sekedar menanya tentang tenaga dalam

senior2
apakah tenaga dalam bnr2 memang ada
apakah orang kristen bole ada tenaga dalam

krn ada beberapa orang bilang semua manusia mempunyai tenaga dalam ap2 krn gk ngerti w nnya kalian

Kata siapa itu ya?
Mungkin yang dikamsudkan adalah karunia Roh Kudus kali ya…
CMIIW

kata orng d internet gk tw cp
dy blng semua org mmpunyai tenaga dalam hanya tertidur aja

kalo bnr2 ad apkh org kristen bole menggunakannya

Semua punya tenaga dalam?
Kalau energi yang dihasilkan oleh metabolisme sel2 dalam tubuh termasuk tenaga dalam bukan? :azn:

Roh Kudus… itu tenaga dalam…
artinya ada di dalam orang percaya yang beri kekuatan kepada orang percaya untuk melakukan kehendak Allah :smiley:

Yach memang betul semua orang memiliki tenaga dalam…
Tergantung orangnya sendiri sich… mau melatih atau tidak… :smiley:

Tenaga dalam bukan “Ilmu2 dari luar tubuh” tetapi dengan latihan…

Yang tidak diperbolehkan adalah

  1. kesombongan
  2. jika sudah memiliki tenaga dalam… yang diandalkan bukan Tuhan lagi… tetapi diri sendiri…

dari 2 point di atas sudah “salah” menggunakan tenaga dalam :slight_smile:

meskipun di katolik ada sebagian yang memperbolehkan, saya tetap menolak… (memang sich saya dulu pernah belajar sedikit dari buku… tapi tdk saya lanjutkan )

oh trima kasih para senior
tpi kalo kita meminta tuhan utk digunakan dlm keadaan krisis mcm mna
sperti bernubuat n bermukjizat apakah dizmn ini msi ad yang sperti gini

saya pernah membaca buku pdt daud tony ( lupa judulnya yg mana) , kalau tenaga dalam seperti prana itu dari kuasa kegelapan , saudara …
karena ayah saya dulunya pernah hampir ikut-ikutan temannya untuk semedi seperti itu, ternyata tidak boleh katanya saudara , itu seperti memanggil kuasa kegelapan
sekian dr saya
:slight_smile:

setuju…

ada bro malaikat… jgn panggil senior… sebab saya juga masih bodoh :ashamed0004:

Kembali ke laptop… :smiley:

ada jawabannya… Dalam FT disebutkan dalam ber “nurbuat” dan ber “mukjizat”
(tetapi hati2 soal ber nurbuat dan ber mukjizat)

Mat. 7:22 Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?

dan untuk mempertegas bahwa zaman sekarang masih ada “mukjizat” Tuhan

“sebab langit bumi akan berlalu… tetapi FirmanNya tidak akan berlalu”
(lupa ayat nya :ashamed0004:)

salam ^^

@HISBELOVEI: YUPS BETUL SEKALI TENAGA DALAM DAN ALIRAN2 SEJENISNYA BERASAL DARI KUASA GELAP…krn dulu saya juga pernah mempelajari ilmu2 semacam itu,tapi waktu itu saya belum tau klo tenaga dalam berasal dari kuasa gelap,saya pikir ya hanya olahraga biasa(seni pernafasan)…klo tingkat rendah ya paling belajar olah pernafasan dan jurus2 tapi klo udah tingkat tinggi nanti belajar juga meditasi, puasa mutih, puasa ngebleng, puasa ngrowot, memanggil roh2, ngrogoh sukmo, mencari jimat2/pusaka dlll wah serem pokoknya,jadi jangan coba2 deh krn itu dari kuasa gelap…aq saja untuk membuang ilmu2 itu hrs memanggil pendeta trus dilayani pelepasan

tenaga dalam itu sebenarnya berasal dari setan.
coba kamu lihat nabi nabi di perjanjian lama ga ada yang punya tenaga dalam.
semuanya itu kuat karena pertolongan TUHAN.

paulus petrus dan yohanes pun enggak menuntut tenaga dalam sama TUHAN kan?

yesus juga punya tenaga dalam lho…
bahkan udah levelnya tinggi tuh…
sabuk hitam dan-10 kali…

buktinya bisa jalan di atas air…

kok banyak yang miss sihhh…??? bedakan tenaga dalam dari latihan pernafasan dan melatih tubuh dan bertapa dengan segala mantranya… hati2lah dalam menilai…

Yesus juga punya lho tenaga dalam…

buktinya bisa jalan di atas air…

masa tenaga dalamnya yesus juga berasal dari gelap?
eh… betul gelap ding… kalo malem… ehehe…

lebih baik yang memberi komentar / penjelasan yang pernah berkecimpung di dalamnya…

kata Tuhan Yesus juga DILUAR Aku kamu tidak dapat melakukan apa2…topiknya jadi ingat karate yg doyan brantem n bantingin org :cheesy:

nimbrung dikit ya. …
menurut saya sebenarnya istilah “tenaga dalam” itu sendiri masih “rancu”.
.
definisi tenaga dalam spt apa yg dimaksud?

  • ada yg berlatih secara fisik, kemudian baru bisa menghasilkan “semacam energi” yg bisa dikendalikan. » biasanya butuh waktu lama. » kalau tidak didasari dgn iman yg kuat jg bisa ter"sesat".
  • ada yg secara instant, yaitu dengan datang kepada “guru2/suhu2/dukun2” aliran tertentu, kmudian minta secara khusus “diisi” sehingga bisa berbuat sesuatu yg diluar nalar manusia. » ini yg menurut saya “jelas2 sesat”.
    .
    pendapat saya :
    setiap orang punya kemampuan, karena pada dasarnya tenaga dalam itu sebenarnya adalah “kekuatan pemikiran” seseorang yg mampu untuk ber-kosentrasi tinggi, sehingga bisa menghasilkan semacam “medan energi” disekitar orang tersebut dan mengendalikannya. » biasanya untuk perlindungan diri atau kesehatan.
    .
    yg membuat “tenaga dalam” mempunyai image negatif adalah :
    biasanya, kalau seseorang sdh mulai menyadari kalau dirinya bisa dan mampu, orang tersebut mulai sedikit sombong. hal inilah yg sulit dihindari oleh “praktisi2 tenaga dalam”, sehingga terkesan bahwa orang2 seperti ini men"dua"kan Tuhan karena merasa “hebat”.
    jadi tidak megherankan apabila seorang kristiani yg tekun dan rajin sekali berdoa (p&w, saat teduh), kemudian ketemu dgn seseorang “praktisi tenaga dalam” dan kemudian “praktisi tenaga dalam” tersebut mendeteksi bhwa seseorang kristiani tersebut mmpunyai “energi” di skitarnya.

saya akan coba menjawab dengan sepengetahuan saya :

tidak segampang itu sih bro…
alam roh itu tidak sederhana, tapi rumit.
ketika seseorang bisa menyalurkan tenaga prana, kita yang mengandalkan indra peraba / kepekaan memang akan terasa energi prana, tapi kejadian di alam roh hanya orang yang mempunyai karunia penglihatan / membedakan roh yang tahu cara kerjanya, alam roh itu flat dan tidak dibatasi dengan waktu., makanya ada Firman bahwa segala sesuatu harus diuji, secara Firman dan secara roh (karunia membedakan roh).

contoh yg anda kemukakan memang seperti itu, tapi dalam kenyataannya orang yang punya tenaga dalam sumbernya dari mana ? coba di analisis, orang mempunyai tenaga dalam itu sumbernya darimana ?
sedangkan orang yang memang Kristiani sejati sumbernya dari mana ?

coba ditilik dari latihannya ( CMIIW )
tenaga dalam : meditasi dan latihan pernafasan
titik fokus : diri sendiri (supaya kuat, sehat), mengambil dari alam disimpan dalam tubuh.
sumber energi : alam, kita yang mengendalikan

Kristiani : memuji Tuhan (saat teduh)
titik fokus : Tuhan, pasrah kepada Tuhan, memberikan kemuliaan kepada Tuhan.
sumber energi : bukan kita yang empunya dan mengendalikan, tapi dari Tuhan untuk Tuhan.

( dilihat dari titik fokusnya ) kemuliaan itu hanya bagi Tuhan dan Tuhan tidak akan membaginya dengan yang lain, karena bobot kemuliaan itu begitu besar, hanya Dia saja yang layak terima kemuliaan.

bagaimana kesimpulannya menurut anda ?

tenaga dalam, meditasi, apapun itu, sebaiknya jangan kalau fokusnya tidak pada Tuhan Yesus…
bersandar saja pada kekuatan Tuhan Yesus… that’s the Greatest Power… :slight_smile: