St Peter the apostle and Popes

haha…no kidding…

mendengarkan para suksesi Petrus jelas jauh lebih bisa dipegang daripada orang asbun yang terpisah 2000 tahun dengan peristiwa diatas ;D

Di jaman kegelapan, suksesi Petrusnya gimana nasibnya bro. Coba di-share donk :onion-head29:

relevansinya dengan pernyataan dahulu apa yah…

Sama halnya dengan di atas. Kalau mau ngaku-ngaku dan mengklaim Petrus silahkan, tetapi itu klaim subjektif. kecap mana sih yang nomer dua, semuanya nomer satu

kita lagi bicara suksesi Petrus…bukan tindakan2 penerus Petrus…fokus aja satu2 ;D

kebiasan kamu kan main komedi putar btw, pertanyaan apakah Yesus itu adalah Allah sudah dijawab belum ;D

Penerus ama suksesornya Petru kan sama aja bro :smiley:
Memang kalau orang keren banyak yang ngaku-ngaku sok akrab bro :tongue:

Jadi kalau pakai logika dengerin orang yang sejaman dengan mereka atau dengerin orang yang 2000 tahun terpisah dengan mereka ;D

Jaman kegelapan?

Cocok buat untuk para anti Katolik!!!

Hayoooo… Mau jawab apa neh??? ;D :2funny:

Dengarin yang benar donk, jangan dengarin yang ngaco :smiley:

Maksudnya yang asbun di tahun 2000 kan ;D

Loh, masak suruh dengerin yang ngaco, pasti dengarin yang benar.
Yang berdasar kitab suci :slight_smile:

Maksudnya yang ini ya???

2 Tess 2 : 15 Therefore, brethren, stand fast and hold the traditions which you were taught, whether by word or our epistle.

;D :2funny:

oh yang asbun 2000 tahun itu ngaco yah hehe…
oh iya kita dengerin kitab suci tuh ayatnya sudah diquote bro Yopi saya tambahin sama 1 Tim 3:15…;D

Biasalah kalau orang beken kayak Santo Petrus, banyak yang ngaku-ngaku.
Sok akrab, gitu :smiley:

Kali ini ngaku-ngaku St. Petrus sebagai Paus pertama, padahal Petrus enggak tahu apa-apa, apa itu yang namanya Paus. Taunya yaaa ikan Paus :smiley:

lho emang situ tau artinya paus yang dimaksud disini ;D

asbun lagi…nih malah menyamakan jabatan dengan ikan paus…ini OOT atau adhominem yah …???

Quote from: d4v1d lagi on Today at 02:04:17 PM Biasalah kalau orang beken kayak Santo Petrus, banyak yang ngaku-ngaku. Sok akrab, gitu

Kali ini ngaku-ngaku St. Petrus sebagai Paus pertama, padahal Petrus enggak tahu apa-apa, apa itu yang namanya Paus. Taunya yaaa ikan Paus

lho emang situ tau artinya paus yang dimaksud disini

asbun lagi…nih malah menyamakan jabatan dengan ikan paus…ini OOT atau adhominem yah …???

Bukan bro, tetapi lagi pamer kapandaian, hua ha ha ha ha

Betul betul tambah nyata kacaunya nalar doi.

ada yg pernah nanyak. kl paus tidak menikah, mengapa petrus dianggap paus? apa kriteria seorang paus?

karena hidup selibat adalah disiplin iman dalam katolik .

bukan hanya paus tetapi imam dan uskup juga tidak menikah karena itulah disiplin iman .

disiplin bukanlah dogma yang tidak bisa berubah oleh karena itu tidak ada masalah jika awalnya Petrus pun menikah .

btw, bukankah Yesus sendiri tidak menikah dan rasul Paulus juga tidak menikah begitu pula imho rasul Yohanes.

so kalau ndak salah ada ayat kitab suci yang menyatakan ada yang tidak menikah karena kerajaan Allah dan dicontohkan secra aktual oleh Yesus dan rasul2 yang tidak menikah.

shalom :slight_smile:

Peraturan hidup selibat.

Dokumen pertama yang menyatakan secara explisit tentang hal ini adalah Konsili Elvira di Spanyol tahun 306 dan Carthage tahun 390, serta dekrit dari Paus Siricius dan Innocent, sekitar akhir abad ke-4 dan awal abad ke-5. Semuanya itu menunjukkan bahwa hidup selibat setelah ordinasi bukanlah inovasi semata, namun merupakan hal yang telah dijalankan oleh para murid, bapa gereja, dan menjadi bagian dari tradisi. Paus Siricius mengatakan bahwa peraturan untuk hidup selibat dimaksudkan untuk memberikan segenap jiwa dan raga untuk Tuhan dalam kaul kesucian mulai dari hari ordinasi. Dan Konsili Carthage menekankan hidup selibat untuk meneruskan ajaran dan praktek hidup selibat seperti yang telah dijalankan oleh para rasul.

pertanyaannya bukan mempersoalkan mengapa paus tdk menikah…tapi kl Paus tdk menikah mengapa petrus disebut paus? lalu kristeria seorg Paus apa?
apalagi dijelaskan jika selibat adl disiplin iman dalam katolik.
gitu maksudnya…

@sahaba

Baca post saya di atas pertanyaan anda bro

Paus kan uskup Roma …walaupun paus artinya bapa.
Nah sekarang apakah st Peter adalah uskup Roma …Tradisi dan sejarah menyatakan iya.

Pertama kali disiplin selibat belum dimasukkan dalam kriteria imam, ataupun uskup termasuk uskup Roma.

Barulah kemudian ada peraturan disiplin tersebut.

silahkan bro liat jejak sejarahnya seperti yang dikutip bro Bruce diatas :slight_smile:

Andaikan…ini andaikan diadakan suatu konsili atau kemudian GK merevisi aturan tersebut menjadi boleh menikah nah berarti sejak saat itu tidak diperlukan lagi syarat selibat.

Namun hidup selibat sangat bagus untuk pelayanan bagi umat beriman sehingga mereka bisa memusatkan diri pada pelayanan demi kerajaan Allah.

salam damai :slight_smile: