PROTESTAN MENOLAK PEMBERIAN ALLAH


Hakikat diri manusia sebagai yang “menerima” dan Allah sebagai yang “memberi”. Sekali manusia melawan itu, ia melawan hakikat dirinya sendiri, ia melawan hakikat Allah sendiri, itulah yang terjadi dengan dosa.

Untuk memahami pernyataan diatas ada baiknya terlebih dahulu membaca tulisan saya tentang HAKIKAT DOSA disini: Hakikat Dosa - Pendalaman Alkitab - ForumKristen.com

Pada saat Tuhan memutuskan untuk masuk di dalam sejarah manusia, yang terikat oleh waktu dan tempat, Tuhan memilih untuk menjadi terikat oleh suatu bangsa dan komunitas tertentu, seperti yang ditunjukkan oleh Inkarnasi. Dan ini adalah merupakan rencana Tuhan, yang memang dimulai dari Adam dan Hawa (sebagai sebuah perkawinan), Nabi Nuh (sebagai keluarga), Abraham (dalam suatu suku), Musa (satu bangsa), Raja Daud (Kerajaan Bangsa Pilihan), dan kemudian YESUS (yang mendirikan Gereja Katolik dan mencakup seluruh bangsa).

Allah selalu bekerja dengan cara yang sama. Allah tidak pernah berubah dari awal hingga akhir. Ia selalu bekerja bersama orang pilihan-Nya. Ketika bangsa Israel mendesak dan meminta seorang raja, Allah telah memilih Saul dan Ia mengutus Nabi Samuel untuk “memberikan rahmat-Nya” kepada Saul.

Ketika Samuel melihat Saul, maka berfirmanlah TUHAN kepadanya: “Inilah orang yang Kusebutkan kepadamu itu; orang ini akan memegang tampuk pemerintahan atas umat-Ku. 1Samuel 9:17

Lalu Samuel mengambil buli-buli berisi minyak, dituangnyalah ke atas kepala Saul, diciumnyalah dia sambil berkata: [i]"Bukankah TUHAN telah mengurapi engkau menjadi raja atas umat-Nya Israel? Engkau akan [u]memegang tampuk pemerintahan atas umat TUHAN[/u], dan engkau akan menyelamatkannya dari tangan musuh-musuh di sekitarnya. Inilah tandanya bagimu, bahwa TUHAN telah[b] mengurapi engkau [/b]menjadi raja atas milik-Nya sendir[/i]i:( I Samuel 10:1 )

Lalu tampilah Saul sebagai Raja pertama atas Israel. Dan kita mengetahui, meski diurapi TUHAN, Saul tampil sebagai pemimpin yang arogan dan melawan ketetapan TUHAN ( I Samuel 13:13). Dan melalui Samuel Allah telah mengangkat Daud sebagai Raja, meski Samuel masih berkuasa.

Daud adalah Raja pilihan TUHAN atas Israel, namun Daud tidak membunuh Saul. Sebab Daud tetap memandang Saul sebagai orang yang diurapi TUHAN.

Tetapi kata Daud kepada Abisai: "Jangan musnahkan dia, sebab siapakah yang dapat menjamah orang yang diurapi TUHAN, dan bebas dari hukuman?"1Samuel . 26:9

Dan dengan taat Daud berdoa: Kiranya TUHAN menjauhkan dari padaku untuk menjamah orang yang diurapi TUHAN. Ambillah sekarang tombak yang ada di sebelah kepalanya dan kendi itu, dan marilah kita pergi." 1Samuel 26:11

TUHAN datang kedunia menunjuk PETRUS

Sabda Allah memberitahukan kepada kita bahwa di awal kehidupan-Nya di muka umum, YESUS memilih dua belas rasul untuk mengambil bagian dalam perutusan-Nya (lih. Mrk 3:13-19). KRISTUS memperbolehkan mereka mengambil bagian dalam kuasa-Nya dan mengutus mereka untuk memberitakan Kerajaan Allah dan kebenarannya, dan menyembuhkan orang sakit (lih. Luk 9:2). Melalui mereka dan para penerus merekalah KRISTUS memimpin Gereja-Nya. Maka, tak mengherankan, jika Sabda Tuhan mengajarkan, bahwa tiang penopang dan dasar kebenaran adalah Gereja, yaitu jemaat Allah yang hidup (lih. 1 Tim 3:15). Jangan lupa, bahwa KRISTUS telah memilih Rasul Petrus sebagai pemimpin Gereja-Nya, “Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga” (Mat 16:18-19). Jadi, kita ketahui bahwa KRISTUS telah memberikan kunci Kerajaan Allah ini kepada Rasul Petrus (lih. Mat 16:19), dan dengan demikian mempercayakan kepemimpinan jemaat-Nya di dunia ini kepada Rasul Petrus.

TUHAN kita telah turun ke dunia dan memberikan kepada kita GEREJA-NYA yang Ia bangun diatas PETRUS sebagai tanda bahwa hanya gereja yang dibangun diatas Petruslah yang Ia sertai sampai akhir Jaman. Sebagai Allah yang maha tahu, TUHAN mengetahui pada akhirnya nanti jemaatnya akan terpecah karena sebagaimana Penyesatan harus ada (lih Matius 18:7) Oleh karena itu TUHAN telah meninggalkan kepada kita sebuh tanda bahwa gereja manakah yang Ia sertai, dan tanda itu adalah PETRUS!! Jika hari ini kita menemukan banyak sekali gereja ingatlah TANDA yang diberikan TUHAN kepada kita, adakah Gereja itu dibangun di-atas PETRUS dan para penerusnya? Jika demikian, maka Gerejamu adalah Gereja yang didirikan oleh KRISTUS!

Tidak perlu untuk menjadi pintar bagi kita dalam memahami Firman Tuhan yang berbunyi: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.(Matius 16:18)

PETRUS adalah orang yang menerima dari TUHAN kuasa atas umat-Nya dan TUHAN menjanjikan akan menyertai gereja-Nya hingga akhir jaman. Dengan demikian kita harus memandang bahwa penerus petrus adalah orang2 yang (diurapi) menerima dari TUHAN kuasa atas umat-Nya. Seperti Daud yang memandang Saul sebagai orang yang menerima Kuasa dari TUHAN atas umat-Nya, ia menyerahkan keadilan kepada TUHAN sebagai hakim yang memutuskan perkara atas saul bukan malah membunuh Saul. TUHAN akan membalas kebenaran dan kesetiaan setiap orang, sebab TUHAN menyerahkan engkau pada hari ini ke dalam tanganku, tetapi aku tidak mau menjamah orang yang diurapi TUHAN.1Samuel 26:23

Jika kita merenungkan hal ini, maka kita akan mengetahui bahwa KRISTUS mendirikan satu Gereja (jemaat), dan menghendaki agar jemaat-Nya bersatu di bawah pimpinan Rasul Petrus dan para rasul. Sebab Tuhan YESUS menghendaki agar Gerejanya tetap ada sampai akhir zaman (lih. Mat 28:19-20), maka kepemimpinan Rasul Petrus dan para rasul ini juga terus berlangsung melalui para penerus mereka sampai akhir zaman. Nah, sekarang, Gereja (jemaat) manakah yang dipimpin oleh penerus Rasul Petrus? Jawabnya lugas dan sederhana: Gereja Katolik. Gereja Katolik sekarang dipimpin oleh Paus Benediktus XVI, yang merupakan penerus Rasul Petrus, yang jika diurut dari Rasul Petrus, menempati urutan ke 266.

TUHAN telah memberikan kepada kita Gereja-NYA sudah sepatutnya kita menerima pemberian TUHAN ini dengan taat dan tidak berupaya untuk mencoba mendirikan gereja. Sebab hanya TUHAN lah yang mampu mendirikan gereja bukan manusia. Karena YESUS mendirikan gereja diatas PETRUS dan penerusn-Nya, maka sebagai pendiri YESUS mampu memberikan perlindungan bagi gereja yang ia bangun hingga akhir jaman. Apa yang bisa Martin Luther berikan kepada gereja yang ia bangun? Janji perlindungan hingga akhir jaman kah? Sejarah telah mencatat bahwa gereja yang ia bangun terpecah berkeping-keping hingga puluhan ribu, sebab Martin Luther TIDAK PUNYA KUASA untuk memberikan perlindungan bagi gerejanya hingga akhir jaman. Seharusnya kita menerima Gereja yang didirikan TUHAN bukan malah mendirikan gereja sendiri sebab …


Hakikat diri manusia sebagai yang “menerima” dan Allah sebagai yang “memberi”. Sekali manusia melawan itu, ia melawan hakikat dirinya sendiri, ia melawan hakikat Allah sendiri, itulah yang terjadi dengan dosa.

Gereja Katolik telah berdiri selama 2000 tahun, dan kita mengetahui gereja Katolik mengalami banyak cobaan dan tantangan baik dari dalam maupun luar. Meski demikian JANJI TUHAN ATAS PETRUS berlaku sepanjang masa. Seperti Daud yang tidak membunuh Saul karena Saul adalah orang yang diurapi oleh TUHAN. Semestinya sikap Martin Lutherpun memandang Paus seperti itu, sehingga Martin Luther beroleh kesempatan untuk memperbaiki gereja dari dalam, sehingga tidak ada perpecahan dalam tubuh gereja. Namun nampaknya Firman Tuhan dalam Matius 18:7 yang berbunyi : Celakalah dunia dengan segala penyesatannya: memang penyesatan harus ada, tetapi celakalah orang yang mengadakannya. TERGENAPI!!

Broo@clay…

wAHH…narasi yang menarik…tapi narsis amat kesannya…!! Bermegah dalam pandangannya sendiri yang mengakui kebenaran ada berpihak diatasnya…?? Namun perlu di koreksi kebenaran yang seperti apa disitu yang diusung…??
Karena disatu sisi menyanjung dng mulia seorang Murid TYK yaitu Perus, tapi di satu sisi menyangsiklan apa yang telah di perbuat oleh hamba Tuhan yang lainnya untuk membangun suatu Gereja-NYa jauh di generasi setelah Petrus, yakni Martin Luther.

Menjadi aneh dan janggal sekali jika Gereja itu dari awal mulalnya sejarah munculnya gereja mula mula disebut Yesus lah yng mendirikan gereja katolik…?? Apa iya ada di Alkitab seperti itu…??

Kayaknya katolik itu muncul awal mulanya di Kota Roma loh…bukan dimana-mana…Karena kekaisaran romawi waktu itu masih ada dan belum jatuh. Ya…di vatikan muncul awalnya katolik itu .

Laahhhh terus kok judul tritnya kok membawa bawa nama Protestan segala sih broo@clay…?? apa mau di ganyang dihabisi , dikuliti, ditelanjangi gitu…?? heheheh ada apa juga relevansinya narasi yang dikeluarkan oleh pihak Vatikan tsb anda beri judul “PROTESTAN MENOLAK PEMBERIAN ALLAH”…

Wahh say perlu pencerahannya dong dari anda broo@clay…??? siapa tau persepsi saya yang salah bukan…??

Salam GBU

Bahasanya kok jadi mirip seperti agama tetangga tercinta? Tapi jika memang demikian niat anda saya hanya bisa berdoa dan mengimani: Memang setiap orang yang mau hidup beribadah di dalam KRISTUS YESUS akan menderita aniaya, 2Tim. 3:12

Dan TUHAN akan menguatkan saya dengan firman-Nya melalui rasul Paulus
Tetapi kuasailah dirimu dalam segala hal, sabarlah menderita, lakukanlah pekerjaan pemberita Injil dan tunaikanlah tugas pelayananmu! 2Tim. 4:5

Tulisan yang saya buat adalah ajakan yang disertai kerinduan kepada umat Protestan untuk menerima apa yang TUHAN berikan kepada kita (manusia) yaitu GEREJANYA YANG SATU KUDUS DAN APOSTOLIK yaitu GEREJA KATOLIK dibawah kepemimpinan Petrus dan penerusnya Paus Benediktus XVI.

TUHAN telah memberikan kepada kita Gereja-NYA sudah sepatutnya kita menerima pemberian TUHAN ini dengan taat dan tidak berupaya untuk mencoba mendirikan gereja. Sebab hanya TUHAN lah yang mampu mendirikan gereja bukan manusia. Karena YESUS mendirikan gereja diatas PETRUS dan penerusn-Nya, maka sebagai pendiri YESUS mampu memberikan perlindungan bagi gereja yang ia bangun hingga akhir jaman. Apa yang bisa Martin Luther berikan kepada gereja yang ia bangun? Janji perlindungan hingga akhir jaman kah? Sejarah telah mencatat bahwa gereja yang ia bangun terpecah berkeping-keping hingga puluhan ribu, sebab Martin Luther TIDAK PUNYA KUASA untuk memberikan perlindungan bagi gerejanya hingga akhir jaman. Seharusnya kita menerima Gereja yang didirikan TUHAN bukan malah mendirikan gereja sendiri sebab …

Hakikat diri manusia sebagai yang “menerima” dan Allah sebagai yang “memberi”. Sekali manusia melawan itu, ia melawan hakikat dirinya sendiri, ia melawan hakikat Allah sendiri, itulah yang terjadi dengan dosa.

Salam bahagia dalam nama TUHAN

apa mau di ganyang dihabisi , dikuliti, ditelanjangi gitu..?? heheheh

Alangkah manisnya tawaran ‘kasih’ seperti ini bro, apakah ada ajaran Kristus yang seperti ucapan anda itu??

Sejauh saya tahu,

Pope harus bishop dari Roma.

Kalau ada sistim bishop waktu itu, maka mestinya yang jelas pergi ke Roma adalah Rasul Paulus.

Hanya ada satu ayat dalam alkitab yang digunakan oleh pihak katolik bahwa Petrus pernah di Roma

Dibawah ini saya copy dari web katolik

Katanya babilon adalah kata kode dari roma.

Masalah ini sudah pernah saya tayangkan berkali2 hasil confrenece yang diadakan di Roma sendiri dimana seorang pembicaranya yaitu professor dari sejarah katolik cari oxford sendiri mengatakan

Babilon jadi kode buat kota roma itu setelah tahun 70 dimana waktu itu roma menghancurkan bait Allah sama dengan babilon dulu pada jaman daniel menghancurkan bait Allah.

Padahal sejarah baik dari katolik maupun sekuler mengatakan Petrus mati tahun 60an, seingat saya antara tahun 62 sampai 68 dan surat Petrus diperkitakan ditulis tahun 56 jauh sebelum babilon jadi kode buat roma.

Paulus jelas2 di Roma menginjil disana kenapa tidak dianggap jadi Pope roma?
Boettner is also wrong when he claims “there is no allusion to Rome in either of [Peter’s] epistles.” There is, in the greeting at the end of the first epistle: “The Church here in Babylon, united with you by God’s election, sends you her greeting, and so does my son, Mark” (1 Pet. 5:13, Knox). Babylon is a code-word for Rome. It is used that way multiple times in works like the Sibylline Oracles (5:159f), the Apocalypse of Baruch (2:1), and 4 Esdras (3:1). Eusebius Pamphilius, in The Chronicle, composed about A.D. 303, noted that “It is said that Peter’s first epistle, in which he makes mention of Mark, was composed at Rome itself; and that he himself indicates this, referring to the city figuratively as Babylon.”

@jacks

Apa ngga salah tempat menyampaikan pertanyaan2 anda itu di thread ini bro?

Hanya ada satu ayat dalam alkitab yang digunakan oleh pihak katolik bahwa Petrus pernah di Roma

Dibawah ini saya copy dari web katolik

Katanya babilon adalah kata kode dari roma.

[i]1 petrus 5 : 13

(13) Salam kepada kamu sekalian dari kawanmu yang terpilih yang di Babilon, dan juga dari Markus, anakku.[/i]

Petrus nulis surat ke babilonn (roma)

Justru ini bukti kuat bahwa dia tidak pernah pergi ke roma

"Ngapain petrus cape-cape tulis surat ke roma kalau dia ada di roma ? Justru karena dia tidak berada di roma maka dia menulis surat ke roma " ;D

Logika yang sederhana ;D

Shalom :afro:

@heretics

2 petrus 5 : 13

(13) Salam kepada kamu sekalian dari kawanmu yang terpilih yang di Babilon, dan juga dari Markus, anakku.

Petrus nulis surat ke babilonn (roma)

Justru ini bukti kuat bahwa dia tidak pernah pergi ke roma

"Ngapain petrus cape-cape tulis surat ke roma kalau dia ada di roma ? Justru karena dia tidak berada di roma maka dia menulis surat ke roma "

Logika yang sederhana

Wua ha ha ha ha, bro bro, coba tolong tuliskan dong apa bunyi ayat 2Petrus 5:13, KALAU ADA, ha ha ha

Jika anda maksudkan adalah ayat 1Petrus 5:13, maka seperti LAZIM nya orang BACA SURAT itu dari AWAL surat bro. Di awal surat (1 Petrus 1:1) SUDAH SANGAT JELAS kemana surat itu ditujukan.

1Ptr 1:1 Dari Petrus, rasul Yesus Kristus, kepada orang-orang pendatang, yang tersebar di Pontus, Galatia, Kapadokia, Asia Kecil dan Bitinia,

Udah ngerti sekarang gimana cara baca Alkitab bro, maksudnya, selain mata dibuka, nalar juga dipake.

Syalom

ups salah 1 petrus ;D

Trus kok anda cerdas sekali mengatakan petrus menulis surat dari roma ?

Mana ayatnya dia tulis surat dari roma ?
;D

Saya merasa aneh dengan si bruce

Dia ngasih ayat itu apaan ya maksudnya ? ;D ;D ;D ;D ;D ;D

Adegan srimulat ;D ;D ;D ;D

Last Edit: Today at 10:56:15 PM by Heretics2 »

Coba bro, biasakan bersikap JUJUR dan BERANI mengakui kalau anda melakukan kesalahan. Sudah pernah saya katakan di forum ini, bahwa apa yang anda tulis, akan tercatat, dibaca dan diingat oleh member lain. Percuma menyangkal. Jauh lebih dihormati jika berani mengakui dan minta maaf kalau perlu.

Tindakan anda barusan, sungguh menjijikan, dan membuat anda sebagai member yang tidak pantas dihormati.

Pahami itu sebelum melakukan hal lain yang lebih memalukan lagi.

Saya tidak akan bosan-bosan bertanya sama si bruce

1Ptr 1:1 Dari Petrus, rasul YESUS KRISTUS, kepada orang-orang pendatang, yang tersebar di Pontus, Galatia, Kapadokia, Asia Kecil dan Bitinia,

Nanya donk bruce , darimana anda bisa berkesimpulan petrus menulis surat ini dari roma hanya dengan modal ayat ini ? (ini yang saya tanyakan daritadi ) ;D

Dijawab ya , jangan ngeles trus seperti diskusi2 sebelumnya
;D ;D ;D ;D ;D

Jawab aja ya , jangan ngeles trus kek diskusi2 sebelumnya

Dengar bung, dengan tindakan yang amat sangat memalukan seperti itu, anda tidak layak berada di sebuah forum diskusi. Tetapi, karena saya bukan moderator forum ini, maka anda masih bisa berada di forum ini.

Tetapi, saja JIJIK berdiskusi dengan mahluk tidak punya malu seperti anda. Anda tidak punya arti lagi sedikitpun dihadapan saya. Silahkan anda mau ngomong apa, tetapi orang yang tidak punya malu dengan melakukan kesalahan fatal, mengeditnya kemudian, dan menyangkalnya, sungguh tidak layak berdiskusi dengan cara terhormat. NGERTI !!

Wuih kok ngambek ?

Tadi gagah sekali quotenya

[b]Wua ha ha ha ha, bro bro[/b], coba tolong tuliskan dong apa bunyi ayat 2Petrus 5:13, KALAU ADA, ha ha ha

Jika anda maksudkan adalah ayat 1Petrus 5:13, maka seperti LAZIM nya orang BACA SURAT itu dari AWAL surat bro. Di awal surat (1 Petrus 1:1) SUDAH SANGAT JELAS kemana surat itu ditujukan.

1Ptr 1:1 Dari Petrus, rasul YESUS KRISTUS, kepada orang-orang pendatang, yang tersebar di Pontus, Galatia, Kapadokia, Asia Kecil dan Bitinia,

Udah ngerti sekarang gimana cara baca Alkitab bro, maksudnya, selain mata dibuka, nalar juga dipake.

Syalom

Ini quote siapa ya ? ;D ;D

Apa hubungannya ayat di atas dengan kehadiran petrus di roma ? (masih blum dijawab lho) ;D

Misteri ;D ;D ;D ;D

Kok malah ngambek ya sekarang ? :rolleye0014: ;D ;D

wah wah wah.
emang om bruce belum pernah melakukan kesalahan yah ?
@ om bruce maafkanlah kesalahan orang lain, karena anda tidak berhak menghakimi orang lain. kemudian yg boleh menyatakan seseorang layak atau tidak bukanlah om bruce. Ingat masih ada yg lebih tinggi dari om bruce.

Kasihilah sesama mu.
Tuhan memberkati :angel:

stuju q ma bro heretics… syalom all. :rolleye0016: :happy0144: :onion-head80:

diskusi harus dengan keoala dingin wahai saudaraku,jangan pernah terpancing dengan amarah,karena amarah itu jebakan iblis… salam damai sejahtera!

Kan salah satu argument dari bro Clay diatas berdasarkan Petrus ditunjuk Tuhan jadi Pope pertama di Roma.

Jadi ini salah satu pilar dari argument bro Clay yang kebetulan saya pernah baca tidak seperti yang disampaikan oleh bro Clay.

Yang harus direnungkan adalah Paulus jelas2 dalam kisah rasul2 melayani di Roma.

Lalu sebagai apa? Kalau benar Petrus lebih tinggi kedudukannya dari Paulus, Kenapa Paulus di Roma ditulis dalam kisah rasul2 sedang Petrus tidak?

Ingat waktu Obama membeli anjing untuk anaknya saja masuk berita. Kalau kita orang2 kelas rakyat jelata mau beli kucing atau anjing tidak mungkin ada yang memberitakan.

Obama diberitakan karena orang penting.

Demikian juga kalau benar Petrus itu orang penting, pasti keberadaannya di Roma akan ditulis dalam kisah rasul2.

Sekali lagi keberadaan Paulus di Roma ditulis dalam kisah rasul2, kenapa keberadaan Petrus yang juga orang penting tidak ditulis dalam kisah rasul2.

Apa lagi kalau menurut katolik keberadaan Petrus di Roma itu sangat penting karena memosisikan Roma sebagai pimpinan pusat kristen. Kok sepenting ini tidak ditulis dalam kisah rasul2?