Salah satu penyebab perpecahan jemaat adalah soal "baptisan" (air)

Menurut pemahaman saya, baptis air –sejak Kristus dibaptis air oleh Yohanes Pembaptis– sudah tidak lagi berlaku atas orang-orang yang percaya kepada-Nya.

Dasar pemahaman saya ini didasarkan dari ayat2 berikut.

1. Baptis (air) sudah digenapi oleh Kristus.
Mat. 3:15 Lalu Yesus menjawab, kata-Nya kepadanya: “Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah.” Dan Yohanespun menuruti-Nya.

2. Baptis selanjutnya adalah baptisan ROH KUDUS dan baptisan api.
Mat. 3:11 Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan ROH KUDUS dan dengan api.

Dari uraian saya di atas, bagaimana tanggapan sdr-sdr? apa pandangan sodara. :slight_smile:

:smiley: intinya lu mau ikutin Firman Tuhan atau Tidak, apa sih yang membuat anda berat dengan baptisan air ? apa sih ruginya ?

gini aja…

  1. bagaimana klo baptisan air itu diperhitungkan Tuhan ? yang sudah dibaptis, udah pasti tenang dan yang ga dibaptis, uda pasti was-was.

  2. klo baptisan air tidak diperhitungkan Tuhan ? yang sudah dibaptis, juga ga masalah dan yang ga dibaptis, baru tenang :slight_smile:

mau pilih mana ? gw sih pilih dibaptis :smiley: pilihan simple dan sederhana

Ikutan Firman Tuhan yang mana???

Ini bukan soal untung-rugi, tapi soal benar ato tidak benar.

Segala sesuatu yang diperbuat oleh seseorang pasti akan diperhitungkan oleh TUHAN, apalagi perbuatannya itu bersinggungan dengan Kehendak TUHAN.

Kehendak TUHAN dalam soal baptisan sudah digenapi oleh Kristus bersama-sama dengan Yohanes Pembaptis; Dan oleh sebab itu Kristus mengatakan: “Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah.” :slight_smile:

Artinya, baptisan air tidak diperlukan lagi ketika baptisan air itu sudah ter-genapi/digenapi oleh Kristus bersama-sama dengan Yohanes Pembaptis.

ya sudahlah, perintah yang jelas mau dibelok-belokin bagaimanapun tidak akan bisa :slight_smile:

Keyakinan buta dibangun dari pengabaian akan Kebenaran Firman TUHAN.

Yang buta siapa ;D enak aja lu ngomong orang buta :slight_smile: padahal Firman Tuhan jelas tertulis, sekali lagi yang buta siapa ? biarlah Firman Tuhan di bawah ini, membela diriNya Sendiri :

Mat 28:18 Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. 28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan [b]baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan ROH KUDUS,[/b] 28:20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.

oya, Siapa bilang Jemaat pecah karna baptisan air ? semua setuju kok ada baptisan air di gereja, lu doang yang bilang kali ya ;D

Oh, ayat itu toh yang mendasari lu ngebaptis??? :2funny:

Apakah seruan Kristus: “dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan ROH KUDUS,…” itu baptisan air!? :slight_smile:

Padahal sudah jelas dikatakan bahwa Kristus membaptis dengan ROH KUDUS dan dengan api. :tongue:

Maksudnya jelas baptisan air, Karna Dia menyuruh muridNya yang membaptis, Yesus sendiri aja dibaptis air sebagai teladan buat kita, kenapa kita tidak ? #logika sederhana jangan dibikin ribet dong ;D

Yang sabar bro, sudah kebiasaannya itu… :char11:

Tanpa disuruh juga para murid sudah pada ngebaptis kok…
Liat saja keterangan dari Kitab Suci ini.
[i]Yoh. 3:22 Sesudah itu Yesus pergi dengan murid-murid-Nya ke tanah Yudea dan Ia diam di sana bersama-sama mereka dan membaptis.

Yoh. 4:1 Ketika Tuhan Yesus mengetahui, bahwa orang-orang Farisi telah mendengar, bahwa Ia memperoleh dan membaptis murid lebih banyak dari pada Yohanes
Yoh. 4:2 --meskipun Yesus sendiri tidak membaptis, melainkan murid-murid-Nya, --[/i]

Kalo ternyata para murid sudah pada ngebaptis air, lantas buat apalagi Kristus memerintahkan baptis air? –kayak gak ada kerjaan aje— :2funny:

Kristus dibaptis air oleh Yohanes Pembaptis adalah dalam rangka menggenapi seluruh kehendak Bapa-Nya… bukan Toladan yang harus diikuti, kecuali kalo orang itu gak ngerti dan cuma ikut-ikutan doang. :slight_smile: :azn:

Saya sih ikut para Rasul saja deh.

Kalo di ayat ini, yang membaptis cuma Yesus Kristus. Kata “membaptis” dalam ayat tersebut dalam bahasa aslinya menggunakan kata “ebaptizen” sebagai Verb - Imperfect Indicative Active - 3rd Person SINGULAR.

Karena baptisan adalah salah satu proses dari karya kesalamatan.

(16) Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan, tetapi siapa yang tidak percaya akan dihukum

Dan tidak berhenti sampa situ saja, bahwa baptisan juga adalah salah satu proses dari amanat agung.

IMHO, MUNGKIN itulah sebabnya di Mat 28:19, Yesus Kristus memerintahkan hal baptisan HANYA kepada kesebelas rasul-Nya saja. Kenapa? Karena setelah dibaptis, para Rasul harus dengan serta merta mengajarkan mereka yang sudah dibaptis, melakukan segala sesuatu yang telah Yesus Kristus perintahkan kepada para Rasul.

Tidak termasuk para Rasul kan? Karena mereka menerima perintah langsung dari Yesus Kristus untuk membaptis. Baik dengan air dan ROH KUDUS. Dan karena Yesus Kristus senantiasa menyertai mereka sampai kepada akhir jaman, Gereja, sebagai pewaris kerasulan (rasuli atau Apostolik) pun melakukan hal yang sama.

Apakah anda yakin bahwa Kristus membaptis air juga??? :rolleye0014:

Sedangkan Yohanes Pembaptis bersaksi bahwa Ia akan membaptis dengan ROH KUDUS dan dengan api.

Perhatikan kata dalam kalimat ayat di atas…

Siapa yang percaya dan dibaptis akan diselamatkan

Pertanyaan saya adalah, apakah kata “dibaptis” dalam kalimat tsb mengandung arti seruan untuk membaptis dengan air? :slight_smile:

Coba anda renungkan kisah ini:

Kis. 19:3 Lalu kata Paulus kepada mereka: “Kalau begitu dengan baptisan manakah kamu telah dibaptis?” Jawab mereka: “Dengan baptisan Yohanes.”
Kis. 19:4 Kata Paulus: “Baptisan Yohanes adalah pembaptisan orang yang telah bertobat, dan ia berkata kepada orang banyak, bahwa mereka harus percaya kepada Dia yang datang kemudian dari padanya, yaitu Yesus.”
Kis. 19:5 Ketika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus.
Kis. 19:6 Dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah ROH KUDUS ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat.

Dari kisah tsb di atas, apakah ada indikasi Rasul Paulus membaptis dengan air? :slight_smile:

Sekali lagi pertanyaan saya, apakah dalam seruan Kristus itu terkandung pengertian baptisan air?? :slight_smile:

Dari mana anda mendapatkan keyakinan itu? :slight_smile:

Demikianlah doktrin dari kelompok yang tak punya mata rantai para rasul…

cobalah belajar ber-argumentasi cantik dan cerdas, jangan cuma omdo negatif.

coba baca kisah filipus yang dipakai Tuhan untuk memberitakan injil pada sida-sida, dalam tuntunan ROH KUDUS loh dia melakukan itu :slight_smile: cobalah untuk rendah hati menerima fakta, jangan karna tidak sesuai maunya kita, kita menentang Firman Tuhan. Renungkanlah nats Firman Tuhan yang berkata : Allah menentang orang yang congkak , tetapi mengasihani orang yang rendah hati.

Shalom

8:34 Maka kata sida-sida itu kepada Filipus: "Aku bertanya kepadamu, tentang siapakah nabi berkata demikian? Tentang dirinya sendiri atau tentang orang lain?" 8:35 Maka mulailah Filipus berbicara dan bertolak dari nas itu ia memberitakan Injil Yesus kepadanya. [b]8:36 Mereka melanjutkan perjalanan mereka, dan tiba di suatu tempat yang ada air. Lalu kata sida-sida itu: "Lihat, di situ ada air; apakah halangannya, jika aku dibaptis?" 8:37 [Sahut Filipus: "Jika tuan percaya dengan segenap hati, boleh." Jawabnya: "Aku percaya, bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah."] 8:38 Lalu orang Etiopia itu menyuruh menghentikan kereta itu, dan keduanya turun ke dalam air, baik Filipus maupun sida-sida itu, dan Filipus membaptis dia. 8:39 Dan setelah mereka keluar dari air, Roh Tuhan tiba-tiba melarikan Filipus dan sida-sida itu tidak melihatnya lagi. Ia meneruskan perjalanannya dengan sukacita.[/b] 8:40 Tetapi ternyata Filipus ada di Asdod. Ia berjalan melalui daerah itu dan memberitakan Injil di semua kota sampai ia tiba di Kaisarea.

Jangan melebih-lebihkan dengan mengatakan seolah-olah Filipus membaptis sida-sida melalui tuntunan Roh Kudus…

Yang nyuruh Filipus ngebaptis adalah sida-sidanya sendiri… bukan Filipus, apalagi Roh Kudus.

Dan faktanya, setelah Filipus membaptis, malah Roh Kudus menjauhkan Filipus dari padanya dengan melarikan Filipus ke Asdod.

Jadi yang ngutip firman TUHAN sesuai dengan kepentingan pribadi ya anda.

terserah dah :slight_smile: dikasi tau ga mau tau :smiley: untung ga ada gereja yang ngikutin lu :slight_smile: kecuali gereja setan kali ya ;D

yang giler itu kamu…
bukankah setelah membaptiskan sida2 itu- Filib diceritakan di ayat 39- Ia meneruskan perjalanannya dengan sukacita. sukacita itu buah Roh Kudus lho…

yang mempitnah Filib itu menentang TUNTUNAN ROH KUDUS itu siapa?

itu lho, kelompok yang sesat lagi menyesatkan!