tidak terpisahkan, tidak melebur, namun melekat.

Best Regard,
Daniel FS