[Pengetahuan Umum] St. Patrick's Day

Saint Patrick’s Day adalah hari raya agama / budaya yg dirayakan tiap 17 Maret untuk memperingati Santo Patrick, pelindung yg paling dikenali di Irlandia, dan juga merupakan masuknya Kristen di Irlandia. Hari Santo Patrick dijadikan hari raya resmi di awal abad tujuh belas, dan perlahan menjadi perayaan kebudayaan orang" Irlandia pada umum nya.

St. Patrick’s Day merupakan hari libur public di Republik Irlandia, Irlandia Utara, Newfoundland dan Labrador dan di Montserrat. Hari ini juga dirayakan oleh diaspora Irlandia, terutama di tempat" kayak Inggris, Kanada, Amerika, Argentina, Australia, dan New Zealand. Sekarang, St. Patrick’s Day mungkin merupakan salah satu perayaan hari Santa/Santo yg paling ramai dirayakan di dunia.

Memakai Warna Hijau
Aslinya, warna yg diasosiasikan dengan Santo Patrick adalah biru. Setelah bertahun-tahun, warna hijau dan kaitannya dengan St. Patrick’s Day bertumbuh. Pita-pita hijau dan shamrocks (clover), dipakai di perayaan St. Patrick’s Day di awal abad 17. Konon St. Patrick ini menggunakan shamrock, tanaman berdaun tiga, untuk menjelaskan Holy Trinitas kepada warga Pagan Irlandia.

Ada yg punya info tambahan, just post away :slight_smile:

Shamrock / Clover

http://www.mirror.co.uk/incoming/article764326.ece/ALTERNATES/s615/The+Sydney+Opera+House+is+swathed+in+green+light+to+mark+St.+Patrick's+Day+

http://www.atlantagatoday.com/pmcparland/wp-content/uploads/2010/03/Atlanta-St.-Patricks-Day-Parade.jpg

http://www.siliconrepublic.com/fs/img/news/201103/rs-426x288/parade2.jpg

Nice post, sis.

GBU

Saya ikutan post kisah hidup beliau aja y sist fair :smiley:

Riwayat Hidup Santo Patrick

http://www.bridgebuilding.com/images/mi421x.jpg

courtesy of http://www.bridgebuilding.com

St. Patrick dilahirkan pada abad ke lima di Inggris. Orangtuanya adalah orang Romawi. Ketika Patrick berusia enambelas tahun, ia diculik oleh para bajak laut dan dibawa ke Irlandia. Di sana, ia dijual sebagai budak belian. Majikannya menyuruh Patrick untuk menjaga kawanan ternaknya di pegunungan. Patrick hanya mendapatkan sedikit makanan dan pakaian. Namun demikian, ia memelihara kawanan ternaknya itu dengan baik, dalam hujan, badai maupun salju. Patrick merasa amat kesepian seorang diri di pegunungan, seringkali ia datang untuk berbicara kepada YESUS dan Bunda Maria dalam doa. Hidup terasa berat dan tidak adil baginya. Semakin lama semakin bertambah kuatlah kepercayaan Patrick kepada Tuhan.

Kemudian, ketika ia berhasil melarikan diri dari Irlandia, Patrick belajar untuk menjadi seorang imam. Ia senantiasa merasa bahwa ia harus kembali ke Irlandia untuk membawa bangsa kafir itu kepada KRISTUS. Pada akhirnya, keinginannya itu terkabul. Ia menjadi imam dan kemudian diangkat menjadi uskup. Waktu itu, yaitu ketika St. Selestin I memangku jabatan paus, Patrick kembali ke Irlandia. Betapa bahagianya Patrick dapat mewartakan Kabar Gembira Allah yang benar kepada orang-orang yang dahulu memperlakukannya sebagai budak.

Sejak dari awal, Patrick harus mengalami banyak penderitaan. Sanak saudara serta para temannya menghendaki agar ia berhenti mewartakan Injil sebelum bangsa kafir Irlandia membunuhnya. Tetapi, orang kudus itu tetap saja berkhotbah tentang YESUS. Ia berkeliling dari satu desa ke desa yang lain. Ia jarang beristirahat dan melakukan banyak mati raga demi orang-orang yang amat dikasihinya itu. Sebelum ia wafat, seluruh bangsa Irlandia telah menjadi orang-orang Kristen.

Meskipun ia berhasil dengan gemilang, St. Patrick tidak pernah merasa bangga atau pun sombong. Ia menyebut dirinya sendiri sebagai pendosa dan menyampaikan segala puji-pujian yang diterimanya kepada Tuhan. Patrick wafat pada tahun 461.

sumber : Berjalan bersama Para Kudus: Maret

@calvin

Thanks bro, semoga bertambah pengetahuan kita semua tentang sejarah Kekristenan.

Syalom

thx atas share nya…

ur welcome bro Bruce, saya tambahin lagi yah, ;D

St. Patrick dan Daun Shamrock

http://www.instructables.com/image/F1QS3KKF1U9XTW2/The-Shamrock.jpg

courtesy of www.instructables.com

Daun shamrock merupakan salah satu simbol Irlandia dan memiliki makna bagi sebagian besar budaya Irlandia. Orang Druid percaya bahwa daun shamrock adalah tanaman suci yang bisa menangkal kejahatan sementara orang Celtic percaya Shamrock memiliki sifat mistis karena terdiri dari 3 daun berbentuk hati.
Menurut kisah lama, St. Patrick selalu menggunakan tiga sudut daun shamrock (yang bentuknya nyaris seperti daun semanggi) untuk menjelaskan konsep trinitas Bapa dan Putera dan ROH KUDUS. Di masa sekarang, orang-orang bersuka ria merayakan St. Patrick’s Day dengan mengenakan helai daun shamrock sebagai bagian dari dekorasi perlengkapan pesta. Padahal dalam tradisi bangsa Irlandia dipercaya bahwa kalau melompat-lompat sambil membawa shamrock maka dia akan jauh dari keberuntungan.

sumber :

St Patrick dan Ular-ular

courtesy of www.awesomestories.com

Cerita lain yang menyelimuti hidup Santo Patrick adalah kemampuannya dalam mengusir ular dari daratan Irlandia. Santo Patrick sering digambarkan sedang mengusir ular-ular. Memang benar tak ada ular di Irlandia sampai hari ini, namun itu karena memang tak pernah ada ular hidup di sana. Irlandia adalah sebuah daratan yang dikelilingi oleh air laut yang terlalu dingin sehingga sangat tidak memungkinkan bagi ular untuk bermigrasi dari Inggris atau dari mana pun. Dalam banyak karya sastra, ular sering diartikan sebagai simbol kejahatan. Maka ketika Patrick mengusir ular keluar dari Irlandia, ini secara simbolis menggambarkan bahwa ia mengusir orang-orang kafir keluar dari Irlandia.

Sumber :

Hari St Patrick dan Bir

http://www.articlesweb.org/blog/wp-content/gallery/drinking-from-guinness-pint-glasses/drinking-from-guinness-pint-glasses-2.jpg

courtesy of www.articlesweb.org

Merayakan hari St. Patrick tidak bisa dipisahkan dengan minum bir. Kebanyakan orang merayakan hari St. Patrick dengan pergi ke pub, minum beberapa gelas bir dingin, sambil menyanyikan beberapa lagu rakyat Irlandia yang indah. Irlandia sejak lama dikenal berkat produk minuman sulingan gandumnya. Di hari biasa, sebanyak 2.6 juta liter Guinness dikonsumsi di seluruh dunia per harinya. Namun ketika St. Patrick’s Day datang, angka tersebut melonjak menjadi 6.2 juta liter. Hal ini termungkinkan mengingat secara historis banyak imigran Irlandia yang datang ke seluruh penjuru dunia, terutama Amerika Serikat, dan membawa bersama mereka banyak adat dan tradisi, termasuk Guinness.

sumber :
http://pengolah.info/37-bagaimana-memperingati-hari-st-patrick.htm

Wah ada bir :)…

Ikutan ah…

Hari St Patrick dan Cubit-Mencubit

http://www.wishafriend.com/glitter/images/stpatricksday15.gif

courtesy of www.wishafriend.com

Ada satu lagi tradisi ketika hari St. Patrick. Seseorang yang tdak memakai baju berwarna hijau ketika hari St. Patrick akan terkena cubitan. Bahkan bukan hanya sekali saja tapi bisa berkali-kali. Oleh karena itu, ekspresi-ekspresi seperti :
Pinch! Pinch!
Gotcha!
I’ll pinch you!
Oh, no green dress? Pinch!
akan banyak terdengar ketika hari St. Patrick. Korban cubitan biasanya adalah orang-orang asing yang tidak mengetahui hari St. Patrick atau mungkin mereka yang lupa mengenai hari itu.
Lebih dari itu, perayaan Saint Patrick’s Day lebih sebagai pengikat tali persahabatan antara mereka yang berdarah Irlandia dengan suku lain, pengobat rindu bagi orang-orang keturunan Irlandia akan tanah airnya, dan tentu saja untuk bersenang-senang dengan cubit-mencubit.

sumber :

http://unik.kompasiana.com/2011/03/18/awas-nggak-pakai-baju-hijau-nanti-dicubit-di-hari-saint-patrick/

@Calvin thanks aloooot!!

Masalah bir, gak heran sih Irish people kan memang suka minum :stuck_out_tongue: sampe" di Melbourne sini ada pub namanya “IRISH” haha…

Orang Irish memang penggemar bir, terutama bir hitam.

:ashamed0002:

ur welcome sist, seneng deh ada thread seru2an gini, :smiley:

hehehe, sepertinya emang semua western pada doyan minum (in positive way) ya, soalnya gag ada MUI nya kali yah dsono, :cheesy: :cheesy:

silahkan, monggo2 mas, ;D

suami saya irish jd kitapun rayain st patrick…cuma sayang nya jadi identik dgn minum2 bir jd bikin ngeri mo ke st patrick parade nya,ga spt dulu suasana nya…btw thank postingan nya jd tmbh tahu :slight_smile: Gbu