ROBOT ADALAH TIDAK VALID SEBAGAI RUJUKAN UNTUK MENGUNGKAP KEHENDAK MANUSIA..

ROBOT ITU ADALAH TIDAK VALID SEBAGAI RUJUKAN UNTUK MENGUNGKAP KEHENDAK MANUSIA…!!!

baiklah kita pecah satu persatu kalimat diatas …!!!

kalimat judul diatas terdiri dari:

ROBOT

MANUSIA

KEHENDAK (MANUSIA)

ROBOT

MARi kita mulai dari ROBOT…!!

Bgaimana bisa mengerti robot itu bila hanya kata robot saja? tanpa penjelasan…???

baiklah kita melakukan dengan memberi pertanyaan2 yg bisa mengungkap pengertian robot itu, tentang:
[b]

  1. apakah robot itu?[/b]

Menurut wikipedia demikian dibawah ini lah pengetian robot.

Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan).

Robot diciptakan adalah untuk menggantikan manusia dalam menangani pekerjaan yg tidak mampu manusia lakukan dalam berbagai ketentuan pribadi manusia tersebut.

sehingga robot diciptakan untuk keperluan tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor. Biasanya penggunaan robot kebanyakan adalalh robot industri, yang digunakan dalam bidang produksi. Penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, pekerjaan ".

Pengertian Robot dari sudut pandang adjie seorang penulis artikel robot…!!!

Apa Sih Robot Itu?
Pengertian Robot

Robot berasal dari kata “robota” yang dalam bahasa Ceko yang berarti budak, pekerja atau kuli. Pertama kali kata “robota” diperkenalkan oleh Karel Capek dalam sebuah pentas sandiwara pada tahun 1921 yang berjudul RUR (Rossum’s Universal Robot). Pentas ini mengisahkan mesin yang menyerupai manusia yang dapat bekerja tanpa lelah yang kemudian memberontak dan menguasai manusia(Gambar 1). Istilah “robot” ini kemudian mulai terkenal dan digunakan untuk menggantikan istilah yang dikenal saat itu, yaitu automaton.

Gambar 1 Rossum’s Universal Robot

Saat ini hampir tidak ada orang yang tidak mengenal robot, namun pengertian robot tidaklah dipahami secara sama oleh setiap orang. Sebagian membayangkan robot adalah suatu mesin tiruan manusia (humanoid), meski demikian humanoid bukanlah satu-satunya jenis robot.

Untuk memahami pengertian robot kita coba untuk menelusuri pengertian robot dari beberapa sumber. Pada kamus Webster pengertian robot adalah

“An automatic device that performs function ordinarily ascribed to human beings”

Dari kamus Oxford diperoleh pengertian robot adalah

A machine capable of carrying out a complex series of actions automatically, especially one programmed by a computer.

Pengertian dari Webster mengacu pada pemahaman banyak orang bahwa robot melakukan tugas manusia, sedangkan pengertian dari Oxford lebih umum.

Beberapa organisasi di bidang robot membuat definisi tersendiri. Robot Institute of America memberikan definisi robot sebagai:

“A reprogammable multifunctional manipulator designed to move materials, parts, tools or other specialized devices through variable programmed motions for the performance of a variety of tasks”.

International Standard Organization (ISO 8373) mendefinisikan robot sebagai:

“An automatically controlled, reprogrammable, multipurpose, manipulator programmable in three or more axes, which may be either fixed in place or mobile for use in industrial automation applications”.

Dari beberapa definisi di atas, kata kunci yang ada yang dapat menerangkan pengertian robot adalah:

  1. dapat memperoleh informasi dari lingkungan (melalui sensor)
  2. dapat diprogram,
  3. dapat melaksanakan beberapa tugas yang berbeda
  4. bekerja secara otomatis
  5. cerdas (intelligent)

anatomi suatu robot pada umumnya

Sebetulnya anatomi robot yang mirip dengan manusia dari segi fungsinya. Ekivalensi komponen robot dengan anggota tubuh manusia apat dilihat pada pada pemeteaan Ekivalensi komponen robot dengan anggota tubuh manusia dibawah ini.

Robot Manusia

Sensor Panca indra
Aktuator Otot
Catu daya Sistem pencernaan
Sistem komunikasi Mulut dan telinga
Sistem pemindah Kaki
Manipulator/end effector Lengan/tangan
Rangka Tulang
Kontroler Otak
Program Pikiran

Sensor adalah peranti untuk menerima suatu besaran/sinyal fisik yang kemudian meneruskannya ke kontroler. Terdapat dua jenis sensor pada robot, yaitu sensor internal yang menerima informasi dari bagian robot dan sensor eksternal yang menerima informasi dari lingkungan di luar robot. Contoh dari sensor internal adalah sensor kecepatan atau torsi motor, sedangkan contoh sensor eksternal adalah sensor cahaya, temperatur, suara, tekanan, vision, dan sensor-sensor lainnya.

Aktuator adalah peranti yang menghasilkan gerakan pada robot. Motor listrik, pneumatika, dan hidrolika adalah contoh dari aktuator. Selain output gerakan, pada suatu robot sering kali diperlukan output dalam bentuk lain, misalnya display untuk menampilkan keadaan sensor ataupun aktuator. Display dapat berupa LED, seven segment, ataupun LCD.

Robot memerlukan catu daya sebagai sumber tegangan untuk seluruh rangkaian elektronik yang terdapat di dalamnya. Catu daya dapat berupa batere, aki, listrik AC (via adaptor), dan sel surya.

Kontroler adalah peranti yang berfungsi untuk mengolah informasi yang diberikan sensor dan kemudian memberikan perintah kepada aktuator untuk melakukan hal tertentu. Misalnya pada suatu robot pencari cahaya, maka jika terdapat cahaya sensor akan memberikan informasi kepada kontroler yang kemudian akan memerintahkan kepada aktuator untuk bergerak mendekati arah cahaya. Kebanyakan kontroler yang digunakan pada robot adalah peranti digital yang dapat diprogram (atau secara umum disebut komputer) karena alasan fleksibilitas. Banyak peranti yang dapat dijadikan kontroler robot, seperti PC, mikrokontroler, PLC serta kontroler digital lainnya (misal FPGA), namun yang paling banyak dipakai (terutama untuk mobile robot) adalah mikrokontroler.

Selain bekerja secara mandiri, suatu robot sering kali dituntut untuk dapat berkomunikasi dengan manusia, suatu pusat kendali ataupun robot lainnya. Komunikasi dapat dilakukan melalui kabel, biasanya menggunakan komunikasi serial (RS232/485), ataupun tanpa kabel (wireless). Komunikasi tanpa kabel dapat memanfaatkan gelombang radio, transmisi inframerah atau yang terbaru menggunakan teknologi blue tooth.

Dalam melaksanakan tugasnya robot sering kali perlu untuk berpindah tempat. Untuk itu diperlukan suatu sistem pemindah (locomotion system). Terdapat banyak variasi sistem pemindah, namun pada pada dasarnya semua menggunakan salah satu dari roda, rantai (track), atau kaki dengan jumlah kaki 2, 4, ataupun 6. Robot dengan dua kaki disebut sebagai biped. Robot industri pada umumnya hanya berupa lengan robot yang bersifat statis sehingga tidak memerlukan sistem pemindah ini.

Untuk memanipulasi obyek lain digunakan manipulator. Proses manipulasi ini dapat berupa pengangkatan, pemindahan, atau pengubahan orientasi dari suatu obyek. Untuk robot industri menipulasi berarti pelaksanaan tugas spesifik menggunakan peralatan khusus, misalnya pengelasan, pengecatan, penanganan material, perakitan, inspeksi, dan lain-lain. Ujung dari manipulator tempat terdapat peralatan secara umum disebut sebagai end-effector atau jika digunakan sebagai pencekam/pemegang secara khusus disebut gripper.

Rangka adalah tempat/wadah dari seluruh komponen robot terpasang. Bermacam-macam material dapat digunakan sebagai rangka, di antaranya plastik, kayu, ataupun logam.

Selain komponen berupa perangkat keras, robot juga memerlukan perangkat lunak berupa program. Bahasa pemrograman yang dipergunakan bermacam-macam dari bahasa pemrograman tingkat menengah (assembly), bahasa pemrograman tingkat tinggi (Basic, C, Java), hingga bahasa pemrograman visual (misalnya Microsoft Robotics, Robotic Invention System dari Lego, dan GUI-bot dari Parallax).
Dari Mana Memulainya?

Robot adalah suatu benda yang selalu menimbulkan kekaguman bagi yang melihatnya karena diasosiasikan dengan teknologi yang canggih. Namun orang jarang yang berusaha memahami sebetulnya apa saja yang ada dalam suatu robot, bagaimana prinsip kerjanya, dan lebih sedikit lagi yang ingin membangun serta mengendalikan suatu robot.

Untuk dapat membangun suatu robot diperlukan dasar-dasar pengetahuan dari tiga bidang, yaitu mekanika, elektronika, dan pemrograman. Integrasi dari ketiga bidang ini saat ini telah melebur menjadi suatu bidang baru yang dikenal sebagai mekatronika.

Sebelum dapat membuat suatu robot yang dapat melakukan hal-hal yang rumit, maka lebih mudah tentunya untuk mempelajari dan membangun suatu robot yang hanya dapat mengerjakan suatu tugas sederhana. Alih-alih membayangkan robot berbentuk manusia (humanoid), lebih baik mencoba membangun robot sederhana, contohnya platform beroda yang dapat melewati rintangan ataupun dapat mengikuti garis. Dengan memulai dari yang sederhana selain lebih mudah untuk dipelajari, perangkat yang diperlukan juga lebih mudah untuk diperoleh dan lebih murah biayanya.

Saat ini telah banyak alat bantu untuk semua orang yang berminat robot. Anda bisa membangun robot dari nol, mulai dari mendesain, membuat rangka, memasang sensor, motor listrik yang kemudian dirangkaikan dengan kontroler hingga memprogramnya. Anda juga dapat menggunakan kit robot yang ada di pasaran dengan berbagai macam kelengkapan dan kisaran rentang harga.

Contoh kit robot yang paling terkenal adalah Boe-Bot dari Parallax, dan Lego Mindstorm. Selain itu juga terdapat beberapa produk dari produsen lain seperti Fischer Technik, Lynx, Microbric dan Delta Electronics. Kit robot tersebut ada yang berupa mobile robot, robot berkaki, lengan robot, hingga kit robot kompetisi.

Selain kedua cara di atas, anda dapat juga membangun robot dari modifikasi, misalnya mainan ataupun peranti lain. Mainan yang mudah dan relatif murah untuk diperoleh, seperti mobil tamiya atau Remote Control (mobil, kapal, helikopter), dapat digunakan sebagai platform robot, untuk kemudian dimodifikasi sesuai kebutuhan. Pilihan manapun yang anda pilih, yang terpenting adalah disesuaikan dengan ketrampilan dan dana yang anda punya tentunya.

Keterampilan apa saja yang diperlukan seseorang untuk memulai membuat robot? Telah disebutkan bahwa suatu robot tersusun atas komponen mekanika, elektronika, dan pemrograman, namun untuk mulai seseorang tidaklah harus sudah menjadi ahli di ketiga bidang tersebut.

Ketrampilan dasar elektronika yang perlu anda pelajari antara lain kemampuan membaca diagram rangkaian elektronik dan data sheet komponen yang diperlukan serta tahu fungsi komponen dasar elektronika seperti resistor, kapasitor, dioda, dan transistor. Dimulai dengan membuat rangkaian sederhana dengan jumlah komponen sedikit, anda kemudian dapat melakukan troubleshoot rangkaian, membuat rangkaian dan memodifikasi rangkaian yang telah ada sesuai dengan kebutuhan.

Walaupun terdapat berbagai macam kontroler dan bahasa pemrograman, anda cukup dapat menyusun program secara mahir menggunakan bahasa pemrograman. Kontroler yang banyak dipergunakan pada robot adalah mikrokontroler selain juga PC. Tidak seperti di masa lalu saat mikrokontroler hanya dapat diprogram menggunakan bahasa Assembly, saat ini telah terdapat banyak kompiler menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi. Selain bahasa Basic dan C, saat ini juga terdapat bahasa visual untuk memprogram mikrokontroler.

Untuk membangun robot tidak lupa diperlukan latar belakang pengetahuan mekanika. Pengetahuan mengenai roda gigi, puli, sabuk, bantalan, sambungan material, serta hubungan antara kecepatan, gaya dan torsi hanyalah sebagian pengetahuan yang perlu dipunyai. Tambahan kemampuan yang sangat berharga dalam membangun robot adalah ketrampilan mengoperasikan mesin perkakas, seperti gergaji, mesin bor, bubut dan frais.

sedang badan organisasi CLUB ROBOTIC OF SMADA menjelaskan definisi robot sperti dibawah ini:

Istilah robot berasal dari bahasa Cekoslowakia.Kata robot berasal dari kosakata “Robota” yang berarti “kerja cepat”. Istilah ini muncul pada tahun 1920 oleh seorang pengarang sandiwara bernama Karel Capec. Karyanya pada saat itu berjudul “Rossum’s Universal Robot” yang artinya Robot Dunia milik Rossum. Rossum merancang dan membangun suatu bala tentara yang terdiri dari robot industri yang akhirnya menjadi terlalu cerdik dan akhirnya menguasai manusia.

Kata Robotics juga berasal dari novel fiksi sains “runaround” yang ditulis oleh Isaac Asimov pada tahun 1942. Sedangkan pengertian robot secara tepat adalah system atau alat yang dapat berperilaku atau meniru perilaku manusia dengan tujuan untuk menggantikan dan mempermudah kerja/aktifitas manusia.

Untuk dapat diklasifikasikan sebagai robot, mesin harus memiliki dua macam kemampuan yaitu:

  1. Bisa mendapatkan informasi dari sekelilingnya.

  2. Bisa melakukan sesuatu secara fisik seperti bergerak atau memanipulasi objek.

Untuk dapat dikatakan sebagai robot sebuah system tidak perlu untuk meniru semua tingkah laku manusia, namun suatu sistem tersebut dapat mengadopsi satu atau dua saja sistem yang ada pada diri manusia saja sudah dapat dikatakan sebagai robot. Sistem yang diadopsi berupa sistem penglihatan (mata), sistem pendengaran (telinga) ataupun sistem gerak.

Sebuah robot dapat saja dibuat untuk berbagai macam aktifitas, namun sebuah robot harus dibuat dengan tujuan untuk kebaikan manusia. Ada hukum robotika yang perlu dipegang sebelum seseorang terjun dalam robotika, antara lain:

  1. Robot tidak boleh menciderai manusia atau dalam keadaan tanpa aksi mengijinkan manusia mendekat untuk disakiti.

  2. Robot harus menuruti perintah yang diberikan oleh manusia kecuali jika perintah tersebut bertentangan dengan hukum yang pertama.

  3. Robot harus melindungi eksistensinya, selama tidak bertentangan dengan hukum pertama dan kedua.

Kegunaan dari robot

Sesuai dengan definisi robot di atas, maka terdapat banyak kegunaan dari robot. Secara umum kegunaan robot adalah untuk menggantikan kerja manusia yang membutuhkan ketelitian yang tinggi atau mempunyai resiko yang sangat besar atau bahakn mengancam keselamatan manusia. Sebagai contoh, seseorang yang bekerja di bagian welding di sebuah industri assembling kendaraan, akan mempunyai resiko kecelakaan kerja yang cukup tinggi. Maka untuk mengurangi rtesiko kerja tersebut perlu digunakan robot yang menggantikan kerja manusia di bidang tersebut, sehingga resiko kecelakaan kerja dapat dikurangi bahkan dihilangkan.

Ada juga sebagian robot yang sengaja diciptakan untuk menemani manusia di dalam aktifitasnya. Robot-robot ini dapat disebut robot bermain. Robot ini diciptakn untuk membantu manusia yang mengalami kesepian diri sehingga dapat mempunyai teman. Robot-robot yang termasuk jenis ini termasuk antar lain Battle Bots, Robot contesti, Robot Anjing.

Namun secara garis besar robot dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis antara lain:

  1. Robot industri

  2. Robot antariksa

  3. Robot transportasi

  4. Robot perang

  5. Robot kendali jarak jauh

  6. Robot kedokteran

  7. Robot riset

  8. Robot bermain, dll

Robot Era Modern

Robot era modern kini lebih banyak dikembangkan untuk riset daripada penyerupaan manusia. Sehingga memiliki kecerdasan sendiri nahkan ada rencana untuk membuat robot yang bisa ditandingkan dengan kecerdasan menyerupai manusia.

penulis yg lain menyampaikan pengertian robot sebgai berikut…!!

Definisi Robot & Robotik

Banyak terdapat tanggapan mengenai konsep robot, dimana robot diandalkan
sebagai tiruan manusia. Karena itu dicoba dibuat sebuah definisi untuk menghindari hal-
hal yang tidak diinginkan. Definisi yang paling dapat diterima adalah dari “Robot
Institute Of America”.

“Sebuah robot adalah sesuatu yang dapat di program dan
diprogram ulang, dengan memiliki manipulator mekanik /
pengerak yang didisain untuk memindahkan barang-barang,
komponen-komponen atau alat-alat khusus dengan berbagai
program yang fleksibel / mudah disesuaikan untuk
melaksanakan berbagai macam tugas”

Dari definisi tersebut dapat dikatakan robot sebagai automasi yang dapat
diprogram ( Programmable Automation).

Sedangkan istilah Robotik Berdasarkan Webster adalah :

"Teknologi yang behubungan dengan mendesain, membuat, dan mengoperasikan robot."

Robotik ruang lingkupnya mencakup artificial intelegen, ilmu komputer, engineering
mekanik, Psikologi, Anatomi, and bidang ilmu lainnya.
Kata Robotik sendiri pertama kali digunakan oleh Issac Asimov pada tahun1942. 

nah… dari tiga penjelasan diatas adakah diasaat menjelaskan pertama sekali tentang pengertian robot…!!!

adalah sebagai berikut.!!

Robot adalah sebuah mekanisme yg tidak memiliki kehendak bebas yg berbeda dengan manusia…!!

apakah seperti itu??

jawabnya, tentu tidak…
apa urusan mereka dengan kata " kehendak bebas manusia", sbab robot itu dibuat untuk membantu manusia dalam mengganti posisinya.

saya lanjutkan untuk membahas manusia…!!!


MANUSIA

Definisi manusia menurut blog universitas di Indonesia

  1. Manusia Sebagai Makhluk Individu

Individu berasal dari kata in dan devided. Dalam Bahasa Inggris in salah satunya mengandung pengertian tidak, sedangkan devided artinya terbagi. Jadi individu artinya tidak terbagi, atau satu kesatuan. Dalam bahasa latin individu berasal dari kata individium yang berarti yang tak terbagi, jadi merupakan suatu sebutan yang dapat dipakai untuk menyatakan suatu kesatuan yang paling kecil dan tak terbatas.

Manusia sebagai makhluk individu memiliki unsur jasmani dan rohani, unsur fisik dan psikis, unsur raga dan jiwa. Seseorang dikatakan sebagai manusia individu manakala unsur-unsur tersebut menyatu dalam dirinya. Jika unsur tersebut sudah tidak menyatu lagi maka seseorang tidak disebut sebagai individu. Dalam diri individi ada unsur jasmani dan rohaninya, atau ada unsur fisik dan psikisnya, atau ada unsur raga dan jiwanya.

Setiap manusia memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri, tidak ada manusia yang persis sama. Dari sekian banyak manusia, ternyata masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Seorang individu adalah perpaduan antara faktor fenotip dan genotip. Faktor genotip adalah faktor yang dibawa individu sejak lahir, ia merupakan faktor keturunan, dibawa individu sejak lahir. Kalau seseorang individu memiliki ciri fisik atau karakter sifat yang dibawa sejak lahir, ia juga memiliki ciri fisik dan karakter atau sifat yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan (faktor fenotip). Faktor lingkungan (fenotip) ikut berperan dalam pembentukan karakteristik yang khas dari seseorang. Istilah lingkungan merujuk pada lingkungan fisik dan lingkungan sosial. Ligkungan fisik seperti kondisi alam sekitarnya. Lingkungan sosial, merujuk pada lingkungan di mana eorang individu melakukan interaksi sosial. Kita melakukan interaksi sosial dengan anggota keluarga, dengan teman, dan kelompok sosial yang lebih besar.
Karakteristik yang khas dari seeorang dapat kita sebut dengan kepribadian. Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda yang dipengaruhi oleh faktor bawaan genotip)dan faktor lingkungan (fenotip) yang saling berinteraksi terus-menerus.

Menurut Nursid Sumaatmadja (2000), kepribadian adalah keseluruhan perilaku individu yang merupakan hasil interaksi antara potensi-potensi bio-psiko-fiskal (fisik dan psikis) yang terbawa sejak lahir dengan rangkaian situasi lingkungan, yang terungkap pada tindakan dan perbuatan serta reaksi mental psikologisnya, jika mendapat rangsangan dari lingkungan. Dia menyimpulkan bahwa faktor lingkungan (fenotip) ikut berperan dalam pembentukan karakteristik yang khas dari seeorang.

  1. Manusia Sebagai Makhluk Sosial
    Menurut kodratnya manusia adalah makhluk sosial atau makhluk bermasyarakat, selain itu juga diberikan yang berupa akal pikiran yang berkembang serta dapat dikembangkan. Dalam hubungannya dengan manusia sebagai makhluk sosial, manusia selalu hidup bersama dengan manusia lainnya. Dorongan masyarakat yang dibina sejak lahir akan selalu menampakan dirinya dalam berbagai bentuk, karena itu dengan sendirinya manusia akan selalu bermasyarakat dalam kehidupannya. Manusia dikatakan sebagai makhluk sosial, juga karena pada diri manusia ada dorongan dan kebutuhan untuk berhubungan (interaksi) dengan orang lain, manusia juga tidak akan bisa hidup sebagai manusia kalau tidak hidup di tengah-tengah manusia.

Tanpa bantuan manusia lainnya, manusia tidak mungkin bisa berjalan dengan tegak. Dengan bantuan orang lain, manusia bisa menggunakan tangan, bisa berkomunikasi atau bicara, dan bisa mengembangkan seluruh potensi kemanusiaannya.
Dapat disimpulkan, bahwa manusia dikatakan sebagai makhluk sosial, karrena beberapa alasan, yaitu:
a. Manusia tunduk pada aturan, norma sosial.
b. Perilaku manusia mengaharapkan suatu penilain dari orang lain.
c. Manusia memiliki kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain
d. Potensi manusia akan berkembang bila ia hidup di tengah-tengah manusia.
B. Interaksi Sosial dan Sosialisasi

[b]

Definisi manusia menurut WOrdPRess[/b]

Manusia adalah makhluk utama, yaitu diantara semua makhluk natural dan supranatural, manusia mempunyai jiwa bebas dan hakikat hakikat yg mulia.

Manusia adalah kemauan bebas. Inilah kekuatannya yg luar biasa dan tidak dapat dijelaskan : kemauan dalam arti bahwa kemanusiaan telah masuk ke dalam rantai kausalitas sebagai sumber utama yg bebas – kepadanya dunia alam –world of nature–, sejarah dan masyarakat sepenuhnya bergantung, serta terus menerus melakukan campur tangan pada dan bertindak atas rangkaian deterministis ini. Dua determinasi eksistensial, kebebasan dan pilihan, telah memberinya suatu kualitas seperti Tuhan.

Manusia adalah makhluk yg sadar. Ini adalah kualitasnya yg paling menonjol; Kesadaran dalam arti bahwa melalui daya refleksi yg menakjubkan, ia memahami aktualitas dunia eksternal, menyingkap rahasia yg tersembunyi dari pengamatan, dan mampu menganalisa masing-masing realita dan peristiwa. Ia tidak tetap tinggal pada permukaan serba-indera dan akibat saja, tetapi mengamati apa yg ada di luar penginderaan dan menyimpulkan penyebab dari akibat. Dengan demikian ia melewati batas penginderaannya dan memperpanjang ikatan waktunya sampai ke masa lampau dan masa mendatang, ke dalam waktu yg tidak dihadirinya secara objektif. Ia mendapat pegangan yg benar, luas dan dalam atas lingkungannya sendiri. Kesadaran adalah suatu zat yg lebih mulia daripada eksistensi.

Manusia adalah makhluk yg sadar diri. Ini berarti bahwa ia adalah satu-satuna makhluk hidup yg mempunyai pengetahuan atas kehadirannya sendiri ; ia mampu mempelajari, manganalisis, mengetahui dan menilai dirinya.

Manusia adalah makhluk kreatif. Aspek kreatif tingkah lakunya ini memisahkan dirinya secara keseluruhan dari alam, dan menempatkannya di samping Tuhan. Hal ini menyebabkan manusia memiliki kekuatan ajaib-semu –quasi-miracolous– yg memberinya kemampuan untuk melewati parameter alami dari eksistensi dirinya, memberinya perluasan dan kedalaman eksistensial yg tak terbatas, dan menempatkannya pada suatu posisi untuk menikmati apa yg belum diberikan alam.

Manusia adalah makhluk idealis, pemuja yg ideal. Dengan ini berarti ia tidak pernah puas dengan apa yg ada, tetapi berjuang untuk mengubahnya menjadi apa yg seharusnya. Idealisme adalah faktor utama dalam pergerakan dan evolusi manusia. Idealisme tidak memberikan kesempatan untuk puas di dalam pagar-pagar kokoh realita yg ada. Kekuatan inilah yg selalu memaksa manusia untuk merenung, menemukan, menyelidiki, mewujudkan, membuat dan mencipta dalam alam jasmaniah dan ruhaniah.

Manusia adalah makhluk moral. Di sinilah timbul pertanyaan penting mengenai nilai. Nilai terdiri dari ikatan yg ada antara manusia dan setiap gejala, perilaku, perbuatan atau dimana suatu motif yg lebih tinggi daripada motif manfaat timbul. Ikatan ini mungkin dapat disebut ikatan suci, karena ia dihormati dan dipuja begitu rupa sehingga orang merasa rela untuk membaktikan atau mengorbankan kehidupan mereka demi ikatan ini.

Manusia adalah makhluk utama dalam dunia alami, mempunyai esensi uniknya sendiri, dan sebagai suatu penciptaan atau sebagai suatu gejala yg bersifat istimewa dan mulia. Ia memiliki kemauan, ikut campur dalam alam yg independen, memiliki kekuatan untuk memilih dan mempunyai andil dalam menciptakan gaya hidup melawan kehidupan alami. Kekuatan ini memberinya suatu keterlibatan dan tanggung jawab yg tidak akan punya arti kalau tidak dinyatakan dengan mengacu pada sistem nilai.

definisi manusisa menurut Blog spot…!!

Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilah kebudayaan, atau secara campuran. Secara biologis, manusia diklasifikasikan sebagai Homo sapiens (Bahasa Latin untuk manusia), sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi. Dalam hal kerohanian, mereka dijelaskan menggunakan konsep jiwa yang bervariasi di mana, dalam agama, dimengerti dalam hubungannya dengan kekuatan ketuhanan atau makhluk hidup; dalam mitos, mereka juga seringkali dibandingkan dengan ras lain. Dalam antropologi kebudayaan, mereka dijelaskan berdasarkan penggunaan bahasanya, organisasi mereka dalam masyarakat majemuk serta perkembangan teknologinya, dan terutama berdasarkan kemampuannya untuk membentuk kelompok dan lembaga untuk dukungan satu sama lain serta pertolongan.

Penggolongan manusia yang paling utama adalah berdasarkan jenis kelaminnya. Secara alamiah, jenis kelamin seorang anak yang baru lahir entah laki-laki atau perempuan. Anak muda laki-laki dikenal sebagai putra dan laki-laki dewasa sebagai pria. Anak muda perempuan dikenal sebagai putri dan perempuan dewasa sebagai wanita.

Penggolongan lainnya adalah berdasarkan usia, mulai dari janin, bayi, balita, anak-anak, remaja, akil balik, pemuda/i, dewasa, dan (orang) tua.

Selain itu masih banyak penggolongan-penggolongan yang lainnya, berdasarkan ciri-ciri fisik (warna kulit, rambut, mata; bentuk hidung; tinggi badan), afiliasi sosio-politik-agama (penganut agama/kepercayaan XYZ, warga negara XYZ, anggota parta XYZ), hubungan kekerabatan (keluarga: keluarga dekat, keluarga jauh, keluarga tiri, keluarga angkat, keluarga asuh; teman; musuh) dan lain sebagainya.

Tokoh adalah istilah untuk orang yang tenar (misalnya ‘tokoh politik’, ‘tokoh yang tampil dalam film’, ‘tokoh yang menerima penghargaan’, dll).

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia (Hewan)
Filum: Chordata
Kelas: Mamalia
Ordo: Primata
Famili: Hominidae
Subfamili: Hominidae
Genus: Homo
Spesies: H. sapiens
Nama Jenis
Homo sapiens
Linnaeus | 1758
Subspesies
Homo sapiens idaltu (punah)
Homo sapiens sapiens

Ciri-ciri Fisik

Dalam biologi, manusia biasanya dipelajari sebagai salah satu dari berbagai spesies di muka Bumi. Pembelajaran biologi manusia kadang juga diperluas ke aspek psikologis serta ragawinya, tetapi biasanya tidak ke kerohanian atau keagamaan. Secara biologi, manusia diartikan sebagai hominid dari spesies Homo sapiens. Satu-satunya subspesies yang tersisa dari Homo Sapiens ini adalah Homo sapiens sapiens. Mereka biasanya dianggap sebagai satu-satunya spesies yang dapat bertahan hidup dalam genus Homo. Manusia menggunakan daya penggerak bipedalnya (dua kaki) yang sempurna. Dengan ada nya kedua kaki untuk menggerakan badan, kedua tungkai depan dapat digunakan untuk memanipulasi obyek menggunakan jari jempol (ibu jari).

Rata-rata tinggi badan perempuan dewasa Amerika adalah 162 cm (64 inci) dan rata-rata berat 62 kg (137 pound). Pria umumnya lebih besar: 175 cm (69 inci) dan 78 kilogram (172 pound). Tentu saja angka tersebut hanya rata rata, bentuk fisik manusia sangat bervariasi, tergantung pada faktor tempat dan sejarah. Meskipun ukuran tubuh umumnya dipengaruhi faktor keturunan, faktor lingkungan dan kebudayaan juga dapat mempengaruhinya, seperti gizi makanan.

Anak manusia lahir setelah sembilan bulan dalam masa kandungan, dengan berat pada umumnya 3-4 kilogram (6-9 pound) dan 50-60 centimeter (20-24 inci) tingginya. Tak berdaya saat kelahiran, mereka terus bertumbuh selama beberapa tahun, umumnya mencapai kematangan seksual pada sekitar umur 12-15 tahun. Anak laki-laki masih akan terus tumbuh selama beberapa tahun setelah ini, biasanya pertumbuhan tersebut akan berhenti pada umur sekitar 18 tahun.
Sebuah kerangka manusia

Warna kulit manusia bervariasi dari hampir hitam hingga putih kemerahan. Secara umum, orang dengan nenek moyang yang berasal dari daerah yang terik mempunyai kulit lebih hitam dibandingkan dengan orang yang bernenek-moyang dari daerah yang hanya mendapat sedikit sinar matahari. (Namun, hal ini tentu saja bukan patokan mutlak, ada orang yang mempunyai nenek moyang yang berasal dari daerah terik dan kurang terik; dan orang-orang tersebut dapat memiliki warna kulit berbeda dalam lingkup spektrumnya.) Rata-rata, wanita memiliki kulit yang sedikit lebih terang daripada pria.

Perkiraan panjang umur manusia pada kelahiran mendekati 80 tahun di negara-negara makmur, hal ini bisa tercapai berkat bantuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Jumlah orang yang berumur seratus tahun ke atas di dunia diperkirakan berjumlah [1] sekitar 50,000 pada tahun 2003. Rentang hidup maksimal manusia diperhitungkan sekitar 120 tahun.

Sementara banyak spesies lain yang punah, Manusia dapat tetap eksis dan berkembang sampai sekarang. Keberhasilan mereka disebabkan oleh daya intelektualnya yang tinggi, tetapi mereka juga mempunyai kekurangan fisik.

nah sekarang telah didapat antara difinisi manusia dan definisi robot…!!!

ANATOMI TUBUH MANUSIA…

Anatomi tubuh manusia

March 3, 2010 | In: ilmu

Anatomi tubuh manusia atau antropotomi ialah sebuah bidang khusus dalam anatomi yang mempelajari struktur tubuh manusia, sedangkan jaringan dipelajari di histologi dan sel di sitologi. Tubuh manusia, seperti tubuh hewan, terdiri atas sistem, yang terdiri atas organ-organ, yang terdiri atas jaringan, yang terdiri atas sel. Lihat sejarah anatomi untuk sejarah anatomi, termasuk anatomi manusia.

Sistem tubuh manusia

  • Sistem kardiovaskular: memompa darah ke seluruh tubuh
  • Sistem pencernaan: pemrosesan makanan yang terjadi di dalam mulut, perut, dan usus
  • Sistem endokrin: komunikasi dalam tubuh dengan hormon
  • Sistem kekebalan: mempertahankan tubuh dari serangan benda yang menyebabkan penyakit
  • Sistem integumen: kulit, rambut
  • Sistem limfatik: struktur yang terlibat dalam transfer limfa antara jaringan dan aliran darah
  • Sistem otot: menggerakkan tubuh
  • Sistem saraf: mengumpulkan, mengirim, dan memproses informasi dalam otak dan saraf
  • Sistem reproduksi: organ seks
  • Sistem pernafasan: organ yang digunakan bernafas, paru-paru
  • Sistem rangka: sokongan dan perlindungan struktural dengan tulang
  • Sistem urin: ginjal dan struktur yang dihubungkan dalam produksi dan ekskresi urin
    Diagram anatomi manusia

Human body features-nb.svg

Diagram anatomi manusia

  1. Kepala
  2. Wajah:Dahi, Mata, Telinga, Hidung, Mulut, Lidah, Gigi, Rahang, Pipi, Dagu
  3. Leher, Tenggorokan, Jakun
  4. Bahu
  5. Dada, Buah dada, Tulang rusuk
  6. Pusar
  7. Perut, Pinggul
  8. Organ seks
  9. Penis/Skrotum atau Klitoris/Vagina
  • Kaki:
  1. Paha
  2. Lutut
  3. Betis, tulang kering
  4. Pergelangan kaki
  5. Telapak kaki, Tumit, Jari kaki
  • Tangan:
  1. Lengan
  2. Siku/sikut
  3. Pergelangan tangan
  4. Telapak tangan, Jari tangan (Ibu jari, telunjuk, tengah, manis, kelingking
  • Tidak bernomor: Tulang belakang, Kulit, Rektum, Anus, Pantat

Organ dalam
Nama-nama umum organ dalam (secara alfabetis) :
Adrenalin – Appendiks – Duodenum – Esofagus – Ginjal – Hati – Jantung – Kandung empedu – Kandung kemih – Kulit – Kunci paha – Limpa – Mata – Otak – Ovarium – Pankreas – Paratiroid – Paru-paru – Lambung – Pituitari – Prostat – Rahim – Thymus – Tiroid – Usus – Vena – Zakar

Anatomi otak
Amygdala — Batang otak — Cerebellum — Korteks serebral — Hipotalamus — Sistem limbik — medulla — otak tengah — Kelenjar pituitari — pons
Tagged As:
anatomi manusia - anatomi tubuh manusia - pengertian anatomi - anatomi tubuh - anatomi tubuh manusia dan fungsinya - anatomi tubuh manusia lengkap - gambar organ tubuh manusia - struktur tubuh manusia - gambar anatomi tubuh manusia - gambar anatomi manusia -

Related posts:

  1. Sistem syaraf manusia
  2. Jaringan pada daun
  3. Sistem pencernaan manusia
  4. Panduan senam hamil
  5. Pengertian hakikat manusia
  6. Jaringan tumbuhan

DIbawah ini adalah anatomi dari fungsi dan materi dasar dalam membuat sebuah robot…

Resistor

Resistor adalah komponen elektronika yang berfungsi untuk memberikan hambatan terhadap aliran arus listrik. Dalam rangkaian listrik dibutuhkan resistor dengan spesifikasi tertentu, seperti besar hambatan, arus maksimum yang boleh dilewatkan dan karakteristik hambatan terhadap suhu dan panas. Resistor memberikan hambatan agar komponen yang diberi tegangan tidak dialiri dengan arus yang besar, serta dapat digunakan sebagai pembagi tegangan.

Kapasitor

kapasitor adalah komponen elektrik yang berfungsi untuk menyimpan muatan listrik. Salah satu jenis kapasitor adalah kapasitor keeping sejajar. Kapasitor ini terdiri dari dua buah keping metal sejajar yang dipisahkan oleh isolator yang disebut dielektrik. Bila kapasitor dihubungkan ke batere kapasitor terisi hingga beda potensial antara kedua terminalnya sama dengan tegangan batere. Jika batere dicabut, muatan-muatan listrik akan habis dalam waktu yang sangat lama, terkecuali bila sebuah konduktor dihubungkan pada kedua terminal kapasitor.

Dioda

Dioda adalah devais semikonduktor yang mengalirkan arus satu arah saja. Dioda terbuat dari Germanium atau Silicon yang lebih dikenal dengan Dioda Junction. Dioda juga digunakan pada adaptor yang berfungsi sebagai penyearah dari sinyal AC ke DC.

LED (Light Emitting diode)

LED merupakan komponen yang dapat mengeluarkan emisi cahaya. LED merupakan produk temuan lain setelah dioda. Strukturnya juga sama dengan dioda, tetapi belakangan ditemukan bahwa elektron yang menerjang sambungan P-N juga melepaskan energi berupa energi panas dan energi cahaya. LED dibuat agar lebih efisien jika mengeluarkan cahaya. Untuk mendapatkan emisi cahaya pada semikonduktor, doping yang pakai adalah galium, arsenic dan phosporus. Jenis doping yang berbeda menghasilkan warna cahaya yang berbeda pula.

Pada saat ini warna-warna cahaya LED yang banyak ada adalah warna merah, kuning dan hijau.LED berwarna biru sangat langka. Pada dasarnya semua warna bisa dihasilkan, namun akan menjadi sangat mahal dan tidak efisien. Dalam memilih LED selain warna, perlu diperhatikan tegangan kerja, arus maksimum dan disipasi dayanya.

Relay

Transistor tidak dapat berfungsi sebagai sebagai switch (saklar) tegangan DC atau tegangan tinggi, biasanya dibuat dari bahan silikon atau germanium.

Transistor

Transistor bipolar biasanya digunakan sebagai saklar elektronik dan penguat pada rangkaian elektronika digital. Transistor memiliki 3 terminal. Transistor biasanya dibuat dari bahan silikon atau germanium.

materi Rangkaian Line Follower dengan LDR

Anda dapat menggunakan sebagian barang bekas untuk membuat robot ini, misalnya
menggunakan roda BB REXONA sebagai roda robot. Komponen dan peralatan lengkap
yang diperlukan ialah :
 2 buah sensor cahaya LDR

 PCB IC bolong
 2 buah transistor 2N3904
 2 buah transistor 2N2907
 2 buah Trimpot/potensiometer 50k-100k
 2 buah resistor 3.3K
 2 buah resistor 1K
 2 buah LED (Light Emiting Dioda)
 Spacer (kaki PCB)
 Acrilic body robot ukuran diameter 20 cm.
 Solder, timah solder dan kabel secukupnya
 Kotak baterai 6V
 Roda bekas penghilang BB REXO

dan semua bahan2 diatas adalah merupakan kandungan bumi…!!!

YG SATU KESATUAN membentuk body robot,!!

BATU…

apakah batu bukan kandungan bumi??, atau plastik atau besi, mangan, silicon, karet, dan kayu, besi, adalh materi2 yang paling sederhana dalam membuat robot…!!!

jadi pada intinya robot adalah benda mati

BATU ADALAH BENDA MATI, kaca adalah benda mati, besi adalah benda mati, semua unsur dari pembuatan robot adalah benda mati…!!!

kita umpamakan:

semua komponen dari robot tersebut diatas yang kareketeristiknya benda mati…!!!

kita sama kan dengan batu…!!!

so, apabila ada suatu fakta yg berkata :

sbab manusia bukan sperti robot,dalam kehendak bebasnya…!!!

PERHATIKAN…

Sbab robot adalah benda mati, batu juga benda mati…

bukankah pendapat diatas akan menjadi:

sbab manusia bukan sperti batu, dalam kehendak bebasnya…!!!

BUKANKAH MENJADI KELIHATAN DANGKAL…!!!

DARI PERTAMA SEKALI ROBOT DICIPTAKAN …

MANUSIA MEMPUNYAI:

  1. KEHENDAK BEBAS UNTUK MEMILIH

robot:

  1. DALAM ROBOT TIDAK MEMPUNYAI ISTILAH KEHENDAK BEBAS…!!

DALAM ROBOT ADALAH SUATU SISTEM MEKANIKA DAN ELEKTRONIKA YG BERGERAK SALING MENDUKUNG YG MENCIPTAKAN SUATU GERAKAN DEMI TUJUAN TERTENTU…!!

DIDALAM ROBOT TIDAK ADA ISTILAH KEHENDAK.!!!

ROBOT MEMILIKI 2 FUNGSI DALAM PENGAKTIFANNYA…!!

  1. FUNGSINYA BERJALAN SESUAI DENGAN YG DIRENCANAKAN
  2. EROR

TIDAK ADA 3. KARENA TIDAK MEMPUNYAI KEHENDAK BEBAS…

MANUSIA DALAM MENENTUKAN FUNGSI SEBAGAI MANUSIA

  1. MEMIKIRKAN
  2. MEMILIH
    DAN 3. MELAKUKAN

KARENA PADA DASARNYA MANUSIA MEMILIKI KEHENDAK UNTUK MEMILIH APAPUN YG MENURUT MANUSIA TERSEBUT YG MENJADI PILIHAN DALAM PROSES MEMIKIRKANNYA…!!

KEMUDIAN DI EKSEKUSI DENGAN MELAKUKAN…!!

DAN ROBOT SAMA SEKALI TIDAK MEMILIKI PROSES YG MANUSIA MILIKI…!!!

JADI…

ADALAH DANGKAL untuk mengungkap "kehendak yg ada pada manusia " dengan merujuk pada “sbab robot tidak mempunyai kehendak”.

sebab robot bekerja berbanding lurus, sesuai dengan karakter komponen2 yg dimilikinya…!!

TIDAK ADA ALASAN UNTUK MENCAPLOK ISTILAH " KEHENDAK BEBAS DAN MEMILIH" DAN MENERAPKAN NYA PADA ROBOT DENGAN:

SEBAB ROBOT TIDAK “TIDAK MEMPUNYAI KEHENDAK BEBAS”…!!

KU ULANG LAGI …

SEBAB ROBOT TIDAK “TIDAK MEMPUNYAI KEHENDAK BEBAS”…!!

UNTUK MEMBUKTIKAN SAYA TIDAK SALAH KETIK…!!!

CARI CONTOH YG LEBIH MENGENALAH…

YANG LEBIH MENGENA DENGAN PRINSIP KEHENDAK BEBAS MANUSIA TERSEBUT…!!!

kalo robot tidak cocok menjadi rujukan untuk manusia dalam berkehendak bebas…
lalu yg cocok apa ?

Manusia, dari zaman dahulu hingga sekarang, baik anak kecil maupun orang dewasa, selalu tertarik kepada robot. Hal ini terlihat dari banyaknya film-film yang bertemakan robot, baik film untuk anak-anak dari ‘Voltus V’ sampai ‘Robots’, hingga film science-fiction untuk dewasa dari ‘Dr. Frankenstein’ sampai ‘I, Robot’. Hal ini membuat saya jadi berpikir mengapa kita bisa begitu tertarik pada robot? Kita begitu suka menonton cerita tentang robot, memainkan robot-robotan, atau bahkan membuat sebuah robot. Apa yang menjadikan robot ini begitu spesial?

Robot adalah suatu benda yang bisa melakukan hal-hal secara otomatis sesuai apa yang telah diprogramkan kepadanya. Robot adalah satu-satunya benda mati yang dapat bergerak secara fisik tanpa kita harus menyentuh robot itu sendiri. Kita dapat memberikan ‘intelligence’ kepadanya, kita cukup mengendalikannya dari jarak jauh, dan ia akan melakukan tepat seperti apa yang kita inginkan. Mungkin alasan utama mengapa kita begitu tertarik pada robot adalah karena ia, yang merupakan benda mati, dapat melakukan tepat seperti apa yang kita perintahkan kepadanya. Dengan kata lain, kita punya full control atas robot itu. Kalau kita mau robot itu berjalan maju, kita tinggal tekan tombol maju di remote control dan dengan otomatis robot itu akan berjalan maju sesuai dengan apa yang kita inginkan. Sebaliknya, kalau kita tidak memerintahkan atau memprogramkan robot itu untuk bergerak, maka ia akan diam saja dan tidak melakukan apa-apa.

Sama seperti robot ada pembuatnya, manusia juga mempunyai Sang Pencipta. Bedanya, kita tidak diciptakan seperti sebuah robot yang untuk melakukan sesuatu harus diperintah atau diprogram terlebih dahulu. Walaupun pada zaman sekarang ini manusia sudah dapat mengembangkan suatu Artificial Intelligence (AI) yang dapat ditanamkan kepada sebuah humanoid (robot yang mempunyai struktur tubuh seperti manusia), sehingga humanoid tersebut dapat berpikir, bergerak, menganalisa suatu keadaan, dan bereaksi mirip sekali seperti seorang manusia, namun tanpa perintah atau program dari si pembuatnya humanoid tersebut tetap tidak dapat berpikir ataupun bergerak. Ini berarti bahwa sebuah robot dalam bentuk apapun tidak mempunyai kehendaknya sendiri, karena seluruh tindakannya tergantung dari perintah atau active action dari si pembuat atau controller atas robot tersebut.

Tuhan menciptakan manusia yang sama sekali berbeda dengan sebuah robot yang harus ditekan tombol di remote control-nya lalu baru bisa bergerak. Tuhan menciptakan manusia sebagai pribadi yang mempunyai rasio dan kehendak. Kehendak akan dipengaruhi oleh rasio, sehingga manusia dapat memilih tindakan yang akan diambilnya. Lebih lanjut lagi, Tuhan bukan hanya sekedar memberikan manusia kehendak, tapi Dia memberikan kebebasan kepada manusia untuk memilih. Ini berarti bahwa Tuhan memberikan kehendak bebas kepada manusia, sehingga manusia bisa memilih antara baik atau jahat, benar atau salah, dan seterusnya. Namun kita diberikan kehendak bebas bukan berarti kita menjadi bebas berbuat sesuka hati kita dan tidak bertanggung jawab. Kehendak bebas yang kita miliki tetap harus takluk di bawah kedaulatan Allah, karena biar bagaimana pun kedaulatan Allah adalah yang tertinggi di atas segala sesuatu dan kedaulatan Allah jugalah yang menetapkan segala sesuatu di bumi ini, termasuk menetapkan kehendak bebas kita.

Pertama, mengapa kita perlu mengakui akan kedaulatan Allah? Karena dengan mengakui bahwa Allah berdaulat, berarti kita mengakui kemahakuasaan Allah, kita mengakui bahwa Allah lebih tinggi dari segala sesuatu, Dia mengatasi segala sesuatu, dan Dia menentukan segala sesuatu di atas bumi ini. Tidak ada sesuatu yang dapat terjadi atau tidak terjadi jika Allah tidak menentukannya terlebih dahulu. Dengan kata lain, dengan mengakui Allah berdaulat berarti kita mengakui bahwa Allah adalah Allah. Allah berdaulat dan berkuasa atas segala ciptaan-Nya, termasuk atas kita dan segala pikiran, perasaan, dan kehendak kita. Sedangkan kalau kita mengingkari kedaulatan Allah, tanpa kita sadari itu akan membawa kita jatuh kepada ateisme.

Kedua, mengapa kehendak bebas kita perlu takluk di bawah kedaulatan Allah? Karena, whether we like it or not, sebagai manusia kita sepenuhnya tergantung kepada kedaulatan Allah. Coba kita bayangkan apa jadinya kalau kita punya kehendak bebas yang sebebas-bebasnya dan kita bisa melakukan apapun sesuka hati kita? Tiap-tiap manusia di dunia ini memiliki kehendak yang berbeda-beda, juga terlebih karena manusia sudah jatuh ke dalam dosa, berarti kehendak yang dimilikinya bersifat self-centered. Kalau Tuhan tidak berdaulat atas diri kita, berarti yang berdaulat atas kita adalah kita sendiri. Kalau Tuhan tidak berdaulat atas kita, berarti kita mempunyai kontrol penuh atas diri kita sendiri dan otomatis kita akan memilih tindakan-tindakan untuk memenuhi kehendak kita masing-masing untuk memenuhi nafsu keberdosaan kita. Jikalau itu memang demikian, maka tidak mungkin ada seorang manusia pun yang akan bertobat dan beroleh keselamatan. Ini berarti, tanpa kedaulatan mutlak Allah, maka tidak mungkin ada keselamatan bagi umat manusia secara efektif.

Lalu mungkin di benak kita akan muncul suatu pertanyaan, “Kalau Tuhan memberikan kehendak pada kita, tetapi Dia berdaulat sepenuhnya atau mempunyai full control atas kehendak kita tersebut, bukankah ini membuat kita sama saja seperti sebuah robot yang dikontrol oleh remote control?” Kita memang harus mengakui bahwa Tuhan menetapkan segala sesuatunya termasuk kehendak kita, tapi kalau kemudian hal itu membuat kita menjadi berpikir, “Kan itu sudah kehendak Tuhan, mana bisa kita mengubahnya? Kita hanya bisa menerima karena memang sudah digariskan begitu kok,” maka kelihatannya memang benar, ini akan menjadikan kita seperti sebuah robot yang tidak mempunyai kehendak, karena kita akan berpikir kehendak kita doesn’t matter even if it’s there, toh ketetapan Tuhan juga yang akan terjadi. Tetapi justru salah besar, ketika kita berpikir Allah telah menetapkan segala sesuatu dan kita hanyalah robot-robot yang menjalankannya, maka sebenarnya kita sudah sedang memilih berkehendak untuk menjadi robot. Di sinilah terlihat betapa luar biasanya kedaulatan Allah dalam kehendak bebas kita sebagai manusia, dimana kita ditetapkan untuk bebas dalam kedaulatan-Nya sehingga bagaimana pun kita berargumentasi, kita tetap tidak bisa lepas dari kenyataan bahwa kita telah memilih untuk berkehendak akan hal tersebut.

Arthur W. Pink dalam bukunya, “The Sovereignty of God”, menjelaskan bahwa sikap menekankan kedaulatan Allah tanpa dilengkapi dengan penegasan tentang tanggung jawab manusia, akan cenderung mengakibatkan kita menuju kepada fatalisme seperti yang telah diuraikan di atas. Fatalisme berarti kita percaya bahwa Tuhan sudah menetapkan atau menggariskan segala sesuatu di dalam dunia ini, termasuk nasib kita, jadi kita hanya bisa mengikutinya saja. Dari segi ini kita melihat segala sesuatu pasti terjadi sesuai dengan ketetapan Allah, jadi untuk apa kita bersusah payah melakukan sesuatu, toh kehendak Tuhan juga yang akan terjadi. Hal ini akan membuat kita menjadi pasif dan tidak berespon terhadap kedaulatan Allah sebagaimana mestinya.

Kedaulatan Allah bukanlah meniadakan kehendak bebas manusia, melainkan justru menjamin keberadaannya dan menetapkannya. Ketetapan Tuhan selalu akan terjadi sesuai dengan apa yang Dia inginkan, ini adalah benar. Tetapi bukan berarti kita tidak perlu melakukan apapun di dalam kedaulatan Allah atas diri kita, ini adalah salah. Pdt. Dr. Stephen Tong mengatakan bahwa, “Man is not what he is. Man is not what he does. Man is how he reacts before God.” Artinya, manusia dinilai dari bagaimana kita berespon terhadap Tuhan. Bagaimana kita harus berespon terhadap kedaulatan Tuhan? Kuncinya adalah tanggung jawab. Kita harus meresponi kedaulatan Tuhan dalam seluruh keberadaan diri kita sebagai pribadi dengan bertanggung jawab kepada-Nya. Kita harus bertanggung jawab kepada Tuhan bukan saja atas kehendak kita, tapi juga atas natur kita sebagai manusia. Hal inilah yang membedakan kita dari sebuah robot. Sebuah robot tidak mungkin dapat berespon kalau tidak ditekan tombol di remote controlnya, sedangkan manusia dapat memilih untuk berespon atau tidak berespon di hadapan Allah, karena Allah memberikan kemampuan itu kepada manusia. Kalau kita tidak berespon terhadap Allah, maka itu akan membuat kita menjadi seperti sebuah robot. Ini juga berarti kita justru tidak mengakui kedaulatan Allah yang sudah menciptakan kita sebagai manusia yang sanggup berespon kepada-Nya.

Tuhan menciptakan manusia lebih special dari segala ciptaan-Nya yang lain. Dia memberikan kepada kita sesuatu yang tidak dimiliki oleh makhluk lain di dunia ini, yaitu kehendak bebas. Karena itu, mari kita bersama-sama belajar menggunakan kehendak bebas ini sebagaimana mestinya sesuai dengan posisi kita sebagai manusia ciptaan Tuhan. Sebagai makhluk ciptaan, kita harus senantiasa tunduk terhadap kedaulatan Allah, dan sebagai respon kita terhadap kedaulatan Allah, kita harus senantiasa bertanggung jawab kepada Dia di mana pun kita berada, apapun yang kita pikirkan, apapun yang kita rasakan, dan apapun yang kita kerjakan, sehingga segala sesuatu dalam diri kita boleh kita persembahkan dengan penuh sukacita dan kerelaan hanya untuk kemuliaan Allah yang berdaulat. To God be the glory!

Mildred Sebastian

Pemudi GRII Pusat

saya mengatakan di tred sebelum nya “manusia berbeda dengan robot…”

secara fisik dan biologis nya yah memang berbeda… tidak perlu anda jabarkan pun semua orang sudah tau… BAHKAN ANAK2 PUN MENGETAHUINYA…
lalu manfaat anda menjabar kan hal tersebut untuk apa ? untuk membuktikan manusia berbeda dengan robot ?? kekonyolan anda… hahaha…

semua orang tau robot tidak seperti manusia…
dan ROBOT HANYA MELAKUKAN APA YANG DI PERINTAHKAN “TUHAN” NYA… siapakah tuhan bagi robot tersebut ?? tuhan bagi robot tersebut adalah orang yg mengontrol nya…
lalu contoh yang cocok untuk manusia dalam berkehendak bebas apa ?
anda berikan contoh nya… jangan cuma bermulut besar…

dengan singkat saya katakan… robot tidak mempunyai kehendak bebas…
lalu anda berkata manusia dan robot tidak cocok dengan rujuan berkehendak bebas, dan dengan sekonyong2 nya anda berkata kepada saya bodoh, to***, dangkal, oon…
arogan sekali anda ? bahkan orang yang sudah pandai pun tidak mengatakan hal demikian…

bila menurut anda, saya adalah bodoh maka yang membuat artikel ini pun bodoh… Are We Robots? - Buletin Pillar
berarti anda yang pintar sendiri yah Mr.something genius…

genaplah yang Mr. Cosmic Boy nubuatkan…
“saya pakai yah bro kalimat nya, habis keren sih… hahaha…”

Orang bodoh itu, selalu berusaha ‘memaksa’ orang yang lebih pintar untuk berpikir seperti dia. Ini sudah hukum alam.

Contoh sederhana.
Saya ingin beli mie goreng di depan rumah, tetapi karena ada jurang antara rumah saya dan rumah penjual mi goreng itu, maka, saya harus muter dulu ke pekalongan.

Kita harus bersusah payah menerangkan kepada mereka… menyuapi seperti bayi… pontang-panting kerepotan … dsb…. hanya untuk membuat mereka mengerti masalah yang KECIL

Harusnya dengan satu kalimat saja sudah mengerti…. tapi karena kebodohan dan ketololan,… maka kita harus menggunakan sejuta kalimat…

Begitulah orang to***, karena kebodohannya dalam berpikir (yang padahal bisa dirubah dengan cara melatih diri untuk selalu menggunakan otak dalam setiap kesempatan), …. ngga bisa melihat hal-hal yang sudah jelas.

Karena males mikir, maka akhirnya, mereka ‘maksa’ kita untuk menyuapi terus…

Capek kan…

saya tidak tertarik dengan robot…!!

saya rasa anda belum mendapat poin yang saya hendak sampaikan…!!

saya tidak tertarik pada robot…!! mengapa anda mengatakan “kita”??

prinsip robot…!!

anda kacau menyamakan pencipta manusia sama dengan pencipta robot…!!

itu lah iman kristen anda yg benar2 rendah…

sememntara Tuhan bgitu BERNUBUAT BESAR DAN BERSUSAH HATI AKAN MISI PENYELAMATAN UMAT MANUSIA YANG DIKASIHINYA…
MELALUI NUBUAT YESUS…

MAU TAU AYATNYA?

saya ambil satu ayat aja…!!

sbab bila kukasih banyak ayat otak lo makin kacau…!!!
karna mengerti satu kata susahnya BUKAN MAIN…!!!

Begini ayatnya:

LUKAS 12: 49 - 50
(49) Aku datang untuk melemparkan api ke bumi dan betapakah Aku harapkan, api itu telah menyala!
(50) Aku harus menerima baptisan, dan betapakah susahnya hati-Ku, sebelum hal itu berlangsung!

PERHATIKAN OTAK KACAU…
APA YANG SAYA BOLD DAN MERAHKAN…

ATAU MUNGKIN anda mau tau tangisan Yesus tentang manusia2 di Yerusalem, yang juga tak jauh beda dengan kau??

Lukas 13:34
Yerusalem, Yerusalem, engkau yang membunuh nabi-nabi dan melempari dengan batu orang-orang yang diutus kepadamu! Berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayam mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya, tetapi kamu tidak mau.

samalah dengan ketidak mauan lo…>!!!

apakah yang tadi kukatakan tentaNg Tuhan atau Allah saja sangat bersusah hati untuk pertobatan lo…!!!

tapi apa yg lo lakukan…???

malah menyamakan apa yang Allah lakukan dengan menyama2kannya dengan pencipta robot…!!!

DAN SEBEGITU DANGKALNYA ENGKAU MENGATAKAN “SAMA” PENCIPTA MANUSIA SAMA DENGAN ROBOT…

BERARTI TUHAN BAGIMU HANYA SEBATAS PENCIPTA ROBOT…

INILAH YANG MENJADI KESALAHAN LO…

TUHAN ITU BUAT LO HANYA PEMBICARAAN YANG MENGOTORI GIGI LO AJA DENGAN LUDAH, ATAU OLAH RAGA BUAT MULUT LO, ATAU KEISENGAN BUAT OTAK LO…!!
MAKANYA TAK KUNJUNG LO ITU RENDAH HATI…!!

ROBOT ITU SAMA SEPERTI BATU… SEBAB BAHAN PEMBUATNYA ADALAH SUMBER MATERIAL DARI BUMI YANG DIKLASIFIKASIKAN SBG BENDA MATI…!!

MENGAPA PULA ENGKAU TAK KATAKAN

MANUSIA TIDAK SAMA DENGAN BATU DALAM KEHENDAK…!!!

dimana tertulis Tuhan memberikan manusia kebebasan untuk memilih…!!!
NGARANG SAJA…!!!

APA MAKSUD ANDA :

TUHAN MEMBERIKAN KEHENDAK BEBAS MEMILIH …
NAMUN DI BELAKANGNYA TERMASUK MENETAPKAN KEHENDAK BEBAS KITA.>!!

NGERTI GA ANDA KEHENDAK BEBAS…???

COBA CARI ARTI KATA BEBAS DI KAMUS…!!!

INI MAH ANAK KECIL AJA TAU…!!
WALAU TANPA MENGUCAPKAN DENGAN PENULISAN LO…!!
YANG JADI MASALAH MAU TIDAK KAU BENAR2 MENERAPKAN KEDAULATAN ITU… YANG TELAH DINUBUATKAN YESUS SEBAGAI ANAK MANUSIA KEDALAM HIDUPMU SEHARI2???

MENGAKUI ALLAH BERDAULAT HANYA FALSAFAH BAGI IBLIS…!!!

SBAB IBLIS SAJA TELAH, SUDAH, MENGETAHUI ALLAH ITU BERDAULAT…
NAMUN APAKAH DIA (IBLIS) ITU MELAKUKAN APA YANG BERDAULAT DALAM ALLAH ITU DALAM SETIAP GERAKANNYA DAN NUBUATNYA??

wah masih lanjut masalah robot dan manusia malah makin panjang euy emang pengting banget?

he he…
RUGI BETUL AKU BERINTERAKSI DENGAN KAMU…!!
SELAIN HATIKU JADI KOTOR OTAKKU JUGA…>!!!

TIDAK ADA PERSAMAN KARAKTER ROBOT YANG BISA DI UPDATE DENGAN MANUSIA…!!!

KECUALI KAU BABI YANG TAK MAU MENGERTI DAN BODOH AMAT. AKIBAT KEBEBALAN LO…!!!

MATIUS 7: 6

Jangan kamu memberikan barang yang kudus kepada anjing dan jangan kamu melemparkan mutiaramu kepada babi, supaya jangan diinjak-injaknya dengan kakinya, lalu ia berbalik mengoyak kamu."

SUKA2 LO AJA MOW NYAMAIN PERBANDINGANNYA DENGAN ROBOT KEQ DENGAN I ROBOT KEQ, MO DENGAN WORTEL KEQ…

TOH TUHAN BAGI LO HANYA FALSAFAH YANG MENGUTAK ATIK OTAK LO…!!

semua orang tau robot tidak seperti manusia…

ITULAH OTAK OON LO…!! EMANGNYA SAYA KATAKAN SAMA?

KHAN YANG SAYA KATAKAN TIDAK VALID DAN RELEVAN ANDA MENYAMAKAN KEHENDAK MANUSIA YANG KOMPLEKS DENGAN KETIDAK BISA MEMILIHANNYA ROBOT…

KAU SAJA YANG BISA DIBANDING2KAN DENGAN ROBOT…

PAKE SAJA KETIDAK BISA MEMILIHAN ROBOT ITU DALAM HIDUP LO DAN FALSAFAH HIDUP LO…

JANGAN BUAT ORANG LAIN…>!!!

ADA PULAK ROBOT PUNYA TUHAN…!!!

BENARKHAN …
TUHAN BAGI LO ITU HANYA SEBATAS MAKANAN YANG NGOTOR2IN GIGI LO AJA…!!!

APA SAYA SEDANG MEMAKSAMU OTAK KACAU??

BUKAN KHAN??

SAYA MENGAJAK MU BERPIKIR…

BAHWA TAK RELEVAN MANUSIA ITU CIPTAAN TUHAN ITU KAU SAMAKAN DENGAN ROBOT YG TIDAK MEMILIKI KEHENDAK DALAM MENGUNGKAP KEHENDAK MANUSIA…!!

BILA SAYA MEMAKSAMU…!!!

CAPEK MEMAKSAMU…!!! UNTUK APA? DAN MENGAPA SAYA MEMAKSAMU??

SAYA TIDAK PERDULI SIAPA COSMIC ITU SIAPA YANG ENGKAU SEBUTKAN HINGGA KAU NGILER KARENA DIA…!!!

APAKAH DIA TUHAN? ATAU SETARA TUHAN?? SIAPA KEQ MENURUTMU FIGUR YANG ENGKAU KAGUMI ITU …!!!

AKU TIDAK PERDULI SELAMA DIA TIDAK MELAKUKAN KAIDAH YANG TUHAN TIDAK INGINKAN …!!

YESUS SAJA MATI KARENA KEBAIKANNYA…!!!

APA SI COSMIK MU ITU YANG TELAH LAKUKAN SEHINGGA SAYA HARUS MEMBACA DAN BERUSAHA MENSETARAKAN DENGAN APA YANG YESUS HIKMATKAN DALAM DIRI SAYA???!!!

BUAT AKU JG GA PENTING BRO…

TAPI INGIN KU MARILAH KITA MEMBAHAS HAL2 YANG KUDUS… DENGAN TIDAK SEPELE

GITU BRO…

SALAM

oke coy silahkan dilanjut saya nonton aja :slight_smile:

SIIP COY… :afro: :afro:

saya tidak tertarik dengan robot..!!
anda kelainan jiwa....
saya rasa anda belum mendapat poin yang saya hendak sampaikan...!!
anda kelainan jiwa...
saya tidak tertarik pada robot..!! mengapa anda mengatakan "kita"??
ANDA KELAINAN JIWA...
prinsip robot...!!
SIAPA TUHAN BAGI ROBOT TERSEBUT ??? ANDA TIDAK PERNAH MENJAWAB PERTANYAAN SAYA YANG INI...
anda kacau menyamakan pencipta manusia sama dengan pencipta robot..!!

itu lah iman Kristen anda yg benar2 rendah…


anda sama sekali tidak mengerti etika berdiskusi…
anda menyalahkan orang, dan tidak memberi pembenaran yang menurut anda benar… terus mencela tanpa mempunyai argumen pada diri sendiri…
mulut besar

MAU TAU AYATNYA?

saya ambil satu ayat aja…!!

sbab bila kukasih banyak ayat otak lo makin kacau…!!!
karna mengerti satu kata susahnya BUKAN MAIN…!!!

Begini ayatnya:

LUKAS 12: 49 - 50
(49) Aku datang untuk melemparkan api ke bumi dan betapakah Aku harapkan, api itu telah menyala!
(50) Aku harus menerima baptisan, dan betapakah susahnya hati-Ku, sebelum hal itu berlangsung!

apa hubungannya ayat tersebut dengan rujukan contoh manusia sebagai robot ?
lihat betapa bodoh nya anda ?
bukannya iman anda yang rendah ??? karena anda ini serigala berbulu domba…
mengaku mulia tapi dalam hati penuh dengan sampah…
“PENUHI TAKARAN NENEK MOYANG MU BRO !!!” [Matius 23:30-32]

PERHATIKAN OTAK KACAU.... APA YANG SAYA BOLD DAN MERAHKAN...

ATAU MUNGKIN anda mau tau tangisan YESUS tentang manusia2 di Yerusalem, yang juga tak jauh beda dengan kau??

Lukas 13:34
Yerusalem, Yerusalem, engkau yang membunuh nabi-nabi dan melempari dengan batu orang-orang yang diutus kepadamu! Berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayam mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya, tetapi kamu tidak mau

apa hubungannya quote yang anda sampaikan ?
anda ini ck ck ck… quote nya mengenai perbandingan manusia dengan robot, nyambung kok ke sini ? lihat kepintaran anda ?

apakah yang tadi kukatakan tentaNg Tuhan atau Allah saja sangat bersusah hati untuk pertobatan lo..!!!

tapi apa yg lo lakukan…???

malah menyamakan apa yang Allah lakukan dengan menyama2kannya dengan pencipta robot…!!!


setelah ke sekian kali saya katakan…
saya mengatakan “manusia berbeda dengan robot”
robot tidak mempunyai freewill…
saya rasa anda sudah tidak dapat membaca… hahaha…

BERARTI TUHAN BAGIMU HANYA SEBATAS PENCIPTA ROBOT..

INILAH YANG MENJADI KESALAHAN LO…


ini dia kesalahan anda… karena kehilangan akal sehat…
baca atas…

TUHAN ITU BUAT LO HANYA PEMBICARAAN YANG MENGOTORI GIGI LO AJA DENGAN LUDAH, ATAU OLAH RAGA BUAT MULUT LO, ATAU KEISENGAN BUAT OTAK LO..!! MAKANYA TAK KUNJUNG LO ITU RENDAH HATI...!!
saudara2 yang baca tred ini.. tolong contohlah manusia ini, karena ia berbicara "sangat sopan"
ROBOT ITU SAMA SEPERTI BATU... SEBAB BAHAN PEMBUATNYA ADALAH SUMBER MATERIAL DARI BUMI YANG DIKLASIFIKASIKAN SBG BENDA MATI...!!

MENGAPA PULA ENGKAU TAK KATAKAN

MANUSIA TIDAK SAMA DENGAN BATU DALAM KEHENDAK…!!!


oh jadi menurut anda, batu lebih cocok untuk contoh rujukan manusia mengenai berkehendak bebas ?? kenapa engga barbie aja ? kan dulu situ kecil ga main robot2 an… mungkin mainan nya barbie… hahaha… :stuck_out_tongue:

dimana tertulis Tuhan memberikan manusia kebebasan untuk memilih...!!! NGARANG SAJA..!!!
di eden ada 2 pohon.. belum pernah baca kitab kejadian kok mau komentar ?
APA MAKSUD ANDA :

TUHAN MEMBERIKAN KEHENDAK BEBAS MEMILIH …
NAMUN DI BELAKANGNYA TERMASUK MENETAPKAN KEHENDAK BEBAS KITA.>!!

NGERTI GA ANDA KEHENDAK BEBAS…???

COBA CARI ARTI KATA BEBAS DI KAMUS…!!!

coba baca sekali lagi kalimat nya… bila otak pas2-an memang susah…

INI MAH ANAK KECIL AJA TAU...!! WALAU TANPA MENGUCAPKAN DENGAN PENULISAN LO..!! YANG JADI MASALAH MAU TIDAK KAU BENAR2 MENERAPKAN KEDAULATAN ITU... YANG TELAH DINUBUATKAN YESUS SEBAGAI ANAK MANUSIA KEDALAM HIDUPMU SEHARI2???
anak kecil tau ? ya anak kecil tau... tapi ada anak2 yang juga tidak mengerti maksud nya.. macam anda ini..
MENGAKUI ALLAH BERDAULAT HANYA FALSAFAH BAGI IBLIS...!!!

SBAB IBLIS SAJA TELAH, SUDAH, MENGETAHUI ALLAH ITU BERDAULAT…
NAMUN APAKAH DIA (IBLIS) ITU MELAKUKAN APA YANG BERDAULAT DALAM ALLAH ITU DALAM SETIAP GERAKANNYA DAN NUBUATNYA??


anda ini benar2 sakit jiwa ternyata…
di kalimat atas di tera “dengan mengakui Allah berdaulat berarti kita mengakui bahwa Allah adalah Allah.”
anda hubung2 kan dengan iblis…

he he.. RUGI BETUL AKU BERINTERAKSI DENGAN KAMU...!! SELAIN HATIKU JADI KOTOR OTAKKU JUGA..>!!!

TIDAK ADA PERSAMAN KARAKTER ROBOT YANG BISA DI UPDATE DENGAN MANUSIA…!!!

hmm… justru tidak ada persamaan robot yang dapat di update dari manusia, maka dari itu saya mengambil rujukan manusia dengan robot dalam “kehendak bebas”…
lalu masalah nya dimana ?


saya suka ayat ini
MATIUS 7: 6
Jangan kamu memberikan barang yang kudus kepada anjing dan jangan kamu melemparkan mutiaramu kepada babi, supaya jangan diinjak-injaknya dengan kakinya, lalu ia berbalik mengoyak kamu."

lebih cocok untuk anda :slight_smile:
karena saya memberi penjelasan… anda tidak dapat menerima… lalu balik menyerang… “sangat lah cocok” ;D


SUKA2 LO AJA MOW NYAMAIN PERBANDINGANNYA DENGAN ROBOT KEQ DENGAN I ROBOT KEQ, MO DENGAN WORTEL KEQ..

TOH TUHAN BAGI LO HANYA FALSAFAH YANG MENGUTAK ATIK OTAK LO…!!


lalu masalah yang membuat anda sampai marah2 apa ? hahaha…
anda benar2 berkepribadian ganda… sebentar2 ini … sebentar itu …


ADA PULAK ROBOT PUNYA TUHAN...!!!

BENARKHAN …
TUHAN BAGI LO ITU HANYA SEBATAS MAKANAN YANG NGOTOR2IN GIGI LO AJA…!!!


coba di simak kata2 saya…
dan ROBOT HANYA MELAKUKAN APA YANG DI PERINTAHKAN “TUHAN” NYA… siapakah tuhan bagi robot tersebut ?? tuhan bagi robot tersebut adalah orang yg mengontrol nya…

anda ini benar2 mulut besar… dan cara berpikir anda seperti penglihatan pada sedotan :slight_smile:
haha…


PA SAYA SEDANG MEMAKSAMU OTAK KACAU??

BUKAN KHAN??

SAYA MENGAJAK MU BERPIKIR…

BAHWA TAK RELEVAN MANUSIA ITU CIPTAAN TUHAN ITU KAU SAMAKAN DENGAN ROBOT YG TIDAK MEMILIKI KEHENDAK DALAM MENGUNGKAP KEHENDAK MANUSIA…!!


lihat ?? anda benar2 berkepribadian ganda…
saya menjelaskan manusia tidak sama dengan robot yang tidak mempunyai kehendak bebas…
anda menyangkal mati2-an… dan sekarang anda menyetujui nya?? lucu sekali… hahaha…

CAPEK MEMAKSAMU..!!!! UNTUK APA? DAN MENGAPA SAYA MEMAKSAMU??

SAYA TIDAK PERDULI SIAPA COSMIC ITU SIAPA YANG ENGKAU SEBUTKAN HINGGA KAU NGILER KARENA DIA…!!!

APAKAH DIA TUHAN? ATAU SETARA TUHAN?? SIAPA KEQ MENURUTMU FIGUR YANG ENGKAU KAGUMI ITU …!!!


memang anda ini tidak waras…
apa saya mengatakan Cosmic seperti Tuhan ? atau setara dengan Tuhan ?
sepertinya anda ini perlu di terapi… hahaha…

AKU TIDAK PERDULI SELAMA DIA TIDAK MELAKUKAN KAIDAH YANG TUHAN TIDAK INGINKAN ...!!

YESUS SAJA MATI KARENA KEBAIKANNYA…!!!

APA SI COSMIK MU ITU YANG TELAH LAKUKAN SEHINGGA SAYA HARUS MEMBACA DAN BERUSAHA MENSETARAKAN DENGAN APA YANG YESUS HIKMATKAN DALAM DIRI SAYA???!!!

anda benar2 tidak waras… hahaha…

gpp bro akal sehat…
namanya orang mau cari sensasi gpp lho… hehe…
biarkan pak genius ini beken :slight_smile:
orang2 akan membaca cara dia berbicara, berpikir, dalam mengutarakan pendapat…

please diskusi yang sopan
kalau tidak topik ini dilock
tks

ok sis chrisma lock aja…

Coz there are no good things , except garbage saja

thx

salam

ok topik dilock sesuai pernyataan TS