Pergumulan yang Sehat

Syalom saudara/i, :cheesy:

Malam ini saya ingin sedikit bersaksi atas apa yang sedang saya pergumulkan selama beberaha hari ini. Sebelumnya, saya ingin memperkenalkan diri. Saya adalah seorang mahasiswa di salah 1 perguruan swasta dengan program studi yang saya dalami adalah Teknik Informatika. :coolsmiley:

Sudah hampir 3,5 tahun saya duduk di bangku universita, masih saja mengalami kegagalan mendapatkan Indeks Prestasi (IP) yang sangat mempengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif(IPK) saya sampai saat ini. Bisa di katakan masi NASAKOM (Nasib Satu Koma). :undecided:

Langsung saja ke inti permasalahan. Banyak orang mengatakan bahwa pergumulan/permasalah/kegagalan dalam kehidupan merupakan jalan untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik. :angel:

Jujur semangat saya sebagai seorang mahasiswa masih ada, namun dominan terjadi di awal-awal saja. Begitu banyak faktor negatif di lingkunganku yang mempengaruhinya. Termasuk masalah cinta, persahabatan dan keluarga. :huh:

Apakah pergumulan saya termasuk pergumulan yang sehat? :happy0025:
Dan bagaimanakah pergumulan yang sehat itu? :mad0261:

Jika berkenan, saya berharap saudara/i mau berbagi dengan saya, bagaimana memotivasi diri saat kemalasan itu hadir… :angel:

singkat kata, saya ucapkan TERIMAKASIH :slight_smile:

Pengalaman adalah guru yang terbaik. Saya setuju, kalau kita pernah mengalami kejeblos lobang misalkan, maka tentu kita tidak mau terulang kejeblos pada lobang yang sama, sehingga kita akan berwaspada…

Pegumulan dapat berarti pertempuran, perjuangan atau perlawanan dst. Apa yang mau kita gumuli? Sebagai contoh misalnya…lepas dari NASAKOM (nasib satu koma). Bagaimana caranya? #Tentu saja dengan berusaha semaksimal mungkin, belajar dengan lebih tekun, kurangi jalan-jalan/pesiar, lebih fokus ke pelajaran (jangan terbagi-bagi dengan urusan pacaran…dsb). ## Disamping berusaha, yang paling penting kita bawa pergumulan kita dalam doa…Mohon Tuhan beri kekuatan agar kita bisa menang dalam segala pergumulan kita, supaya Tuhan dipermuliakan.

Pergumulan yang sehat yang gimana? Ya harus ada dua-duanya berdoa dan berusaha…Tidak bisa kita menyuruh Tuhan untuk bergumul ganti kita, dan tidak bisa juga kita bergumul sendirian tampa melibatkan Tuhan…karena kekuatan kita amatlah terbatas.

Salam