Saat Berdoa

Saya ingin tahu bagaimana teman-teman Kristen berdoa.
Apakah yang yang dibayangkan saat berdoa?
Apakah membayangkan sosok Tuhan Yesus seperti pada ilusitrasi yang ada pada umumnya?

Ngga keliru masuk ??
Apa ngga seharusnya masuk ke diskusi umum Kristen yah??

Doa itu adalah penyembahan manusia kepada AllahNya :coolsmiley:
Jadi ketika berdoa/menyembah tidak perlum membayangkan sosok siapapun (spy kaga keliru sosok) ttp berdoa /penyembahan yang benar adalah…

Joh 4:23 Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.

Joh 4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."

koq larinya penyembahan ?

berdoa ya berdoa… penyembahan ya penyembahan…

[[/color]
[/quote]
Joh 4:23 Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.

Joh 4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."

[/quote]
:afro: :afro:
untuk menyembah dalam roh dan kebenaran adalah kata kunci dalam ha berdoa orang kristen.
Banyak orang menganggap (termasuk orang beragama kristen) semua doanya dikabulkan, padahal dalam Yesaya 59: 1-2, mengatakan bila masih ada dosa dan kejahatan maka Tuhan tidak berkenan.

Lalu bgmn?
ya harus melalui proses memasuki doa dalam roh dan kebenaran.

Caranya?
Menyembah dalam roh arti nya manusia yg terdiri dari tiga unsur tubuh, jiwa dan roh, kunci utama supaya berkenan pada Allah manusia tersebut harus dilahirkan kembali (lahir baru/LB). Lb bukan soal ceremonial gereja, namun lebih pribadi (apapun agamanya) yaitu mengakui segala dosa dan kejahatan di hadapan murid-murid Tuhan. Silahkan baca Yoh 3,

Selanjutnya si manusia agar bertumbuh hars tinggal di dalam Tuhan, kemudian aku di dalam Tuhan dan Tuhan di dalam aku, (roh aku (manusia) dan ROH menjadi satu).

kembali ke laptop… :happy0062:
Jadi berdoa adalah komunikasi aku (roh manusia) dengan Roh Allah. Bila hubungan aku sudah akrab dengan Tuhan maka segala tindak tanduk dan perbuatan merupakan cerminan dari pada Allah.

Oke sampai di sini menunggu respon kawan??

Salam

Menurutku sama doa dan penyembahan satu paket yang kaga bisa dipisahkan :afro:

Ketika orang berdoa pasti menyembah, dan ketika orang menyembah pasti ujungnya menaikkan doa

Baik dlm menyembah dan berdoa, kaga perlu membayang “sesuatu sosok” itu pointnya :smiley:

lalu yang dibayangkan siapa?? apa gambar Yesus yang selama ini dipampang di dinding dinding??
Itu de keliatane yang ditanyakan ama TS??

TS wrote: [i][b]Saya ingin tahu bagaimana teman-teman Kristen berdoa. Apakah yang yang dibayangkan saat berdoa? Apakah membayangkan sosok Tuhan Yesus seperti pada ilusitrasi yang ada pada umumnya?[/b][/i]

apakah doa makan harus nyembah dulu sebelum doa ?

keburu laper gw…

Jangankan untuk berdoa makan , lawong pada saat kita bekerja dan melakukan segala seseutunya adalah ujud penyembahan kita kpdNya :coolsmiley:

@alice → jangan membayangkan saya saat berdoa ya… ha…ha… ;D ;D
saya enggak membayangkan sosok Yesus yang manusia atau jasmaniah, sebab Yesus yang sekarang saya kenal adalah YESUS yang ILAHI. Wahyu 1 : 13 -17,

(Kepala dan rambut-Nya putih bagaikan bulu yang putih metah, dan mata-Nya bagaikan nyala api,
Dan kaki-Nya mengkilap bagaikan tembaga membara di dalam perapian; suara-Nya bagaikan desau air bah. Dan di tangan kanan-Nya Ia memegang tujuh bintang dan dari mulut-Nya keluar sebilah pedang tajam bermata dua, dan wajah-Nya bersinar-sinar bagaikan matahari yang terik
)

Untuk menangkap Yesus sebagai sosok ILAHI, enggak mudah lho, kuncinya tetap sama yaitu aktifkan dulu roh anda.

Tuhan Yesus mengajarkan perihal bedoa agar kita masuk ke kamar → pengertian secara rohani “kamar” masuk ke dalam hati kita ato masuk ke dalam roh. Jadi sebenarnya kita bisa berdoa kapanpun dan pada saat apa pun. Saya serong berdoa dalam saat bawa motor, saat diberlayar di tengah laut, saat jalan-jalan di mall. roh saya terus komunikasi dengan Allah (gambaran awam hati saya terus berbincang dengan Allah setiap saat dalam ketika saya dalam kondsi kudus)
Jadi saya enggak membayangkan sosok Yesus secara jasmani, namun saya hanya merasakan kuasa Allah terus menerus hadir di dalam diri saya atau disekitar saya.

Alice … itu seperti angin… enggak bisa dilihat…, enggak bisa dibayangkan…, namun saya bisa merasakan ada kuasa doa

salam strike… :animal0028:

“Tuhan tambah kan yang kurang,kurangi yang berlebihan…amin”

itu penyembahan juga ?

menurut aku, penyembahan dan pujian bisa merupakan doa.
cuma bedanya yg satu dlm bentuk lagu, yg satunya bkn.
TYM

Ketika dirimu menyebut kata TUHAN …itupun sebuah penyembahan :afro:

argument dari anda atau global argument ?
ada ayatnya ?

jiaah… haha… biar rada percaya aja sama pikiran kamu . soalnya gw rasa…doa dan penyembahan itu beda… tetapi satu tujuan

hemm … penyembahan saya rasa gag harus pake lagu…/ dalam bentuk lagu … :wink:

Itu iman sy :coolsmiley:

Mengapa pula , sy kaga mau menyebut arranger dengan sebutan “TUHAN” , jelas krn sy tidak mau menyembah sodara :smiley:

ttp mengapa pula saya mau menyebut dan memanggil Yesus dengan sebutan TUHAN ,jelas krn sy mau menyembah DIA sbg Tuhan :afro:

So… ketika kita panggil TUHAN itu adalah sebuah penyembahan :azn:

jiaah... haha... biar rada percaya aja sama pikiran kamu . soalnya gw rasa..doa dan penyembahan itu beda.. tetapi satu tujuan

Ketika kita berdoa itupun wujud dr penyembahan kita.

Di dalam setiap doa sy , kata2 yang selalu keluar mengawali adalah "Allah Bapa yang bertahta di sorga yang sy kenal dlm nama Yesus Kristus "…itupun sebuah wujud penyembahan sy

bahkan dlm setiap hidup kita …itupun ada bentuk/wujud suatu penyembahan kepada allah yang hidup

Ro 12:1 Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.

apakah saya menyebut yesus (orang yang menyebut nama nya yesus) itu artinya saya menyembah dia ?

panggilan beda dengan konteks “do” worship

klo ada beberapa orang , kalimat awalnya bukan seperti yang sering anda doa kan ? bagaimana ?

ya karena Tubuh kita adalah persembahan kepada Tuhan

cuman ,. ini kan bicara konteks nya tentang arti DOA .

gw lebih masuk ke arah , DOA adalah komunikasi kita dengan Tuhan, jika kita berkomunikasi , maka kita akan punya interaksi dari yang kita ajak komunikasi… ( pendengaran akan suara Tuhan ) walau gag disetiap doa kita Tuhan juga berbicara…

tetapi saat penyembahan … kita mengagung agungkan Tuhan, memuliakan Tuhan… Menyenangkan hati Tuhan lewat penyembahan kita… walau tanpa adanya Balesan kata pun kita dah merasa senang … karena kita memberikan penyembahan kepada Tuhan yang layak di sembah…

tetapi 1 tujuannya … itu si pengertian gw ,

maybe Tujuan sama, but tindakan / action nya yang berbeda…

ada pernah pendeta gw bilang gini

" mari kita berdoa , minta kepada Tuhan apa yang jadi pergumulan kita…"

ini saat penyembahan sedang di naikan lho… trus tiba2 hening… lalu semuanya berdoa…

itu yang gw maksud
maybe Tujuan sama, but tindakan / action nya yang berbeda…

thats the point yang gw ngerti . .

open mind aja deh buat argument lain . hahaa… :angel: :azn:

  1. Cara berdoa : tidak seperti orang Farisi yang melakukannya di persimpangan jalan biar dilihat orang lain.
  2. waktu : setiap kita bernafas, baik mengisap o2 atau membuang co2.
  3. isi doa : sudah diajarkan Tuhan Yesus dalam doa Bapa Kami.
  4. syarat : jangan menyimpan dosa, artinya harus mengaku dosa dulu.
  5. jaminan : doa akan dijawab kalau doa itu sesuai dengan kehendakNya.

Penyembahan adalah : menyenangkan hati Tuhan - setiap ucapan, pikiran, perbuatan kita yang membuat Tuhan senang dan tersenyum adalah satu bentuk penyembahan.

semoga bermanfaat, GBU all

Yup!!
setiap ucapan itu adalah penyembahan,
Doa itu ucapan ato bukan?? :azn:

ucapan seperti apa ? jangan di potong2 bu…

Penyembahan adalah : [b]menyenangkan hati Tuhan[/b] - [i]setiap ucapan[/i], pikiran, perbuatan kita yang membuat Tuhan [b]senang dan tersenyum[/b] adalah satu bentuk penyembahan

ada kan doa yang bukan menaikan pujian … tetapi keluhan pergumulan … :azn: :azn:

penyembahan itu mutlak karena DIA layak disembah … memberikan pengagungan dan puji2an

adakalanya kita berdoa , curhat kepada Tuhan . .

didalam penyembahan ada doa,didalam doa ada penyembahan …

tetapi menurut saya konteksnya berbeda

@Premium

cara berdoa tiap orang itu bisa berbeda… dan itu ga terlalu masalah.
definisi doa pada umumnya adalah komunikasi…
gampangannya gini cara kita ngomong ke A atau ke B bisa beda, bagaimana
caranya supaya bisa nyambung…tinggal disesuaikan saja.
membayangkan?? boleh boleh saja… tapi harus ekstra hati-hati
itu tergantung tiap orang… ilusitrasi toh hanya sekadar ilustrasi.

semoga membantu