"Tidak bisa tidur"

Saya sudah 4 hari ini sama sekali tidak bisa tidur, saya tidak tahu kenapa saya sama sekali tidak ada rasa ngantuk, siang tidak malampun tidak. Bahkan saya sudah berusaha menutup mata, tetapi tetap saja tidak bisa tidur, justru semakin saya menutup mata semakin otak saya aktif dan pikiran saya dapat menciptakan suatu kondisi di mana saya melakukan dialog2 dengan orang lain… saya harus bolak-balik tutup mata dan buka mata karena pikiran saya aktif terus gk tahu kenapa. saya sudah coba buang semua pikiran yang gak berguna tersebut, namun beberapa menit kemudian muncul lagi… tengah malam saya baca Alkitab sampe berpasal-pasal tetap tidak ngantuk juga sampe pagi, siang malam lagi sama sekali tidak ada rasa ingin tidur, mata saya cas terus… gimana ini ya, saya sangat kuatir adanya penyakit lain…
adakah yang bisa bantu kasih solusi, saya sudah bolak balik googling tentang imsomnia dan melakukan yang mereka anjurkan, namun sama saja gagal…
hanya kedokter yang belum saya lakukan…

saran dan masukan dari saya,

  1. berhenti minum kopi. dan minum banyak air putih jernih minimal 8 gelas setiap hari, setiap satu jam minum 1 gelas air putih.
  2. puasa dari Gedjet, Komputer, HP,
  3. tukar jenis musik yang selama ini biasa di dengar, saran silahkan dengar musik jenis hymnal seperti ini: The Old Rugged Cross | Fountainview Academy | God so Loved the World - YouTube, sembari mencoba tidur, kecilkan volumenya, dan jangan pegang hp nya…
  4. berolahraga sampai cape…
  5. jam 9.30 malam segeralah beranjak ke tempat tidur, coba saja untuk tutup mata, walaupun belum ngantuk…
  6. berdoa kepada Tuhan, supaya diberikan tidur yang nyenyak…

walaupun tidak langsung berhasil, menurut pengalaman, di hari selanjutnya, tubuh akan menyesuaikan…

selamat mencoba
TYM

Terimakasih bg buat sarannya, saya tidak pernah minum kopi, saya banyak minum air putih bahkan lebih dari 8 gelas, kayaknya yang no 2 itu yang harus saya berusaha… sekarang jam 10:41 saya sama sekali tidak mengantuk :’( :’( mungkin besok pagi saya akan mencoba berolahraga…

Rebahan rileks saja di ranjang sambil dengar lagu2 pujian pakai earphone.

Puji Tuhan semalam saya sudah mulai bisa tidur, walau masih terbangun-terbangun…

puji Tuhan…

:afro:

Kalo saya sebelum tidur selalu dengar2 lagu kristen dr seluruh dunia di Youtube atau dari rekaman di hape.

Kelak di masa Millennium Kristus memerintah kita akan selalu berkumpul dan bernyanyi bersama2.

salah satu lagu Kristen yang sering kamu dengar itu apa?
bagi dong sdr…

Amin Sis,

Sulit tidur tidak tepat disebut insomnia. Sulit tidur hanya 1 gejala dari insomnia yang mungkin bisa juga kesulitan untuk tidur atau tetap tertidur dan tidak merasa cukup beristirahat.

Sebagian besar kasus insomnia terkait dengan kebiasaan kurang tidur, depresi, kecemasan, kurang olahraga, penyakit kronis, atau obat-obatan tertentu.

Langung aja yah, berhubung ini bukan forum kedokteran , jadi izinkan saya bertanya karena ini forum KRISTEN. :ashamed0004:

Bahkan saya sudah berusaha menutup mata, tetapi tetap saja tidak bisa tidur, justru semakin saya menutup mata semakin otak saya aktif dan pikiran saya dapat menciptakan suatu kondisi di mana saya melakukan dialog2 dengan orang lain..

Apakah gambaran / ilustrasi yang terjadi di pikiran (bukan hati) cukup jelas seolah itu terjadi? (Baik yang pengalaman asli maupun yang bukan)

gimana ini ya, saya sangat kuatir adanya penyakit lain...

Apa disaat terjadi visual / ilustrasi tsb. kamu merasa lelah? Atau semacam terjadi ketenangan / semangat / perasaan baik lainnya di hati? (Bukan di pikiran)

... tengah malam saya baca Alkitab sampe berpasal-pasal tetap tidak ngantuk juga sampe pagi, siang malam lagi sama sekali tidak ada rasa ingin tidur, mata saya cas terus..

Entah ini saran atau apa ya, saya agak tidak yakin tapi tadinya ada cukup keyakinan, namun kurang cukup data dari kamu.
Satu hal yang membuat saya tidak yakin karena kamu memberitahu tentang 4 hari. Itu sepertinya “cukup/sangat” lama untuk tidak istirahat.

Karena… begini maksud saya, sedikit cerita untuk menyampaikan saran (bukan saran) ini.

Matius 10:20
Karena bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Bapamu; Dia yang akan berkata-kata di dalam kamu.
(Meskipun bila dibaca, konteks/cerita ayat dari MATIUS ini tidak sama dengan situasi kamu, tentunya tidak selalu harus sama dengan cerita kehidupan setiap pengalaman setiap orangnya, saya hanya mencoba memberitahu Roh Kudus = ROH BAPA sendiri)

Dari DAUD
Mazmur 4:3
Ketahuilah, bahwa TUHAN telah memilih bagi-Nya seorang yang dikasihi-Nya; TUHAN mendengarkan, apabila aku berseru kepada-Nya

Mazmur 4:4
Biarlah kamu marah, tetapi jangan berbuat dosa; berkata-katalah dalam hatimu di tempat tidurmu, tetapi tetaplah diam.

Yohanes 14
14:15 "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.
14:16 Aku akan minta kepada Bapa , dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,
14:17 yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia.
Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Jadi…

Ada orang yang sering kali berbicara dengan Roh Kudus misalkan dengan cara yang mungkin dianggap aneh BILAMANA oleh sesama manusia, kecuali yang mengalami saja yang tidak menganggap itu aneh.

Misalkan, CONTOH 1:
Ada loh seseorang yang bicara (1 arah) dengan Roh Kudus bila sedang mengajar caranya sampai sudah terbiasa dengan menaruh 2 kursi, 1 kursi dipakai orangnya, satunya kosong. Sekiranya maksud orang tersebut menghormati ROH KUDUS / TUHAN yang sedang hadir untuk untuk komunikasi (2 arah, arah 1-nya yaa dalam hati & pikiran orangnya tsb), kursi kosong hanyalah kursi kosong, nyatanya ROH KUDUS khan hanya mau tinggal di dalam hati kita, bukan diluar tubuh kita seperti pesan Guru kita, Yesus.

CONTOH 2:
Ada juga yang tidak perlu pakai kursi, namun bila malam tiba di kasur dan dimana saja deh, misalkan DAUD, dimana kata Daud sendiri di pasal tersebut apa?
TUHAN mendengarkan, bila Daud komunikasi dengan cara tersebut.
Memangnya kita umat Kristiani mengira bilamana Daud pernah berkata Tuhan mengajarnya ini dan itu caranya bagaimana yaaa~

CONTOH 3:
Ada juga yang selalu bicara (1 arah) alias bicara sendiri (padahal komunikasi 2 arah karena misalkan terjadi visual/gambaran untuk dipelajari)
Yah tentunya bukan selalu harus dikasur, tapi di rumah… kalau di luar / publik disangka orang gila bicara sendiri kaliiii.
Namun disaat bicara sendiri bisa kuat 8-14 jam loh seharinya, tanpa terlalu lelah dan terlalu lapar, yah mungkin haus juga.

CONTOH 4:
Namun entahlah dengan cerita kamu yang 4 hari belum tidur :happy0025:.

Yah itulah… saya hanya menduga siapa tahu saja kamu belum tahu hal seperti Roh Kudus itu nyata tidak selalu seperti percaya-percayaan doank.
Dan hanya menduga siapa tahu saja kamu sedang mengalaminya, tapi tetap saja… 4 hari itu kamu lalui tanpa tidur bagaimana sih rasanya? Seperti mau pingsan karena itu ada gejala sakit atau mungkin memang sesuatu yang ajaib akan kamu alami.

Lukas 24:49
24:49 Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi."

Error 404 (Not Found)!!1

Kuasa
Kuasa dalam Perjanjian Baru diterjemahkan dalam Perjanjian Lama sebagai WISDOM, UNDERSTANDING, KNOWLEDGE.

Kuasa Roh Kudus
1 Yohanes 4:4 Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.

Hikmat
Memiliki hikmat Allah untuk kehidupan sehari-hari. Hikmat itu dicapai dengan belajar yang rajin dan merenungkan jalan Allah dan firman-Nya, dan melalui doa (Yakobus 1:5-6).

saya berangan-angan seolah-olah saya sedang bersama teman2 saya dan bercerita-cerita banyak hal, bahkan saya menciptakan sendiri suatu topik cerita, saya tanggapi sendiri, saya sanggah sendiri dll… anehhh bangat pokoknya…

saya tidak ngalami yang sdr sebut itu, saya hanya tidak punya rasa ngantuk sama sekali dan saya tdk merasa capek atau lelah sedikitpun selama saya tdk tidur, justru paginya saya berangkat kerja dan pulang sore seperti biasa… tapi tadi malam saya kembali lagi tidak bisa tidur, dan pas paginya saya lelah bangat…

saya berangan-angan seolah-olah saya sedang bersama teman2 saya dan bercerita-cerita banyak hal, bahkan saya menciptakan sendiri suatu topik cerita, saya tanggapi sendiri, saya sanggah sendiri dll... anehhh bangat pokoknya...

Shalom, apa kabarnya setelah kejadian itu?

Ada perkembangan? Atau adakah sesuatu yang berhubungan dengan topik saudari setelah 1 bulanan? :angel:

Shalom…
Saya masih tetap sulit tidur, namun saya tdk memusingkan hal tersebut lg…