Saksi Yehova sama sekali tidak sesat

Ini thread pertama saya :slight_smile:

Maksud tulisan ini adalah sanggahan bagi orang-orang Kristen (yg sok suci) yang suka menuduh kesesatan, kebidatan dan kekeliruan dari saksi Yehova. Saya bukan penganut Saksi Yehova, anggap saja saya ini seorang Kristen moderat yang sangat terbuka dengan pandangan-pandangan teologis lain. :char11:

Saya cukup dekat dengan beberapa pengajar dari Saksi Yehova, setiap pekannya kami mengobrol dan berdiskusi secara sehat. Meskipun beberapa orang menyuruh saya mengusir mereka, tapi saya anggap perintah itu sebagai sampah dan hanya dilakukan oleh para pengecut.
Saya pun awalnya sempat terbawa arus, menganggap Saksi Yehova sebagai ajaran sesat, namun setelah berdiskusi lama, panjang lebar dan secara intelektual, justru saya tidak menemukan sama sekali kesesatan mereka. Jawaban dibawah merupakan jawaban yg dilontarkan oleh salah seorang pengajar senior SY dari Jakarta yang sedang pelayanan di Cilacap.
Berikut saya tuliskan topik penting yang menjadi kontroversi bagi kalangan Kristen:

  1. Orang Kristen sering menuduh SY tidak mengenal Yesus, atau lebih parahnya mereka menuduh bahwa SY menyebut Yesus sebagai Yehuwa. SY juga di tuduh tidak mengenal keselamatan Yesus dan menganggap Yesus sebagai manusia biasa dan bukan Tuhan…

Jawaban:
ini adalah topik andalan orang Kristen, setelah saya berdiskusi dg rekan saya SY. Namun agaknya tuduhan ini adalah ngawur belaka.
Rekan saya pengajar SY mengatakan bahwa Yesus adalah Messias & Kristus, Yesus adalah satu-satunya jalan keselamatan, Yesus adalah raja, Yesus adalah bangsawan, Yesus datang ke dunia di utus oleh Yehuwa, dan Yesus adalah penguasa tertinggi :afro:
Lalu bagaimana dengan sebutan Tuhan?
SY memang tidak menyebut Yesus sebagai Tuhan, namun Tuan. Dalam bahasa inggris istilah yang dipakai untuk Yesus adalah “Lord” bukan “God”. Ingat jaman dahulu raja-raja Inggris juga disebut Lord, bagaimana dalam bahasa Ibrani? Yesus tidak disebut Elohim (gelar Tuhan), namun Adon, yaitu sang Tuan, Junjungan, atau Yang mulia. Lagipula pada dasarnya Yesus tidak menuntut pengikutnya untuk menyebut dirinya sebagai Tuhan, bahkan banyak orang Yahudi menyebutnya sebagai nabi dan Kristus. Jika Mereka salah menyebut mungkin Yesus akan berkata “Hei, kenapa kamu memanggilku nabi, aku kan Tuhan”. Saya rasa tidak demikian, yang Yesus katakan adalah, ikuti jalanNya agar kita selamat dan sampai kepada Bapa.

Yang lebih mengagetkan lagi, SY ternyata tidak segan-segan menyebut bahwa Yesus telah ada di surga sebelum Dia diutus (Yohanes 17:4, 5) :afro:
jadi? tuduhan orang Kristen terhadap SY semuanya adalah HOAX, pembodohan dan tendensius. Banyak Orang Kristen telah diracuni oleh para pemimpin mereka dengan pemikiran keliru tanpa di teliti lebih dulu.

  1. Orang Kristen menuduh SY sesat karena menolak doktrin Trinitas.

jawaban:
ini merupakan argumen saya sendiri,
Sejak kapan kita sebagai umat Tuhan dituntut untuk mempercayai atau menganut paham dan doktrin dari orang KAFIR? Ya Kafir, karena Trinitas awalnya adalah doktrin yang dirumus oleh para penyembah berhala.
Salah satunya adalah Konstantin, apakah dia orang Kristen? bukan. Pada saat konsili Nicea dia masih KAFIR.
politikus kafir ini campur tangan dan mengambil keputusan demi keuntungan mereka yang mengatakan bahwa Yesus adalah Allah. Tetapi mengapa? Pasti bukan karena keyakinan apapun dari Alkitab. “Konstantin pada dasarnya tidak mengerti apa-apa tentang pertanyaan pertanyaan yang diajukan dalam teologi Yunani,” kata A Short History of Christian Doctrine. Baca Wikipedia “Tritunggal”
Jadi sebagai pengikut Tuhan, kita tidak diwajibkan untuk menganut doktrin membingungkan ini. lagipula Alkitab tidak menuliskan Trinitas, baik Yesus, Paulus atau Yudas Iskariot sekalian.
Namun saya tidak menyatakan bahwa Trinitas adalah salah, Tidak. Hanya saja tidak diwajibkan.


  1. Orang Kristen menuduh Kebanyakan buku dan majalah SY tidak dihadiahkan, tetapi dijual untuk keuntungan. Saksi-saksi Yehova bukan hanya sekedar menjual bahan cetakan; para penjual itu siap sedia untuk mengadakan diskusi dengan pembeli mengenai doktrin-doktrin mereka, dan untuk menyanggah ajaran-ajaran Kristen yang mereka anggap tidak sesuai.

Jawaban:
Ini adalah tuduhan yang snagat murahan. Sejak saya kenal dengan pengajar SY itu, ada tumpukan buku-buku Watchtower, sedarlah dan buku lain yang menumpuk di lemari saya. Dan semua itu diberikan gratis. Bahkan rekan saya itu menjanjikan akan memberi Alkitab SY yang terjemahannya tentunya lebih baik dari pada versi LAI.

  1. Tuduhan yang keempat dari orang-orang Kristen, bahwa Saksi Yehova tidak membedakan antara kaum pendeta dengan kaum awam. Tiap anggota dilatih menjadi penyebar ajaran mereka. Penganut saksi Yehova diberikan indoktrinasi, atau suatu rentetan pengajaran dan pelatihan, yang cukup meyakinkan. Sehingga mereka menjadi pribadi-pribadi yang kuat akan keyakinannya itu.

Jawaban:
Sungguh sangat bodoh jika orang Kristen tetapi tidak mau menginjil atau setidaknya mendiskusikan Alkitab dengan rekan sesama seiman. Memangnya Yesus hanya menyuruh pendeta menyebarkan Injil? tidak, tapi semua. Dan SY satu langkah lebih maju dari pada kita, mereka mau pergi ke rumah-rumah untuk mendiskusikan Firman Tuhan dengan kita, bahkan ada pula gerakan penginjilan kepada non Kristen.
Satu hal lagi yang konyol, bahwa SY tidak pernah menyebarkan ajaran mereka. Selama saya kenal mereka, saya tidak pernah dipaksa untuk masuk untuk ikut ajaran SY. Saya mantan bajingan, jika mereka memaksa saya bisa pukulin mereka sampai bonyok.
Bahkan ada syarat-syarat berat bagi orang yg ingin masuk SY, yaitu pelarangan merokok, beristri dua, oknum aparat, orang yang banyak skandal. Orang tersebut dilarang masuk SY. Dan SY tidak pernah merekrut jemaat gereja lain dengan licik untuk ikut ajaran mereka. Konyolnya sekarang ada banyak pendeta licik yang membagi sumbangan, menyediakan transport atau uang agara masuk gereja mereka. ;D
Satu hal lagi, bahwa SY tidak pernah menyebut pemimpin mereka sebagai pendeta, tapi penatua.

Pada dasarnya, para pemimpin gereja ketakutan jika ada jemaatnya didatangi oleh SY sehingga menyuruh mengusir saja. ;D itu sih pendeta pengecut.
Sampai saat ini saya ga pernah ditawari untuk masuk SY tuh :coolsmiley:
Tenang saja, untuk masuk SY tidak semudah yang dibayangkan, dan SY sama sekali bukan orang2 perekrut.
Dan satu lagi, mereka menjalankan semua kegiatan dari rumah ke rumah tanpa dibayar dari pihak manapun, mereka dengan biaya sendiri.
bandingkan dengan para WL, SInger, pemain musik, penyambut tamu yang suka menerima amplop setelah selesai ibadah. haha sangat memalukan :mad0261:

itu saja yang saya tulis, cape nulis panjang-panjang. Ingat posisi saya sebagai Kristen Moderat, bukan penganut SY.

Nah itu dia kesesatannya,
sudah baca Yohanes 1:1?
1:1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.

Alkitab dgn jelas mengatakan bahwa Yesus adalah Allah,
SSY mengatakan bahwa Yesus adalah suatu allah
Anda bisa lihat perbedaannya yg sangat2 kontras?
Itulah mengapa SSY dikatakan ajaran sesat
GBU

Bro, saya tau SSY memang luar biasa pergerakan penginjilannya ke rumah-rumah, saya pun pernah merasakan hal tersebut. Tetapi apa injil yang dibawa itu benar-benar Injil? Saya tidak pernah mengusir mereka dengan cara kasar bro, saya tau mereka itu pekerja dan pelayan juga, tetapi siapa yang mereka layani?

Dan yang terakhir, anda silakan main-main ke forum buddhist, mereka itu “keki” sekali dengan kelakuan umat SSY yang setiap minggu datang ke rumah dan terkesan memaksa memperkenalkan injil mereka kepada umat buddhist. Jadi yang mencoreng nama umat Kristen di mata umat lain bukan umat Kristen saja, tetapi ya saksi-saksi Yehova itu juga.

Semoga berkenan bro… :slight_smile:

Kenapa ga mengquote sampai bawah. Kan sudah Ada tertulis,

Yesus sudah ada di sorga jauh sebelum ia turun ke bumi.
(Yohanes 17:4, 5) . . .Aku telah memuliakan engkau di bumi, dengan menyelesaikan pekerjaan yang engkau berikan untuk kulakukan. 5 Maka sekarang engkau, ya, Bapak, muliakanlah aku di sisimu dengan kemuliaan yang kumiliki di sisimu sebelum dunia ada.

SY juga mengakui bahwa Yesus adalah Firman Allah, Taurat Yang Hidup.
hebat sekali anda mengatakan SY adalah sesat.
Saya rasa SY mengakui keilahian Yesus, hanya mereka mengikuti standar linguistik dengan secara harafiah.
Bagaimana dengan orang-orang Yahudi pengikut Yesus? Mereka memanggil Yesus sebagai Nabi, apakah mereka juga anda anggap sesat? Apakah Yesus menuntut agar dirinya dipanggil Tuhan?
Anda memang benar-benar Kristen. :mad0261:

Umat Buddha yah?
kamu apa ga berpikir bahwa orang Farisi, Ahli Taurat dan Imam-imam juga risih dengan ajaran Yesus si tukang kayu itu. Atau para ulama juga risih dengan kegiatan bantuan sumbangan, pengobatan gratis, dan pembangunan gereja yang dilakukan orang-orang Kristen.
Jika mereka memang memaksa, ya sudah usir saja, tapi jika tidak memaksa?? :angel:

tetapi siapa yang mereka layani?
rekan saya mengatakan bahwa mereka pergi kerumah-rumah atas dasar kisah Yesus yang mengutus murid-muridnya ke rumah penduduk, jika diusir kebaskanlah debu bla… bla… blaa…
Saya merasa malu, karena saya ga pernah melakukan hal demikian. Gereja juga tidak menyuruh jemaatnya menginjil, mereka berdoa agara kursi gereja penuh, tapi ga pernah mau menginjil.

tenang, bro, rekan saya itu penatua senior. jika ada SY yang memaksa, lapor saja, karena sudah melanggar.

Dari point satu saja sdh sesat, ngapain diterusin?
Yg utama dlm Kristen itu adalah Kristus, dan Dia adalah Allah
penolakan thd Kristus maka bukan lagi Kristen

Karena DIA adalah Allah, bukan suatu allah

Anda sdh baca Yohanes 1:1 itu dgn benar?
org yg memahami Yoh. 1:1 pasti mengatakan SSY itu sesat

Anda hidup dijaman Yesus dimana Injil belum ditulis utk menerangkan siapa itu Yesus?
silakan kalau mau balik ke jaman itu, kenapa anda tdk ikuti jejak org yahudi dgn menolak Yesus sbg Mesias?
Betul , saya adalah benar2 seorang Kristen karena mengakui Yesus sbg Allah, :afro:
karena dari kata Kristus itulah istilah Kristen muncul

anda menganggap seorang Yahudi yang memanggil Yesus sebagai Nabi adalah Yahudi yang menolak kemesiasan Yesus? sejak kapan murid-murid Yesus memanggil Yesus Elohim, tampaknya anda sangat jarang memakai referensi bahasa aslinya. murid-muridNya memanggil Adon, artinya adalah junjungan.
Dalam bahasa Yunani Yesus dipanggil “KURIOS” artinya Tuan, Master, Junjungan atau Sir. Dalam Yunani kata Allah adalah Theos, bukan KURIOS.

Bahkan dalam bahasa Inggris Yesus disebut Lord, raja Inggris juga Lord, berarti menurut anda orang Barat sesat karena tidak memanggil Yesus sebagai God?

Saya pribadi mengakui keilahian Yesus, dan Yesus adalah Anak Allah tuh dan Dia dengan Bapa adalah satu. Tapi alangkah baiknya kita memakai standar linguistik yang tepat.
Definisi sesat bagi manusia adalah relatif adanya, sehingga saya merasa anda itu manusia sombong karena suka menyesatkan orang atau suatu kelompok.

Jika anda mengaku sebagai Kristen, seharusnya anda tidak menganut paham KAFIR tritunggal buatan Konstantin. Karena dalam Alkitab tidak ada doktrin macam itu.

Baca sendiri saja ya tentang penolakan mereka:
Matius 13:55 Bukankah Ia ini anak tukang kayu? Bukankah ibu-Nya bernama Maria dan saudara-saudara-Nya: Yakobus, Yusuf, Simon dan Yudas?

Markus 6:3 Bukankah Ia ini tukang kayu, anak Maria, saudara Yakobus, Yoses, Yudas dan Simon? Dan bukankah saudara-saudara-Nya yang perempuan ada bersama kita?" Lalu mereka kecewa dan menolak Dia.

Matius 26
63 Tetapi Yesus tetap diam. Lalu kata Imam Besar itu kepada-Nya: “Demi Allah yang hidup, katakanlah kepada kami, apakah Engkau Mesias, Anak Allah, atau tidak.”
68 dan berkata: “Cobalah katakan kepada kami, hai Mesias, siapakah yang memukul Engkau?”

Mau sebut Yesus sbg apa sebutannya, asalkan jangan sebut Dia sbg suatu allah > itu sesat

Anda terlalu banyak di doktrin SSY,
anda sdh selidiki & telusuri seluruh Alkitab?
Lihat ayat2 berikut ini:

II Samuel 22
22:3 Allahku, gunung batuku, tempat aku berlindung, perisaiku, tanduk keselamatanku, kota bentengku, tempat pelarianku, juruselamatku; Engkau menyelamatkan aku dari kekerasan.

Mazmur 19
19:15 Mudah-mudahan Engkau berkenan akan ucapan mulutku dan renungan hatiku, ya TUHAN, gunung batuku dan penebusku.

Yohanes 14
14:9 Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.

Yohanes 10
10:30 Aku dan Bapa adalah satu."

Menurut saya, semua orang yang ber-agama atau yang mengikuti salah satu dari ajaran-ajaran yang ada di dunia ini adalah sesat. Sebab mereka –pada dasarnya– tidak mengikuti ajaran yang datang dari Kebenaran.

Kata Yesus: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak karena Aku.

Tetapi, semua ajaran yang ada di dunia --khususnya ajaran Kristen-- mengklaim kelompoknya mengajarkan ajaran Yesus; Padahal TIDAK.

Itu semua adalah menurut pengamatan saya.

Salam,

siapa pun mereka,hormatilah :angel: mereka,karena saya tau pasti bagaimana para Saksi-Saksi YEHUWA :angel: mengabarkan Injil dengan tulus dan tanpa imbalan apa2 (materi) seperti para pemuka2 agama saat ini… :ashamed0002:
Siapa kita,manusia2 yang hanya memikirkan ego kita,belum berbuat apa2 untuk ALLAH kita,dengan seenaknya mengatakan mereka ‘sesat’,apakah ada yang berani menjamin,lha wong setan/iblis/dajjal yang asli2 nya sumber kejahatan aja masih dibiarkan hidup oleh ALLAH…
pliz tolong kita renungkan lagi,siapa sebenarnya yang “masih sesat”.

Anda sdh pernah dikunjungi mereka?
anda sdh pernah berbeda pendapat dgn mereka?
siapa yg datang lalu siapa yg marah2?
jangan asal komen kalau tdk punya pengalaman langsung
GBU

Anda sungguh lucu, diskusinya muter-muter :mad0261:
Malah menuliskan ayat Matius 13:55, Markus 6:3 , Matius 26…
Bagaimana dengan ayat ini
Matius 21:11 Dan orang banyak itu menyahut: “Inilah nabi Yesus dari Nazaret di Galilea.”

Ayat diatas merujuk pada orang yg percaya Yesus, namun menyebutnya sebagai Nabi. Apakah mereka itu orang2 sesat juga menurut anda?

Matius 23:37 Yerusalem, Yerusalem, engkau yang membunuh nabi-nabi dan melempari dengan batu orang-orang yang diutus kepadamu! Berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayam mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya, tetapi kamu tidak mau.

Bahkan ketika mau dibunuh Yesus menganggap dirinya sama seperti nabi yang hendak disesah

Lukas 4:24 Dan kata-Nya lagi: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya tidak ada nabi yang dihargai di tempat asalnya.
Yesus menganggap dirinya sebagai Nabi juga tuh. Saya tidak keberatan anda memanggil Yesus sebagai Allah atau apalah, tapi saya keberatan jika anda memfatwa sesat orang2 yang memanggil Yesus sbg nabi, Yesus saja ga protes dirinya dipanggil nabi atau Raja atau Messias.

Anda sudah terdoktrin ajaran pendeta2 sombong atau jangan2 anda ini pendeta jga ;D
pendeta yang ketakukan jemaatnya hilang.

Aneh, orang Kristen tapi pemikirannya sempit banget. Tidak penting menyebut Yesus sebagai apa, yg penting percaya bahwa Dia Juruselamat dan mengikuti perintahnya, ITU CUKUP.

Mereka datang dan mereka tidak marah2 kepada saya, karena saya mau berpikir dewasa, berdiskusi scr sehat dan saya menganggap bahwa semuanya Tuhan yg menentukan, manusia tidak memiliki kapasitas untuk memfatwa sesat suatu kelompok. Mungkin anda yang ngotot. Kalaupun orang SY marah2 ya usir saja.

sangat berbahaya jika anda menyatakan SY sesat, namun ternyata anda adalah orang Katholik

adanya Alkitab itu justru utk menilai mereka,
alkitab daribuahnya kamu mengenal pohonnya
kalau mereka menolak Yesus sbg Allah jadi mereka siapa? pastilah si penyesat

utk anda yg tdk mengerti pasti terlihat muter2,
baca Alkitab juga muter2 ya?

anda tdk mau menyimak jawaban saya sebelumnya,
mereka itu blm bisa baca yg namanya Injil, yg cerita tt siapa Yesus itu sebenarnya,
jadi mereka tahunya Yesus itu nabi, apakah anda spt mereka gak pernah baca Injil?

Itu krn Yesus sangat tahu kapasitas pengertian mereka, spy nyambung
Yesus tdk pernah menyebut diri-Nya sendiri Mesias atau Allah, mengapa?
spy tdk ada keterpaksaan dari manusia utk menghormati & menyembah Dia

memang sdh seharusnya saya & anda menyebut Yesus sbg Allah spy tdk sesat

siapa yg protes?, jangan ngaco & memutar balikan
coba tunjukan kalau saya protes sesuai tuduhanmu itu!!!

Terdoktrin sesuai Alkitab itu luar biasa :afro:
dan sdh seharusnya begitu spy tdk mudah disesatkan spt anda

Tidak aneh karena Alkitab menyebut Yesus sbg Tuhan, bukan hanya sbg Juruselamat
yg tdk mau menyebut Yesus sbg Tuhan itu yg sesat

Ya anda benar bro… kalo begitu, orang2 itu bisa disebut “oknum” ga ??

saya pernah berdialog dgn kalangan Buddist yang saya kenal baik, memang ada yg merasa ‘keki’ dan ada juga yg cuek aja…
Saya pikir ada baik tidak saling mendoktrinisasi antara satu dgn yang lainnya. sebaliknya harus saling menghargai pilihan masing2…

salam…

tenag… tenang…, sabar… sabar bro…

Sudah lihat benar2 judul TRIT?
maksudnya spy ditanggapi kan?
GBU

tetap tenang terkendali,
asalkan jangan diprovokasi
:slight_smile: