Pernah mencuri dimasa kecil (SD), saya harus apa????

saya pernah mencuri sebuah telepon genggam dari teman saya sewaktu SD. Sudah sekitar 9 tahun hal tersebut berlalu. Namun saya sekarang masih ada rasa bersalah, saya sudah menerima Tuhan Yesus dan bertobat kearah yang benar namun didiri saya merasa saya harus menebus kesalahan saya sewaktu SD. Saya bingung, takut, gelisah dengan hal tersebut.
Saya berencana mengembalikan HP teman saya dengan keadaan baru dan menulis surat kepadanya tanpa nama. apakah Tuhan dapat mengampuni saya dengan rencana usaha saya??? apa yang harus saya lakukan?? disisi lain saya takut bila saya dilaporkan oleh polisi…
saya bingung, mohon bantu saya. Hal ini menganggu pikiran saya sehari - hari…

Menurutku, Lakukan dahulu yang kamu rasa adalah hal yang baik. Kembalikan apa yang telah kamu ambil. Masalah mengaku, itu urusan belakang dulu. Kadang mengaku takutnya juga hanya akan menyebabkan celaan, hinaan dll. Tunggulah waktu yang terbaik, mungkin akan datang di masa depan.

Masalah Tuhan mengampuni atau tidak, itu adalah urusan Tuhan. Tuhan bisa melihat ke dalam hati nurani manusia, melebihi apa yang kamu pikirkan. Dia tau apakah kamu telah menyesali kesalahanmu dan bertobat atas apa yang telah kita lakukan.

Hidup ini hanya sementara, kadang kita khilaf, kadang kita kacau, kadang kita mengacau, Tuhan Mengerti hal itu karena Dia yang menciptakan kita. Memohon ampunan kepadaNya dan ku yakin Dia mendengarkan.

syalom,
salam Kenal saudaraku @helloitisme
perkenankalah kubagikan sedikit tanggapan mengenai pengalaman yang bro bagikan tersebut…

saya rasa semua manusia pernah melakukan kesalahan di masa lalu, saya juga pernah melakukan kesalahan, dimana kesalahan tersebut tetap menghantui dalam Jangka waktu yang cukup lama…

Namun saya sekarang masih ada rasa bersalah,

rasa bersalah tersebut adalah Hukuman akibat perbuatan dosa tersebut…

  1. rasa bersalah itu adalah seperti alarm yang diciptakan Tuhan di dalam otak kita, bahwa sudah terjadi kesalahan atau pelanggaran terhadap Hukum Tuhan.

  2. sama seperti kalau kita lembur dan tidak tidur sepanjang malam untuk pertama kali maka pagi harinya biasanya akan terasa pusing dan tidak bergairah.

Perasaan Bersalah, dan Rasa Pusing dalam contoh 1 & 2 diatas adalah Alarm yang diciptikan Tuhan di dalam otak dan tubuh kita untuk memberi signal bahwa sudah terjadi Pelanggaran Hukum Tuhan. yaitu Hukum Moral dan Hukum Kesehatan.

namun apabila Signal Signal tersebut diabaikan, maka Otak atau Tubuh akan kurang bereaksi atau kurang peka terhadap alarm tersebut… maka gantinya minta ampun dan bertobat. manusia pelanggar tersebut akan melanjutkan kesalahannya tanpa perasaan bersalah lagi. sebab alarm tubuhnya sudah tumpul akibat kebebalan.

nah… apa yang saudara @helloitisme alami saat ini sebetulnya adalah kabar baik… sebab ROH KUDUS Tuhan sudah mengaktifkan kembali alarm Tubuh yang sudah tumpul sekian lama… saya meyakini demikian terbukti dari pengakuan bro @helloitisme berikut ini: saya sudah menerima Tuhan Yesus dan bertobat kearah yang benar

nah, sebagai saudara di dalam Tuhan, saya mau dan bersedia menuntunmu kepada Tuhan agar di berikan Damai Sejahtera dan lepas dari Hukuman Rasa Bersalah tersebut.

tahap Pertama Silahkan Baca Buku Berikut ini, https://forumkristen.com/index.php?topic=58341.60
Khususnya Bab 3 buku tersebut adalah Tulisan seseorang yang kuyakini sebagai Nabi Tuhan dan tulisan dalam buku tersebut sudah aku tuliskan untukmu, jauh sebelum [email protected] aktif dalam Forum ini… :slight_smile: :), buku tersebut adalah Surat Cinta Tuhan bagimu… :slight_smile: :slight_smile:

kalau sudah dibaca, silahkan reply kembali tulisanku ini, maka tahap selanjutnya akan kita diskusikan kembali…

Saya berencana mengembalikan HP teman saya dengan keadaan baru dan menulis surat kepadanya tanpa nama.

rencana yang sangat bagus sekali… segeralah lakukan hal tersebut tanpa menunda nunda…
jujur saja kepada temanmu itu, tidak apa apa, tuliskan namamu kalau perlu hubungi Dia melalui telepon atau berbicara langsung…
kalau merasa malu dan berat untuk melakukannya Ingat dan tanamkan dipikiran bahwa Bro @helloitisme melakukan hal tersebut bukan untuk temanmu itu, tapi Demi Dia yang sudah mengasihi dan Mengampuni kita.
dengan memandang kepada Yesus, saya imani akan lebih mudah bagi bro @helloisme untuk melakukannya… :slight_smile:

disisi lain saya takut bila saya dilaporkan oleh polisi..

di dalam Kasih tidak ada ketakutan.
tapi seandainya pun dilaporkan, tidak apa apa… Demi Dia. kita harus belajar untuk bertanggung jawab dan menerima Konsekuensi,…

tetap semangat bro…
Jesus Loves You

bab 3 terdapat di Sheet Pertama ya…
dengan Judul Bab: AKUILAH KESALAHANMU

:slight_smile:
salam
TYM

hm…

Itu ide yang bagus, terpenting dari pertobatan adalah mengakui dosa dan membalikan arah/keadaan.
Jika hal dosa masa lalu itu meninggalkan jejak rasa tidak enak atau Nidus boleh sebut sebagai rasa “sakit” dan hal itu membuat hati tidak tenang, maka betul berbuatlah sesuatu.

Pengakuan adalah hal pertama yang paling tepat untuk dikerjakan, seperti Yakobus 5:16 berkata “Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya”

Merasa bersalah tentunya adalah sebuah “perasaan sakit yang mendalam”, dan dalam hal ini “pengakuan” akan membatu kita pulih/sembuh dari rasa sakit. Apalagi jika hal ini sampai mengganggu keseharian, ini perlu dikerjakan.

Memang pengampunan Tuhan tidak akan didasarkan pada perbuatan kamu, namun bagaimana rasa tenang itu bisa muncul / sembuh dari rasa sakit itu adalah dengan saling mengakui dosa dan saling mendoakan.

Untuk urusan ketakutan akan dilaporkan polisi tentunya itu belum pasti terjadi. Yang Nidus yakin setiap manusia akan menghargai kejujuran, dan teman SD kamu juga pasti tau menghargai kejujuran, apalagi saat kamu membawa barang pengganti sebagai penebus rasa bersalah.

Please jangan sembunyi-sembunyi melakukanya, karena ini kesempatan kamu untuk “menjadi terang”. Yang terpenting adalah cara penyampaian yang tepat. Yaitu kenapa kamu melakukanya “mencuri” waktu itu, dan kenapa sekarang kamu mau “mengakui” dengan semua rasa bersalah. Tentunya ini akan menjadi buah pertobatanmu. Bukankah semua ini karena Tuhan telah membuat kamu melihat betapa dosa itu perlu pertobatan, maka muliakanlah Tuhan akan hal ini.

Ini bukan soal kesalahanmu lagi, tapi soal bagaimana Tuhan membuat kamu bertobat. Maka ceritakanlah bagaimana Tuhan itu kepada temanmu sebagai fokus topik penyampaianmu, akuilah pada temanmu memang pada awalnya kamu berbuat “jahat” dengan mencuri, tapi sekarang Tuhan telah mengubahkan hidupmu dan keinginamu sekarang adalah berbuat “yang baik” dengan mengakui kesalahan dan bertobat.

GB.

(copas diskusi umum)

Sudah sembilan tahun lupakanlah, Tuhan akan mengampuni jika kita benar2 tidak mencuri lagi.

Kalau saya, saya pernah dituduh mencuri uang perusahaan yang tidak pernah saya lakukan, semakin kaya seseorang (trilyuner) semakin takabur dan picik. Tuhan ampuni kami semua. in the name of Jesus HalleluYah Amen.

Lakukanlah apa yang sudah ditaruh dalam hatimu oleh Roh Kudus, segala reskonya tanggunglah. Entah anda mendapat ampun darinya, atau mendapat maki, atau dilaporkan polisi sekalipun, hadapilah! Sebab jika anda benar-benar bertobat, maka Tuhan Yesus ada bersama kamu saat kamu harus menghadapi resikonya.

Ingat kamu tidak sendirian saat menghadapinya.

Tanya di dua tempat sekaligus…

bagus kalo memang itu teman yanc baik dia gak akan marah malah respect karena berani mengembalikan …kalo gak langsung tanpa nama ya aman lah dikasih hp tulis saja hadiah hahha

Lupakanlah bro. kalau diakui cuma membuat dia takut sama kamu dan menjauhi kamu selamanya, terus nama kamupun akan selamanya dikecam.

bersikaplah jantan, hadapi dia empat mata. kalau anda ingin benar2 minta maaf.

Kalau ini saya percaya, hati-hati, temen terdekat bisa menjadi serigala ntar. Lakukan diam-diam saja ya. Hati manusia itu penuh kejahatan, kecuali udah percaya dan diubah OlehNYA.

Salam Hidup Santai.

Kalau kamu seorang pria dewasa, kamu tahu kamu akan mendatangi dia dan meminta maaf secara jantan, usahakan juga membawa barang tersebut atau membelikan yang baru kecuali kalo kamu bukan seorang pria dewasa.

Kalau kamu seorang wanita, juga tunjukkan niat baikmu.

Jangan dengarkan omongan orang yg suruh diam2…

Ha ha ha. Kamu mengerti apa ? Hidupmu udah cukup lama belum ? Masih pemula ?

Kamu pikir dengan mengungkapkan kesalahan dan dosamu lalu kamu seperti seorang jantan yang hebat. Yang ada adalah kamu dihakimi di mana-mana. Di satu kompleks semua tahu kamu pencuri Hp. Kamu akan dikucili dan dihindari. Lihat hidup mantan narapidana. Ngerti. !

Merasa jago dan hebat ? Manusia itu jahat adanya. Hati-hatilah.

Salam hidup santai.

Berarti kamu penakut

Temanmu itu berhak tau kebenarannya walaupun itu pahit bagimu.

Silahkan kalau kamu merasa hebat, coba kamu sharing saja semua kejahatanmu ke temenmu. Mungkin kamu suka berbohong, atau mungkin pernah mengintip temen wanitamu mandi, sering menyukai pacar temenmu, sering memikirin yang jahat-jahat tentang temanmu. Silahkan sharing semua ke temen-temenmu.

Biar Temenmu tau semua dan lihat bagaimana kemudian mereka memandang anda. Wk Wk Wk Wk.

Salam Santai.

Kata pepatah, orang yang kurang berpikir biasanya celaka duluan.

Wk Wk Wk Wk.

Salam Santai saja. Hidup cuma sementara.

Temanmu sebagai korban uda melupakan hal itu, tapi kamu sebagai pelaku tetap harus mengakui dirimu sebagai pelaku. Jangan karena keegoisan (takut nama baik tercemar dan lain sejenisnya) malah menutupi kebenaran…

Kecuali kalau dia sudah tiada, oklah kamu mungkin tidak perlu mengakui peristiwa itu. Tapi masalahnya adalah dia masih ada. Dan kalo aku sebagai korban, aku sangat menghargai teman yg jujur, aku sendiri tidak akan benci malah semakin mempercayai dia. Kenapa? Karna aku tahu dia sekarang sudah berubah. Tidak seperti masa lalu lagi. Aku tau dia tidak akan pernah berbohong lagi. Masa lalu temanku masih sangat kecil, tidak tahu perbuatannya. Dan sekarang dia sudah dewasa dan sudah mengerti kesalahan masa kecilnya. Jadi sekarang aku gak akan mempermasalahkan hal itu. Yg aku perlu tau cuma kebenaran aja.

Kamu tak baca ya, dia saja takut temennya ngaduin dia ke polisi. Kalau dia masuk penjara, kamu mau temani ? Atau kamu merasa hebat dan mau gantiin ? Kamu kira semua orang sepertimu, yang mau mengampuni ? Banyak serigala siap menerkammu begitu mengetahui kelemahanmu. Dunia ini jahat adanya.

Salam Hidup Sementara.