pertanya iseng: bener gak sih JOHAN itu?

sering ada yang bilang kalo jodoh di tangan Tuhan bener gak sih???

aku jg ga bgitu ngerti hehehe…
saran plis…

bener donk… :slight_smile:

tapi tapi semua itu juga dari manusianya sendiri…
kalau ga ada usaha “PDKT” ama si Cewek ya ga mungkin … berhasil jadi isteri /suaminya

:smiley:

Kutipan dari : http://www.sarapanpagi.org/jodoh-di-tangan-tuhan-atau-manusia-denny-teguh-s-vt2695.html

JODOH DI TANGAN TUHAN
Pertama, jodoh di tangan Tuhan. Ada orang Kristen yang berpandangan bahwa jodoh di tangan Tuhan.

Presuposisi
Apa yang melatarbelakangi pemikiran ini? Konsep ini didasari oleh pemikiran theologi Reformed bahwa apa pun di dunia ada dalam pemeliharaan (providensia) Allah. Allah adalah Allah yang memelihara segala sesuatu. Itulah wujud kedaulatan Allah. Jika Ia berdaulat atas segala sesuatu, mengapa untuk masalah jodoh dikecualikan dari kedaulatan Allah? Meskipun ajaran ini benar, tetapi penganut konsep pertama ini mengekstremkannya. Jika ditelusuri, konsep ini mirip dengan pandangan Hiper-Calvinisme (http://en.wikipedia.org/wiki/Hyper-Calvinism) yang meniadakan konsep tanggung jawab manusia dan terlalu menekankan kedaulatan Allah. Tidak heran, juga seorang Hiper-Calvinis tulen akan “konsisten” menjalankan konsepnya baik di dalam doktrin maupun aplikasi hidup, meskipun bertentangan dengan ajaran Alkitab. Seorang Hiper-Calvinis yang tidak mempercayai tanggung jawab manusia akan malas memberitakan Injil (karena bagi mereka sudah ada predestinasi dari Allah, buat apa memberitakan Injil) dan juga malas mencari pasangan hidup sendiri.

Presuposisi kedua yang melatarbelakangi konsep ini adalah konsep “cuek.” Ini yang lebih parah. Orang yang mengatakan bahwa jodoh di tangan Tuhan dilatarbelakangi oleh kecuekan dirinya memikirkan tentang pasangan hidup. Artinya, mereka malas mencari sendiri pasangan hidup, lalu menyerahkan tanggung jawabnya ini kepada Tuhan Allah.

Akibat dan Analisa Theologis (dan Filosofis)
Lalu, apa akibat konsep ini? Konsep ini mengakibatkan seseorang di titik pertama tidak bertanggungjawab mencari pasangan hidupnya yang beres sesuai kriteria Alkitab. Kalau orang ini seorang cowok, ia akan menunggu sampai cewek itu yang memberi respons kepada si cowok. Setelah bertemu dengan pasangan hidup yang cocok tersebut, orang ini berpacaran dan menikah, karena ia menganggap itu adalah jodohnya. Tetapi sayangnya, setelah menikah beberapa bulan bahkan tahun, mereka bercerai, lalu dengan mudahnya mengatakan bahwa pasangannya dahulu bukan jodohnya. Kemudian, ia akan marah kepada Tuhan dan menyalahkan-Nya. Logika ini sungguh lucu. Jadi, para penganut konsep ini hendak mengatakan bahwa jodohnya itu mutlak di tangan Tuhan (dan manusia tidak bertanggungjawab sama sekali), lalu setelah mereka bertemu dengan jodohnya, namun tidak cocok bahkan bercerai, yang disalahkan adalah Allah! Padahal Alkitab mengajarkan kita untuk mencari pasangan hidup yang seiman dan sepadan.

jodoh di tangan saya… restunya dari Tuhan :afro:

hayo lice :smiley: ntar Papa Yesus marah lho… ;D

Yoh. 15:7 Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.

termasuk jodoh… :monkeys19:

jadi gk ada yang nama johan yah kk…

Mat. 19:6 Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia."

tapi kenapa masih banyak yang bercerai ya… padahal dalam janji nikah dia mau terima apa adanya…? ~_~’’

Mazmur 37:4 dan bergembiralah karena TUHAN; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu.

Tuhan itu baik minta apa aja di kasih … aku udah 2x minta dan itu benar-benar terjadi (2x ini yang benar sadar) sebenernya tiap hari juga di kabulin… GB

Koan jodoh selera kira … Rule-nya tentu pake rulenya Tuhan
Yang seiman , yang sepadan pasti Tuhan restui :afro:

weh…la ini … krn manusia ngga bisa jaga komitmennya trus … ngga bisa buang ego nya
Untuk jadi satu memang harus buang ego …kalo ngga buang ego … yah tetap jadi dua

ooo gitu ya bro. saya mau minta ahhh.
minta supaya : bro liberty seumur hidup men-jomblo…
mudah2an di kabulin clingak clinguk sembunyi di bawah meja – takut kena timpuk hehehe

hehheh… papa Yesus … mah baik banget … :onion-head83:

jadi jomblo man itu juga boleh … asal bisa nguasai … diri

wah doanya kk Milkyway galak hahhahaha…

kuberi 2 permintan…

wah mau jadi jomblo sejati hahhahah

gak boleh tuh kata Tuhan juga suru buat keturuan penuhi bumi ini. (2anak cukup) program kb

paulus jomblo…juga

Iya dulu Tuhan suruh buat keturunan karena manusia masih sedikit… sekarang? kebanyakan kali…lebih banyak yg berdosa lagi…

iseng … :smiley:
Krn itu paulus bilang …
1Co 4:16 Sebab itu aku menasihatkan kamu: turutilah teladanku!

wah… bro milky…
jangan donk bro :slight_smile: hehehe

ntar jadi romo atau pastur saya… ;D padahal ga minat…

  • in ah jadi biksu juga ahahaha biar gak makan daging … hahahah