Tabernacle In Different View

Beberapa denominasi Protestan menafsirkan Tabernacle ini sesuai dengan doktrin mereka,

Berikut ini adalah kutipan yang kurang tepat dalam menafsirkan,

Jumlah tiang pada pagar:
Utara = 20 buah
Selatan = 20 buah
Timur = 10 buah
Barat = 10 buah
Jumlah Semua = 60 buah

Source: Kemah Suci Jilid 1 oleh Jusuf BS halaman 169

Penulis lupa menggunakan kaidah Matematika dalam penghitungan ganda, silahkan digambar skema Tabernakel atau melihat halaman 159 bagi yang memiliki bukunya, silahkan dihitung sendiri berapakah jumlah tiang dalam gambar? 56 tiang! Penulis agaknya lupa bahwa tiang-tiang pojok selalu dihitung 2x (dari Utara-Timur dan Selatan-Barat).

bila anda suka membaca alkitab,maka kaki dian / manorah / juga terdiri dari 66 bagian

bukan secara kebetulan.

silahkan menelitinya

salam

Pembagian 66 bagian dari Menorah tersebut sangat dipaksakan, karena dari 66 bagian tersebut terdiri lagi 3 bagian yaitu kelopak, kuncup, dan bunga (Kemah Suci Jilid 2 halaman 248). Jika dipaksakan bahwa 66 bagian tersebut adalah Kanon Kitab Suci maka tentukan pula kitab mana saja yang tergolong dalam kelopak, kuncup, dan bunga? dan apa alasan Biblikalnya?

Penafsiran Menorah sebagai Kanon Alkitab biasanya muncul dari ayat Mzm 119:105,

Mzm. 119:105
105. Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.

Hal ini adalah terlalu memaksakan, karena konsep Kristen sendiri menyatakan bahwa Firman itu adalah YESUS KRISTUS dan bukan Kanon Alkitab (Alkitab adalah catatan kesaksian mengenai Firman Allah dan bukan Esensi Firman Allah itu sendiri), jika hanya mengaitkan kata kunci untuk menafsirkan maka apa jadinya jika saya memberikan ayat Ams 20:27 karena pada ayat tersebut juga dikatakan “pelita Tuhan”?

Ams. 20:27
27. Roh manusia adalah pelita TUHAN, yang menyelidiki seluruh lubuk hatinya.

Kelopak, kuncup, dan bunga dalam Menorah tidak dapat dipisahkan secara demikian (dihitung sendiri-sendiri), melainkan lebih baik ditafsirkan secara demikian:

Tujuh Cabang Lampu (Kel 25:37) berbicara mengenai Mata Tuhan (Za 4:2,10; Why 5:6; Mat 6:22),
Mata Tuhan berbicara mengenai 7 Roh Allah (Why 5:6),
Bunga Badam berbicara mengenai Karya ROH KUDUS (Bil 17:8, Yer 1:11-12).
3 Cabang Pertama (Terdiri Atas 9 Bunga Badam)
a) 9 karunia Roh (1Kor 12:8-10)

  1. Hikmat.
  2. Pengetahuan.
  3. Iman.
  4. Menyembuhkan.
  5. Mujizat.
  6. Bernubuat.
  7. Membedakan Roh.
  8. Bahasa Roh.
  9. Menafsirkan Bahasa Roh.
    3 Cabang Lainnya (Terdiri Atas 9 Bunga Badam)
    b) 9 buah Roh (Gal 5:22-23)
  10. Kasih.
  11. Sukacita.
  12. Damai Sejahtera.
  13. Kesabaran.
  14. Kemurahan.
  15. Kebaikan.
  16. Kesetiaan.
  17. Kelemahlembutan.
  18. Penguasaan Diri.
    Cabang Utama (Terdiri Atas 4 Bunga Badam)
    c) 4 Roh Tuhan (Yes 11:2)
  19. Roh YHWH.
  20. Roh Hikmat & Pengertian.
  21. Roh Nasehat & Keperkasaan.
  22. Roh Pengenalan & Takut Akan Tuhan.

Jadi Menorah bukan berbicara mengenai Kanon Alkitab melainkan mengenai Karya ROH KUDUS dalam hidup manusia.

Roti pertunjukkan ini diletakkan dalam 2 tumpuk masing masing 6 buah. Dan bilan diletakkan sejajar maka akan membentuk angka 66. Alkitab terdiri dari 66 buku.. bukan secara kebetulan PERINTAH ALLAH KEPADA MUSA melakukan demikian, tetapi adalah sudah terencana terlebih dahulu oleh ALLAH. Yesaya 34 : 16 Carilah di dalam kitab TUHAN dan bacalah: Satu pun dari semua makhluk itu tidak ada yang ketinggalan dan yang satu tidak kehilangan yang lain; sebab begitulah perintah yang keluar dari mulut TUHAN, dan Roh TUHAN sendiri telah mengumpulkan mereka

Pengartian Roti pada Meja Sajian memang merujuk pada Ajaran, namun bukan merujuk pada Kanon Alkitab, karena bukan dibentuk penglihatan dari samping 66 melainkan jumlah seluruh roti lah yang diperhatikan sesuai dengan perintahNya yang semula, yaitu pembuatan 12 roti.

Artinya adalah Ajaran yang bersumber dari ajaran para rasul (12 adalah angka rasuli), dibagi menjadi 2 kubu roti, artinya adalah ajaran rasuli tertulis dan tidak tertulis (lisan).

2Tes 2:15
15. Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis.

Sangat naif bila membatasi Sumber Kebenaran hanya pada 66 Kitab Protokanon, sedangkan Alkitab sendiri menyatakan bahwa ada sumber lain selain 66 Kitab Protokanon.

Kol 4:16
16. Dan bilamana surat ini telah dibacakan di antara kamu, usahakanlah, supaya dibacakan juga di jemaat Laodikia dan supaya surat yang untuk Laodikia dibacakan juga kepadamu.

Ada juga Surat Laodikia yang tidak tercantum dalam 66 Kitab Protokanon, bukankah diperintahkan oleh Rasul Paulus untuk dibaca juga?

Best Regard,
Daniel FS

Kalo saya rasa cara perhitungan matematika Musa tidak sama dengan perhitungan kita saat ini, coba baca Keluaran 27. Kalo panjang pelataran Kemah Suci itu 100 hasta, dan tiangnya ada 20 aja, berarti jarak tiap tiang itu adalah 100 hasta/19= 5.26…
Sedangkan jika mau jaraknya 5 hasta, maka otomatis jumlah tiangnya harus 21.

Saya gak tahu bagaimana cara orang zaman dahulu menghitung, tapi menurut pendapat saya secara sepintas dan asal-asalan, tampaknya ketika menghitung mereka tidak ikut menghitung tiang yang pertama.

Coba lihat juga bagian Kemah Suci yang menghadap ke Timur, di sana dikatakan bahu pertama panjangnya 15 hasta 3 tiang, demikian juga bahu lainnya, kalo yang ini berarti kan jarak antar tiang bukan 5 hasta atau 5.26…, melainkan 7.5 hasta (15 hasta/2)
Sedangkan gerbang pelataran panjangnya 20 hasta 4 tiang, berarti jarak antar tiang adalah 20hasta/3= 6.66…

Jadi sekali lagi tampaknya cara orang dahulu menghitung tampaknya tidak sama dengan cara kita menghitung sekarang. Saya belum menghitung secara detail sih, tapi saya lebih condong kalau jumlah tiang pelataran Kemah Suci itu 60, bukan 56.

satu hal yang menarik saya adalah :

  1. kemah itu harus dibuat dari 10 kain. 5 kain pertama dijait jadi satu, demikian 5 kain kedua dijahit jadi satu. baru kemudian kedua kain ini dijadiin satu.

adakah ini hubungannya dg 10 perintah hukum taurat yang dibagi menjadi 2 loh – satu loh berkaitan dg Tuhan (rohani) dan satu loh berkaitan dg sesama manusia (psikis/jiwa)?

sepertinya jiwa-roh dipisahkan krn dosa hingga menjadi jiwa dan roh (akses roh di blokir) , hal ini ditandai dengan

  1. sekat kemah suci yg memisahkan ruang kudus dan maha kudus ada gambar kerubim.

sekat ini yg memblokir akses para imam untuk tidak masuk ke dalam ruang maha kudus – kecuali imam besar.

sekat yang sama juga ditempatkan dlam gerbang timur eden : kerubim

salam

Apa efeknya jika jiwa-roh tak terpisah dengan jiwa-roh terpisah bro moe… silahkan dijelaskan lebih detail… :slight_smile:

2. sekat kemah suci yg memisahkan ruang kudus dan maha kudus ada gambar kerubim.

sekat ini yg memblokir akses para imam untuk tidak masuk ke dalam ruang maha kudus – kecuali imam besar.

sekat yang sama juga ditempatkan dlam gerbang timur eden : kerubim

salam

Kalau bagi Gereja Orthodox Timur, Kerubim kadangkala simbolik dari umat Allah, karena itu Ikon para kudus disejajarkan dengan ukiran Kerubim dalam Tabernakel.

Best Regard,
Daniel FS

saya sudah tanya abang rohani saya dan jawabanna seperti ini

  1. 56 tiang karena 4 lagi dipakai untuk pintu gerbang…
  2. 66 kitab, 66 jumlah = terkait dengan Alkitab…
  3. ajaran2 lain, kitab lain, = perlu dipertanyakan kebenarannya???
    Wahyu 22:18,
    Aku bersaksi kepada setiap orang yang mendengar perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini: "Jika seorang menambahkan sesuatu kepada perkataan-perkataan ini, maka Allah akan menambahkan kepadanya malapetaka-malapetaka yang tertulis di dalam kitab ini.

Apalagi mengurangi isi Alkitab,
Wahyu 22:19,
(19) Dan jikalau seorang mengurangkan sesuatu dari perkataan-perkataan dari kitab nubuat ini, maka Allah akan mengambil bagiannya dari pohon kehidupan dan dari kota kudus, seperti yang tertulis di dalam kitab ini."

Tuhan memberkati…

yang pertama : efeknya spt Adam dan Hawa sebelum jatuh dalam dosa, bisa direct communicate with God, tidak perlu diusir dari Eden, Hidup dalam hadirat Allah

:slight_smile:

yang kedua, manusia tidak memiliki akses kedalam alam roh lagi

dalam aspek rohani, manusia tidak dapat menghampiri tahta Allah, karena Allah yang adalah Roh harus dihampiri dalam roh dan kebenaran

Mgkn kl saya lebih mlihat spt ini :

Manusia tidak bisa ‘keluar-masuk’ alam roh sekehendaknya.

Tp bagi mreka yg di-empower oleh roh jahat (jiwanya dbrikan akses utk mnguasai rohnya), maka orang tsb bebas ‘keluar-masuk’ alam roh skehendaknya.

Spanjang jiwa manusia blm selaras dg khendak Tuhan, maka sangat bbahaya jika jiwanya dbrikan akses utk mnguasai roh.

Mgkn kelak ktika kita sudah brada dlm Tubuh Kemuliaan, maka jiwa kita akan punya akses pd roh shg kita bisa tiba-tiba mhilang, tiba-tiba mnembus ruangan, mlihat ke alam roh, dll.

Bro Daniel FS masih ingat diskusi kita yang lalu

Kol 4:16 16. Dan bilamana surat ini telah dibacakan di antara kamu, usahakanlah, supaya dibacakan juga di jemaat Laodikia dan supaya surat yang untuk Laodikia dibacakan juga kepadamu.

Ada juga Surat Laodikia yang tidak tercantum dalam 66 Kitab Protokanon, bukankah diperintahkan oleh Rasul Paulus untuk dibaca juga?

Bila ada salinan otentik Surat Laodekia tentu surat ini masih layak masuk dalam kanon. Sayangnya tidak ada memiliki salinan tersebut apa lagi yang dapat memastikan keotentikannya.

Mungkin memang seharusnya 66 kitab saja yang masih bisa diwariskan. Deutorokanonika gimana???

Salam.

ya memang 66 itu sudah sesuai…dengan penjabaran di Tabernakel…
66 kitab Alkitab bila dijabarkan akan mewakili semua alat di Tabernakel dengan sempurna, sehingga sulit untuk disangkal…(bagi yang sudah mempelajari secara mendalam)

  1. Berarti buku Kemah Suci karangan Pdt.Jusuf BS salah dunk menurut abang rohani Anda? :slight_smile:
  2. Ya jelas karena yang digunakan adalah doktrin Tabernakel versi Protestan, mengacunya juga dipas-paskan dengan apa yang ada pada Protestan. Judul Thread ini adalah “Tabernacle In Different View” artinya dalam sudut pandang yang berbeda dengan Tabernakel ala Protestan.
3. ajaran2 lain, kitab lain, = perlu dipertanyakan kebenarannya???? Wahyu 22:18, Aku bersaksi kepada setiap orang yang mendengar perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini: "Jika seorang menambahkan sesuatu kepada perkataan-perkataan ini, maka Allah akan menambahkan kepadanya malapetaka-malapetaka yang tertulis di dalam kitab ini.

Apalagi mengurangi isi Alkitab,
Wahyu 22:19,
(19) Dan jikalau seorang mengurangkan sesuatu dari perkataan-perkataan dari kitab nubuat ini, maka Allah akan mengambil bagiannya dari pohon kehidupan dan dari kota kudus, seperti yang tertulis di dalam kitab ini."

Tuhan memberkati…

Yap, Alkitab yang digunakan Yesus Kristus dan para rasul adalah Septuaginta (termasuk didalamnya Deuterokanonika dan Anagignoskomena) yang ditolak oleh Protestan. :slight_smile:

dan Tuhan menyertai rohmu juga…

Bro Daniel FS masih ingat diskusi kita yang lalu Bila ada salinan otentik Surat Laodekia tentu surat ini masih layak masuk dalam kanon. Sayangnya tidak ada memiliki salinan tersebut apa lagi yang dapat memastikan keotentikannya.

Mungkin memang seharusnya 66 kitab saja yang masih bisa diwariskan. Deutorokanonika gimana???

Salam.

Surat Laodekia masih ada koq, kendati memang tidak dimasukkan dalam Kanon Alkitab karena kurang fundamental jika dikaitkan kesaksian mengenai Firman Allah, isinya cuma nasehat-nasehat dosa dalam jemaat.

Deuterokanonika? Gereja Orthodox menerimanya dalam Kanon Alkitab sebagai Anagignoskomena, karena basicnya adalah dari Alkitab Septuaginta yang dipakai Yesus Kristus dan para muridnya, selanjutnya supaya tidak Out Of Topic sebaiknya dibahas pada Thread Deuterokanonika:

ya memang 66 itu sudah sesuai..dengan penjabaran di Tabernakel.. 66 kitab Alkitab bila dijabarkan akan mewakili semua alat di Tabernakel dengan sempurna, sehingga sulit untuk disangkal..(bagi yang sudah mempelajari secara mendalam)

Walah, saya sudah belajar Tabernakel Protestan itu sejak SMP:

  1. 2 tahun dalam Pendalaman Alkitab Gereja saya dulu, GPdI.
  2. Buku Kemah Suci Jilid 1 - 3 (sampulnya hitam) karangan Pdt.Jusuf BS.
  3. Buku Tabernakel (masih dalam format ketikan mesin tik) karangan Van Gessel (Kristen Injili) yang sekarang sudah sulit untuk didapatkan.
  4. Khotbah-khotbah Seminar Benny Hinn dalam pembahasan Tabernakel.
  5. Dan saya dulunya adalah salah satu pengajar Tabernakel dalam Komsel GMS.

Tabernakel itu kalau mau sesuai Alkitab, menggambarkan Yesus Kristus (bukan Kanon Alkitab), dapat ditemukan ayatnya dalam Kol 2:17. Lagian semua bagiannya bisa diarahkan mengikuti doktrin yang dimau (jadi doktrin ditetapkan dulu baru arti ayat menyesuaikan) contoh gampangnya seperti postingan pertama saya diatas bahkan saya sudah sangkal fondasi utama yang mengkaitkan Kanon Alkitab dengan Tabernakel pada postingan itu.

Dengan demikian, doktrin analisa/tafsiran Tabernakel bukanlah mutlak (tidak dapat dijadikan argumentasi logis yang cukup kuat untuk membela Kanon Alkitab Protestan), melainkan bisa ditafsirkan menjadi bentuk-bentuk yang lain sesuai dengan doktrin yang dikehendaki, kalau tidak percaya tanya saja pada saya mana lagi yang merujuk pada arti Kanon Alkitab Protestan, nanti saya berikan arti lainnya juga mengambil dasar Alkitab yang tidak merujuk sama sekali terhadap Kanon Protestan tersebut.

Best Regard,
Daniel FS

Mgkn kl saya lebih mlihat spt ini :

Manusia tidak bisa ‘keluar-masuk’ alam roh sekehendaknya.

Tp bagi mreka yg di-empower oleh roh jahat (jiwanya dbrikan akses utk mnguasai rohnya), maka orang tsb bebas ‘keluar-masuk’ alam roh skehendaknya.

Spanjang jiwa manusia blm selaras dg khendak Tuhan, maka sangat bbahaya jika jiwanya dbrikan akses utk mnguasai roh.

Mgkn kelak ktika kita sudah brada dlm Tubuh Kemuliaan, maka jiwa kita akan punya akses pd roh shg kita bisa tiba-tiba mhilang, tiba-tiba mnembus ruangan, mlihat ke alam roh, dll.

Koq kayak materi tulisannya Rebecca Brown yach? :slight_smile:

Best Regard,
Daniel FS

Emang benar kok terinspirasi dari tulisan Rebecca Brown.
Stelah saya pikirkan, saya stuju (awalnya saya mragukannya).

Saya tmasuk seorang yg myakini manusia itu trikotomi.

Ketika manusia bicara soal kemauan, maka tubuh, jiwa dan roh sama-sama punya kemauan. Tp yg mnentukan adalah jiwa.

Jiwa (yg dwakili oleh kesadaran) adalah yg mnetapkan kputusan akhir apakah mau mngikuti keinginan tubuh, keinginan jiwa atau keinginan roh.

Jikalau manusia dbrikan akses utk mpergunakan rohnya seenak keinginannya, maka bayangkan betapa besar potensi destruktif yg dapat dlakukan manusia daging.

Mngapa paranormal bs mramal kapanpun ia mau?
Mngapa dukun bs mnyebuhkan kapanpun ia mau?
Mngapa tukang tenung bs memelet kapanpun ia mau?

Krn mreka punya akses ke alam roh dan jiwa mreka yg kdaginganlah yg mnentukan kapan mreka bisa masuk.


Di sisi lain,
Org-org yg dbrikan karunia Roh tetap tidak bisa masuk alam roh kapanpun mreka mau.
Smua dtentukan dan diatur oleh Roh Kudus.

Makanya saya tidak pcaya dg hamba Tuhan yg mngaku bhw mreka bs mnyembuhkan, bnubuat dan mlakukan mujizat kapanpun mreka mau (bukan kapanpun Tuhan mau).

namanya dipimpin Roh Kudus, ya terserah kemauan Roh Kudus…

lalu kalau begitu apakah berarti sudah ngga ada freewill lagi?

itulah namanya penyerahan total… anda semakin menyerah total, semakin tidak menggunakan free will

waktu YESUS akan disalib dan berdoa…
YESUS ingin cawan ini lalu, tapi biar kehendakMu yang jadi…
semakin manusia memakai free will, berarti kedagingan yang menonjol…

Abraham disuruh pergi ke negeri yang tidak dia kenal dia menurut, disuruh mengorbankan anaknya Ishak menurut… kadang dia bernegoisasi dengan Tuhan tetapi keputusan akhir selalu diserahkan kepada Tuhan…

YESUS dalam menghadapi Salib, adalah contoh penyerahan total kepada kehendak Bapa

semakin seseorang menyerah total, semakin mudah Tuhan berkarya lewat orang tersebut…

itu adalah salah satu pandangan/view yang juga benar… tapi tidak meragukan Jumlah firman Allah 66, karena sudah terbukti… antara tabernakle dengan seluruh 66 kitab Alkitab tidak terpisahkan… sudah ada wahyu dab pdt Van Gesell yg memnyingkap pemetaan dari tabernakel dan 66 kitab… setelah mempelajari… tidak terbantahkan…bukan hanya karena pelita emas terdiri dari 66 bentuk… tapi dari kej sampai wahyu cocok dengan tabernakel…

Sayangnya view yang Anda anggap benar diatas, tentang ajaran lisan, ditolak oleh Protestan (dan mungkin juga oleh Anda sendiri).

Silahkan diungkapkan yang mana lagi yang ditafsirkan sebagai 66 Kanon Protestan? Atau kalau terlalu panjang cukup cantumkan halaman berapa di buku Van Gesell dan mengenai apa? (saya punya koq buku beliau, nanti tinggal saya lihatkan) Nanti saya kasih tau makna Alkitabiahnya dalam sudut pandang yang berbeda.

Best Regard,
Daniel FS

bakal pusing sendiri protestan (erdeka) kalo pandangannya ditubrukin ama Sola Scripturanya protestan sendiri… :slight_smile:

boleh dishare bro

Yang mana? Kalau semua jelas tidak mungkin… tebal sekali itu bukunya…
Tapi yang menjadi dasar utama Kanon Protestan 66 Kitab cuma 2 diatas sudah saya bahas, yaitu Menorah (Kaki Dian Emas) dan Meja Roti Pertunjukan.

Best Regard,
Daniel FS

Ajaran Van Gessel itu membahasil dari kejadian sampai wahyu… apa anda punya bukunya komplit… kitab wahyu aja sy mengikuti hampir 3 thn… semua referensi tidak palai buku lain cuma alkitab yg 66 itu… itu yang meyakinkan…ajaran lisan yg tidak memakai dasar alkitab jelas saya tidak bisa percaya…jadi penjelasannya tetap pakai sola scripture