pendalaman Alkitab

kepada rekan-rekan semua…
ada pertanyaan dari saya, saya harap ada yang membantu menjelaskannya

sebenarnya Anak Adam dan Hawa ada berapa ya?
Lantas, latar belakang Kain membunuh Habil apa sebenarnya?

mohon pada rekan-rekan bantu saya ya…

Alkitab memang tidak mencatat jumlah keseluruhan anak-anak dari Adam dan Hawa, tetapi baiklah kita tinjau catatan Alkitab, bahwa:

  1. Adam hidup selama 930 tahun (Kejadian 5:5).
  2. Hawa diberi nama itu karena DIALAH YANG MENJADI IBU BAGI SEMUA YANG HIDUP (Kejadian 3:20)
  3. Adam dan Hawa MEMPERANAKKAN ANAK-ANAK LELAKI DAN PEREMPUAN (Kejadian 5:4)

Adam dan Hawa mempunyai banyak anak laki-laki dan perempuan (Kejadian 5:4), namun demikian, nama-nama yang kita ketahui hanya tiga : Kain, Habel dan Set. Yang tiga ini dibicarakan begitu rinci karena peristiwa-peristiwa penting yang kita perlu ketahui. Kedua orang pertama (Adam dan Hawa), yang langsung diciptakan atas perbuatan Allah, mempunyai banyak anak - laki-laki dan perempuan (Kejadian 5:4), mungkin jumlahnya hingga 900-an .

Manusia zaman sekarang – jika mencapai usia seratus tiga puluh tahun – sudah memiliki anak, cucu, bahkan cicit. Apalagi jikalau berusia sampai 930 tahun! Bagaimanakah dengan kisah anak-anak dari Adam dan Hawa yang lainnya? Alkitab mengatakan kepada kita bahwa keturunan Adam pergi dan membangun kota-kota. Misalnya, Kain pergi ke tanah Nod bersama istrinya dan membangun sebuah kota (Kejadian 4:16-17), membuat alat-alat musik (Kejadian 4:21), dan mengerjakan logam-logam (pekerjaan pandai besi) (Kejadian 4:22). Artinya disini bahwa keturunan Adam itu telah mencapai banyak komunitas.

Setelah beberapa waktu lamanya, maka Kain mempersembahkan sebagian dari hasil tanah itu kepada Tuhan sebagai korban persembahan; Habel juga mempersembahkan korban persembahan dari anak sulung kambing dombanya, yakni lemak-lemaknya; maka Tuhan mengindahkan Habel dan korban persembahannya itu, tetapi Kain dan korban persembahannya tidak diindahkan-Nya. Lalu hati Kain menjadi sangat panas, dan mukanya muram. Firman Tuhan kepada Kain: “Mengapa hatimu panas dan mukamu muram? Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya.” Kata Kain kepada Habel, adiknya: “Marilah kita pergi ke padang.” Ketika mereka ada di padang, tiba-tiba Kain memukul Habel, adiknya itu, lalu membunuh dia. (Kejadian 4:3-8 TB)

Iri hati melahirkan kebencian dan kebencian melahirkan pembunuhan, sehingga 1 Yohanes 3:15 menuliskan, “Setiap orang yang membenci saudaranya, adalah seorang pembunuh manusia. Dan kamu tahu, bahwa tidak ada seorang pembunuh yang tetap memiliki hidup yang kekal di dalam dirinya.”

Salam damai sejahtera dalam Kristus Yesus untuk semua.

Set bukan anak kandung manusia itu (Adam) dan Hawa.

Pada masa itu cerita-cerita tentang peristiwa kehidupan masih disampaikan dari mulut ke mulut belum tertulis.
Perempuan yang melahirkan Set, hanya menuturkan kisah Kain dan Habel. Dan bukan tertulis Hawa yang melahirkan Set.

Hawa sendiri telah memulai memanggil nama TUHAN (Baca kitab kejadian).
Hanya keturunan Kain yang tidak memanggil nama TUHAN, itulah sebabnya pada waktu Set memperoleh Enos dan mereka mulai memanggil nama TUHAN, kisah itu ditulis dalam kitab suci.

Manusia itu (Adam) dan Hawa ketika di taman Eden mengenal TUHAN Allah tetapi setelah jatuh kedalam dosa, mereka tidak dapat mengetahui lagi kehendak Allah secara utuh.

Lalu apa kata Kejadian 4 ini ?
25 Adam bersetubuh pula dengan isterinya, lalu perempuan itu melahirkan seorang anak laki-laki dan menamainya Set, sebab katanya: “Allah telah mengaruniakan kepadaku anak yang lain sebagai ganti Habel; sebab Kain telah membunuhnya.”

Jadi siapa Set itu, kata Alkitab ?

26 Lahirlah seorang anak laki-laki bagi Set juga dan anak itu dinamainya Enos. Waktu itulah orang mulai memanggil nama TUHAN.
Pasal 5 :

1 Inilah daftar keturunan Adam. Pada waktu manusia itu diciptakan oleh Allah, dibuat-Nyalah dia menurut rupa Allah; 2 laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. Ia memberkati mereka dan memberikan nama “Manusia” kepada mereka, pada waktu mereka diciptakan.
3 Setelah Adam hidup seratus tiga puluh tahun, ia memperanakkan seorang laki-laki menurut rupa dan gambarnya, lalu memberi nama Set kepadanya. 4 Umur Adam, setelah memperanakkan Set, delapan ratus tahun, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan. 5 Jadi Adam mencapai umur sembilan ratus tiga puluh tahun, lalu ia mati.
6 Setelah Set hidup seratus lima tahun, ia memperanakkan Enos. 7 Dan Set masih hidup delapan ratus tujuh tahun, setelah ia memperanakkan Enos, dan ia memperanakkan anak-anak lelaki dan perempuan. 8 Jadi Set mencapai umur sembilan ratus dua belas tahun, lalu ia mati.

Hawa sendiri telah memulai memanggil nama TUHAN (Baca kitab kejadian). Hanya [u][b]keturunan Kain [/b] [/u]yang tidak memanggil nama TUHAN, itulah sebabnya pada waktu Set memperoleh Enos dan mereka mulai memanggil nama TUHAN, kisah itu ditulis dalam kitab suci. Manusia itu (Adam) dan Hawa ketika di taman Eden mengenal TUHAN Allah tetapi setelah jatuh kedalam dosa, mereka tidak dapat mengetahui lagi kehendak Allah secara utuh.
Coba tulung dibaca dulu Bro ayat2 Kejadian psl 4 ini : 15 Firman TUHAN kepadanya: "Sekali-kali tidak! Barangsiapa yang membunuh Kain akan dibalaskan kepadanya [b]tujuh kali lipat[/b]." Kemudian [b]TUHAN menaruh [u]tanda[/u] pada Kain[/b], supaya ia jangan dibunuh oleh barangsiapapun yang bertemu dengan dia.

16 Lalu Kain pergi dari hadapan TUHAN dan ia menetap di tanah Nod, di sebelah timur Eden.

17 Kain bersetubuh dengan isterinya dan mengandunglah perempuan itu, lalu melahirkan Henokh; kemudian Kain mendirikan suatu kota dan dinamainya kota itu Henokh, menurut nama anaknya.
18 Bagi Henokh lahirlah Irad, dan Irad itu memperanakkan Mehuyael dan Mehuyael memperanakkan Metusael, dan Metusael memperanakkan Lamekh.
19 Lamekh mengambil isteri dua orang; yang satu namanya Ada, yang lain Zila.
20 Ada itu melahirkan Yabal; dialah yang menjadi bapa orang yang diam dalam kemah dan memelihara ternak.
21 Nama adiknya ialah Yubal; dialah yang menjadi bapa semua orang yang memainkan kecapi dan suling.
22 Zila juga melahirkan anak, yakni Tubal-Kain, bapa semua tukang tembaga dan tukang besi. Adik perempuan Tubal-Kain ialah Naama.
23 Berkatalah Lamekh kepada kedua isterinya itu: “Ada dan Zila, dengarkanlah suaraku: hai isteri-isteri Lamekh, pasanglah telingamu kepada perkataanku ini: Aku telah membunuh seorang laki-laki karena ia melukai aku, membunuh seorang muda karena ia memukul aku sampai bengkak;
24 sebab jika (siapapun yg membunuh) Kain (Kakek Buyut Lamekh) harus dibalaskan tujuh kali lipat, maka (siapapun yg membunuh) Lamekh tujuh puluh tujuh kali lipat.”

Numang nanya aja Bro …" Apakah anda pikir Ucapan dari Lamekh itu (Keturunan Kain) , berasal dari anak manusia yg tidak mengenal Tuhan , Bro ?"