Tata cara Ibadahnya kristiani?

Ane mw nanye nih, prioritas ibadahnye umat kristiani, apakah nyanyi2 aje atw ceramah2, trus ade pakai sujud gak untuk tuhannye?

ane juga maw tanya nih ye… maksud ente bertanya ibadahnya kristiani yang mana yack?

nyanyi2 untuk memuji… bagian dari penyembahan… bagian dari syukur…
kotbah Firman sudah pasti ada…

sujud sebenarnya dari sikap hati… bukan dari posisi fisik…
percuma sujud kalo hati nya mikirin martabak ? :smiley:

mungkin mas pet pengen tau aja kayak apa sih tata caranya… ga ada maksud laen.
emang sih, mas pet. tata caranya beda2. tergantung aliran mana.
nyanyi2 ama ceramah biasanya ade. sujud? kl di tempat ane kagak ade (lho? kok jadi ikutan aksennya) ngga tau di aliran laen.

sudah itu aja jawaban saya.

yang ane maksud 22 nye. emangnye hati bisa sujud? klu phisic yang sujud mungkin masih bisa di nalar. klu nyanyi2, apakah gak mikirin martabak? he…he…

Ane yang non Kristen ikut jawab, ya.

Di Kristen engga ada tata cara ibadat. Ke gereja pun sebenarnya tidak ada perintahnya, di alkitab. Natalan juga tidak wajib, karena tidak ada perintahnya di Alkitab.

Ibadah yang paling serius adalah waktu misa, makan hosti dan anggur. Roti mewakili daging YESUS dan anggur mewakili darah YESUS. Anggur engga boleh tumpah, hosti harus habis dimakan, engga boleh dibuang buang.

Di Katolik ada juga puasa, tapi tidak wajib, puasanya masih boleh minum, yang penting jangan makan dan minum yang enak enak.

Juga ada yang dianggap penting, cuma sekali seumur hidup, yaitu dibaptis, bisa celup bisa percik tergantung denomnya.

Kemudian ada pengakuan dosa di bilik pengakuan dosa (bagi katolik). Kalau punya dosa yg dirasa mengganggu hati dan pikiran, datang ke bilik pengakuan dosa. Nanti ada romo yg dengerin dan ngasih nasehat.

Terus satu lagi menikah. Menikah harus melalui sakramen oleh romo/pastur.

Apa lagi, ya. Kayaknya itu aja deh.

Selebihnya berdoa sendiri sendiri, kapanpun, dimanapun.

Simple dan praktis.
Anda berminat? Hehehehe

maaf bro babybenz, referensi di atas drimana ya?
Saya rasa masi banyak yg perlu dikoreksi…
Kalau itu pandangan pribadi sih saya ga bisa salahkan, tp kalau sbagai sebuah jawaban saya kurang mencerahkan…

Di Katolik senditi, dlm ibadat di gereja ada namanya Tata Perayaan Ekaristi.
Tata cara berlangsungnya ibadat dari awal sampai akhir diatur, ini berlaku di Gereja Katolik seluruh dunia.

Semoga membantu.

orang mau nyanyi mikirin martabak urusan orang tersebut, kan sudah di bilang… bukan fisik yg di nilai… tapi dari HATI…
sikap hati yang benar sudah melebihi sujud mas…
sujud fisik justru belum tentu hati nya benar…

orang farisi saduki atau tua2 dalam Alkitab pun melakukannya…
berpakaian keagamaan, jalan2 kesana kemari… berkata2 baik…
sepintas terlihat “kudus”… tapi hati nya tidak benar… buat apa ?

Di Eropa, sekarang lagi ngetrend Kristen (Protestan) ikut puasa sebelum paskah. Dulu, Kristen (Protestan) ingin berbeda dari Katolik, sekarang perbedaan itu mulai berkurang, ya salah satunya tradisi sebelum paskah.

Damai bagimu babybenz.

Terus terang, agak aneh menurutku postinganmu ini, kerna engkau mengaku non Kristen, tetapi menjawab tentang tata cara ibadat Kristen. Kok bisa?

Damai bagi Indonesia.

Tata cara ibadah di gereja ane (Kristen Protestan) :

  • pertama dateng ke gereja
  • saat teduh, sebelum kebaktian di mulai
  • kebaktian dimulai, dan mulai menyanyi, puji2 Tuhan
  • Pengakuan Iman rasuli, lanjut nyanyi2 Puji Tuhan
  • Doa syafaat dengan pokok2 doa sudah di sebutkan oleh Liturgi
  • Nyanyi2 Puji Tuhan, terus persembahan
  • Firman Tuhan
  • Warta jemaat
  • Doxology (nyanyian tutup kebaktian)
  • Doa Berkat dari pendeta
  • Kebaktian selesai, saat teduh mau pulang
  • GO HOME!!!

udah deh…hehe…

Tapi di alkitab kan tidak ada aturannya demikian, bro. Tidak ke gereja juga tidak apa apa, kan. Tidak ada firman yang nyuruh ke gereja. Coba deh, buka alkitab.

gak ada tanya di dalam alkitab tuh si TS

Bisa bro. Ya, hasil diskusi dan baca baca di sini.
Btw, walaupun ke gereja tidak disuruh di alkitab, apa salahnya melakukan persekutuan doa, dibimbing oleh ahlinya di gereja, bukan begitu, bro…

Ibrani 10:25
Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita, seperti dibiasakan oleh beberapa orang, tetapi marilah kita saling menasihati, dan semakin giat melakukannya menjelang hari Tuhan yang mendekat.

Pertemuan itu tidak dikatakan di gedung gereja, bisa saja di rumah. Yang repot, kalau izin pembangunan gedung gereja dipersulit, lalu ibadah di rumah-rumah dilarang. Jadinya orang Kristen tidak boleh melakukan persekutuan ibadah.

Salam

Ro 12:1 Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.

coba di pertimbangkan juga ayat ini :

Injil Matius bab 26:26-29 dimana pada saat merayakan perjamuan terakhir YESUS berkata “AMBILLAH, MAKANLAH, INILAH TUBUH-KU” & “MINUMLAH, KAMU SEMUA DARI CAWAN INI. SEBAB INILAH DARAHKU…”

Injil Lukas 22:14:23, Lukas menekankan Perkataan YESUS “Perbuatlah ini menjadi Peringatan Akan Aku”.

JADI KITA DISURUH OLEH TUHAN DAN GURU KITA UNTUK MERAYAKAN EUKARISTIA
ATAU PERJAMUAN KUDUS YANG NOTABENE HARUS KITA RAYAKAN DALAM UPACARA MISA / KEBAKTIAN DI GEREJA

Menyambung kutipan diatas, dalam Tata Perayaan Ekaristi Gereja Katolik, umat Katolik mengimani bahwa roti (hosti) dan anggur yang digunakan dlm Ibadat adalah sungguh tubuh dan darah Kristus. Bisa liat lebih jelasnya mengenai Sakramen Mahakudus ini di trit satu lg.
Saya blm bisa kasi link nya krna ini pake hp.

Jadi, bagaimanakah bila melewatkan 1 kali ibadat/misa?
*Bisa ditarik kan kesimpulannya?

Salam…

Ini link nya bagi yg ingin tau seberapa penting sebuah misa/ibadat bagi Gereja Katolik, di mana terdapat Perayaan Ekaristi di dalamnya (misa/ibadat tsb).

Enak ya jadi orang katolik…tiap minggu Ekaristi…pulang gereja kenyang deeehhh…XD