Polisi Dituntut Bebaskan Ba'asyir

Liputan6.com, Surabaya: Ratusan Jamaah Ansharut Tauhid berunjuk rasa di depan Markas Kepolisian Kota Besar Surabaya, Jawa Timur, Jumag (13/8). Meski sempat memanas, situasi bisa dikendalikan setelah pimpinan pengunjuk rasa meminta massa menahan diri.

Aksi ini sebagai bentuk solidaritas terhadap Ustaz Abu Bakar Baasyir yang ditangkap polisi dengan tuduhan terorisme. Massa mensinyalir penangkapan itu merupakan skenario asing untuk memecah belah umat Islam. Massa juga yakin Baasyir tak terlibat terorisme sehingga harus segera dibebaskan dan menuntut polisi membersihkan nama baiknya.

Di Makassar, Sulawesi Selatan, puluhan mahasiswa juga menuntut polisi segera membebaskan Baasyir tanpa syarat. Mahasiswa menilai penangkapan itu perlu dipertanyakan. Mereka menilai tuduhan Baasyir adalah bagian teroris di Indonesia merupakan kebohongan belaka.

Di mata mereka, Baasyir adalah tokoh agama kharismatik yang dicintai rakyat Indonesia, khususnya umat muslim. Mahasiswa curiga dibalik semua itu ada peran besar Amerika Serikat.

Dalam aksi ini, mahasiswa membakar sejumlah poster bergambar Presiden Barack Obama dan bendera AS.(BOG)