Tolong....siapa yang tahu?

Yang mau saya tanyakan adalah siapakah Tadeus sebenarnya?
Dalam Matius 10:1-4 nama Tadeus tercatat sebagai salah satu dari ke 12 rasul
Juga dalam Markus 3:16-19, tapi dalm Lukas 6:13-16 tidak tercantum nama Tadeus.
Sebagai gantinya ada rasul yg disebut Yudas anak Yakobus.
Yang jadi ptanyaan adalah apakah Tadeus itu orang yg sama dg Yudas anak Yakobus?
Juga apakah yg menulis surat Yudas, yg katanya Yudas Tadeus adalah org yg sama?
Klo yg menulis surat Yudas adalah org yg sama, mengapa disebut saudara Yakobus bukan anak Yakobus?

saya newbie, tapi saya akan coba jawab dari yang saya ketahui, bagi para FKers lain mohon dikoreksi jika pernyataan saya ini ternyata salah, karena saya juga masih dalam proses belajar :slight_smile:

Penulis surat Yudas menjelaskan tentang dirinya dalam Yudas 1 : 1 Dari Yudas, hamba Yesus Kristus dan saudara Yakobus, kepada mereka, yang terpanggil, yang dikasihi dalam Allah Bapa, dan yang dipelihara untuk Yesus Kristus.

Dari tulisan diatas berarti Yudas saudara Yesus, dalam Mat 13:55 Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibu-Nya bernama Maria dan saudara-saudara-Nya: Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas?

dalam Mar 6:3 Bukankah Ia ini tukang kayu, anak Maria, saudara Yakobus, Yoses, Yudas dan Simon? Dan bukankah saudara-saudara-Nya yang perempuan ada bersama kita?" Lalu mereka kecewa dan menolak Dia.

jadi Yudas Tadeus anak Yakobus yang merupakan 12 murid Yesus mungkin merupakan orang yang berbeda dengan Yudas saudara Yakobus yang merupakan saudara Yesus juga. tapi saya juga belum terlalu yakin, mohon pendapat para FKers yg lain juga. trimakasih

God Bless :afro:

saya co pas dari wikipedia, semoga membantu…salam

Keduabelas Rasul

Injil Yohanes, tidak seperti ketiga Injil lainnya, tidak menyajikan suatu daftar formal dari para rasul, akan tetapi menyebut jumlah mereka yakni Dua Belas dalam Yohanes 6:67, 6:70, dan 6:71. Hanya sepuluh orang rasul yang disebutkan namanya, yakni:

Petrus
Andreas (diidentifikasi sebagai saudara dari Petrus)
Anak-anak Zebedeus (bentuk jamak berarti sekurang-kurangnya ada dua Rasul)
Filipus
Natanael
Tomas (yang disebut pula Didimus) (Yohanes 11:16, 20:24, 21:2))
Yudas Iskariot
Yudas (yang bukan Iskariot) (Yohanes 14:22)

Tokoh yang bernama Natanael dalam Injil Yohanes secara tradisional diidentifikasi sebagai orang yang sama dengan tokoh yang oleh Injil-Injil Sinoptik disebut Bartolomeus, dan banyak orang sepakat bahwa anak-anak Zebedeus adalah sebutan bagi Yakobus dan Yohanes, sedangkan Yudas (yang bukan Iskariot) adalah sebutan bagi Tadeus, yang dikenal pula sebagai Santo Yudas. Nama-nama yang tidak terdapat dalam Injil Yohanes adalah Yakobus, anak Alfeus, Matius, dan Simon orang Kanaan/Zelot. Yakobus Si Orang Benar, menurut Kitab Kisah Para Rasul, adalah pemimpin Gereja Yerusalem, dan Injil Matius merupakan Injil yang paling keyahudi-yahudian dari semua Injil, dan boleh jadi penulis Injil Yohanes sengaja tidak mencantumkan nama kedua tokoh tersebut sebagai bentuk penentangannya terhadap Kekristenan Yahudi. Pada abad ke-2, adanya dua nama Simon dalam daftar Injil-Injil Sinoptik memberi peluang untuk menganggap Simon Magus adalah salah satu dari kedua Simon tersebut, dan oleh karena itu adalah salah satu dari kedua belas Rasul; dan mungkin saja karena alasan ini maka Injil Yohanes tidak mencantumkan nama Simon yang lain itu. Simon yang kedua itu dapat pula adalah Simeon dari Yerusalem, pemimpin Gereja Yerusalem yang kedua, sesudah Yakobus.

Menurut daftar yang terdapat dalam Injil-Injil Sinoptik (Markus 3:13-19, Matius 10:1-4, Lukas 6:12-16), dua belas orang dipilih oleh Yesus menjelang permulaan pelayananNya, kedua belas orang yang juga disebutNya Rasul itu adalah:

Simon: yang diberi nama Petrus (Bahasa Yunani: petros, petra; Bahasa Aram: kēfas; artinya "Batu Karang") oleh Yesus, dikenal pula dengan sebutan Simon bar Yonah (Bahasa Aram) atau Simon bin Yunus, Kefas (Bahasa Aram), dan Simon Petrus. Pekerjaannya sebelum mengikut Yesus adalah nelayan dari Betsaida "di Galilea" (Yohanes 1:44; bdk. 12:21)
Andreas: saudara Simon, nelayan dari Betsaida, dan murid Yohanes Pembaptis, disebut pula Rasul Yang Pertama Kali Dipanggil.
Yakobus dan
Yohanes: anak-anak Zebedeus, yang disebut Yesus Boanerges
Filipus: dari Betsaida "di Galilea" (Yohanes 1:44, 12:21)
Yakobus anak Alfeus: umumnya dikenal sebagai Yakobus Muda. Kadang-kadang juga dikenal sebagai Yakobus Si Orang Benar[2]
Matius: si pemungut cukai, beberapa orang menyamakannya dengan Lewi anak Alfeus
Simon orang Zelot: disebut-sebut dalam Injil Lukas dan Kitab Kisah Para Rasul sebagai "Simon orang Zelot", beberapa orang menyamakannya dengan Simeon dari Yerusalem, sementara beberapa orang lain meragukannya dengan alasan bahwa tokoh bernama Simeon disebut-sebut pada waktu kelahiran Yesus sekitar tiga puluh tahun sebelumnya, sebagai seorang pria uzur yang tak lama lagi akan meninggal dunia. [3]
Yudas Iskariot: nama Iskariot dapat berarti kota-kota Yudea di Keriot atau pun berarti sikarii (para pejuang pergerakan nasional Yahudi), atau berarti Isakhar. Juga disebut (misalnya dalam Yohanes 6:71 dan 13:26) sebagai "Yudas, anak Simon". Dia digantikan sebagai rasul dalam Kitab Kisah Para Rasul oleh Matias.
Rasul kesepuluh
    Tomas (Rasul): tidak banyak yang diketahui tentangnya, namanya berasal dari kata bahasa Aram T'oma' = kembar
    Rasul ini juga dikenal sebagai Didimus, dan kata bahasa Yunani Didymous = kembar
Rasul kesebelas
    Bartolomeus: dalam Bahasa Aram "bar-Talemai?", "putra Talemai" atau "orang Ptolemais",
    Rasul ini diidentifikasikan dengan Natanael yang disebut-sebut dalam Yohanes 1:45-1:51.
Rasul keduabelas
    Tadeus: Identitas dari salah satu dari kedua belas rasul, yang secara tradisional disebut Santo Yudas atau Rasul Yudas, berbeda-beda antar Injil Sinoptik dan juga antar manuskrip kuno dari tiap Injil: Injil Markus menamakannya Tadeus; Manuskrip-manuskrip Injil Matius yang berbeda-beda mengidentifikasinya baik sebagai Tadeus atau Lebbaeus (beberapa manuskrip Latin dari masa selanjutnya menamakannya "Yudas orang Zelot", namun ini dianggap sebagai naskah yang keliru);
    Yudas anak Yakobus Injil Lukas menamakannya Yudas anak Yakobus (Lukas 6:16).

:afro:

Itulah yg membuat sy heran, karena kl baca dlm topic: ada yg tau atau membaca kitab henokh??? page 9
menurut bro flux dari ajaran pendetanya yg di bri karunia pengajaran adalah Yudas sdr Yesus, berarti dia sependapat dg anda. tp menurut bro St_Yopi : Yudas bin Yakobus yg merupakan salah satu rasul adalah
pengarang surat Yudas, sedang pd surat Yudas 1:1 tertulis Yudas adalah sdr Yakobus bukan anak Yakobus.
Nah lho jadi bagaimana sebenarnya?

Thank’s buat masukannya, jadi tambah ilmu. Gbu