penampilan yang diejek/dijuluki Indah pada waktuNya

shalom…
pada waktu tadi siang datang sodara saya,yaitu paman saya.paman saya bilang kumisnya tidak usah dicukur,kalau dicukur seperti muka botol(bodoh dan tolol)Maaf,saya kaget banget kenapa bisa bicara gitu ke saya,didepan keluarga saya,dan pasangan hidup kakak saya.saya benar2 sakit dibilang gitu,maunya gak sakit hati,tapi mana ada orang yang tidak tersinggung kalau dibilang begitu,semua orang pasti marah dibilang begitu,walau itu becanda,tapi keterlaluan bicaranya.saya mau marahpun saya tahan dengan sabar,saya hanya terdiam…kenapa paman saya bicara begitu?walau memang kalau tampang saya begitu,tidak harus dibilang gitukan??saya juga ciptaan Tuhan Yesus Kristuskan.
terus saya diam,lalu ke kamar,saya berdoa…Tuhan,saya merasa sakit hatinya,tolong ya Tuhan,tegur orang2,guru agama,sodara,yang berkata gitu pada saya,supaya mereka menyadari kesalahan mereka dan tidak ulangi lagi.tapi hal yang saya doakan ini,sepertinya semakin sering saya alami sendiri.
saat itu paman saya ajak saya jalan keluar,tapi ketika paman saya bilang begitu yang awalnya saya niat jalan,malah jadi tidak niat.saya sedih juga dibilang begitu sih…tapi yah saya harus memaafkan lagi.
saya mengakui saya juga sering mengecewakan Tuhan Yesus Kristus,atas semua perbuatan yang saya lakukan.baik itu dosa yang saya sengaja maupun tidak disengaja.Tuhan…ampuni saya.saya tahu salah,mungkinkah ini balasan atas perbuatan saya?setahu saya Tuhan tidak pernah membalas,tapi selalu mengasihi.
saya cuma curhat…

Oalah… Sabar ya… Paman anda mau yang terbaik untuk anda koq, cuma kata2nya aja yang nyakitin. :slight_smile:

Ardilin, tempo hari kalo tidak salah pernah sharing juga kan ttg perkataan2 org lain yg menyakitkan?
Dan sudah pernah dinasehatin sm temen2 di sini, sesuai dg FT bahwa Ardilin itu berharga dan mulia. Tuhan mengasihi kamu apa adanya.

Ada pepatah:
Kita tidak mungkin bisa mencegah burung hinggap di kepala kita, tp kita bisa mencegah burung itu utk membuat sarangnya di kepala kita.

Maksudnya, dalam kasus ini, Ardilin tidak akan bisa mencegah org2 itu berkata ga enak ke kamu, tp respon kmu itu yang penting.
Mungkin Ardilin perlu mencari kakak rohani di gereja utk membantu Ardilin dalam memulihkan gambar dirimu, ok.

Ini aku kasi lagi ayat yg tempo hari pernah kukasi. Baca dan berdoa, spy FT ini jadi rhema dalam hidup kamu.

Yes 43:4a
Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau

Salam
:slight_smile:

jadi bila dibilang begitu,bagaimana respon saya seharusnya?
terima dengan lapang dada/membalikan perkataannya?

sis ardilin

seperti sy … (pemikirannya)

memang kadang kala saya juga, merasa marah dengan perkataan sindiran2 yang membuat hati panas… walau bercanda.

Tapi apa yang di katakan mak Tjhoa… itu betul.
Tergantung kita responnya…

kalau di cuekin => tambah kurang ajar…
kalau di marahin => nambah musuh :smiley:
(betul ngga ada pemikiran yang demikian?) :smiley:

tetapi terkadang kita juga harus intropeksi diri.
apakah keadaan kita itu “menggangu” keadaan sekitar.

contohnya BB (Bau Badan). :smiley:

walau BB itu alami tetapi kan juga mengganggu… :smiley:

saran: intropeksi diri dan belajar berubah. :afro:

Intropeksi diri bukan menyalahkan diri, tetepi mengerti keadaan diri.

salam :smiley:

hehehe,intropeksi diri klo muka sudah Tuhan lukis,mana bisa dirubah??
klo bb itu masih bisa pake pewangi.tapi klo muka sesuai karya Tuhan,mana boleh dioperasi?
operasi merubah gambar dan rupa Allah,itu dosa.artinya tidak mensyukuri apa yang ada.
sekarang maslahnya mulut kadang tidak bisa dikontrol keluar kata2 yang gak enak didengar.
sebenarnya yang intropeksi diri bukan yang omongnya???yang katain?

@ardilin

sebenarnya perasaan minder itu identik kesombongan
karena selalu bertitik tolak pada keadaan kita

dalam kehidupan sehari2 coba rubah pola pikir yang berpusat pada diri sendiri
biarkan saja spt yang ada dan mulai berfokus kpd yang lainnya

bukan apa yang sdh orang lakukan kepada kita
tetapi apa yang sdh kita perbuat kepada orang

Mat 7:12 "Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

jangan pernah bosa untuk berbuat baik kepada sesama bro, sekalipun kita seolah2 tidak menuai apa yang sdh kita lakukan atau seolah2 malah kita menuai jelek

cukup ketika kita menjadi pelaku FT, maka Tuhan Yesus sendiri akan bangga kepada kita bro :slight_smile:

dan memang kita adalah biji matanya bro, dan tidak ada hal apapun yang bisa memisahkan kita dari kasih-Nya jika kita sendiri melekat pada kasih Bapa kita

dan ingat bro, Tuhan tidak menyuruh kita untuk membalaskan apa yang tidak baik yang diperbuat orang kpd kita

tapi Tuhan kita juga adalah ADIL…
dan pembalasan adalah hak mutlak-Nya
percayalah bahwa setiap orang akan menuai apa yang sudah ditaburnya ( bahasa lebaynya hukum karma :slight_smile: )

jika kita tetap menabur kebaikan maka percayalah bro, kita akan menuai hasilnya jika kita tetap setia dan tidak menjadi lemah :afro:

Gal 6:9 Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.

Tuhan Yesus memberkati… :slight_smile:

@Ardilin

Hem… saya setuju sekali dengan kalimat yang satu ini

sebenarnya perasaan minder itu identik kesombongan

Kejadian yang Ardilin alami sepertinya juga sering terjadi pada diri saya
Bahkan menurut saya jauh lebih menyakitkan ketimbang ucapan yang dilontarkan paman Ardilin. Dulu sewaktu saya masih SMA saya selalu dikata-katain oleh teman sekolah saya. Ucapannya sungguh tidak enak sekali untuk didengar. Tapi saya hanya diam saja. Saya pernah dibilang bukan lelaki alias banc*, tolol, bego, lelaki penakut, pengecut. pencundang dll. Semua perkataan itu mereka ucapkan didepan umum. Saya merasa harga diri saya jatuh sekali pada saat itu. Saya tidak mengerti apa yang melatarbelakangi mereka, teman2 saya menganggap saya begitu hina, jelek, bodoh dimata mereka. Saya selalu diejek dan dihina. Saya selalu jadi bulan2nan perkataan sumpah-serapah yang saya sendiri tidak mengerti sebabnya. Seperti yang Ardilin bilang kita ini ciptaan Tuhan. Bukan kehendak saya tampang saya jelek ataupun ganteng. Bukan kehendak saya terlahir ditengah-tengah keluarga miskin ataupun kaya. Tuhan yang menentukan itu semua

Saran saya

Jangan simpan dihati setiap perkataan yang tidak baik untuk didengar.

Entah itu ,sindirankah. sumpah serapahkah, ataupun kata2 kotorkah.

Tidak ada gunanya, karena bisa menjadi dendam dikemudian hari…

Doakan orang yang telanjur membuat kita merasa tidak nyaman mendengar ucapannya. semoga dia sadar akan iucapannya telah membuat hati menjadi sedikit tersentil. :slight_smile:

Senangtiasa lemah-lembutkanlah hati…

Salam

wah bukan begitu maksud saya :smiley:

kalau cewek berkumis yach di cukurlah, sesuai cewek2 yang ada pada umumnya.
Tetapi apa yang adilin katakan itu benar, itu bukan kesalahan sis adilin,

ayatnya ini.

Mat5:34 Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah sekali-kali bersumpah, baik demi langit, karena langit adalah takhta Allah,
5:35 maupun demi bumi, karena bumi adalah tumpuan kaki-Nya, ataupun demi Yerusalem, karena Yerusalem adalah kota Raja Besar;
5:36 janganlah juga engkau bersumpah demi kepalamu, karena engkau tidak berkuasa memutihkan atau menghitamkan sehelai rambutpun.

salam :slight_smile:

Mungkin bukan maksudnya pamannya oom sengaja ngejek didepan org2. Maksud dia mungkin baik, cuma krn humornya terlalu tinggi dan mungkin pamannya oom anggap masalah itu biasa aja.

Mungkin maksudnya pake kumis ganteng lho, ga usah dicukur. Tp cara dia nyampein yg salah.

Pikir positip aja :slight_smile:

yah,masih tahap belajar melakukan yang terbaik.walaupun sering jatuh.
makaasih atas keteguhan yang sodara murukh berikan.ini menguatkan saya.
adaptasi dengan lingkungan ini yang tersulit?mau belajar beradaptasi nih.

saran lu berharga lomeru,gw suka itu.yah gw juga harus bisa begitu.
semua ini proses,tolong doakan gw supaya bisa lemah lembut selalu dan hidup dalam kasih Yesus.
nama ardilin bukan nama gw yang sebenarnya.

gw cowo,bukan cewe.ya tapi menurut kamu bagaimana mengetahui rencana Tuhan itu?
nasihat FT oke banget.

Nama saya ada diFB. YM…

ow sorry om ;D ane kira cewek

rencana Tuhan?? apa ga salah tred? ini masalah kumis apa rencana Tuhan ya? bingung.com

gw ga tahu,dia humor tapi menyindir jg.kata2nya buat gw kesetrum.tapi gw maafin dia didalam hati.paman gw ini orangnya suka sindir2 orang.gw sempat mau bilang ke paman gw,bahwa sindiran kemarin itu tidak enak,tapi gw ga tau cara menyampaikannya gimana ya?apa tidak usah sampaikan…??

Teramat Berat Beban Yang Kau Rasa
Cobaan Datang Silih Berganti
Semua Yang Kau Rasa Tak Adil Untukmu
Seakan Tuhan Jauh Dan Tak Ada
Masih Ada Harapan
Selama Matahari Masih Bersinar
Selama Nafas Hidup Masih Berhembus
Tuhan Tahu, Dia Ada Di Sisimu
(wawan yap)

maksud gw gini,sebenarnya dengan adanya maslah ini,Tuhan maunya apa untuk yang terbaik buat diri saya?bagaimana mengetahui bahwa ini adalah tujuan dan rencana Tuhan untuk indah pada waktuNya?

makasih atas kekuatan lagunya…dengan kata2 yang menghibur mendatangkan kebaikan bagi yang membutuhkan.

semuanya kita masih dalam tahap belajar bro

memang sulit tapi bukan berarti tidak bisa bro

percayalah…semua yang terjadi atas sepengetahuan Tuhan kita Yesus
dan sebenarnya ada sesuatu hal yang mau Tuhan ajarkan kepada bro dengan kasus2 yang dialami bro

dan pastinya Tuhan tidak pernah membiarkan jika hal itu diluar kekuatan kita

justru karena kita mampulah maka hal itu terjadi pada kita bro :slight_smile:

jangan pernah menyerah kpd situasi disekililing kita bro, bersama Dia kita akan mampu mengatasinya

Tuhan Yesus memberkati… :slight_smile: