ROMA adalah BABEL BESAR

Agak kaget juga benernya waktu tau ajaran seperti ini. Yerusalem adalah Babel Besar dalam kitab Wahyu dikemukakan oleh mas Roderick di thread “Inikah Akhir dari Vatikan?”

Benarkah menurut Katolik, Yerusalem adalah Babel Besar dalam kitab Wahyu?

Tambahan lagi, menurut mas Bruce, Yerusalem bukanlah tempat awal gereja Kristen perdana berdiri, tapi di Roma. Kalau baca sejarah, Roma yang menghancurkan bait suci di Yerusalem.

Masak iya kalau Yerusalem sudah bergeser sedemikian rupa menurut pengajaran Katolik?

Ini cuplikan pembicaraan awal soal Yerusalem

Waduh, lengkap nih sejarahnya mas Robin.

Tadi saya baca dari jawaban mas Roderick, Yerusalem itu adalah babel besar di kitab Wahyu. Tapi kalau dibaca di Alkitab sih emang lebih tepat kalau Yerusalem sebagai: “Cikal bakal semua gereja adalah Gereja Kristen Awal yang berpusat di Yerusalem dibawah pimpinan Yakobus”

Kok bisa ya gerejanya mas Roderick mengajarkan kalau Yerusalem itu babel besar yang tertulis di kitab Wahyu.

Yang dimaksud Babel Besar itu beneran Yerusalem atau bukan ya?

Ini ada lagi sejarah soal Yerusalem dan Roma. Paus Urban II mengangkat ‘crusader’ menyerang Yerusalem

Halooo…

Benar nggak nih kalau Katolik mengajarkan Yerusalem adalah Babel Besar yang tertulis di kitab Wahyu?

Halloooo…
Nggak benar tuh mas Apple, mungkin mas Roderick pribadi yang berpendapat seperti itu … secara ajaran Katolik tidak menyatakan Yerusalem adalah Babel Besar dlm Kitab Wahyu…Memang ada pendapat yang mengatakan siapa Yang berkuasa atas Yerusalem maka dia akan berkuasa atas Dunia ( tapi ini bukan pendapat GKR loh mas ) makanya Yerusalem selalu jadi REBUTAN bangsa-bangsa !
Salam.

@apple

Tambahan lagi, menurut mas Bruce, Yerusalem bukanlah tempat awal gereja Kristen perdana berdiri, tapi di Roma.

Suatu cara kampungan yang sangat rendah.

SIAPA yang berkata seperti itu? Orang paling bodohpun tahu bahwa Jerusalem ada di Yudea, Roma ada di Italia.

Roma menjadi pusat penyebaran agama Kristen. Itu yang benar.

Biasakan membaca posting orang dengan benar, atau paling tidak berlakulah terhormat dengan tidak memelintir ucapan orang.
Biasakan menjunjung tinggi sopan santun, kalau anda punya.

widih…menyeramkan sekali yerusalem di samakan atau dianalogkan dng istilah babel besar…?? maupun babel kecil…???
padahal pengertian seperti babel tsb konotasis\nya adalah segala sesuatu yang berkaitan dng segala sesuatu yng berisi sifat buruk dan seburuk buruknya sifat manusia , misalnya bersifat kejahatan, kedegilan, kejatuhan moral maupun hal lainnya yang negatif yang menentang Allah.

Kalau misalnya roma diindikasikan sebagai babel besar…?? itu ada alasan mendasarnya bukan…?? Kan awalnya kekaisarran Roma adalah penyembah dewa-dewi segala macam kan…?? sudah tentu orang orang yang hidup disitu
semua mulai dari si kaisar s/d rakyat terendah tingkat sosialnya…memiliki tingkat potensi yang sngat dominan melakukan halhal buruk, yang mementang Tuhan.

Siapa ya yang menyebutkan letak Yerusalem dan Roma adalah sama? apakah mas Bruce melihat tulisan tersebut di alam nyata?

Yang ditanyakan adalah mengenai gereja awal, bukan apakah letak Yerusalem dan Roma itu sama!

Jadi jemaat awal pengikut KRISTUS itu dimana? apakah Roma atau Yerusalem?

Karena dari pengajaran Katolik yang mas Bruce sampaikan, ada orang yang ngaku Kristen disana (Yerusalem) mengajarkan doktrin sesat.

Jika katolik mengajarkan Yerusalem awal sesat, dan Roma memegang kepemimpinan dari abad awal, bukankah ini berarti posisi Yerusalem tidak diakui sebagai jemaat Kristen yang benar?

Karena sebab kesesatan Yerusalem inilah, ROMA menjadi gereja awal.

Apakah benar demikian ajaran Katolik?

Bisa mas Bruce sebutkan siapa orang yang ngaku kalau Kristen Yerusalem mengajarkan doktrin sesat?

apakah pengakuan orang ini mengenai kesesatan Yerusalem terhitung sebagai Tradisi Suci/ Tradisi Lisan?

Pada tahun berapakah ROMA menyerang dan menghancurkan Yerusalem?

Menurut Katolik, Babel Besar itu Yerusalem atau Vatikan sebenarnya mas Bruce?

Maaf mas, saya hanya berdiskusi dengan orang yang layak saya hormati, silahkan diskusi dengan yang lain saja, saya amati saja dulu, kalau ada yang perlu saya ikut nanti saya ikutan, sementara sih belum ya.

Re: Apakah Yerusalem adalah BABEL BESAR?

wahyu 17 ??

ALKITAB TIDAK MENGATAKAN DEMIKIAN.

Mas Bruce, gak ada yg minta supaya mas menghormati saya loh hehehe. Lagian ini belum masuk ke diskusi dengan mengajukan argumen untuk menjelaskan dasar dari tafsiran Gereja Katolik mengenai Babel Besar.

Sekarang ini saya baru tahap konfirmasi saja untuk keterangan ajaran Katolik yang mas Bruce sampaikan sebelumnya mengenai kekristenan di Yerusalem dan Roma, dimana ajaran Katolik yg mas Bruce sampaikan menyatakan kalau kristen di Yerusalem dikatakan sesat.

Begitu juga dengan siapa Babel Besar menurut ajaran Katolik, belum sampai tahap diskusi kenapanya loh mas Bruce

Hanya ingin konfirmasi dulu ajaran Katolik kalau Yerusalem adalah Babel Besar dalam kitab Wahyu seperti yang disampaikan mas Roderick.

Mas Petrus, Babel Besar dalam kitab Wahyu itu bukan soal Yerusalem berkuasa atas dunia loh mas. Mungkin mas Petrus bisa menjelaskan pernyataan mas Petrus mengenai Yerusalem berkuasa atas dunia ini?

Mas Petrus dari Katolik bukan? karena mas Roderick dari Katolik menyatakan Yerusalem adalah Babel Besar itu seharusnya sesuai ajaran Gerejanya. Kalau mas bukan dari Katolik seperti mas Roderick, mungkin saja mas Petrus yang tidak tau ajaran Katolik.

Selain siapa Babel Besar itu sebenarnya, menurut mas Petrus manakah yang merupakan gereja Kristen awal, Yerusalem ataukah Roma?

Menurut ajaran Katolik yang disampaikan mas Roderick, Babel Besar dalam kitab Wahyu adalah Yerusalem.

Sebaiknya kita tunggu konfirmasi ajaran Katolik mengenai Babel Besar ini, apakah memang benar Yerusalem ataukah yang mana menurut ajaran Katolik.

semuanya masih bersifat kemungkinan bro.

Tes.2:4 yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah. Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah

sebenarnya kalo melihat ayat ini tidak sepenuhnya menutup kemungkinan juga.

Terima kasih untuk jawaban mas Roderick.

Jadi memang Katolik mengajarkan kalau Yerusalem adalah Babel Besar.

Namun…

Ayat yang mas Roderick sertakan diatas BUKAN mengenai Babel Besar dari kitab WAHYU

Bahkan ayat Alkitab yang mas Roderick kutip justru menyatakan pemulihan Yerusalem setelah dihukum oleh Allah, BUKAN mengenai Babel Besar yang dimaksud Tuhan dari kitab Wahyu.

Silahkan baca kelanjutan ayat yang anda kutip. Saya kutipkan saja sebagian:

[i]16:42 Demikianlah Aku melampiaskan murka-Ku kepadamu sehingga cemburu-Ku kepadamu reda kembali; barulah Aku merasa tenang dan tidak sakit hati.

16:60 Tetapi Aku akan mengingat perjanjian-Ku dengan engkau pada masa mudamu dan Aku akan meneguhkan bagimu perjanjian yang kekal.

16:61 Barulah engkau teringat kepada kelakuanmu dan engkau merasa malu, pada waktu Aku mengambil kakak-kakakmu, baik yang tertua maupun yang termuda, dan memberikan mereka kepadamu menjadi anakmu, tetapi bukan berdasarkan engkau memegang perjanjian.

16:62 Aku akan meneguhkan perjanjian-Ku dengan engkau, dan engkau akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN,

16:63 dan dengan itu engkau akan teringat-ingat yang dulu dan merasa malu, sehingga mulutmu terkatup sama sekali karena nodamu, waktu Aku mengadakan pendamaian bagimu karena segala perbuatanmu, demikianlah firman Tuhan ALLAH.[/i]

Tidak ada kata “Vatikan” dalam kitab Wahyu. Mungkin maksud mas Roderick mengenai Vatikan dalam Wahyu ada di ayat berikut:

Babel Besar dari kitab Wahyu 17:

17:1 Lalu datanglah seorang dari ketujuh malaikat, yang membawa ketujuh cawan itu dan berkata kepadaku: "Mari ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu PUTUSAN atas Pelacur Besar , yang duduk di tempat yang banyak airnya.

17:2 Dengan dia raja-raja di bumi telah berbuat cabul, dan penghuni-penghuni bumi telah mabuk oleh anggur percabulannya.

17:3 Dalam roh aku dibawanya ke padang gurun. Dan aku melihat seorang perempuan duduk di atas seekor binatang yang merah ungu, yang penuh tertulis dengan nama-nama hujat. Binatang itu mempunyai tujuh kepala dan sepuluh tanduk.

17:5 Dan pada dahinya tertulis suatu nama, suatu rahasia: "Babel Besar, ibu dari wanita-wanita pelacur dan dari kekejian bumi.

17:6 Dan aku melihat perempuan itu mabuk oleh darah orang-orang kudus dan darah saksi-saksi Yesus. Dan ketika aku melihatnya, aku sangat heran.

17:7 Lalu kata malaikat itu kepadaku: "Mengapa engkau heran? Aku akan mengatakan kepadamu rahasia perempuan itu dan rahasia binatang yang memikulnya, binatang yang berkepala tujuh dan bertanduk sepuluh itu.

17:9 Yang penting di sini ialah akal yang mengandung hikmat: ketujuh kepala itu adalah tujuh gunung, yang di atasnya perempuan itu duduk

17:18 Dan perempuan yang telah kaulihat itu, adalah kota besar yang memerintah atas raja-raja di bumi."

Apakah benar dari ayat diatas mas Roderick?

Kalau gak salah, kota Roma yang dikelilingi oleh tujuh gunung ya?

Wahyu 17

Dalam Wahyu 17 disebutkan kisah penghakiman atas Babel yang disebut sebagai ‘pelacur besarR17; (ay. 1). Babel/ Babilon di sini memang adalah kata kiasan dari kota Roma, yang memang pada jaman kitab Wahyu dituliskan, merupakan kota yang penuh dengan berhala, terutama juga karena kaisarnya sendiri (dimulai dari Julius tetapi resmi dikenakan oleh Kaisar Agustus) mempunyai gelar Divi Filius (son of a god).

Maka binatang yang disebutkan di sini mengacu kepada kerajaan Romawi (ay.3) Sungai yang dimaksud adalah bangsa- bangsa yang ada di bawah kekuasaannya (ay. 15). Tujuh kepala adalah tujuh bukit di Roma (ay. 9). Ketujuh kepala adalah juga ketujuh raja Roma

Kesepuluh tanduk adalah kesepuluh raja yang ada dalam persekutuan dengan kerajaan Romawi ini. Kerajaan- kerajaan ini akan menerima kuasa dalam waktu sekejap bersama dengan kerajaan Romawi (ay.12). Kerajaan- kerajaan ini menindas Anak Domba, yaitu Gereja (ay. 14), sebab penganiayaan terhadap Gereja adalah penganiayaan terhadap Kristus sendiri (lih. Kis 9:4). Namun, walaupun dianiaya, Gereja tidak punah, dan tetap bertahan karena Kristus Sang Anak Domba menyertainya (ay. 14).

Kemudian kesepuluh raja (tanduk) ini membenci kota Roma (pelacur) karena mereka ingin memisahkan diri dari kerajaan Romawi, dan inilah yang terjadi, bahwa kota Roma akan dihancurkan, juga karena terjadi perpecahan di dalam kerajaan Romawi itu sendiri (ay. 16-17).

Perempuan yang disebutkan pada ayat 18, “Dan perempuan yang telah kaulihat itu, adalah kota besar yang memerintah atas raja-raja di bumi.” Di sini perempuan itu mengacu kepada Gereja yang dilindungi oleh Sang Anak Domba (Kristus). Interpretasi ini tidak bertentangan dengan interpretasi Gereja Katolik, sebab Gereja Katolik menginterpretasikan ‘perempuanR17; ini secara literal sebagai Bunda Maria, dan secara allegoris sebagai Gereja. Kedua interpretasi ini tidak untuk dipertentangkan, tetapi untuk saling memperkaya; karena Maria tidak terlepas dari Gereja, melalui perannya sebagai Bunda Tuhan Yesus dan Bunda Gereja.

keliru.

wahyu 17 - Babel bukan Yerusalem.

tidak alkitabiah.

tidak ada kemungkinan.

wahyu 17 Babel bukan Yerusalem.

Wahyu 17:1 Lalu datanglah seorang dari ketujuh malaikat, yang membawa ketujuh cawan itu dan berkata kepadaku: "Mari ke sini, aku akan menunjukkan kepadamu putusan atas pelacur besar, yang duduk di tempat yang banyak airnya

Pelacur besar ini adalah perempuan sundal yang menarik perhatian, menggoda dan merayu supaya orang menarik kepadanya…
Begitu juga dengan system dunia menarik semua orang lekat kepadanya dengan segala umpan kemewahan, keindahan dan kekayaan.