Perjamuan kudus, apakah harus dibabtis dahulu

temen2 , saya mau nanya apakah klo mw ikut perjamuan kudus di gereja harus dibabtis trlebih dahulu, soalnya sya blum dibabtis namun telah menerima Kristus sbg JURUSLAMAT PRIBADI.
apa dilarang? sbenarnya saya ingin dibabtis tpi jadwal greja masih lama.
txs :happy0025:

Yohanes 6:54
Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia mempunyai hidup yang kekal dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman.

Boleh,
syaratnya percaya bahwa Yesus telah mati utk anda
GBU

tapi klo sma gereja blum dikasih gmn ? :’(

memang ada gereja ttt yg mensyaratkan harus sdh dibaptis,
padahal pertobatan/kelahiran baru tidak = baptisan
GBU

klo kesempaytan anda untuk mengikuti PERJAMUAN KUDUS, lakukanlah,'tetapi satu hal yang tidak boleh di abaikan adalah anda harus bersedia di baptis,
karena baptis merupakan tanda pertobatan, anda meninggalkan pola hidup lama / pola dunia / dosa dan dibaptis menjadi “kelahiran baru” dalam Tuhan Yesus Kristus,

salam

Makasih sarannya
maka itu hati saya skarang ini bner2 ngebet bnget wat dbabtis, apakah ada greja d derah tangerang yg bersedia membabtiskan saya dgn cara selam
Txss

Txs sarannya, tapi bgaimana dgn orng yg sdh dbabtis tpi polah hdupnya msih smula dgn yg lama?
Bisa saja org itu dbabtis krn paksaan org tua, gereja, ikut2 doang …
Sallam

umumnya gereja aliran “pantekosta” atau sekarang yang dikenal dgn nama aliran “kharismatik”
seperti GBI, Bethany, mawar sharon, dan masih banyak lagi

salam

dibaptis adalah kesadaran dari diri sendiri.
bukan paksaan siapapun.
klo anda bersedia di baptis, berarti anda harus berani bayar harga misalnya
klo dulu sukan nonton bf, setelah di baptis gak boleh lagi
klo dulu suka gak jujur setelah di baptis gak boleh lagi
klo duku gak suka baca FT, setelah di baptis, mulailah bagi waktu untuk membaca FT karena FT adalah ROTI HIDUP UNTUK MENGUATKAN TUBUH ROHANI MU

setelah di baptis, berarti anda sudah “lahir baru” dalam Tuhan, klo sudah dalam Tuhan, berarti harus berani meninggalkan pola yang lama.
teruslah bertumbuh, seperti “bayi” yang baru lahir, tentunya ortu ingin lihat dia bertumbuh, demikian juga dgn “hidup rohani” anda, teruslah bertumbuh menjadi deasa dalam Tuhan

SALAM

Kalau anda mengikuti perkataan Yesus, sesuai dengan ayat yang anda kemukakan diatas, yaitu Yoh.6:54.
Anda benar-benar mengimani bahwa yang anda makan adalah daging Yesus dan yang anda minum adalah darah Yesus, maka sebelum dibaptis, anda tidak boleh makan dan minum roti dan anggur itu.

1Kor.11: 27.
Barangsiapa dengan cara yang tidak layak makan roti atau minum cawan Tuhan, ia bedosa terhadap tubuh dan darah Tuhan.

Akan tetapi kalau anda mempunyai penafsiran lain, mengenai makan dagingKu dan minum darakKu, dianggapnya seperti makan roti biasa dan minum anggur biasa, maka boleh-boleh saja mengikuti perjamuan kudus tsb., sebab semuanya itu cuma dianggap sebagai peringatan belaka, tidak ada alasan untuk melarang.

syalom.

txs jawabannya :cheesy:
saya mengerti :wink:

iya makasih ya sarannya
sekarang juga entah mengapa saya suka banget liat2 forum FT
bertumbuh dalam Kristus itu kereennnn :afro:

benar sekali,
tetapi mesti pergunakan selengkap senjata Allah, karena musuh kita “iblis” seperti singa yang siap menerkam

1Ptr 5:8 Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

bagaimana kita bisa bertahan ??

Ef 6:11 Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis;
Ef 6:13 Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu.

Tuhan Yesus memberkati,
datang ya ke gereja hari minggu besok. . . :afro:

salam

Selalu saja banyak yang salah tentang makan dagingKu dan minum darahKU… ternyata masih banyak yang lebih mendewakan ritual daripada arti/makna sebenarnya dari yang TUHAN kehendaki… renungkanlah tentang makna baptisan dan perjamuan kudus yang sebenarnya… janganlah terpaku pada ritual fisik yang terlihat… namun lakukanlah segala sesuatu yang dikerjakan dengan hati KASIH dan bersatu dengan TUHAN… itulah yang TUHAN kehendaki… hati2lahhh…

Kalau sudah memutuskan hendak dibabtis dan telah mendaftar di gereja, silahkan saja.

Tetapi kalau belum juga tetapi mengaku percaya Yesus, itulah megngapa dilarang… agar hal itu tidak berbalik menjadi kutuk bagi mereka yang makan dan menum perjamuan Kudus dalam hidup dosa dan penolakan akan Kristus.

di gereja saya, iya.

tanyakan kepada gereja mu sekarang tempat kamu sedang belajar (lagi masa persiapan baptis kan?), apakah boleh ikut Perjamauan Kudus jika belum di baptis . Setelah menerima jawaban, kalau anda masih mau bergereja di situ TURUTI peraturan di sana.

SYARATNYA : DIBABTIS DAHULU…DIMATERAIKAN TERLEBIH DAHULU.BROO…!! Itu prosedur yang benar sesuai ajaran Alkitab.
Tapi jika ada ajaran suatu denom gereja yang kata nya tidak perlu di babtis…?? Maka perlu dipertanyakan lagi itu ajaran dari mana dan ajaran oknum siapa begitu.?? hehehe…
Dengan DIBABTIS…Berarti secara simbiolis anda sudah menyatakan diri bertobat dan berserah diri untuk masuk sebagai warga Kerajaan Allah, dimana semuanya harus di sucikan dan dihapuskan terlebih dahulu segala dosa-dosanya…oleh darah Yesus Kristus dan peristiwa ini seyogiyanya disaksikan didepan Umum / Jemaat gereja ( saksi saksi Kristus Yesus LAINNYA yang sudah percaya terlebih dahulu ).

Jika anda belum DI BABTIS…?? DAN ANDA MERASA BERHAK IKUT-IKUT PERJAMUAN KUDUS…?? Wah…anda dng sengaja menipu Tuhan bahwa anda sudah merasa menjadi Warga Kerajaan Allah…?? Padahal itu suatu tindakan yang mendukakakn hati Tuhan…karena perintah Tuhan YESUS kRISTUS supapya anda di Babtis dalam nama Bapa dan Putra dan Roh KUDUS…anda anggap itu suatu perintah omong kosong saja…?? Padahal nya tidak…!!

Renungkan lah itu dulu…karena itulah doktri ajaran Alkitab yg benar.

Salam GBU.

[email protected] Mbah sam…

Menurut saya seh…??

Perjamuan Kudus itu konteksnya adalah : ’ MENGENANG TUHAN YESUS KRISTUS " MENGENAI EXISTENSINYA SBG MANUSIA DAN ALLAH…saat di dunia maupun, setelah naik ke sorga…Karena JanjiNYA…ADALAH MENYERTAI KITA SELAMA-LAMANYA…Bagi umat percaya.
Tapi gimana mau mengenang…?? lha wong simanusianya saja belum menjadi apa-apa…?? belum dinobatkan /belum dibabtis…belum dimateraikan…?? Pasti simanusia itu tidak diaki dan di kenal oleh Yesus…loh…?? Siapa kamu…?? mau ngaku-ngaku saja…!! nyah kau darai hadapan KU .HEHEHEH, ( kurang lebih begitu maknanya )…

Salam…GBU