Rangkuman Pengertian NonTrinitarian

Dari hasil browsing aku mendapati ada beberapa subkategori dari ‘nontrinitarian’ yaitu :

  1. Unitarianisme : Bapa adalah Allah satu-satunya. Anak (Yesus) bukan Allah. Menurut hasil browsing sy dapati bahwa unitarianisme ada yg memandang anak sebagai manusia biasa yg akhirnya dipilih utk menjadi ‘anak’, ada sebagian penganut yg memandang Yesus adalah ‘allah’ bahkan boleh disembah namun bukan ‘Allah’ yang tertinggi. Jadi unitarianisme masih belum begitu tegas dan jelas tentang asal-usul anak. Yang sudah jelas dan pasti adalah bahwa unitarianisme memandang hanya Allah Bapa satu-satunya Allah sejati.

  2. Arianisme, nah ini adalah bagian dari unitarianisme yg lebih tegas soal status ‘anak’. Kira2 seperti ini pernyataan imannya tentang ke-Allahan : Bapa adalah Allah, Anak adalah ‘allah’ yg ‘pangkat’nya sedikit lebih rendah dari Bapa, berhubung karena anak (disebut "Logos’) diciptakan oleh Bapa pada permulaan segala sesuatu. Penciptaan segala sesuatu dilakukan melalui Logos. ROH KUDUS adalah tenaga aktif Allah. Saksi-saksi Yehuwa boleh dikatakan adalah Arianisme di jaman modern saat ini.

  3. Triteisme, Bapa, Anak dan ROH KUDUS ketiganya adalah tiga pribadi dalam tiga pribadi masing-masing (bukan satu seperti trinitarian). Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang suci Zaman Akhir (Gereja Mormon) boleh dibilang adalah penganut triteisme.

  4. Modalisme, Allah bekerja dan bermanifestasi dalam bentuk/mode ‘Bapa’, ‘Anak’ dan ROH KUDUS. Ketika di di Perjanjian Lama dia sebagai ‘Bapa’ yg disebut Yahweh, di PB dia datang menjadi manusia, disebut sang ‘Anak’.

  5. Binitarianisme, menekankan hanya Allah Bapa dan Anak saja Allah yg sejati. ROH KUDUS bukan Allah melainkan tenaga aktif dari Allah Bapa dan Anak.

Saran dan masukan terbuka, silakan koreksi atau kasitau kalo ada yg rancu.

Hmmm dengan adanya tulisan diatas menjadi koreksi buat saya pribadi :slight_smile: dimana sebelumnya saya mengatakan buah unitarian dan trinitarian adalah sama, saya koreksi menjadi buah modalisms dan trinitarian adalah sama.

Saya seorang pengikut Tuhan Yesus Kristus, dan saya hanya memahami Alkitab berdasarkan perkataanNya sebagaimana yang tertulis dalam Injil.

Mungkin perbedaannya dalam pemahaman iman saya adalah Roh Kudus adalah malaikat malaikat Kudus yang diutus baik dari jaman nabi nabi, jaman rasul rasul sampai ke jaman ini.

Jika di jaman PL mereka di utus dalam nama TUHAN, Allah Israel, di jaman rasul rasul sampai jaman ini mereka diutus dalam Yesus.

Mereka adalah penolong yang berasal dari Allah, penghibur yang diutus Allah untuk menolong dan menghibur orang yang berkenan agar segala rencana TUHAN, Allah dapat terlaksana hingga kesudahannya.

Mungkin demikian dulu dari saya, terima kasih.

Roh kudus itu malaikat dasarnya apa ?

Baca ibrani 1:7, 14 dan bandingkan dengan peristiwa pentakosta dan peristiwa lainnya dalam alkitab.

Salam

Roh kudus adalah malaikat menurut logikaku adalah blunder besar…

Kalao memang roh kudus adalah malaikat, masakan Yesus menyuruh orang utk membaptis dalam nama Bapa, Anak dan Malaikat?

ayat yg anda kutib tdk menyebut secara eksplisit roh kudus itu malaikat kecuali bermain2 dgn tafsir, bandingkan dgn ayat berikut

Lukas 1:35 (TB) Jawab malaikat itu kepadanya: "ROH KUDUS akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.

ada dua pribadi berbeda yaitu ROH KUDUS dan Malaikat

jadi msh ngotot malaikat itu ROH KUDUS ?

kalau dasarnya tafsiran belaka ya modalnya cuma begitu
kutip ayat aja berharap dia dapat tafsir yang sama seperti saya

karena kalau dijelasin murni dari Alkitab pun dasarnya gak akan kuat

Jika anda mengatakan hal diatas maka anda seperti orang dari tetangga yang meminta ayat dimana Yesus secara eksplisit menyebut dirinya adalah Allah.

Jika ingin berpatokan pada Yohanes 1:1 maka silahkan buat perbandingannya melalui Yohanes 20:31

Yohanes 20 : 31
tetapi semua yang tercantum di sini telah dicatat, supaya kamu percaya, bahwa Yesuslah Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya.

Ataukah untuk harus secara explisit ayatnya dimana saya harus mengutip bahwa malaikat adalah roh Kudus sebagaimana Yesus mengatakan bahwa Bapa adalah AllahNya dan Allah kita?

Yohanes 20 : 17
Kata Yesus kepadanya: “Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu.”

Bagi saya :

  1. Jika Roh yang diutus Allah menampakan diri dalam rupa manusia maka akan disebut sebagai malaikat

  2. Jika Roh yang diutus Allah tidak menampakkan dalam rupa manusia maka akan disebut sebagai Roh Kudus.

Salam

Benarkah?

Injil itu ialah Injil Matius, Injil Markus, Injil, Injil Lukas, dan Injil Yohanes.
Keempat Injil itukah yang @L.O.T maksudkan dengan “Injil”?
Jika “Ya”, berarti @L.O.T pada poin itu sepemahaman dengan Kristen lainnya.
Jika “Tidak”, lantas, apa saja yang @L.O.T maksudkan dengan Injil?

Semoga damai menyertaimu.
Amalkan Pancasila.
Kita adil, bangsa sejahtera.

:smiley:

maaf bro baru beralih ke board ini, kulihat anda terpanggil untuk menjawab saya di board ini :slight_smile: sehingga post 2 juni anda balas pada tgl 3 september :slight_smile:

Ok langsung ke pertanyaan anda :

berdasarkan pembicaraan kita sebelumnya saya sampaikan bahwa alkitab saya adalah alkitab TB LAI 1974 jadi jelas injil kita sama.

Pada diskusi di sebelah anda mengatakan bahwa kamus TB LAI sudah usang, itu dan anda tidak menggunakan
kamusnya jadi apakah alkitab anda berbeda dengan saya? mungkin alkitab anda alkitab milenial ya :smiley:

Salam

Benar.
Dari diskusi di antara kita, kusimpulkan, banyak hal yang @L.O.T artikan berbeda dari yang lazim diartikan orang lain.
Kupikir, agar diskusi berjalan lancar, maka kesamaan pemahaman terhadap suatu istilah ato kata adalah hal yang sangat penting.

Injilnya sama, tetapi mengartikan apa yang tercatat di Injil itu berbeda, ya?
Kristen mengartikan bahwa Yesus Kristus bukan ciptaan, melainkan Pencipta berdasar ayat Injil.
@L.O.T mengartikan bahwa Yesus Kristus adalah ciptaan. @L.O.T sepemikiran dengan Arius yang sudah dinyatakan sesat sejak abad IV. @L.O.T sudah mencoba menunjukkan ayat yang menjadi dasar pemahaman, tetapi dengan mencermati ayat-ayat yang @L.O.T tunjukkan, ditambah dengan mempertimbangkan konteksnya, belum memperlihatkan bahwa pengertian @L.O.T yang benar-benar benar.

Tentang Kamus Alkitab, menurut pendapatku, itu adalah pelengkap ato supplement untuk Alkitab. Dengan demikian, jika ada Alkitab yang menggunakan Kamus Alkitab, dan ada yang tidak menggunakan Kamus Alkitab, tidak berarti Alkitab yang digunakan berbeda.

Bertobatlah, Kerajaan Sorga sudah dekat.
Amalkan Pancasila.
Kita adil, bangsa sejahtera.

silahkan sampaikan apa yang perlu kita satukan terlebih dahulu

kita memahami Tuhan Yesus secara berbeda bro, coba baca tujuan injil ditulis baik Matius, Lukas dan Yohanes apakah untuk menyampaikan bahwa Tuhan Yesus itu Allah atau bukan?

jika pada peristiwa baptisan dalam nama Yesus di KPR 2 :

tritunggal mengartikan nama Yesus telah mewakili 3 pribadi

sabelian mengartikan nama Yesus adalah nama Allah sendiri sebab Dialah Allah yang telah menjadi manusia

saya mengartikan nama Yesus digunakan sebab keselamatan tidak ada di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."

dalam hal Tuhan Yesus diciptakan sudah jelas tertulis dalam alkitab bro, tetapi tentang tritunggal sendiri tidak tertulis, mengapa demikian? karena saat perumusannya tertulianus tidak mengambil dari alkitab melakinkan dari :

Ketika dia menyiapkan apa yang menjadi doktrin Trinitas, Tertulianus tidak mengambil terminologinya dari para filsuf, tetapi dari Pengadilan Roma. Kata Latin substantia bukan berarti “bahan” tetapi “hak milik”. Arti kata persona bukanlah “pribadi”, seperti yang lazim kita gunakan, tetapi merupakan “suatu pihak dalam suatu perkara” (di pengadilan). Dengan demikian, jelaslah bahwa tiga personae dapat berbagi satu substantia. Tiga pribadi (Bapa, Putra dan Roh Kudus) dapat berbagi satu hakikat (kedaulatan ilahi).

jadi saya menolak tritunggal bukan karena pribadi - pribadi yang ada didalamnya tetapi karena perumusannya yang tidak sesuai alkitab sehingga menjadikan ketiga pribadi itu setara dan itu tidak sesuai alkitab.

kata - kata dalam kamus tidak berdiri sendiri tetapi dari alkitab itu sendiri, jadi jika anda bilang usang itu tidaklah benar.

Menurut Kristen, Yesus Kristus itu yang disebut juga sebagai Anak Allah, Anak Manusia, ato Firman, bukan ciptaan.

Nah. Ada perbedaan pemahaman.
Semua Kristen setelah membaca Injil Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes menyimpulkan bahwa Tuhan Yesus Kristus tidak diciptakan melainkan diperanakkan.

Ayat berapa?

Kutipkan pendukungnya.
Pembahasan di sini bukan mengenai Sabelian ato Sabelianisme, ato Triteisme, melainkan Trinitarian.

Yesus yang Tuhan dan Juruselamat itu bukan ciptaan melainkan Pencipta.

Berikan kutipan informasi pendukungnya.
Semua orang yang membaca Alkitab mengatahui bahwa istilah Tritunggal ato Trinitas tidak tercatat dalam Alkitab. Esensi ato substansi Trituggal tercatat dalam Alkitab.

Alkitab memuat substansi, esensi, kodrat dari Tritunggal.

@L.O.T dan siapa saja merdeka membuat pilihan menerima ato menolak Tritunggal.

Ibr 8:13 Oleh karena Ia berkata-kata tentang perjanjian yang baru, Ia menyatakan yang pertama sebagai perjanjian yang telah menjadi tua. Dan apa yang telah menjadi tua dan usang, telah dekat kepada kemusnahannya.

Bertobatlah, Kerajaan SOrga sudah dekat. Jangan terlambat.
Amalkan Pancasila.
Kita adil, bangsa sejahtera.

Menurut kristen versi tertulian dan sabelian memang demikian, tapi kristen bukan hanya itu bukan?

:slight_smile: anda menggunakan analogi manusia kepada tritunggal, analogi itu juga akan ku pakai kepada Anak Allah.

Anda sebagai manusia diciptakan atau atau diperanakan?

coba baca ayat dibawah ini :

43:7 semua orang yang disebutkan dengan nama-Ku yang Kuciptakan untuk kemuliaan-Ku, yang Kubentuk dan yang juga Kujadikan!"

Yesus disebut dengan nama siapa?

mari kita lihat pengakuan Tuhan Yesus sendiri :

  • 5:43 Aku datang dalam nama Bapa-Ku dan kamu tidak menerima Aku; jikalau orang lain datang atas namanya sendiri, kamu akan menerima dia.

dan pesan Tuhan Yesus kepada anda :

14:23 Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.

beh sehat bro? sudah berulang kali dalam diskusi kita disebelah ku kutip ayat tersebut, sehat bro?

anda suruh ngutip tapi pada kalimat selanjutnya lain, ok deh gak ku kutipkan

baca lagi ayat yang ku kutip hari ini !!

anda minta bukti saya kasih bahwa apa yang saya yakini tercatat dalam alkitab, lucunya kalian meyakini apa yang tidak tersurat tapi apa yang tersirat :smiley:

tapi tidak secara jelas menyatakan bahwa Allah itu terdiri dari 3 pribadi dengan 1 hakekat bukan :smiley:

dalam alkitab juga mencatat malaikat disebut Allah dan Tuhan tapi tidak menjadikan malaikat itu TUHAN, Allah ISrael, mau ayatnya? nih :

22:11 Tetapi berserulah Malaikat TUHAN dari langit kepadanya: “Abraham, Abraham.” Sahutnya: “Ya, Tuhan.”

3:4 Ketika dilihat TUHAN, bahwa Musa menyimpang untuk memeriksanya, berserulah Allah dari tengah-tengah semak duri itu kepadanya: “Musa, Musa!” dan ia menjawab: “Ya, Allah.”

10:4 Ia menatap malaikat itu dan dengan takut ia berkata: “Ada apa, Tuhan?” Jawab malaikat itu: "Semua doamu dan sedekahmu telah naik ke hadirat Allah dan Allah mengingat engkau.

jika malaikat juga disebut sebagai Tuhan dan Allah apakah menjadikan malaikat itu TUHAN, Allah Israel? sekali-kali tidak Broooooooooooo

jadi dengan demikian apakah malaikat juga masuk dalam tritunggal? jelas tidak sebab tritunggal hanya konsep dibuat dibuat bukan berdasarkan alkitab, ini buktinya :

Ketika dia menyiapkan apa yang menjadi doktrin Trinitas, Tertulianus tidak mengambil terminologinya dari para filsuf, tetapi dari Pengadilan Roma. Kata Latin substantia bukan berarti “bahan” tetapi “hak milik”. Arti kata persona bukanlah “pribadi”, seperti yang lazim kita gunakan, tetapi merupakan “suatu pihak dalam suatu perkara” (di pengadilan). Dengan demikian, jelaslah bahwa tiga personae dapat berbagi satu substantia. Tiga pribadi (Bapa, Putra dan Roh Kudus) dapat berbagi satu hakikat (kedaulatan ilahi).

saya menulis dengan data dan fakta tulisan sedangkan anda hanya dengan klaim sepihak tanpa bukti catatan nyata dan hanya tafsiran belaka :smiley:

ya jelas, dan saya menolak doktrin buatan manusia yang bukan berdasarkan alkitab.

anda tidak mengerti ayat tapi berani mengutipnya :smiley:

kita bicara kamus tapi anda kutip mengenai taurat :smiley: … sehat bro?

Salam

Konyoool, konyol.
@L.O.T mengikuti aliran Arianisme, ya?
Kristen itu pengikut Kristus, sejak awal menganut Tritunggal. Pada abad IV, Arius yang menggagasi Arianisme dilabeli sesat. @L.O.T menganut kembali aliran yang sudah dilabeli sesat itu. Tetapi nekat mengaku diri Kristen.
Menyedihkan.
Kelompok yang tidak mengakui Firman Allah adalah Allah, bukan Kristen. Kelompok yang tidak mengakui Firman sudah menjadi manusia, bukan Kristen.

Konyoool, konyol.
Yesus Kristus itu sungguh Allah, sekaligus sungguh manusia.
Pernah @L.O.T membaca dan mengerti 1:25 Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.” Ayat itu menunjukkan Allah menganalogikan diriNya dengan manusia.
Bisa ditangkap?

Diciptakan. @Sotardugur Parreva itu manusia sungguhan.

Konyoool, konyol.
Demi membenarkan pemikiran sesatmu, ayat Alkitab @L.O.T penggal seenak perutmu.
Ayat itu satu sambungan dengan ayat 1. Perhatikan tanda petiknya, dibuka dari: "Janganlah takut, … di ayat 1. Nah, ayat 7 yang @L.O.T kutip itu lanjutan dari ayat 6, perhatikan ayat 6 yang diakhiri dengan tanda baca koma [,]. Kalimat akhir ayat itu terdiri dari ayat 6 dan 7 yang dipisahkan tanda koma [,]. Aku akan berkata kepada utara: Berikanlah! dan kepada selatan: Janganlah tahan-tahan! Bawalah anak-anak-Ku laki-laki dari jauh, dan anak-anak-Ku perempuan dari ujung-ujung bumi, semua orang yang disebutkan dengan nama-Ku yang Kuciptakan untuk kemuliaan-Ku, yang Kubentuk dan yang juga Kujadikan!" Ayat 7 itu memaksudkan bahwa semua orang yang dibaptis dalam nama Tritunggal dijadikan untuk kemuliaan Allah Tritunggal.

Konyoool, konyol.
Emang kenapa dengan yang @L.O.T merahkan itu?
Yesus datang memang dalam nama Bapa. Maka kedatanganNya karena diperanakkan, bukan diciptakan.

Konyoool, konyol.
Apa yang ingin @L.O.T sampaikan dengan 14:23 itu?
Tahukah @L.O.T bahwa 14:23 itu dikatakan Yesus bukan kepada awam melainkan kepada rasul?
Tahukan @L.O.T bahwa orang yang mengasihi Yesus, menuruti firmanNya, menerima baptisan dalam nama Bapa, dan Anak, dan Roh Kudus?
Kuduga, kekonyolan nalar @L.O.T tidak menangkap hal itu.
@L.O.T menduga ayat kutipanmu dapat menyelamatkan kekonyolan nalarmu menganggap Yesus Kristus sebagai ciptaan, e’e’eee… malah membenamkan nalarmu lebih dalam.
Segeralah bertobat.

Konyoool, konyol.
@L.O.T mau diskusi ato hanya nyampah?
Kalo mau diskusi, silahkan jawab kalo ditanya oleh pendiskusi lain.
@Sotardugur Parreva ya sehatlah.
Coba @L.O.T ke psikiater, dan konsultasilah. Mungkin psikiater punya resep untuk memulihkan @L.O.T.

SAMBUNGIN

SAMBUNGAN

Hahhaa… dasar konyol, kau @L.O.T.
Mengartikan ayat Alkitab itu bukan diisolasi dari ayat lain. Pemaknaan ayat demi ayat itu sinkron membentuk benang merah. Dari Kitab Kejadian sampai ke Kitab Wahyu, itu membentuk alur yang sinkron. Kalo @L.O.T mengisolasi satu ayat dan mengartikannya seenak perutmu, artinya, @L.O.T berhasrat mencari pembenaran, bukan mencari kebenaran.

Ayat mana?
@L.O.T itu hanya modal konyol tambah ngotot. :smiley:

Konyoool, konyol.
Tuhan Yesus Kristus mengamanatkan agar rasul memuridkan semua bangsa dengan membaptis mereka dalam nama Bapa, dan Anak, dan Roh Kudus, maksudmu hanya tersirat? Itu bukan tersirat.
Ruarr biasah.

Konyoool, konyol.
Bagi nalar konyol memang catatan di Kita Suci belum jelas. :smiley:

Konyoool, konyol.
Di ayat itu nyata-nyata dicatat Malaikat TUHAN, nalar konyol @L.O.T menangkapnya sebagai malaikat.

Ada apa dengan 3:4 itu? Apa yang hendak @L.O.T sampaikan? Tidak kubaca malaikat di ayat itu.

Ada apa dengan 10:4 itu? Apakah jika malaikat dipanggil sebagai Tuhan, apakah malaikat berubah menjadi Tuhan?

Nah, lo.
@L.O.T sudah mengetahui bahwa walaupun malaikat dipanggil sebagai Tuhan, [b]bukan mengubah malaikat menjadi Tuhan, kenapa dari tulisan @L.O.T di atas seakan-akan menunjukkan bahwa @L.O.T menyamakan malaikat sebagai Tuhan?

@L.O.T lumayan makin pintar pada poin itu.
Istilah Tritunggal, tidak tercatat di Alkitab. Manusia mencoba menggambarkan Tuhan dengan istilah Tritunggal. Sampai sejauh ini, istilah Tritunggal adalah istilah yang dipandang paling dekat untuk menggambarkan Tuhan.

SAMBUNGIN

SAMBUNGAN

Sampai sejauh ini, istilah Tritunggal adalah istilah yang dipandang paling dekat untuk menggambarkan Tuhan.

Konyoool, konyol.
Data dan fakta apa yang @L.O.T gunakan? Dari mana tulisan @L.O.T itu disalin? Itu hanya menggambarkan hasrat @L.O.T yang mencari pembenaran.
Sekalinya mengutip ayat, @L.O.T mengartikan seenak perutmu.

Konyoool, konyol.
Bertobatlah. Berikan dirimu dibaptis dalam nama Bapa, dan Anak, dan Roh Kudus.

Konyoool, konyol.
Sendirinya tidak mengerti tapi @L.O.T nekat menuding partisipan lain tidak mengerti.
Kamus apa yang @L.O.T maksudkan?
Untuk mengartikan kata apa di diskusi ini kamus yang @L.O.T maksud?

Sebelum terlalu jauh.
Apa landasan pengertian @L.O.T bahwa Yesus Kristus adalah ciptaan?
Tulisan @L.O.T di sebelum ini, tidak menunjukkan landasan pikir untuk Yesus Kristus adalah ciptaan.

Bertobatlah, Kerajaan Sorga sudah dekat, jangan terlambat.
Amalkan Pancasila.
Kita adil, bangsa sejahtera.

pertanyaan disini sudah saya tanggapi di diskusi ini :

saran saya mulai perbiasakan menjawab berdasarkan alkitab dan bukan berdasarkan pemikiran anda sendiri :wink: :wink:

salam