SUMPAH !

HALO, saya masi baru ni… jujur saya mw bergabung k forum ini karena sangat butuh masukkan mengenai kekrirstenan yang benar… sering kali saya takut jika mengertikan ajara2an Kristen hanya sendiri…

kali ini saya mw membahas mengenai sumpah…

pertanyaan saya… apakah sumpah itu mengikat? bukankah sumpah itu dilarang? jika dilarang bagaiman bisa sumpah itu tetep mengikat? selain itu jika sumpah mengikat apakah kita bisa melepaskannya kembali seperti tidak terjadi apa2?

misalnya: ada orang Kristen yang bersumpah akan membunuh dosennya jika nilai ujiannya tidak A… ( ngeriii )tapi dia memang sangat yakin pasti A misalkan krn dia sudah sangat mengerti luar dalam soalnya… TIBA2 dia benar tidak dapat A… apakah dia harus tetap membunuh? walopun sebenernya dia juga ga mw melakukannya… ini kah yang disebut sumpah mengikat? saking mengikatnya hukum Tuhan pun dilanggar?

maap saya banyak tanya… karena ini pertanyaan saya sejak lama dan selama ini saya hanya berpikir sendiri… sehingga sangat banyak pertanyaan di pikiran saya… makasi banyak buat yang sudah mw menjawab…
GOD BLESS :slight_smile:

Yak. 5:12 Tetapi yang terutama, saudara-saudara, janganlah kamu bersumpah demi sorga maupun demi bumi atau demi sesuatu yang lain. Jika ya, hendaklah kamu katakan ya, jika tidak hendaklah kamu katakan tidak, supaya kamu jangan kena hukuman.

YAP… setuju saya… saya juga bermaksud seperti itu… tapi saya juga membaca di tempat lain bahwa sumpah itu mengikat, sooo gmn? apakah teteap mengikat walaupun dilarang oleh firman?

Mat. 5:37 Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat.

sumpah ya sudah pasti mengikat… jika ya katakan ya, jika tidak katakan tidak… selebihnya berasal dari iblis…
kl sudah terlanjut terucap, ya jangan takut Yesus kuasanya di atas iblis

tapi jangan karena Yesus lebih berkuasa lalu “Latah” sumpah2 melulu… :slight_smile:

Jika sudah kadung sumpah di hadapan Tuhan, maka lakukan sumpahnya tsb.
Jika sumpahnya bsifat negatif, maka batalkan sumpah itu dalam nama Tuhan Yesus Kristus dan minta ampun sama Tuhan. Kmudian perkatan berkat yg sifatnya baik.

Lain kali jangan sumpah-sumpah lagi.

oo ok deh kalo gitu… hidup jd tenang… hahaha… makasi ya rusdinech :slight_smile:

siap! makasi ya Siip, btw jd sumpah itu bisa dibatalin gitu ya? apakah ada firmannya? karena kita harus tetap hidup berdasar fiman kan… sorry bukan maksud apa2… terkadang mang pikiran saya terlalu banyak pertanyaan… hehe… saya sendiri jadi pusing… mohon bimbingannya :slight_smile:

Gini Bro, ketika sso bersumpah, maka dia akan diikat oleh kutuk apabila dia gagal mmenuhi sumpahnya.

Hal tsb diatur dlm ktentuan Taurat :

Im 5:4-6
Atau apabila seseorang bersumpah teledor dengan bibirnya hendak berbuat yang buruk atau yang baik, sumpah apapun juga yang diucapkan orang dengan teledor, tanpa menyadari hal itu, tetapi kemudian ia mengetahuinya, maka ia bersalah dalam salah satu perkara itu.
Jadi apabila ia bersalah dalam salah satu perkara itu, haruslah ia mengakui dosa yang telah diperbuatnya itu,
dan haruslah ia mempersembahkan kepada TUHAN sebagai tebusan salah karena dosa itu seekor betina dari domba atau kambing, menjadi korban penghapus dosa. Dengan demikian imam mengadakan pendamaian bagi orang itu karena dosanya.

Im 6:5-6
atau segala sesuatu yang dimungkirinya dengan bersumpah dusta. Haruslah ia membayar gantinya sepenuhnya dengan menambah seperlima; haruslah ia menyerahkannya kepada pemiliknya pada hari ia mempersembahkan korban penebus salahnya.
Sebagai korban penebus salahnya haruslah ia mempersembahkan kepada TUHAN seekor domba jantan yang tidak bercela dari kambing domba, yang sudah dinilai, menjadi korban penebus salah, dengan menyerahkannya kepada imam.

Bil 30:10-15
Jika seorang perempuan di rumah suaminya bernazar atau mengikat dirinya kepada suatu janji dengan bersumpah,
dan suaminya mendengarnya, tetapi tidak berkata apa-apa kepadanya dan tidak melarang dia, maka segala nazar perempuan itu akan tetap berlaku, dan setiap janji yang mengikat diri perempuan itu akan tetap berlaku juga.
Tetapi jika suaminya itu membatalkannya dengan tegas pada waktu mendengarnya, maka ucapan apapun yang keluar dari mulutnya, baik nazar maupun janji, tidak akan berlaku; suaminya telah membatalkannya, dan TUHAN akan mengampuni isterinya itu.
Setiap nazar dan setiap janji sumpah perempuan itu untuk merendahkan diri dengan berpuasa, dapat dinyatakan berlaku oleh suaminya atau dapat dibatalkan oleh suaminya.
Tetapi apabila suaminya sama sekali tidak berkata apa-apa kepadanya dari hari ke hari, maka dengan demikian ia telah menyatakan berlaku segala nazar isterinya atau segala ikatan janji yang menjadi hutang isterinya; ia telah menyatakannya berlaku, karena ia tidak berkata apa-apa kepadanya pada waktu mendengarnya.
Tetapi jika ia baru membatalkannya beberapa lama setelah didengarnya, maka ia akan menanggung akibat kesalahan isterinya."

Kita tau bhw Taurat adalah bayangan dari Injil.

Karena itu :

  1. Suatu sumpah apabila diucapkan secara teledor dan si pengucap mmahami keteledorannya, maka ia bisa diampuni dg korban penebus salah.

Jika sumpahmu kau ucapkan scr teledor, tmsk saat sdg emosi tdk bpikir jernih, maka darah Tuhan Yesus sudah lebih dari cukup utk mdamaikanmu dg Bapa.

  1. Jika sso bsumpah dusta, maka ada juga jalan keluar dg korban penebus salah plus pemberian ganti rugi pd pihak yg dirugikan.

Jika sumpahmu diucapkan dg tujuan dusta, maka darah Tuhan Yesus lebih dari cukup utk mdamaikanmu dg Bapa.

  1. Seorang suami dapat mbatalkan sumpah yg diucapkan istri seketika stelah sumpah itu didengar. Jika suami baru mbatalkan sumpahnya bbrp waktu stelah diucapkan, maka si suami mnanggung akibat sumpah itu.

Suami Gereja, yaitu Tuhan Yesus Kristus sudah mnanggung segala kutuk yg mjd konsekuensi perbuatan kita dg darahNya dan Ia sudah mati mnggantikan kita.

Jika Bro bsumpah dg serius dan gagal mmenuhinya, maka Bro brada dalam ikatan kutuk. Ktentuan tsb tercakup dlm Taurat.
Tp apa yg Tuhan Yesus telah perbuat?

Gal. 3:13
Kristus telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: “Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!”

Jd jangan kuatir.

Bahkan perjanjian dengan kuasa gelap yg dlakukan dg serius dan dimeterai dg darah manusia pun masih kalah kuasanya dan dapat dibatalkan oleh darah Tuhan Yesus.

Ke depannya hati-hati.

keren!!.. wahhh maski banyaakkk dear Siip… saya belum pernah kepikiran sampe segitunya… benar juga ya kutuk yang mungkin kita dapat sebenernya udah digantikan oleh Yesus di kayu salib…
sekali lagi makasi banyak, kebenaran firman yang anda sampaikan sungguh sangat bearti bagi saya dan mempengaruhi cara berpikir saya dalam kehidupan sehari-hari, thq… God bless

Terima kasih sama Tuhan Yesus Bro.
Dia baik bagi kita berdua.

pagi ni tiba2 saya teringat akan firman yang Siip sampaikan yaitu
Gal. 3:13
KRISTUS telah menebus kita dari kutuk hukum Taurat dengan jalan menjadi kutuk karena kita, sebab ada tertulis: “Terkutuklah orang yang digantung pada kayu salib!”

saya membacanya berkali-kali dan merasa bersykur banget ketika membaca firman ini… tapi tiba2., muncul di benak saya…di firman itu tertulis “menebus kita dari kutuk hukum taurat”, yang saya mau tanya, apakah Yesus juga menebus kita dari kutuk yang diluar hukum taurat? kalau menurut saya sih pasti Yesus bekerja ga setengah-setengah… pasti dia melakukan semuanya. tapi saya mencari firmannya ga ketemu-ketemu.

bagaimana menurut anda-anda sekalian?karena menurut saya kutuk ga hanya dari hukum taurat tapi juga bisa berasal di luar itu.
ow iya satu lagi, apa orang yang berdosa dia otomatis dibawah kutuk? apa sebenarnya hubungan dosa dengan kutuk? terimakasih buat penjelasannya :slight_smile:

Mas Bro ?.. hehehe ;D bukan kah ada tertulis Kuthuk itu adalah anak ayam ? makanya jangan sembarangan Mas Bro main Kuthuk ntar dipatok babon hehehe ;D Emang mas Bro kalau idup serba smooth yah Ti’ati terlena menyimpang kiri kanan nggak sadar hehehe. :afro:
JBU

Memang Bro tidak akan mnemukan ayat yg scr hurufiah mnuliskan bhw Tuhan YESUS telah mnebus seseorang dari kutuk di luar Taurat.

Tp adalah kebenaran yg tsebar di sluruh Injil bhw Tuhan YESUS juga telah menebus dosa dari mreka yg terkutuk di luar sistem Taurat.

Bagaimana kita bisa tau?

Kitab-kitab dan surat-surat Injil mnunjukkan kpd kita bhw kebenaran Injil juga dtujukan pd bangsa-bangsa non-Yahudi yg scr hukum tidak terikat oleh Taurat.

Rm. 9:24
yaitu kita, yang telah dipanggil-Nya bukan hanya dari antara orang Yahudi, tetapi juga dari antara bangsa-bangsa lain,

Rm. 11:13
Aku berkata kepada kamu, hai bangsa-bangsa bukan Yahudi. Justru karena aku adalah rasul untuk bangsa-bangsa bukan Yahudi, aku menganggap hal itu kemuliaan pelayananku,

Rm. 15:16
yaitu bahwa aku boleh menjadi pelayan KRISTUS YESUS bagi bangsa-bangsa bukan Yahudi dalam pelayanan pemberitaan Injil Allah, supaya bangsa-bangsa bukan Yahudi dapat diterima oleh Allah sebagai persembahan yang berkenan kepada-Nya, yang disucikan oleh ROH KUDUS.

1Kor. 1:24
tetapi untuk mereka yang dipanggil, baik orang Yahudi, maupun orang bukan Yahudi, KRISTUS adalah kekuatan Allah dan hikmat Allah.

Gal. 1:16
berkenan menyatakan Anak-Nya di dalam aku, supaya aku memberitakan Dia di antara bangsa-bangsa bukan Yahudi, maka sesaatpun aku tidak minta pertimbangan kepada manusia;

Gal. 3:8
Dan Kitab Suci, yang sebelumnya mengetahui, bahwa Allah membenarkan orang-orang bukan Yahudi oleh karena iman, telah terlebih dahulu memberitakan Injil kepada Abraham: “Olehmu segala bangsa akan diberkati.”

Ef. 3:6
yaitu bahwa orang-orang bukan Yahudi, karena Berita Injil, turut menjadi ahli-ahli waris dan anggota-anggota tubuh dan peserta dalam janji yang diberikan dalam KRISTUS YESUS.

Jd bagi mreka yg tidak hidup di bawah Taurat, maka sgala dosa dan kutuk akibat dosa telah dtanggung juga oleh Tuhan YESUS.


Bgmn mekanismenya?

Pertama,

Paulus mjelaskan di Surat Roma :

Rm 2:12-15
Sebab semua orang yang berdosa tanpa hukum Taurat akan binasa tanpa hukum Taurat; dan semua orang yang berdosa di bawah hukum Taurat akan dihakimi oleh hukum Taurat.
Karena bukanlah orang yang mendengar hukum Taurat yang benar di hadapan Allah, tetapi orang yang melakukan hukum Tauratlah yang akan dibenarkan.
Apabila bangsa-bangsa lain yang tidak memiliki hukum Taurat oleh dorongan diri sendiri melakukan apa yang dituntut hukum Taurat, maka, walaupun mereka tidak memiliki hukum Taurat, mereka menjadi hukum Taurat bagi diri mereka sendiri.
Sebab dengan itu mereka menunjukkan, bahwa isi hukum Taurat ada tertulis di dalam hati mereka dan suara hati mereka turut bersaksi dan pikiran mereka saling menuduh atau saling membela.

Smua orang mmiliki ‘Hukum Taurat’ di dalam hatinya.
‘Hukum Taurat’ tsb bisa brupa Hukum Taurat Yahudi sbgm yg dbrikan oleh Tuhan kpd Musa, bisa juga brupa ‘Hukum Taurat jenis lain’ yg tertulis di hati nurani mreka.

Tuhan YESUS mnebus manusia dari kutuk Hukum Taurat Yahudi dan ‘Hukum Taurat jenis lain’.

Inilah ayat phiburannya :

Gal. 3:8
Dan Kitab Suci, yang sebelumnya mengetahui, bahwa Allah membenarkan orang-orang bukan Yahudi oleh karena iman, telah terlebih dahulu memberitakan Injil kepada Abraham: “Olehmu segala bangsa akan diberkati.”

Oleh krn iman, maka Allah mbenarkan mreka yg bukan Yahudi dan yg tidak hidup di bawah Taurat Yahudi.


Kedua,

Ktika sso sudah pcaya, maka ia scr rohani dsatukan dg bangsa Yahudi utk mjd umat perjanjian dan kturunan Abraham.

Ini ayat phiburannya :

Ef 2:11-22
Karena itu ingatlah, bahwa dahulu kamu–sebagai orang-orang bukan Yahudi menurut daging, yang disebut orang-orang tak bersunat oleh mereka yang menamakan dirinya “sunat”, yaitu sunat lahiriah yang dikerjakan oleh tangan manusia, –
bahwa waktu itu kamu tanpa Kristus, tidak termasuk kewargaan Israel dan tidak mendapat bagian dalam ketentuan-ketentuan yang dijanjikan, tanpa pengharapan dan tanpa Allah di dalam dunia.
Tetapi sekarang di dalam Kristus Yesus kamu, yang dahulu “jauh”, sudah menjadi “dekat” oleh darah Kristus.
Karena Dialah damai sejahtera kita, yang telah mempersatukan kedua pihak dan yang telah merubuhkan tembok pemisah, yaitu perseteruan,
sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera,
dan untuk memperdamaikan keduanya, di dalam satu tubuh, dengan Allah oleh salib, dengan melenyapkan perseteruan pada salib itu.
Ia datang dan memberitakan damai sejahtera kepada kamu yang “jauh” dan damai sejahtera kepada mereka yang “dekat”,
karena oleh Dia kita kedua pihak dalam satu Roh beroleh jalan masuk kepada Bapa.
Demikianlah kamu bukan lagi orang asing dan pendatang, melainkan kawan sewarga dari orang-orang kudus dan anggota-anggota keluarga Allah,
yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru.
Di dalam Dia tumbuh seluruh bangunan, rapih tersusun, menjadi bait Allah yang kudus, di dalam Tuhan.
Di dalam Dia kamu juga turut dibangunkan menjadi tempat kediaman Allah, di dalam Roh.

Krn dia mjd kturunan Israel rohani, maka sgala kutuk akibat pbuatannya di masa depan yg terkait dg Taurat Yahudi juga telah dtebus oleh Tuhan YESUS sbgmn yg sudah Bro baca di awal terkait kutuk akibat sumpah.


Bro DSM,

Pd akhirnya smua kembali pd iman tiap-tiap orang.

Jika baginya kutuk itu masih ada, maka kutuk itu masih ada.
Jika baginya kutuk itu sudah lenyap di dalam nama Yesus Kristus, maka kutuknya lenyap.

Mrk. 11:24
Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu.

ne dalam agama sebrang…
dia biasanya berkata InsyaAllah
setelah saya mengerti maksud dari kata itu saya sering menggunakannya…
dan dasar dari saya menggunakan itu karena saya belum bisa mengambil keputusan apakah ya atau tidak…

contohnya “jika saya di ajak janjian ketemuan 2 bulan lagi sama teman jauh saya, otomatis saya belum bisa kasih keputusan toh, karena saya tidak tahu apa yang akan terjadi untuk besok, besok, dan besoknya lagi hingga 2 bulan kedepan”
jika hal ini terjadi kepada anda, apa yang anda jawab atau lakukan?

menurut anda bagaimana??

Kadang Insya Allah dgunakan sbg kedok bagi org yg ngga mau komit, ngga mau janji dan ngga mau ambil risiko.

Insya Allah versi Yakobus adalah agar kita mlibatkan Tuhan dlm sgala pngambilan kputusan dan bgantung pd kasih karunia Tuhan dlm kberhasilan.

@Siip: terlintas lagi ni pertanyaan di benak saya, maksud kutuk akibat sumpah itu apa ya? maksud saya, kutuk apa yg berlaku? karena kutuk kan ada macam2… sekedar mau tau aja si… hehe

Mana saya tau Bro?
Kan bukan saya yg mlepas kutuk.

o iya ya… Tuhan ya yg mengatur semuanya… gw cuman penasaran aja gt… hhaha

ok d… sip2… thq bro

Kl kutuk, ada yg Tuhan tetapkan,
Ada jg yg Iblis rancangkan.