PERSAMAAN Katholik dan Kristen

Rekan-rekan terkasih, Salam Sejahtera,

Saya sedih membaca treat-treat yang isinya saling menghina dan menjelekkan berkaitan dengan keberadaan Kristen maupun Katholik. Saya rasa ini sungguh bukan menjadi berkat karena menentang perintah Tuhan Yesus.

Ketika di taman Getsemani, dalam doaNya, salah satunya Yesus berdoa untuk kesatuan mereka yang percaya akan pemberitaan para rasul, yaitu kesatuan kita. Kesatuan itu adalah supaya kita menjadi satu sama seperti Bapa dan Yesus adalah satu. IDENTIK walaupun punya fungsi dan tanggung jawab yang berbeda. Cf Yoh 17.

Jadi dalam treat ini saya mengajak anda siapapun anda dari denominasi manapun anda yang menerima bahwa ALKITAB adalah Firman Tuhan, yang mengaku Yesus KRISTUS TUHAN, dan mengakui keberadaan ALLAH TRITUNGGAL, berbagi dan mengejar kesatuan.

Nah, silakan anda sebutkan satu persatu persamaan dari Kristen dan Katholik.

Salam Keesaan Gereja. Salam Damai

Sama-sama percaya Paulus adalah rasul bro…sama-sama percaya kalau Yesus mati disalib, sama-sama percaya kalau maria itu Ibu Yesus, dan sama-sama percaya tentang Tuhan yang Esa… :slight_smile:

Jam Rolex yang asli buatan Eropa dan jam “Rolex” palsu buatan China, untuk mata seorang yang terlatih sekalipun hal itu sangat menyulitkan membedakannya.

tetapi harganya amit bedanya. Yang asli Rp. 20 juta/buah yang palsu Rp. 500 rebu/buah.

inti dari pemalsuan adalah : MEMBUAT SEBANYAK MUNGKIN DETAIL YANG SAMA, TETAPI TETAP MENJAGA SIFAT MURAHAN ITU ADA, KARENA MURAHAN YANG DIBUNGKUS “ASLI” ITULAH GAMENYA, MERAUP KEUNTUNGAN DARI SEBUAH PENIRUAN.

jadi mari kita hentikan membicarakan kesamaan jika ada hal asasi di bawah permukaannya.

sekedar pendapat aja :afro:


Jadi jam rolex yang asli itu yang mana bro? Katholik atau Kristen?

Kalau mau cari perbedaan silakan mampir di treat sebelah.

Treat ini hanya mencari persamaan. Tidak ada seorangpun yang benar itulah Firman. Kalau kita tidak benar mengapa cari salah orang? atau karena kita tidak benar maka kita cari salah orang?

Salam damai

Ada persamaan lain?

Persamaan rolex dengan ROLEX mksudnya masbro… :ashamed0004:

Begitulah sis… biasalah sedikit tahu merasa tahu, banyak tahu mengerti bahwa tidak tahu.

Ilmu padi dari leluhur, mereka yang berisi akan rendah hati, mereka yang kosong akan mendongak diri.

Yoh 15:12 Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu.

sama sama anak Tuhan :3

problem ?

no offense ya mas bro dan sis semua, silahkan dilanjutkan, hanya mengingatkan saja :slight_smile: no hurt feeling.
sampai ketemu di thread lain :afro:

salah orang kaleee mas cd,
emang iya kita sempet ngobrolin soal itu, tapi sebenarnya soal itu bukan soal saya, tetapi seorang kawan saya, lupa namanya, yang menurut brow cd beliau ingin mengkoreksi rumah tangga mas.

padahal saya waktu itu bilang jangan samakan gereja kayak rumah tangga, karena gereja itu milik TUHAN kita semua di dalamnya, sehingga siapa yang seenaknya merenovasi, perlu kita laporkan kepada Tuan Rumah … hehehehe :slight_smile:

Orang biasa hanya mencari persamaan tetapi orang yang berhikmat mengetahui perbedaan.

Mencari persamaan dekat dengan persatuan tetapi mengenal perbedaan dekat dengan kebenaran.

Persatuan dengan mengorbankan kebenaran bukanlah kesejatian.

Shalom Aleichem

Bukan menutup mata akan perbedaan, tetapi sesuai doa Tuhan, maka yang dilihat adalah hal yang menyatukan. Belasan tahun yang lalu ada seorang adik kelas tanya, “kak, apa beda antara Kristen dan Katholik?” saya balik bertanya, “kalau kamu sudah tahu mau buat apa?”

Pengetahuan akan perbedaan yang dangkal akan membuat orang saling memusuhi, memahami kedalaman keduanya akan membawa dalam kesatuan.

Salam persatuan

kalo nggak salah brow gondola bisa mempostingkan sampai 100 ajaran katolik yang bertolak belakang dengan ajaran Alkitab. dan itu bukan perbedaan yang dangkal

Hal yang terutama yang Tuhan tuntut adalah saling mengasihi. apakah dengan mengetahui perbedaan dan melemparkan kebencian akan mendorong orang bisa saling mengasihi?

Superioritas selalu membawa orang pada merendahkan yang lain sementara yang Tuhan ajarkan adalah kerendahan hati.

Berbahagialah mereka yang membawa damai karena mereka akan disebut anak-anak Allah.

Salam Damai…

Kalau kita belajar dari Yesus maka perbedaan dengan semua ajaran ahli agama yang paling sengit didalam pelayanan-Nya.

Yesus tidak pernah berkompromi dengan ketidakbenaran.

Yesus mengatakan Dia bukan hanya datang membawa damai tetapi juga pedang yang memisahkan seseorang dengan keluarganya sekalipun (Mat.10:34).

Kalau kita lihat tulisan tulisan Paulus,Petrus dan Rasul lainnya maka peringatan akan kepalsuan memenuhi ajarannya,apakah nabi palsu,Injil palsu,guru palsu,saudara palsu,Mesias palsu,dll.

1 Kor.11:19 Sebab di antara kamu harus ada perpecahan, supaya nyata nanti siapakah di antara kamu yang tahan uji.

Hanya didalam kebenaranlah persatuan mendapat tempat dan Firman Tuhan adalah kebenaran.

Shalom Aleichem

Pak satya yang dikasihi Tuhan.

Bukankah lebih menyedihkan kalau kita tidak mau saling mengingatkan sehingga akhirnya banyak yang tersesat dan masuk neraka?

Mobil dan traktor itu banyak persamaan, sama2 punya mesin sama2 punya ban sama2 punya setir dll. Tapi toh tidak sama.

Menghina dan saling membenci memang bukan kehendak Tuhan. Namun dengan kasih Tuhan menghendaki kita saling mengingatkan.

Saya mau mengulangi apa yang saya baca di situs katolik, saya copas dibawah ini.

Apakah Pak Satya percaya bahwa kalau orang memakai kalung skapula sampai mati pasti masuk surga?

Kalau saya, yang saya percaya adalah kalau orang mengundang Yesus sebagai Juru selamat, dan bertahan sampai mati dia masuk surga.

Saya tidak tahu bagaimana dengan Pak Satya.

Apakah manfaat dari skapulir ini?
Manfaatnya adalah tergabung dalam persaudaraan dari skapulir tersebut. Misalkan seseorang menggunakan skapulir coklat, maka dia tergabung dalam persaudaraan “our Lady of Mt. Carmel”. Dan Bunda Maria menjanjikan untuk orang-orang yang memakai skapulir sampai pada akhir hayatnya akan diselamatkan.
Namun satu prinsip yang harus kita pegang, benda-benda seperti rosario, skapulir adalah benda-benda sakramentali. Katekismus Gereja Katolik (KGK, 1667-1668 mengatakan:
1667: “Selain itu Bunda Gereja kudus telah mengadakan sakramentali, yakni tanda-tanda suci, yang memiliki kemiripan dengan Sakramen-sakramen. Sakramentali itu menandakan karunia-karunia, terutama yang bersifat rohani, dan yang diperoleh berkat doa permohonan Gereja. Melalui sakramentali hati manusia disiapkan untuk menerima buah utama Sakramen-sakramen, dan belbagai situasi hidup disucikan” (SC 60). (Bdk. CIC, can. 1166; CCEO, can. 867.)”
1668 “Gereja mengadakan sakramentali untuk menguduskan jabatan-jabatan gerejani tertentu, status hidup tertentu, aneka ragam keadaan hidup Kristen serta penggunaan benda-benda yang bermanfaat bagi manusia. Sesuai dengan keputusan pastoral para Uskup, mereka juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kebudayaan serta sejarah khusus umat Kristen suatu wilayah atau zaman. Mereka selalu mempunyai doa yang sering diiringi dengan tanda tertentu, misalnya penumpangan tangan, tanda salib, atau pemercikan dengan air berkat, yang mengingatkan kepada Pembaptisan.”

Mengenal perbedaan dekat dengan kebenaran? Kalau masing-masing merasa dirinya benar? Saudara sepupu kita saja merasa dirinya benar. Perbedaan ya jika tidak disikapi bijak ya jadi perpecahan.

Walaupun dilemparkan 1000 alasan mereka sesat apa iya mereka akan bilang anda tidak sesat juga? Sama aja ujungnya, mereka juga punya alasan untuk membela diri, terus mau sampai kapan begini?

Capcay deh… :smiley:

Yang disebut persatuan itu apanya? Ajarannya kah?

Saya lihat ajarannya sih tidak satu. Kenapa harus dikatakan satu atau disatukan?

Bro mengatakan kalau tidak disikapi dengan bijak akan terjadi perpecahan.

Apa sekarang ini belum terjadi perpecahan. Sekarang ini sudah pecah. Dan kalau mau disatukan ya satukan ajarannya. Kalau ajarannya tidak satu ya jangan bilang bersatu.

Yang penting jangan bunuh2an jangan saling membenci jangan saling inkuisisi.

Kalau mau satukan ajarannya salah satu harus rela mengikuti yang lain.

Misal kalau protestan mau bersatu dengan katolik harus percaya kalau pakai kalung skapula sampai mati bakal naik surga.

Harus mengakui doa penyerahan pada bunda maria dll.

Oleh karena itulah Roh Kudus mewahyukan Firman Tuhan agar ditulis dan menjadi tolok ukur yang sempurna akan semua klaim kebenaran.

Hanya satu alasan saja untuk suatu kebenaran yaitu berdasarkan apa yang keluar dari mulut Allah.

Shalom Aleichem