siapakah yang mengangkat/menjadikn paulus rasul ?

apakah yesus sendiri yang mengangkat paulus jadi rasul ? Klo iya, kpan dia di angkat jdi rasul ? Trus ada ga keterangan nya ?
Maaf ya klo nanya nya banyak… :stuck_out_tongue:

Yesus sendiri yang mengangkatnya. . Mau tahu? baca KISAH PR.

Kisah para Rasul 9:15 Tetapi firman Tuhan kepadanya: “Pergilah, sebab orang ini adalah alat pilihan bagi-Ku untuk memberitakan nama-Ku kepada bangsa-bangsa lain serta raja-raja dan orang-orang Israel. 9:16 Aku sendiri akan menunjukkan kepadanya, betapa banyak penderitaan yang harus ia tanggung oleh karena nama-Ku.”

Kisah para rasul 13:2 Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: “Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka.” 13:3 Maka berpuasa dan berdoalah mereka, dan setelah meletakkan tangan ke atas kedua orang itu, mereka membiarkan keduanya pergi.

13:4. Oleh karena disuruh Roh Kudus, Barnabas dan Saulus berangkat ke Seleukia, dan dari situ mereka berlayar ke Siprus.

Semoga bermanfaat. LJBU.

@maling
Banyak orang menanyakan ini karena mereka menganggap paulus menjadi rasul setelah Yesus gak dibumi lagi. Dan apa yang dialami oleh paulus dengan pertemuannya dengan Yesus dianggap “tanpa saksi”.
Yang nereka abaikan adalah bahwa murid yang bernama ananiaslah yang diutus Tuhan untuk mengankat paulus menjadi rasul. Tanpa ada hubungan apapun bahkan boleh dibilang musuh. Jadi secara logika, sangat sah pengangkatan itu karena dilakukan bukan “oleh teman paulus” tetapi justru musuh paulus yang hanya taat kepada Tuhan saja dan melakukan perintah Tuhan. Jadi rasul paulus diangkat Tuhan sendiri melalui pernyataan langsung dan melalui pengutusan langsungNya kepada ananias. Baca kisah rasul 9.
Ananias disini juga bukan ananias jemaat petrus tapi ananias murid. Biasaanya org salh juga disini.

Shalom

Sebenarnya Paulus menjadi Rasul bukan saat dia ditumpangi-tangan seperti pengaturan Tuhan melalui Ananias.

Paulus menjadi Rasul setelah diutus oleh Jemaat di Anthiokia, sesuai pesan pengutusan melalui Roh Kudus.

Salam.

@hans
Tentang kapan dia disebut “rasul”, menurut saya bukan hal penting, tapi yang memilih paulus, mengankat kemudian memberkati adalah Tuhan sendiri (melalui tumpang tangan ananias).

Setidaknya kita sepakat bahwa Paulus adalah seorang Rasul.
Paulus menerima Roh Kudus dan mengabarkan Injil yang benar.

Saya rasa point ini yang paling penting.

Salam. LJBU.

Kalau Paulus adalah rasul…maka Yesus bukanlah utusan terakhir…krn Pauluslah menjadi utusan terakhir kalian yg mbawa anda kpd ibadahnya cara dia…

Adakah Paulus mendapat tentangan ataupun mengalami pengusiran dr tmpt asalnya?

Pengertian anda tentang Rasul berbeda dengan apa yang dipahami Kristen tentang Rasul.
Please cek lagi paradigma Anda.


Wiki:
Rasul dalam ajaran Islam
Rasul (Arab:رسول Rasūl; Plural رسل Rusul) adalah seorang yang mendapat wahyu dari Allah dengan suatu syari’at dan ia diperintahkan untuk menyampaikannya dan mengamalkannya. Setiap rasul pasti seorang nabi, namun tidak setiap nabi itu seorang rasul. Jadi jumlah para nabi itu jauh lebih banyak ketimbang para rasul.

Kriteria nabi dan rasul

Dikatakan bahwa nabi dan rasul memiliki beberapa kriteria yang harus dipenuhi, di antaranya adalah:
Dipilih dan diangkat oleh Allah.
Mendapat mandat (wahyu) dari Allah.
Bersifat cerdas.
Dari umat Bani Adam (Manusia).
Nabi dan Rasul adalah seorang pria.[6][7]


Kristen tidak pernah mengklaim bahwa Yesus sebagai “RASUL yang terakhir”, melainkan kami mengenal Yesus sebagai TUHAN, bukan hanya RASUL.

Rasul adalah murid Tuhan, dan kepada mereka diberikan kuasa untuk memberitakan Injil, ditandai juga dengan berbagai mujizat oleh kuat kuasa Roh Kudus yang meneguhkan pemberitaan Injil.
Paulus adalah seorang Rasul, karena dia adalah murid Tuhan Yesus dan diutus untuk memberitakan Injil. Melalui Paulus, kuat kuasa Roh Kudus bekerja memimpin dan melakukan “banyak” tanda mujizat.

Pengertian yang berbeda mengarah pada keputusan yang berbeda.
Sejak awal sudah beda definisi.

Dalam Kristen ada juga istilah nabiah untuk seorang nabi perempuan, contohnya Debora dan Hulda.
Padahal dalam ajaran Islam seorang nabi haruslah seorang laki-laki.

Salam.

sangat ada, dia dahulunya adalah Yahudi yang menyerang jemaat Kristiani, setelah berbalik dan bertobat, ia kerap dikejar dan bahkan berkali-kali terancam hukuman mati. .

Yach bubar Si Mujahidin.
TS-nya mana???

Apakah Mujahidin tidak ada pertanyaan lagi tentang Rasul Paulus?

Apa ada tanggapan lain yang mempertanyakan kerasulan Paulus? Silahkan.

Salam.

Lha ya udah pasti balik kanan bro, karena pertanyaannya membuktikan bahwa penanya belum pernah mendengar kisah Saulus-Paulus, dan bertanya hanya karena mendengar fitnahan dari seberang yang dikarenakan kebencian mereka kepada Paulus.

Mod, silahkan lock thread ini.

Silahkan saudara baca di Galatia 1:11-24; 2:1-10
Di sana tercantum dengan jelas mengenai kerasulan Rasul Paulus
Tuhan Yesus memberkati

Arti ‘rasul’ dalam PB beda dong dengan arti “Rasol” dalam kitab doang.

Makanya sudah berkali2 diingatkan jangan nasfir agama saya pake kaca mata agama/kitab kalian bakalan ngga nyambung tuh…ngerti?

Memang YESUS seorang Rasul dalam arti kata diutus Bapa-Nya waktu Dia menjelma sebagai seorang manusia dan berperan sebagai seorang Nabi.

Tetapi sesudah bangkit dan kemudian naik ke sorga, Yesus dalam kapasitas-Nya sebagai Tuhan mengutus orang untuk membawa khabar baik ke seantero dunia. Makanya Paulus dipilih dan diutus. Jadi Paulus seorang rasul. Emangnya mengapa?

Kalu menyalahkan Yesus yang merusakkan kekristenan ngga bisa karena kitab mereka juga menyakini Yesus/Isa sebagai Nabi dan Rasul. Jadi dicari kambing itamnya…Paulus. Makanya Paulus sangat dibenci oleh para apologek Islam masa kini.

Ini bertentangan dengan pemahaman para scholar Islam pada jaman awal permulaan Islam. Saya terbaca di salah satu sumber Islam ternyata Paulus seorang yg sangat dihormati. Baca ini bro, very interesting.

“Among the apostles and those disciples around them, whom Jesus sent out, there were Peter and his companion [b]Paul[/b].” (Thalabii, Qisas al-Anbiyaa, pp. 389-390) http://www.answer-islam.org/Stpaulandislam.html

So far… ada yang masih ragu bahwa Paulus adalah Rasul Yesus Kristus?

Bila tidak ada kita bandingkan Paulus dengan Mohammad, Injil mana yang lebih sesuai dengan Yesus.

Sebab Paulus menulis seperti ini:
1 Korintus 11:1. Jadilah pengikutku, sama seperti aku juga menjadi pengikut Kristus.

Galatia 1:6. Aku heran, bahwa kamu begitu lekas berbalik dari pada Dia, yang oleh kasih karunia Kristus telah memanggil kamu, dan mengikuti suatu injil lain, 1:7 yang sebenarnya bukan Injil. Hanya ada orang yang mengacaukan kamu dan yang bermaksud untuk memutarbalikkan Injil Kristus. 1:8 Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia. 1:9 Seperti yang telah kami katakan dahulu, sekarang kukatakan sekali lagi: jikalau ada orang yang memberitakan kepadamu suatu injil, yang berbeda dengan apa yang telah kamu terima, terkutuklah dia.

1:10. Jadi bagaimana sekarang: adakah kucari kesukaan manusia atau kesukaan Allah? Adakah kucoba berkenan kepada manusia? Sekiranya aku masih mau mencoba berkenan kepada manusia, maka aku bukanlah hamba Kristus. 1:11 Sebab aku menegaskan kepadamu, saudara-saudaraku, bahwa Injil yang kuberitakan itu bukanlah injil manusia. 1:12 Karena aku bukan menerimanya dari manusia, dan bukan manusia yang mengajarkannya kepadaku, tetapi aku menerimanya oleh penyataan Yesus Kristus.

Salam.

Bagaimana bila ada yang percaya Injil yang bukan seperti yang Paulus bawakan?
Apakah itu adalah Injil yang benar?

Tergantung siapa yang membawakan, apakah ia lebih berotoritas daripada Paulus?
Kriterianya sebagai berikut:

  1. Dikenal Tuhan Yesus tidak
  2. Ada Roh Kudus tidak
  3. Disertai tanda mujizat tidak
  4. Ajarannya sesuai tidak dengan tulisan kitab para nabi (jaman perjanjian Lama)
  5. Mengakui bahwa Yesus adalah Mesias atau tidak

Salam.

Bila Paulus tidak memberitakan Injil yang benar, maka tidak mungkin ia berani menuliskan ini.

Galatia 1:6. Aku heran, bahwa kamu begitu lekas berbalik dari pada Dia, yang oleh kasih karunia Kristus telah memanggil kamu, dan mengikuti suatu injil lain, 1:7 yang sebenarnya bukan Injil. Hanya ada orang yang mengacaukan kamu dan yang bermaksud untuk memutarbalikkan Injil Kristus. 1:8 Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia. 1:9 Seperti yang telah kami katakan dahulu, sekarang kukatakan sekali lagi: jikalau ada orang yang memberitakan kepadamu suatu injil, yang berbeda dengan apa yang telah kamu terima, terkutuklah dia.

Sumber Injil yang tidak benar itu bisa dari seseorang ataupun Malaikat Gadungan (yang tidak benar, menyamar menjadi malaikat dari sorga).

Salam.

Kl sudah tidak ada yang bertanya tentang Paulus. Please dilock aja.
Sudah terjawab dengan baik dan meyakinkan secara Kristen.

“Paulus benar-benar rasul Tuhan Yesus Kristus, dan dia membawa Injil yang Benar”.

Salam.