Rancangan Tuhan

Rancangan Tuhan itu selalu berujung indah… kata FirmanNya sih begitu

hear me,

Gw sudah melalui tahun - tahun kehidupan gw dengan berpegang nama Yesus dalam hati gw. Gw akui gw bukan seorang Kristen yang baik. Jauh dari baik malah. Pernah gw lalui hidup gw penuh dengan hadirat Yesus, tapi pernah juga gw gak sebut2 nama Dia.

Tapi semalam, gw mempertanyakan mengenai “rancangan Tuhan” ini sama temen gw. Gw mempertanyakan mengenai Firman bahwa Rancangan Tuhan akan baik pada akhirnya. Fine, tapi kenapa dalam prosesnya harus menyakiti umat manusia ? Even HIS own child.

Misal…
A (cewe), salah satu ANAKNYA yang sangat faithfull, dirancang untuk kenalan dan dekat dengan B agar bisa mengubah gaya hidup si B (cowo). Supaya B makin dekat sama Yesus.
Berhasil ? YUP!!! B berhenti ngerokok, B mulai ke gereja.
Tapi dalam prosesnya, sikap dan perasaan B mulai berubah ke A. Mulai dari sekedar teman biasa, teman dekat dan mulai jatuh cinta sama A. Ternyata, A menanggapi perasaan itu dengan perasaan yang sama.

Masalahnya : A sudah bersuami, B juga sudah punya jalinan cinta 10 tahun terakhir.

Apakah itu rancangan yang baik ?

ok…let say, “this is not the end…just wait…be patience”
hubungan A dan B akhirnya diketahui sama C (suami A). Mereka ribut.

Ini rancangan yang baik ? Yang indah pada waktunya ?

“its not the end…”
fine…lets wait.
kalau sementara kita menunggu, C melakukan bunuh diri, suatu dosa yang teramat besar karena mendahului Bapa. C harusnya masuk neraka.

IS THIS BEAUTIFUL ???

gw gak mencari ribut.
gw hanya mencari jawaban atas pertanyaan ini. dan pertanyaan2 gw yang lain.
gw berharap, ada yang dipake sama YESUS untuk menjawab pertanyaan ini…I hope…

Tenang bro. ini hanya riak-riak rumahtangga. semua rumah tangga disadari ataupun tidak disadari, diakui atau tidak diakui pasti mengalami hal semacam ini.
“Apa yang dipersatukan Allah jangan diceraikan oleh manusia”.
kunci bro.
Syalom

Saat mulai ada getar getar asmara… ini seharusnya … kedua belah pihak harus merespon "warning’ Roh Tuhan
spt sodara katakan … A adl orang orang yang sangat beriman :smiley:
Sblm semua terlalu jauh … biasane Roh Kudus pasti memberikan “suara” untuk spy saling menjauh

Itulah rancangan indah Tuhan :afro:
Dia berikan RohNya… untuk mengajar kita orang percaya…
Pertanyaanya: Apakah peringatan Roh Kudus itu didengar & dilakukan oleh A & B ngga???
Kalo ngga di dengar … janganlah menyalahkan rancangan Tuhan dunk :smiley:

Kalo mau balik ke rancangan Tuhan yang indah itu… lupakan hubungan yang mulai bersemi… kembali untuk mencintai pasangan masing masng … lebih lagi :afro:

Thanks bro, tapi that only a metafore, supaya message gw dimengerti :).

  1. Thanks buat respondnya
  2. Bukannya mau membantah, tapi malah timbul pertanyaan lain.
  3. Kita tau dari mana kalau apa yang dicontohkan itu sudah melenceng dari rancangan Tuhan ?
    Bisa aja kalau Tuhan memang menginginkan A, B atau C untuk ngalamin itu semua. Who knows, right ?

dr Firman Tuhan :coolsmiley:
Krn itu penting untuk membaca dan mengerti FirmanNya,
Ketika ada yang ngga beres dlm kehidupan kita … (melenceng dr rule_Nya ) Tuhan … sudah jelas itu bukan rancangan Tuhan.

Ex:
Tuhan ngga bakal ngerancangkan… seseorang yang sudah menikah untuk selingkuh dengan A,B,C dll…
ttp rancangan Tuhan senantiasa…untuk menyatukan mereka… sampai kematian yang memisahkan.

So… kalo toh tiba2 di tengah jalan… koq A yg udah merit ketemu dengan B dan bersemi cinta … itu lumprah … krn Wanita & Pria… kalo hubungan dekat … curhat2 an… memamg berbahahahahaya :smiley:

Krn hal spt itulah … janganlah mencoba’i diri sendiri… merasa imannya kuat… ngga taunya … malah terpikat.
Dlm bergaul… Tuhan memberikan kebebasan … itu pilihan manusia sudah …ttp Tuhan juga beri ruleNya juga dlm FirmanNya…

Bisa aja kalau Tuhan memang menginginkan A, B atau C untuk ngalamin itu semua. Who knows, right ?

keinginan Tuhan … kita bisa menjalin hubungan dengan siapapun, ramah thd siapapun… ttp
yang jadi keinginanNya pula… janganlah kita terjerumus dlm pergaulan yang kita jalin… :smiley:

Hubungan yang membuat kita jatuh dlm dosa sebaiknya dijauhi… kecuali memang kiane imun dengan dosa spt Yesus yang kebal dosa…
boleh jalin hubungan dengan siapa saja…dlm lingkungan apa saja :smiley:

kok kebiasaan yg tadinya sudah baik dirubah jadi kurang baik bung…??

masa’ yg begini kamu ga bisa bedakan…adakah YESUS mengajarkan kita untuk menyukai/mencintai istri orang lain…baca dong 10 perintah ALLAH…

rancangan baik versi siapa yg anda pakai…??
YESUS …?? ataw setan…??
kalo bagi saya,jelas ini rancangan baik versi setan…

maaf sebelumnya kalo agak keras…
dari sini mustinya anda tau n sadar bahwa jalan yg telah anda tempuh sudah salah…karna anda telah berusaha untuk menjalin hubungan dgn si A yg sudah menjadi istri orang lain…apakah menurut anda baik jika kita menjalin hubungan istri seseorang…??semestinya sedari awal anda bisa menahan diri untuk tidak mencoba menjalin hubungan dgn si A karna bagaimanapun ini adalah perbuatan yg memalukan diri anda sendiri…kenapa demikian…?? ya jelas,anda akan menjadi cemoohan orang2 ketika masyarakat mengetahui hubungan ini…anda dicap sbg laki2(biasanya perempuan) penghancur kehidupan RT orang lain,bahkan efeknya sampai pada anak2 mereka…

bukankah anda telah menjalin hubungan dengan seseorang dalam 10th terakhir…menjalin hubungan dlm waktu selama itu ga mudah loh bung,butuh kesetiaan yg tinggi n ternyata anda bisa,salut juga saya tapi ya itu pada akhirnya…
saya hanya berharap jangan sampai si C bunuh diri…karna jika terjadi saya ngga tau seperti apa rasa sesal anda n si A pada suaminya nanti…sebelum api itu membesar n menghanguskan seisi rumah,padamkanlah…selamatkanlah selagi ada yg bisa diselamatkan bung…saya percaya dalam hati kecil anda masih ada yg namanya KASIH…

kasihilah sesamamu seperti engkau mengasihi dirimu…
dan janganlah engkau hidup menurut keinginan daging,sebab ia jahat…

syalom…

@young partizan :
syalom for you too bro…

@alice :
thanks

@both of you and all FKers :
jadi bisa gw simpulkan bahwa sebenarnya rancangan Tuhan itu indah. Tapi karena manusia diberikan pilihan sama Allah untuk memutuskan sendiri, maka bisa melenceng dari rancangan semula ?

Trus, kalau udah melenceng. Dan let say, orang itu mau balik lagi ke rancangan Tuhan. Apa masih akan tetap indah ?

contoh nih :
C akhirnya bunuh diri. Kemudian A dan B tobat. A sangat2 terpukul meskipun dia tetap setia sama imannya.
Apa itu tetap indah ??

contoh lain :
Seseorang terpaksa kehilangan kakinya, karena dia gak mengikuti rancanganNya. Setelah itu dia tobat, tapi kakinya sudah gak ada. Itu indah ??

Gw hanya mencoba mencari jawaban atas semua pertanyaan yang ada di otak gw aja :D.

LP - Love and Peace

Yup!!
Ttp ngga semua pilihan manusia itu salah /melanggar Firman Tuhan.

Trus, kalau udah melenceng. Dan let say, orang itu mau balik lagi ke rancangan Tuhan. Apa masih akan tetap indah ?

Yup…ttp harus mll proses yang ngga nyaman (istilahnya harus bayar harga) :azn:

contoh nih : C akhirnya bunuh diri. Kemudian A dan B tobat. A sangat2 terpukul meskipun dia tetap setia sama imannya. Apa itu tetap indah ??

nah… inilah contoh… yang saya katakan ngga nyaman itu…
Akibat tingkah laku A & B yang melenceng … “ada korban”

contoh lain : Seseorang terpaksa kehilangan kakinya, karena dia gak mengikuti rancanganNya. Setelah itu dia tobat, tapi kakinya sudah gak ada. Itu indah ??

Ada tertulis demikian:

Mat 18:8-9

Jika tanganmu atau kakimu menyesatkan engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu masuk ke dalam hidup dengan tangan kudung atau timpang dari pada dengan utuh kedua tangan dan kedua kakimu dicampakkan ke dalam api kekal. Dan jika matamu menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu masuk ke dalam hidup dengan bermata satu dari pada dicampakkan ke dalam api neraka dengan bermata dua.

“Terkadang” Tuhan ijinkan seseuatu yang tragis menimpa anakNya … spy ngga salah jalan :mad0261:
Krn itu… sbg Tuhan ijinkan seseuatu yang tragis terjadi atas hidup kita… mending TOBAT & TAAT :afro:

Ibrani 12:5-13

Dan sudah lupakah kamu akan nasihat yang berbicara kepada kamu seperti kepada anak-anak: "Hai anakku, janganlah anggap enteng didikan Tuhan, dan janganlah putus asa apabila engkau diperingatkan-Nya; karena Tuhan menghajar orang yang dikasihi-Nya, dan Ia menyesah orang yang diakui-Nya sebagai anak."

Jika kamu harus menanggung ganjaran; Allah memperlakukan kamu seperti anak. Di manakah terdapat anak yang tidak dihajar oleh ayahnya? Tetapi, jikalau kamu bebas dari ganjaran, yang harus diderita setiap orang, maka kamu bukanlah anak, tetapi anak-anak gampang.

Selanjutnya: dari ayah kita yang sebenarnya kita beroleh ganjaran, dan mereka kita hormati; kalau demikian bukankah kita harus lebih taat kepada Bapa segala roh, supaya kita boleh hidup? Sebab mereka mendidik kita dalam waktu yang pendek sesuai dengan apa yang mereka anggap baik, tetapi Dia menghajar kita untuk kebaikan kita, supaya kita beroleh bagian dalam kekudusan-Nya.

Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Tetapi kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya.

Sebab itu kuatkanlah tangan yang lemah dan lutut yang goyah; dan luruskanlah jalan bagi kakimu, sehingga yang pincang jangan terpelecok, tetapi menjadi sembuh.

benar bung…TUHAN adalah sosok yg ADIL…bahkan ketika kita dijadikannya sbg manusia,TUHAN tidak pernah memperbudak manusia itu sendiri(yg ada manusia memperbudak manusia lainnya) n TUHAN tidak pernah memaksakan kehendaknya pada kita…kita diberi pilihan untuk menentukan hidup kita sendiri,ibarat kata TUHAN meletakkan kita berada dipersimpangan jalan,sbg bekal kita perjalanan kita nanti maka TUHAN membekali kita dgn akal pikiran supaya kita dapat membedakan manakah yg baik n manakah yg tidak…segala konsikuensi yg terjadi dalam perjalanan kita nanti adalah buah dari pilihan kita sendiri…dan itulah yg kita sebut kehidupan…

inilah akibat dari pilihan kita itu bung…setiap manusia akan menuai hasil dari yg telah manusia itu tabur sebelumnya…
Apa masih akan tetap indah ?
tergantung bagaimana manusia itu menyingkapi arti dibalik semua itu…

untuk contoh nih:

perbuatan si C…secara tidak langsung membuat A n B sadar n bertobat…lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali…semoga pertobatan ini akan lebih mendekatkan A n B pada TUHAN meskipun ada yg dikorbankan disini…
contoh nyata dalam keluarga tante saya: Asih adalah putri dari tante saya…oleh karna keegoan ibunya si Asih diusir pergi dari keluarganya…Asih pun tinggal n menumpang hidup bersama tantenya yg lain…ayah Asih kerap kali mendamaikan n meminta agar Asih dijinkan pulang n bersatu kembali bersama keluarganya…tetapi ibunya bersikeras n menolaknya…suatu hari asih jth sakit…rumah sakit dalam n luar negripun didatangi namun tak kunjung jg sembuh…Asih divonis sakit anemia…mereka memang telah bersama2 lagi seperti dulu tapi asih bukan yg dulu lagi…hingga suatu hari Asih kembali ke pangkuan ALLAH…ya,Asih telah berpulang meninggalkan ayah,ibu dan saudara2nya tuk selama_lamanya,

si C dan Asih adalh satu pelajaran kecil betapa TUHAN mengasihi umatnya…dengan kejadian ini diharapkan si A , si B serta ibunya Asih selalu ingat dan bersyukur kepada TUHAN atas segalanya yg telah diberikan pada mereka…dan ingat TUHAN tidak akan segan2 untuk mengambilnya kembali apabila kita menyianyiakan pemberianNYA…

untuk contoh yg lain:

lebih baik dia kehilangan kakinya yg satu daripada dia kehilangan semuanya sehingga tertutup kesempatan bagi dia untuk bertobat dan kembali pada jalan kebenaran…

bung…apapun masalah yg kita hadapi janganlah itu membuat kita menutup hati pada TUHAN…bersyukurlah dengan apa yg kita miliki dan bersyukurlah dalam keadaan apapun karna dari situ kita akan merasakan keindahan hidup ini dalam rancangan TUHAN…

sebagai bahan renungan cobalah buka kitab AYUB…
semoga bisa membantu…

syalom…

no doubt…rancangan Tuhan itu selalu baik…

but…we have to remmember…
di dunia ini ad peran Tuhan, peran Iblis, pera manusia…

maybe dalam cth kasus yg lu critain,si iblis itu ga suka kalo akhirnya ad manusia yg berubah jadi deket am Tuhan…dan akhirnya si iblis mulai berulah (acak2 rumah tangga)…
tapi…selama manusianya bisa menggunakan hikmah nya dengan baik…si iblis jg ga berkutik,pasti cek cok itu ga bakal terjadi…

dan kalo mpe jatu cinte…ini yg dinamakan HUMAN EROR…hahahaha…(manusianya juga yg eror…nyari penyakit…y kn?hehe)

jadi…
jgn pernah meragukan rancangan Tuhan…

GBU…

Rancangan Tuhan itu baik adanya, Dia merancang kebaikan untuk kita yang mengasihiNya.

Jadi, jangan keluar dari jalan Tuhan ya…

:slight_smile: salam.