..Prioritas Hidup..

Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kehendak-Nya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu (Matius 6:33)

Bacaan: Matius 6:19-24

Setahun: 1 Raja-raja 20-22

Uang adalah salah satu aspek penting dalam hidup manusia. Bergulirnya aktivitas ekonomi yang menyertakan uang tak akan pernah habis. Bahkan, Benjamin Franklin mengeluarkan slogan “time is money”, seakan-akan seluruh hidupnya hanya diprioritaskan dan ditujukan untuk mendapat uang. Bukankah dewasa ini ada banyak orang yang dibutakan oleh uang? Sebenarnya uang bukan sesuatu yang jahat. Hanya, kita perlu menjagai sikap hati kita terhadap uang.

Itulah yang hendak Tuhan Yesus nyatakan kepada kita. Penumpukan harta yang tanpa tujuan sebenarnya justru akan membuat manusia khawatir. Atau, membuat manusia percaya pada diri sendiri secara berlebihan. Dan yang paling parah, membuat hidup manusia dikuasai oleh uang. Itulah inti perkataan Tuhan Yesus (ayat 24). Tuhan menegaskan bahwa di mana hati kita berada, di situlah prioritas hidup kita cenderung berada. Bila hati kita ada pada harta, maka seluruh waktu, pikiran, dan tenaga, kita konsentrasikan untuk mengumpulkan harta pula.

Tuhan Yesus tidak mengecam orang kaya. Buktinya, Zakheus pun dipanggil menjadi murid-Nya (Lukas 19:5). Namun Tuhan ingin agar kita memprioritaskan hubungan dengan-Nya di tengah rutinitas mencari nafkah setiap hari. Ketika kita menjalankan aktivitas ekonomi sehari-hari, hendaknya kita tetap memancarkan kasih Tuhan. Dengan demikian, cara kita mencari uang pun akan dipengaruhi oleh sikap hati. Inilah kuncinya agar kita tidak terjerumus dalam sikap cinta uang, yang merupakan akar dari segala kejahatan di bumi ini. Mari melihat ke dalam diri. Apa prioritas hidup kita hari ini? —BL

UANG MENJADI BERHARGA SAAT IA MENJADI HAMBA :afro:

DAN BERBAHAYA SAAT MENJADI TUAN ATAS KITA :’(


Matius 6:19-24

6:19 "Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya.

6:20 Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya.

6:21 Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.

6:22 Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu;

6:23 jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

6:24 Tak seorangpun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon."

hari gini,BBM naik… ;D
masihkah tertuju pada prioritas kekal?
(teguhkanlah hati kami… :ashamed0004:)

renungan yg bagus. :afro:

Menurut saya, prioritas hidup adalah :

  1. Pelayanan di Gereja & sejenisnya.
  2. Keluarga.
  3. Pekerjaan.
  4. Negara.
  5. Kebudayaan
    Semua itu menjadi prioritas. Tidak ada yang lebih penting dari yang lain.
    Karena pada saat penghakiman nanti. Semua itu akan diminta pertanggungjawaban oleh Allah.

Setahun lalu prioritasku keluarga, diri sendiri, dan uang… Tapi akhir tahun malah dikasih ‘cobaan’ buat ngingetin aku lagi bahwa Tuhan seharusnya diprioritas… Saat ini mencoba untuk mengubah prioritas lama. :slight_smile:

prioritas hidup kita

  1. Tuhan
    2.Keluarga
    3.Pekerjaan
    4.Pelayanan
    5.dll