rasa

saya mau tanya…nih…

sewaktu kita baca FirmanNya…serasa begitu enak dibaca dan didengar…tp kgd suka gagal melakukan FirmanNya…

1.apakah menghina atau mengejek orang itu atau mentertawakan orang dosa???
misalnya:orang itu giginya keluar mukanya agak mirip Dono (pelawak) trus dikatain Dono,dibelakang orang itu dipanggil sebutan si-dono…(hal ini yg buat kita sering kali menjadi emosi dan kesal ama orang itu)

di hati orang itu pasti merasa tidak nyaman dan risih juga jadi sakit hati…
2.apakah sakit hati ini disebut dosa jg atau gak dosa?

3.apakah diantara kalian ada yg sama kasusnya seperti ini?

mohon jawaban petunjuk dan penjelasannya…

[author=ardilin link=topic=16873.msg147318#msg147318 date=1259894319] saya mau tanya...nih....

sewaktu kita baca FirmanNya…serasa begitu enak dibaca dan didengar…tp kgd suka gagal melakukan FirmanNya…

ada 1 hal yg kadang sukar sekali dilakukan…


sukar # tidak bisa

sukar … bisa dilakukan kalo mau belajar dg telaten :wink:

ketika berjumpa dengan orang yg suka mengejek....atau menyindir atau mentertawakan...kadang hal ini membuat saya tidak nyaman...tp Tuhan ajarkan tentang Kasih dan pengampunan...hal ini yg membuat sy teringat firmanNya utk mengampuni dan melupakan kesalahan org itu dan berusaha utk ingat firmanNya,bahwa aq sudah mengampuni dan melupakan kesalahan orang itu...jadi saya tetap mengasihi orang itu (kadang hal ini sukar dilakukan)

Belum kelar yag pergumulannya ttg penghinaan ??

Pada saat ingat Firman … justru segera lakukan, krn Roh Kudus sedang berbicara dan mengajar sodara.
Justru di situ tempat belajar… bgm kita mau belajar menjalani ujian … kalo ngga ada soalnya??

Anggap : penghinaan itu sbg ujian sodaraa(soal) untuk melakukan/mempraktekkan Firman: mengampuni & mengasihi :wink:

1.apakah menghina atau mengejek orang itu atau mentertawakan orang dosa??? misalnya:orang itu giginya keluar mukanya agak mirip Dono (pelawak) trus dikatain Dono,dibelakang orang itu dipanggil sebutan si-dono...(hal ini yg buat kita sering kali menjadi emosi dan kesal ama orang itu)

Pr 11:12 Siapa menghina sesamanya, tidak berakal budi, tetapi orang yang pandai, berdiam diri.

menghina sesama = tidak hidup dlm kasih…

Ttp pesoalannya… mungkin rekan2 sodara kaga tau kalo panggilan “dono” itu sbg penghinaan buat sodara, mungkin mereka anggap sbg seru2 an aja.
Baiknya memang sodara sampaikan ke mereka apa yang jadi uneg2 kalo sebutan “dono” tersebut melukai hati sodara…
kalo rekan2 sodara punya kasih… pasti mereka tau

di hati orang itu pasti merasa tidak nyaman dan risih juga jadi sakit hati.... 2.apakah sakit hati ini disebut dosa jg atau gak dosa?

sakit hati … adl respon dr sebuah penghinaan.
itu hal yang wajar…
yang menjadikan sakit hati itu berdosa adalah menyimpan sakit hati tersebut
Sakit hati itu sampah busuk ,seyogiannya segera dibuang jauh jauh …
spy tidak menjadi dendam dan kepahitan di dlm

Caranya: dengan melepaskan pengampunan, dan memohon belas kasihan untuk menyembuhkan /memulihkan sakit tsb.

3.apakah diantara kalian ada yg sama kasusnya seperti ini? mohon jawaban petunjuk dan penjelasannya....

Yup!!
Sama lah setiap orang pasti pernah merasakan dihina orang…
Hanya kasusnya aja yang berbeda…

Ttp yang terutama… adl sikap hati kita saat menerima penghinaan tsb bgm??
itu yang terpenting.
Krn kita kaga bisa ngendaliin lidah/sikap hati orang lain…
ttp kita bisa mengendalikan lidah / sikap hati kita untuk merespon hal2 di luar … kendali kita…

Tuhan Yesus memberkati :afro:

terima kasih banyak sodaraku alice…

kata-katamu bisa menghiburku…dan membuatku menjadi orang yg lebih krisitiani…

makasih ya…salam damai utk alice…dan sodara-sodara seiman lainnya…

Tuhan Yesus memberkati kita semua!Amien!

Yup!!
sama sama…
Jangan minder, jangan rendah diri…
orang yang minderan /rendah diri ngga bisa maju.

Semangat !!
Kalo sodara di hina orang Ingat aja Yesus… Dia sudah lebih dulu menerima penghinaan yang lebih dasyat dr sodara.

Kalo Yesus sanggup menanggung semua penghinaan tersebut… artinya sodara pun sanggup… krn sodara diciptakan segambar dengan Yesus dono Amin?? :wink:

AMIN!

:afro:

selamat sore…aq mau tanya bagiamana cara berdoa memohon belas kasihan untuk menyembuhkan /memulihkan sakit tsb?
tq

  • Matius 5:43-44
    5:43 Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu.
    5:44 Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.

* Matius 5:43-44
5:43 Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu.
5:44 Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.

Imamat 19:18
Janganlah engkau menuntut balas, dan janganlah menaruh dendam terhadap orang-orang sebangsamu, melainkan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri; Akulah TUHAN.

Dengarkan Firmannya dan Renungkan dalam Hatimu setiap hari …

Akui aja sakit hati tersebut di hadapan Tuhan…
Mohon belas kasihan Tuhan…
Tuhan , aku mau taat… melepaskan pengampunan
aku mau taat… untuk tidak menyimpan sakit hatiku kepada … (sebut namanya)
aku mau taat…untuk tidak menyimpan kepahitan hati
aku butuh pertolonganMu , aku butuh anugerahMu
aku butuh kekuatanMu untuk …tetap taat kepada FirmanMu.
Roh Kudus beri kekuatan kepadaku unutk melakukan Firman Tuhan.

Perkatakan Firman:
Kalo Tuhan ada di pihakku siapa yang menjadi lawanku.
Tuhan adalah kekuatanku, Tuhan adalah perisaiku,saat aku ta’ berdaya Dia pasti akan menopang aku…

Setiap kali iblis mencoba untuk mengintimidasi… untuk sakit hati… perkatan Firman…

jangan mengingat2 lagi apa yang mereka perbuat, ttp ingat kebaikan Tuhan saja…Sy percaya lambat laun… sakit hati tsb akan hilang… yang jelas bukan krn kekuatan sodar ttp Krn kuasa Roh Tuhan yang bekerja atas hidup sodara…

Setuju dengan pernyataan dari alice, akui saja dihadapan Tuhan kalau memang kita miliki suatu sakit hati kepada orang lain. Dan minta pengampunan kepada Tuhan Yesus, serta minta kekuatan juga supaya kita bisa mengampuni orang yang mengejek kita.

Setelah itu, berjalan seperti biasa saja. Kalau bertemu sama orang yang mengejek itu, anggap saja tidak pernah terjadi hal itu dan mulai mengasihi dia (tentunya dengan terlebih dahulu kita juga minta hati yang mengasihi dari Tuhan Yesus).

GBU :slight_smile:

[quote author=alice link=topic=16873.msg157243#msg157243 date=1262071276]

th

thx atas dorongan supportnya…!Gbu too!

Yup bisa jadi…
Dia tidak hanya melatih kesabaran , ttp juga melatih bgm mengampuni :afro:
Khan untuk menjalani ujian…mesti ada soalnya, yang terutama tanamkan: bahwa soal ujian yang diberikan Tuhan tidak melampaui batas kekuatan kita

tp aq akan coba utk hidup sesuai firmanMu.trus aq coba meyakinkan diriku...percaya diri dan tetap tidak simpan sakit hati pada mereka dan mengampuni mreka serta mengasihi mereka.sekalipun seandainya mereka menyebut kata yg ga enak didengar saya mau utk mengasihi mereka coba dan belajar utk bisa lewati masa ejekan/sebutan dengan nama artis. saya menerima diri saya apa adanya,sampai saya berkata Tuhan terima kasih atas rupaku yg sempurna seperti RupaMu.
Yang penting adl. Ardilin berdamai dengan diri sendiri dahulu, kalo toh wajah Ardilin mirip dengan artis "Dono" emang kenapa?? :) wajah Dono adl.. wajah "HOKI"

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/a/a4/Dono_warkop.jpg

justru lewat wajahnya, dapat dijadikan sbg lahan bisnis untuk menghibur orang

Kalo toh gigi yang buat ngga PD, permak aja dari pada harus menanggung BT sepanjang hidup.
toh banyak tuh …perawatan gigi dengan hasil memuaskan … hanya ongkosnya lumayan mahal

@ardilin: Kalau boleh tau kamu nggak PD di bagian mananya?

Memang ada orang2 yg sulit untuk menumbuhkan percaya dirinya, sekalipun sudah dengar kotbah berkali2 kalau yg terpenting adalah bagaimana Tuhan melihat seseorang, bukan berdasar penilaian manusia.

Tapi nggak bisa dipungkiri, penilaian manusia ini mempengaruhi pola pikir kita, kemudian dari pola pikir ini berdampak pada action seseorang. Misalnya: dunia dicekoki kalau wanita yg cantik adalah yg tingginya 170cm, bermata bagus & langsing. Kemudian secara tidak sadar para wanita2 yg gemuk ingin langsing.

Begitu juga penilaian negatif seseorang, misal: seorang cewe dikatakan mirip Dono, kemudian si cewe merasa benar2 mirip dono akhirnya dia merasa ga pecaya diri.

Yang harus dikembangkan dari seseorang yg rendah diri adalah self-esteem mereka, benar2 menyadari keberadaan diri mereka & menerimanya

Kenapa saya tekankan menerima. Karena kebanyakan kasus orang tidak mau menerima kekurangannya, tapi menyangkalnya. Misal: dia adalah seorang yg gemuk, tapi dia tidak menerima kalau dirinya gemuk, pada akhirnya kalau ada yg ngomong dirinya gemuk, dia bisa sensi setengah mati. Beda jika orang sudah menerima (secara utuh) dirinya memang gemuk, jika ada orang ngomong dia gemuk, dia akan biasa aja, karena dia tau kalau dia memang gemuk hehe.

Jadi untuk meningkatkan self-esteem belajar untuk menerima diri Anda dulu, jadi saat ada orang mengomentari Anda, Anda tidak tersinggung karena Anda sudah tau terlebih dahulu sebelum orang lain ngomong. Atau misalnya yg diomongin nggak benar Anda sudah tau kalo yg orang lain ngomongin itu nggak bener, kalo ga bener ya cuekin aja hehehe.

Lalu setelah itu, kita bisa lihat, kekurangan yg kamu kawatirkan ini bisa diperbaiki atau tidak, krusial untuk diperbaiki atau tidak, jika memang iya tidak ada salahnya diperbaiki

Kita bukanlah apa yg orang lain katakan pada kita
Tapi kita adalah apa yg kita pikirkan tentang orang lain katakan pada kita
prinsip rendah hati menurut saya :
menyadari,menerima dan rela diketahui siapa diri kita sebenrnya
menurut mu gimana LieL?

Hm… Saya lebih setuju kalau dikatakan:
Tapi kita adalah apa yg Tuhan pikirkan mengenai kita.

Tapi untuk ‘menyadari, menerima & rela diketahui siapa diri kita sebenarnya’.
Ini berbicara soal menjadi seseorang yg otentik, bukan berpura2 atau bertopeng, saya setuju banget!

saya juga setuju apa yg LieL katakan tapi yg ini terlalu Rohani :smiley:
sya gak tau apakah yg Tuhannya beda bisa menerima itu

Wah iya, kalau gitu dipelesetin aja:
Kita adalah sebagaimana kita diciptakan.

Tapi ntar ditanya teori Adam & Hawa, wahahaha repot banget.

Solusinya ambil apa yg saya katakan aja yah? :ashamed0002:
tapi tau deh LieL setuju apa nggak ;D

Btw Apakah TSnya dah menemukan jawabannya yah?
tak nongol2 :mad0261:

Ya terima diri apa adanya…Tuhan selalu punya Rencana yg indah pada anak-anakNya.