Satu masa, dua masa dan setengah masa

Saya ingin sharing pendapat, masalah satu masa, dua masa dan setengah masa.

Apakah ini berkaitan dengan pelayanan Tuhan Yesus selama dibumi ?

Disebutkan oleh Gereja dan hamba-hamba Tuhan, pendeta bahwa pelayanan Yesus selama dibumi adalah 3,5 tahun, adakah penjelasan cara menghitungnya ?

Shallom, Jesus bless you.

Kata “Satu masa dan dua masa dan setengah masa”, dapat kita jumpai di :

  1. Daniel 12:7 Lalu kudengar orang yang berpakaian lenan, yang ada disebelah atas air sungai itu bersumpah demi Dia yang hidup kekal, sambil mengangkat tangan kanan dan tangan kirinya ke langit: “Satu masa dan dua masa dan setengah masa; dan setelah berakhir kuasa perusak bangsa yang kudus itu, maka segala hal ini akan digenapi!”
  2. Wahyu 12:14 Kepada perempuan itu diberikan kedua sayap dari burung nasar (burung rajawali) yang besar, supaya ia terbang ke tempatnya di padang gurun, dimana ia dipelihara jauh dari tempat ular itu selama satu masa dan dua masa dan setengah masa.

Saya berpendapat bahwa maksud dari kata “Satu masa dan dua masa dan setengah masa” (bila dijumlah = 3,5 masa) adalah ditujukan untuk menunjukkan lamanya pelayanan Yesus selama dibumi, yaitu 3,5 tahun lamanya.

Apakah ini berarti tepatnya lama pelayanan Yesus di bumi adalah 3,5 tahun = 1.278 hari ?
Saya berpendapat tidak tepat 3,5 tahun atau tidak tepat 1.278 hari. Tiga setengah tahun (3,5 masa) adalah untuk menunjukkan angka global yang lebih mudah diingat.

menurut saya sih bukan sebab lihat kata2 selanjutnya “setelah berakhir kuasa perusak bangsa yang kudus itu, maka segala hal ini akan digenapi!” yang 3,5 masa itu akan digenapi setelah… itu

Mari kita telaah Daniel 12:7 Lalu kudengar orang yang berpakaian lenan, yang ada disebelah atas air sungai itu bersumpah demi Dia yang hidup kekal, sambil mengangkat tangan kanan dan tangan kirinya ke langit: “Satu masa dan dua masa dan setengah masa; dan setelah berakhir kuasa perusak bangsa yang kudus itu, maka segala hal ini akan digenapi!”

Frasa: Lalu kudengar orang yang berpakaian lenan, yang ada disebelah atas air sungai itu bersumpah demi Dia yang hidup kekal, sambil mengangkat tangan kanan dan tangan kirinya ke langit: ; ini adalah berbicara tentang malaikat yang menyampaikan firman ELOHIM.

Frasa: "Satu masa dan dua masa dan setengah masa; ini adalah berbicara tentang lamanya pelayanan YESUS dibumi.

Frasa: dan setelah berakhir kuasa perusak bangsa yang kudus itu, maka segala hal ini akan digenapi!"; ini berbicara tentang kuasa hukum Taurat khususnya terhadap bangsa Israel yang akan diakhiri, dan hal ini akan digenapi setelah pelayanan YESUS dibumi selama 3,5 tahun dan penebusan dosa (‘pembatalan hukum Taurat’) oleh Yesus Kristus diatas kayu salib.

Mengapa hukum Taurat ditafsirkan sebagai kuasa perusak bangsa Israel ? Jawabnya ada di Roma 3:19-20 Tetapi kita tahu, bahwa segala sesuatu yang tercantum dalam kitab Taurat ditujukan kepada mereka yang hidup di bawah hukum Taurat, supaya tersumbat setiap mulut dan seluruh dunia jatuh ke bawah hukuman ELOHIM. Sebab tidak seorangpun yang dapat dibenarkan dihadapan ELOHIM oleh karena melakukan hukum Taurat, karena justru oleh hukum Taurat orang mengenal dosa.

hmmm… keknya kita beda penafsiran deh… heheheh… klo saya pikir si gini… satu tahun = 360 hari(katanya menurut yahudi)
jadi 3,5 tahun = 1260 hari… cari coba di alkitab tentang 1260 hari… dan satu hari = 1 tahun jadi itu adalah 1260 tahun. Kuasa perusak bangsa adalah kuasa dari jendral TItus yang menghancurkan yerusalem dan bait ALLAH dihancurkan sampai ke dasarnya. baru berlaku penyiksaan akan jemaat KRISTUS selama 1260 tahun lamanya…

Alkitab LAI menterjemahkan bahwa 3,5 masa itu akan digenapi setelah… itu;
Daniel 12:7 …“Satu masa dan dua masa dan setengah masa; dan setelah berakhir kuasa perusak bangsa yang kudus itu, maka segala hal ini akan digenapi!”

Alkitab ILT (Indonesian Literal Translation)
Daniel 12:7 … bahwa akan ada satu masa, dua masa, dan setengah masa, dan ketika berakhir perpecahan kekuatan umat yang kudus, maka berakhirlah semuanya itu!"

Jadi terjemahan LAI kurang pas, yang benar adalah versi ILT dimana dijelaskan bahwa kuasa perusak bangsa yang kudus itu sudah berakhir, maka berakhirlah semuanya itu.

1 tahun = 360 hari ataukah 1 tahun = 365 hari ?

Anggap saja dulu bahwa pendapat saya benar, saya teruskan:

Mari kita lihat Alkitab versi ILT karena versi LAI terjemahannya agak membingungkan.
Daniel 12:10 Banyak orang akan dibersihkan dan disucikan dan dimurnikan. Namun, orang-orang jahat akan berbuat jahat. Dan tidak seorangpun dari orang jahat itu akan memahaminya, tetapi orang yang bijaksana akan memahaminya.

Ayat ini berbicara tentang penebusan dosa bagi orang yang menerima Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat, tetapi bagi yang menyangkal Yesus tetap dalam dosanya, sedangkan orang yang bijaksana dapat memahami makna penebusan dosa oleh Yesus Kristus.

hmmm… kan ditulis dalam kurung katanya orang yahudi menghitung 1 bulan 30 hari jadi 1 tahun 360 hari… saya sendiri belum menyelidiki secara detil yang sebenarnya tapi bila dilihat Daniel pasal 12 akan saling melengkapi dengan wahyu pasal 12. bila benar 3,5 masa = 42 bulan = 1260 hari… dan ada juga tertulis 1 hari = 1 tahun maka akan menjadi 1260 tahun. Mungkin ini bisa menjadi bahan pertimbangan lain… semoga bermanfaat…

memang betul seperti itu… itu terjadi pada waktu jaman kesusahan besar… di 3,5 masa tersebut…

Alkitab versi ILT
Daniel 12:11 Dan dari waktu kurban terus menerus dihapuskan dan kekejian yang membinasakan itu ditetapkan, ada seribu dua ratus sembilan puluh hari.

Ayat ini berbicara bahwa waktu pelayanan Yesus di bumi adalah 1290 hari (1 tahun=365 hari), maka waktunya adalah 3,5 masa + 12 hari.

Frasa: Dan dari waktu kurban terus menerus dihapuskan dan kekejian yang membinasakan itu ditetapkan; ini berbicara rentang waktu dari penghapusan korban penebus dosa sesuai hukum Taurat (Penangkapan Yesus) sampai dengan kata kekejian yang membinasakan itu ditetapkan, lamanya adalah 1290 hari.

Kekejian yang membinasakan itu ditetapkan artinya adalah saat Yesus memulai pelayanannya berarti saat itu pula mulai ditetapkan bahwa hukum Taurat dinyatakan sebagai kekejian yang membinasakan.

Jadi ayat diatas dapat diartikan bahwa lama pelayanan Yesus dibumi sampai dengan penangkapan Yesus di taman Getsemani adalah 1290 hari.

hmmm… menurut saya sih korban terus menerus dihapuskan sejak kematian YESUS di kayu salib karena sewaktu kematian YESUS tirai bait suci terbelah , makanya sudah tidak dilakukan korban lagi soalnya sudah dihapuskan oleh kematian YESUS dan mengenai kekejian yang membinasakan itu dimulai dari penyiksaan pemerintahan Nero. rentang waktu itu sampai penyerangan TITUS adalah 30 tahun jadi 1260 tahun + 30 tahun = 1290 tahun… Ini sih menurut pemikiran saya, dan saya tidak bermaksud memaksakan kehendak hanya mungkin bisa jadi bahan pertimbangan lain…

Daniel 12:12 Berbahagialah orang yang tetap menanti-nanti dan mencapai seribu tiga ratus tiga puluh lima hari.

Arti ayat ini adalah rentang waktu dari awal pelayanan Yesus di bumi sampai dengan Yesus naik ke Sorga, bila dihitung: 1335 hari - 1290 hari = 45 hari, berarti rentang waktu dari berakhirnya pelayanan Yesus (Yesus ditangkap di taman Getsemani) sampai dengan Yesus naik ke sorga adalah 45 hari.

Rinciannya sbb :

  1. Penangkapan Yesus, persidangan Yesus s/d. penyaliban Yesus = 2 hari
  2. Yesus turun ke alam maut hingga bangkit dari antara orang mati = 3 hari.
  3. Kebangkitan Yesus hingga naik ke Sorga = 40 hari.
    Total = 45 hari

Rentang waktu 1260 tahun menurut anda, itu dari zaman apa sampai dengan zaman apa ?

Mari kita lihat Wahyu 12 yang menuliskan satu masa, dua masa dan setengah masa.

Saya berpendapat bahwa Wahyu 12 adalah berbicara tentang yang sudah terjadi yaitu Bunda Maria dan YESUS. Saya pernah membahasnya di Forum Kristen dengan topik “Apakah Yesus menyangkal Bunda Nya ?”

Kita lihat dulu,
Wahyu 12:6 Perempuan itu lari ke padang gurun, dimana telah disediakan suatu tempat baginya oleh ELOHIM, supaya ia dipelihara disitu seribu dua ratus enam puluh hari lamanya.

Artinya bahwa Bunda Maria dijauhkan dari YESUS oleh ELOHIM selama 1260 hari. Ini adalah rentang waktu dari saat terjadinya kisah di Markus 3:31-35 sampai dengan YESUS memanggil Bundanya kembali (bersatu) di dalam kisah Yoh. 19:26-27 (saat menjelang penyaliban) adalah 1260 hari.

Sedangkan Daniel 12:11 yang ditafsirkan bahwa rentang waktu dari awal pelayan YESUS sampai dengan penangkapan YESUS ada 1290 hari, berarti rentang waktu dari awal pelayanan YESUS sampai dengan terjadinya kisah di Markus 3:31-35 adalah 1290 hari - 1260 hari = 30 hari.

Jadi selama 30 hari dari awal pelayanan YESUS sampai dengan kisah Markus 3:31-35, Bunda Maria selalu mengikuti dan dekat dengan YESUS, sesudah kejadian Markus 3:31-35 Bunda Maria jauh dari YESUS.

Dan Bunda Maria dekat kembali dengan Yesus menjelang penyaliban dan ini dikisahkan di Yohanes 19:26-27.

nah itu belum tahu heheheh… sedang mencari…

Oh ya ada ketinggalan Daniel 12:8-9
8) Adapun aku, memang kudengar hal itu, tetapi tidak memahaminya, lalu kutanya: “Tuanku, apakah akhir segala hal ini ?”
9) Tetapi ia menjawab: “Pergilah Daniel, sebab firman ini akan tinggal tersembunyi dan termeterai sampai akhir zaman.”

Ayat diatas memberitahukan bahwa firman yang telah disampaikan kepada Daniel ini akan terjadi pada akhir zaman. Kemudian hubungannya dengan Yesus, diungkap pada
Ibrani 1:2 maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan AnakNya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada…

hmmm… klo menurut saya sihhh nubuatan wahyu tu yang belum terjadi waktu yohanes menerima wahyu tersebut…

Coba dijelaskan dasarnya apa ?

wah 1:19 Karena itu tuliskanlah apa yang telah kaulihat, baik yang terjadi sekarang maupun yang akan terjadi sesudah ini.