Sejak Kapan Yesus diidentifikasi sebagai Tuhan oleh pengikutnya?

Ya, sejak kapan sih, Yesus mengatakan dirinya sebagai Tuhan? Apakah sejak dibaptis, atau pada waktu disalib? Tolong didukung oleh firman dalam alkitab, jika ada.

Terima kasih

Joh 13:13 Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.

sejak usia kecil Yesus sudah menyatakan dirinya Tuhan meskipun secara tidak langsung

Lukas 2 "43-49

Ketika Yesus telah berumur dua belas tahun pergilah mereka ke Yerusalem seperti yang lazim pada hari raya itu.
2:43 Sehabis hari-hari perayaan itu, ketika mereka berjalan pulang, tinggallah Yesus di Yerusalem tanpa diketahui orang tua-Nya.
2:44 Karena mereka menyangka bahwa Ia ada di antara orang-orang seperjalanan mereka, berjalanlah mereka sehari perjalanan jauhnya, lalu mencari Dia di antara kaum keluarga dan kenalan mereka.
2:45 Karena mereka tidak menemukan Dia, kembalilah mereka ke Yerusalem sambil terus mencari Dia.
2:46 Sesudah tiga hari mereka menemukan Dia dalam Bait Allah; Ia sedang duduk di tengah-tengah alim ulama, sambil mendengarkan mereka dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada mereka.
2:47 Dan semua orang yang mendengar Dia sangat heran akan kecerdasan-Nya dan segala jawab yang diberikan-Nya.
2:48 Dan ketika orang tua-Nya melihat Dia, tercenganglah mereka, lalu kata ibu-Nya kepada-Nya: “Nak, mengapakah Engkau berbuat demikian terhadap kami? Bapa-Mu dan aku dengan cemas mencari Engkau.”
2:49 Jawab-Nya kepada mereka: “Mengapa kamu mencari Aku? Tidakkah kamu tahu, bahwa Aku harus berada di dalam rumah Bapa-Ku?”

21 Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak: “Aku akan pergi dan kamu akan mencari Aku tetapi kamu akan mati dalam dosamu. Ke tempat Aku pergi, tidak mungkin kamu datang.”
22 Maka kata orang-orang Yahudi itu: “Apakah Ia mau bunuh diri dan karena itu dikatakan-Nya: Ke tempat Aku pergi, tidak mungkin kamu datang?”
23 Lalu Ia berkata kepada mereka: “Kamu berasal dari bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini.
24 Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa Akulah Dia, kamu akan mati dalam dosamu.”
25 Maka kata mereka kepada-Nya: “Siapakah Engkau?” Jawab Yesus kepada mereka: “Apakah gunanya lagi Aku berbicara dengan kamu?
26 Banyak yang harus Kukatakan dan Kuhakimi tentang kamu; akan tetapi Dia, yang mengutus Aku, adalah benar, dan apa yang Kudengar dari pada-Nya, itu yang Kukatakan kepada dunia.”
27 Mereka tidak mengerti, bahwa Ia berbicara kepada mereka tentang Bapa.
28 Maka kata Yesus: “Apabila kamu telah meninggikan Anak Manusia, barulah kamu tahu, bahwa Akulah Dia, dan bahwa Aku tidak berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri, tetapi Aku berbicara tentang hal-hal, sebagaimana diajarkan Bapa kepada-Ku.
29 Dan Ia, yang telah mengutus Aku, Ia menyertai Aku. Ia tidak membiarkan Aku sendiri, sebab Aku senantiasa berbuat apa yang berkenan kepada-Nya.”
30 Setelah Yesus mengatakan semuanya itu, banyak orang percaya kepada-Nya.

kalau tidak mengerti akan saya beri penjelasan, agar lebih mudah dimengerti

21 ¶ Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak: “Aku akan pergi dan kamu akan mencari Aku tetapi kamu akan mati dalam dosamu. Ke tempat Aku pergi, tidak mungkin kamu datang.”
22 Maka kata orang-orang Yahudi itu: “Apakah Ia mau bunuh diri dan karena itu dikatakan-Nya: Ke tempat Aku pergi, tidak mungkin kamu datang?”
23 Lalu Ia berkata kepada mereka: “Kamu berasal dari bawah, Aku dari atas; kamu dari dunia ini, Aku bukan dari dunia ini.
24 Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa Akulah Dia (YHWH), kamu akan mati dalam dosamu.”
25 Maka kata mereka kepada-Nya: “Siapakah Engkau?” Jawab Yesus kepada mereka: “Apakah gunanya lagi Aku berbicara dengan kamu?
26 Banyak yang harus Kukatakan dan Kuhakimi tentang kamu; akan tetapi Dia (YHWH), yang mengutus Aku, adalah benar, dan apa yang Kudengar dari pada-Nya (YHWH), itu yang Kukatakan kepada dunia.”
27 Mereka tidak mengerti, bahwa Ia berbicara kepada mereka tentang Bapa (YHWH).
28 Maka kata Yesus: “Apabila kamu telah meninggikan Anak Manusia, barulah kamu tahu, bahwa Akulah Dia (YHWH), dan bahwa Aku tidak berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri, tetapi Aku berbicara tentang hal-hal, sebagaimana diajarkan Bapa (YHWH)kepada-Ku.
29 Dan Ia (YHWH), yang telah mengutus Aku, Ia menyertai Aku. Ia (YHWH) tidak membiarkan Aku sendiri, sebab Aku senantiasa berbuat apa yang berkenan kepada-Nya.”
30 Setelah Yesus mengatakan semuanya itu, banyak orang percaya kepada-Nya (Yesus).

kata aku adalah menunjuk pada yesus
perhatikan apa yg yesus katakan

24 Karena itu tadi Aku berkata kepadamu, bahwa kamu akan mati dalam dosamu; sebab jikalau kamu tidak percaya, bahwa Akulah Dia (YHWH), kamu akan mati dalam dosamu."

dan

28 Maka kata Yesus: "Apabila kamu telah meninggikan Anak Manusia, barulah kamu tahu, bahwa Akulah Dia (YHWH), dan bahwa Aku tidak berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri, tetapi Aku berbicara tentang hal-hal, sebagaimana diajarkan Bapa (YHWH)kepada-Ku.

masih banyak yng lain lagi

Waktunya kapan sis ketika firman tsb disampaikan?

Sejak jaman dulu kala ben… krn Yesus itu ada jauhhhhh sebelum abraham ada :smiley:

Joh 8:58 Kata Yesus kepada mereka: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada.”

ttp beri pernyataan kepada murid2Nya … ketika mereka berjumpa pribadi dengan Tuhan Yesus…

Pada umur 12 tahun di bait allah, Yesus tidak mengatakan dia Tuhan. Dia hanya mengatakan bahwa dia harus ada di situ.

firman 21 sd 28, kapan kejadian tersebut, apakah Yesus ngomong demikian juga pada saat umur 12 tahun?

BTW, ucapan Yesus pada saat 12 tahun, siapa yang mentranskrip. Siapa yang menjamin apa yang tertulis sama percis dengan apa yang Yesus ucapkan ketika Yesus umur 12 tahun?

oh, itu dari Yoh 8

berapa umurnya ? yang pasti itu saat penginjilannya. jadi yah diatas 30 tahun

Halah, sis Alice mah suka begitu. Saya tahu sis Alice pengikut Yesus yang sejati. Tapi ini diskusi, tolong agak serius dikit. Saya ingin tahu, sejak kapan sih Yesus mendeklarasikan dirinya sebagi Tuhan?

oow ya bagaimana dengan ayat ini

Yohanes 14:10-11
Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya. Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; ……

Yohanes 10:30

Aku dan Bapa adalah satu.”

ngerti kan brother ?

di bait Allah Yesus mengatakan kalau “Dia harus berada di rumah BapaNya”

dan ayat yang saya kasih barusan sudah menegaskan bahwa

" Bapa adalah Yesus , dan Yesus adalah Bapa "

sudah ngerti ?

salam

Yesus pada waktu di bait Allah berumur 12 tahun

salam

Pada umur 12 tahun di bait allah, YESUS tidak mengatakan dia Tuhan. Dia hanya mengatakan bahwa dia harus ada di situ.

anak kecil berumur 12 tahun, kalau berbicara spt itu, bisa di kampleng orang. hehehehe

lah, yesus sendiri pd waktu dewasa, disalipkan karena yesus menyejajarkan/mengatakan dirinya dgn YHWH. Lihat Yoh 8 : 24

mengerti benz ?

sedikit koreksi

YESUS pada waktu itu memang menyatakan dirinya adalah Allah

hanya saja org2 pada jaman itu tidak paham maksud perkataanNya

Wrong. Walah, heran juga sama bro Lorent. Bro ini Kristen apa bukan sih? Hehehe. Yesus disalib bukan karena dia mengaku Tuhan. Yesus disalib karena memang sudah direncanakan oleh dirinya. Pemahaman yang bro sampaikan adalah pemahaman keyakinan tetangga.

mungkin saja yah

cuman tidak sejelas dgn pernyataannya pada Yoh 8 : 24, yg mendapat reaksi sangat keras dari para imam, dgn akhir penyaliban

tapi memang, nubuatan yesaya harus digenapi.

loh benz ini bagaimana toh ?

hehehe

memang itulah yg terjadi. Yesus disalipkan , karena yesus menyatakan diriNYA adalah YHWH. Karena pengakuannya itulah yesus disalibkan. Penyalipan itu juga merupakan penggenapan dari semua rencana keselamatan YHWH.

Nubuatan yesaya harus digenapi

baby yg tidak mengerti.

Lha, kalau begitu, Yesus disalib bukan karena menebus dosa donk, karena orang orang pada kesel ada yang ngaku ngaku tuhan.

semuanya satu paket benz

yesus disalib karena

  • yesus menyatakan dirinya YHWH
  • yesus menanggung dosa manusia
  • para imam kesal, karena yesus mengaku sbg YHWH
  • menggenapi semua rencana YHWH sejak kejatuhan adam dan hawa

Kembali kepada topik utama. Jadi YESUS dikenali sebagai Tuhan kurang lebih pada saat umur 30 sd 33 tahun, ya?

Kehidupan Yesus dari umur 12 tahun sd 30 tahun, tidak ada catatannya, ya? Kenapa, ya?

sudah saya jawab ya bro , sejak kecil Yesus sudah menyatakan dirinya Allah

hanya saja orang2 pada jaman itu tidak mengerti apa maksud kata-kataNya!

Yesus dikenali secara terang2an sebagai Allah pada usia 30 tahun , karena memang pada usia segitulah Yesus baru melakukan pelayananNya !

salam