Rahasia Injil

:slight_smile: Dear all, ayat alkitab hari ini mengenai :

3 Juli 2009

Berdoalah setiap waktu di dalam Roh dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus, juga untuk aku, supaya kepadaku, jika aku membuka mulutku, dikaruniakan perkataan yang benar, agar dengan keberanian aku memberitakan rahasia Injil
Efesus 6: 18b - 19

dan sebenarnya masih banyk lagi alkitab menyebutkan mengenai Rahasia, cth lainnya :

Rm. 16:25 Bagi Dia, yang berkuasa menguatkan kamu, --menurut Injil yang kumasyhurkan dan pemberitaan tentang Yesus Kristus, sesuai dengan pernyataan rahasia, yang didiamkan berabad-abad lamanya,

Sebenarnya apa yang dimaksud “Rahasia” tsb? :rolleye0014:

tidak ada yang rahasia dari injil, dari arti Injil saja kan Kabar Baik. Setau saya belum pernah berubah artinya menjadi Kabar Rahasia ( kecuali injil gnostik, yg sudah jelas2 tidak reliable)

rahasia kan katanya paulus. Yesus saja yang sumber injil saja tidak pernah menganggap pengajarannya rahasia. Bahkan disingkapkan untuk orang2 tidak terpelajar kata Yesus.

Paulus itu aneh, mengaku bertemu Yesus sampai buta padahal itu kan cuma halusinasi saja yang dia ceritakan supaya dia jadi rasul (tidak ada saksi lain yang melihat paulus bertemu Yesus).

Ngaku2 dibawa ke sorga segala, itu yang menyebabkan orang2 di bumi sekarang ini suka ngarang2 bikin buku penglihatan tentang surga (yang setelah dibaca isinya sunggguh2 membosankan sorga yang mereka gambarkan)

Yesus saja tidak pernah bilang ada yang namanya orang kudus, kalau orang berdosa ada.
ini jelas akal2an si paulus supaya dia dianggap orang suci. Tidak ada yang suci selain Yesus

Murid2 terdekat Yesus saja sering dikatain bebal dan lain2, lha ini kok ada orang yang nggak ada hubungannya ngaku2 rasul

jadi sekali lagi, segala omongannya paulus harus ditelaah lagi

Rahasia Injil adl: Yesus sendiri.

Dia yang dipilih dan ditentukan untuk menjadi korban tebusan sebelum dunia ini dijadikan.

1kor 2:6-7

Sungguhpun demikian kami memberitakan hikmat di kalangan mereka yang telah matang, yaitu hikmat yang bukan dari dunia ini, dan yang bukan dari penguasa-penguasa dunia ini, yaitu penguasa-penguasa yang akan ditiadakan. Tetapi yang kami beritakan ialah hikmat Allah yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah bagi kemuliaan kita.

1Pe 1:20 Ia telah dipilih sebelum dunia dijadikan, tetapi karena kamu baru menyatakan diri-Nya pada zaman akhir.

Krn sifat ke-Mahatahu-anNya krn jauh… sebelum manusia jatuh dlm dosa… Dia telah sediakan Juruselamat (Yesus) :afro:
TubuhNya … harus menjadi korban tebusan bagi manusia.

Heb 10:5 Karena itu ketika Ia masuk ke dunia, Ia berkata: "Korban dan persembahan tidak Engkau kehendaki–tetapi Engkau telah menyediakan tubuh bagiku–.

Silahkan kalo mau ditambahkan atopun dikoreksi… spy kita sama2 belajar ttg rahasia Injil :coolsmiley:

woke2

rahasia injil? sebelumnya, apa itu rahasia? bagi gua, rahasia itu adalah sesuatu yg belum diketahui.

coba d, ik3, flash back ke zaman2 dulu waktu baru terima Yesus, apakah baca Injil selalu bisa mengerti isinya? atau, coba liat aja pertanyaan2 dari member non Kristen, banyak dari mereka yg tidak mengerti rahasia Injil.

Orang tidak mengerti akan bilang kalo ada yg namanya Rahasia Injil, tetapi bagi kita tidak ada namanya Rahasia Injil.

btw, yg atas gua (Ray) bisa bahasa indo gak sich?

apa bedanya :

permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus, juga untuk aku

dengan

permohonan yang tak putus-putusnya untuk segala orang Kudus, termasuk aku

point pertama itu tidak bilang kalau orang2 kudus itu termasuk Paulus.
contoh: berikan makanan yg baru dimasak itu kepada anak2 miskin, juga untuk aku. apakah aku juga selalu bisa dikategorikan termasuk anak2 miskin?

btw, sebetulnya lebih parah lagi si Yohanes, ngaku2 sendiri bahwa dia itu murid Tuhan yang paling dikasihi, coba aja cek pernyataan itu cuma ada di Kitab Yohanes CMIIW

Yang tidak diketahui = gelap alias blank :mad0261:

rahasia mungkin pendekatakannya kearah… seseuatu yang disembunyikan :coolsmiley:

Ex: Yesus biasa memakain perumpamaan misal… itu ada seseutu rahasia (hal yang disembunyikan)

Mt 13:35 supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi: "Aku mau membuka mulut-Ku mengatakan perumpamaan, Aku mau mengucapkan hal yang tersembunyi sejak dunia dijadikan."

Ttp orang benar (percaya ) akan disigkapkan hal2 yang tersembunyi (rahasia)
Mr 4:11-12
Jawab-Nya: “Kepadamu telah diberikan rahasia Kerajaan Allah, tetapi kepada orang-orang luar segala sesuatu disampaikan dalam perumpamaan,supaya: Sekalipun melihat, mereka tidak menanggap, sekalipun mendengar, mereka tidak mengerti, supaya mereka jangan berbalik dan mendapat ampun.”

Tuhan Yesus bukannya pake perumpaan agar orang awam bisa ngerti atas apa yg dia bicarakan?

Mr 4:11-12
Jawab-Nya: “Kepadamu telah diberikan rahasia Kerajaan Allah, tetapi kepada orang-orang luar segala sesuatu disampaikan dalam perumpamaan,supaya: Sekalipun melihat, mereka tidak menanggap, sekalipun mendengar, mereka tidak mengerti, supaya mereka jangan berbalik dan mendapat ampun.”

Mengapa dengan perumpamaan… krn memang ada yang disembunyikan /dirahasiakan untuk orang2 luar …jelas banget ayatnya

Mr 4:11-12

Jawab-Nya: “Kepadamu telah diberikan rahasia Kerajaan Allah, tetapi kepada orang-orang luar segala sesuatu disampaikan dalam perumpamaan,supaya (read: agar…): Sekalipun melihat, mereka tidak menanggap, sekalipun mendengar, mereka tidak mengerti, supaya mereka jangan berbalik dan mendapat ampun.”

“Kepadamu telah diberikan rahasia Kerajaan Allah, tetapi kepada orang-orang luar segala sesuatu disampaikan dalam perumpamaan,supaya (read: agar…): Sekalipun melihat, mereka tidak menanggap, sekalipun mendengar, mereka tidakmengerti, supaya mereka jangan berbalik dan mendapat ampun.”

kenapa mereka yang telah melihat tetapi tetap tidak menanggap. dan kenapa mereka yang telah mendengar tidak mengerti. karena mereka gak ngerti dengan apa yg mereka lihat dan dengar, jadi wajar sekali mereka tidak merespon (dengan tindakan berbalik) sehingga mereka tidak bertobat (atau mendapat ampun)

jadi, bukan karena ada sesuatu yg dirahasiakan, tetapi Tuhan menggunakan perumpamaan supaya orang2 yg mendengar dan melihat bisa merespons (tidak berbalik) dan meminta ampun, karena perumpamaan lebih mudah dimengerti

kalau menginjili dengan bahasa tinggi atau terlalu Alkitabiah, orang yg kita injilin pasti berbalik (meninggalkan kita ngomong sendiri karena mereka bosan atau tidak mengerti) dan mereka tidak jadi bertobat (mendapat ampun).

makanya para penginjil lebih suka memakai contoh2 yg ada di lingkungan masyarakat tersebut, yg hampir mirip dengan perumpamaan

…, tetapi kepada orang-orang luar segala sesuatu disampaikan dalam perumpamaan,
supaya…
Sekalipun melihat, mereka tidak menanggap, sekalipun mendengar, mereka tidakmengerti, supaya mereka jangan berbalik dan mendapat ampun."

Kalimat yang dilanjut dengan kata supaya … itu adalah tujuan …
Jadi Tujuannya apa koq Yesus menyampaikan dengan perumpamaan…??
Jawabnya : supaya…orang orang luar …

Orang orang luar???
tentunya orang yang tidak percaya dengan pemberitaan salib Kristus…geto loh :mad0261:

Kalo dlm kalimat sebelumnya dikatakan “Kepadamu telah diberikan rahasia Kerajaan Allah”
karena mereka(read: murid2 Yesus/orang2 percaya ) menanyakan rahasia tsb kepada Yesus stlh Yesus menyampaikan FirmanNya…

Markus 4:12
Ketika Ia sendirian, pengikut-pengikut-Nya dan kedua belas murid itu menanyakan Dia tentang perumpamaan itu.

Baca komplitnya dlm Markus 4… Yesus memamaprkan semua rahasia perumpamaan itu dengan jelas dan lugas :coolsmiley:

Markus 4:21-22

Lalu Yesus berkata kepada mereka: "Orang membawa pelita bukan supaya ditempatkan di bawah gantang atau di bawah tempat tidur, melainkan supaya ditaruh di atas kaki dian. Sebab tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan tersingkap.

@alice
@chirpy

tolong BTT ya, pertanyaan TS kan ini:

bukannya membahas serba serbi tentang perumpamaan yang dipakai Yesus dalam memberitakan FT.

terima kasih buat kerjasamanya.

ini adalah jawaban dari salah satu advisor FK

@chrisma: saya rasa masih bisa diterima, karena TS membicarakan mengenai Rahasia Injil.

pandangan saya, tidak ada yg namanya Rahasia Injil jika kita sudah mengenal Tuhan Yesus, apalagi Tuhan Yesus sudah mengajarkan dengan perumpamaan, sehingga segala sesuatu menjadi lebih jelas.

sedangkan pandangan alice (CMIIW), ada yg namanya Rahasia Injil, karena itu ketika Yesus mengajar menggunakan perumpamaan, sehingga orang2 luar menjadi tidak mengerti dan menganggap itu sebagai Rahasia Injil

kalo menurut Chrisma rahasia Injil bgm?? :mad0261:

Saya rasa orang luar yang dimaksud adalah orang farisi. Para ahli hukum torat yang memang diharapkan mendengar tapi tidak mengerti.

Itu terjadi pada jaman Tuhan Yesus didunia.

Sekarang perumpamaan/analogy malah dipakai sebaliknya, supaya orang mengerti.

Dan perumpamaan yang disampaikan dengan tujuan supaya orang luar tidak mengerti mungkin hanya dikhususkan waktu itu saja, bukan setiap mengajar sengaja supaya orang luar tidak tahu. Jadi ada masanya Tuhan mengajar untuk semua orang, ada masanya untuk murid2nya saja.

minggu lalu digereja saya disinggung tentang suatu perintah dalam perjanjian lama dimana israel diminta menusnahkan semua mahluk termasuk ternak, manusia dll. untuk dibakar. Saya dulu heran, apa salahnya ternak kok dihukum juga. Lalu pendeta ini mengatakan bahwa menurut penelitian arkeology,termpat itu terkontaminasi dengan bakteri yang menyebabkan penyakit. Oleh sebab itu Tuhan ingin mereka membakar segala hewan dan mahluk hidup. Tapi perintah semacam ini kan tidak selalu, melihat sikon yang demi kebaikan.

Barangkali semacam inilah keadaanya, kadang2 Tuhan mengajar dengan perumpamaan supaya orang luar tidak mengerti kadang2 sebaliknya. Kadang2 Tuhan ingin kita menyaksikan kuasanya waktu menyembuhkan orang, kadang2 Tuhan melarang orang yang disembuhkan untuk bersaksi. Semua punya tujuan yang kita belum paham.

@chirpy, tks buat masukannya yang ini:

sejauh ini, chrisma setuju dengan:

sedangkan masalah yang ini:

IMO kembali ke daya tangkap atau cara berpikir seseorang, ada yang lebih bisa paham bila dijelaskan dengan memakai perumpamaan/ilustrasi, tapi ada yang justru bisa paham bila dijelaskannya tidak pakai perumpamaan.

Setodjo ma Alice bahwasanya Rahasia Injil adalah Yesus Kristus!

Sedangkan alur diskusi antara sista Alice dan Chirpy tidak menyimpang dari topik, malah dekat erat dengan topik ini. :smiley:

Yup!! itu artinya sodara sudah diberi (dikarunia’i) hikmat…atas rahasia Injil.
Sedang orang diluar sana (orang dunia/tidak percaya) sekalipun perumpamaan (read: peng-ibarat kata) yang paling mudah diberikan … mereka toh tetap tidak menangkapnya…malahan sering mereka melecehkan perumpamaan /ibarat kata tsb…
Why??

Krn tidak mendapatkan hikmat atas rahasia Injil Kerajaan sorga :afro:

Mat 13:10-11

Maka datanglah murid-murid-Nya dan bertanya kepada-Nya: “Mengapa Engkau berkata-kata kepada mereka dalam perumpamaan?”
Jawab Yesus: "Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak.

Lu 8:10 Lalu Ia menjawab: "Kepadamu diberi karunia untuk mengetahui rahasia Kerajaan Allah, tetapi kepada orang-orang lain hal itu diberitakan dalam perumpamaan, supaya sekalipun memandang, mereka tidak melihat dan sekalipun mendengar, mereka tidak mengerti.

Mengapa orang luar tidak sanggup/mampu menerima Yesus sbg Allah ??
Krn mereka belum dibukakan rahasia Allah :coolsmiley:

bro lu tu msti ingat disni lu tu sapa, tgs di forum sblh ja gk beres dh main2 ke sini!
jgn sok pamer ach, lama2 bt gw liat km

Makcutnya apa neh bro? BTT ah… :smiley: