PAUS VICAR KRISTUS BUKAN ECCLESIAM ? (EENS)

hahahaha, sarcasm nya mantaapp :afro: :afro: :happy0062: :happy0062:

Apples, aku minta agar Anda tidak memutilasi ajaran2 GK hanya utk mendukung argument2 Anda yg jelas2 bertolak belakang dengan ajaran2 resmi GK.

Di butir yg sama dari LG-8 yg Anda kutip tersebut, bahkan di kalimat yg sama, secara jelas dan gamblang dituliskan bahwa:
… … …, walaupun diluar persekutuan itupun terdapat banyak unsur pengudusan dan kebenaran, yang merupakan karunia-karunia khas bagi Gereja Kristus dan mendorong ke arah kesatuan katolik
http://ekaristi.org/vat_ii/Konstitusi_Dogmatis_Tentang_Gereja.php

Mengapa Anda seolah2 ingin mengatakan bahwa GK memusuhi gereja2 lain yg tidak bersatu di bawah naungan GK??

Benar, yg dimaksud sebagai GEREJA dalam LG-14 adalah GKR.

Dan silahkan Anda ingat pula, bahwa ada ajaran lain yg co-exist dengan LG-14 ini ttg gereja2 yg tidak bergabung di bawah naungan Paus, dan GK mengajarkan bahwa mereka ini juga dapat diselamatkan!!

LG-15
Gereja tahu, bahwa karena banyak alasan ia berhubungan dengan mereka, yang karena dibabtis mengemban nama kristen, tetapi tidak mengakui ajaran iman seutuhnya atau tidak memelihara kesatuan persekutuan dibawah Pengganti Petrus([28]). Sebab memang banyaklah yang menghormati Kitab suci sebagai tolak ukur iman dan kehidupan, menunjukkan semangat keagamaan yang sejati, penuh kasih beriman akan Allah Bapa yang mahakuasa dan akan Kristus, Putera Allah dan Penyelamat([29]), ditandai oleh babtis yang menghubungkan mereka dengan Kristus, bahkan mengakui dan menerima sakramen-sakramen lainnya juga di Gereja-Gereja atau jemaat-jemaat gerejani mereka sendiri. Banyak pula diantara mereka yang mempunyai Uskup-uskup, merayakan Ekaristi suci, dan memelihara hormat bakti kepada Santa Perawan Bunda Allah([30]). Selain itu ada persekutuan doa-doa dan kurnia-kurnia rohani lainnya; bahkan ada suatu hubungan sejati dalam Roh Kudus, yang memang dengan daya pengudusan-Nya juga berkarya diantara mereka dengan melimpahkan anugerah-anugerah serta rahmat-rahmat-Nya, dan menguatkan beberapa dikalangan mereka hingga menumpahkan darahnya. Demikianlah Roh membangkitkan pada semua murid Kristus keinginan dan kegiatan, supaya semua saja dengan cara yang ditetapkan oleh Kristus secara damai dipersatukan dalam satu kawanan dibawah satu Gembala([31])… Untuk mencapai tujuan itu Bunda Gereja tiada hentinya berdoa, berharap dan berusaha, serta mendorong para puteranya untuk memurnikan dan membaharui diri, supaya tanda Kristus dengan lebih cemerlang bersinar pada wajah Gereja.
http://ekaristi.org/vat_ii/Konstitusi_Dogmatis_Tentang_Gereja.php

Apples, silakan Anda terima dan camkan ini!!

Definisi bidaah dan skisma yg Anda miliki ini SALAH dan TIDAK SESUAI dengan definisi GK!!

GK tidak pernah mengatakan bahwa protestantism adalah bidaah.
GK tidak pernah mengatakan GO adalah skisma.

Skisma/heretic adalah oknum pelakunya, bukan denominasinya.
Protestant, reformed, orthodox, selama mereka bukan secara sadar memisahkan dari dari GK (yg berarti mereka pernah menjadi bagian dari GK), maka mereka BUKAN termasuk dalam definisi bidaah/skisma, melainkan mereka termasuk dalam definisi LG-15 yg aku berikan di atas!!

Keselamatan yang pertama dan terutama adalah RAHMAT (GRACE).
Menjadi katolik TIDAK 100% menjamin bahwa seseorang akan diselamatkan!!

Bro nuansa, supaya Anda tidak kebingungan dengan konsep infallibility dalam GK, silakan Anda baca uraianku berikut ini.
Dan silakan Anda ingat, bahwa dalam GK, yg memiliki infallibility hanyalah ajaran yg bertaraf Deposit Iman dan Dogma!

Mengikuti istilah “infallibilitas tunggal” Anda ini, IMHO, Anda juga tidak bisa mengatkan sola-scriptura sebagai infalibiliatas tunggal, karena pada kenyataannya, Anda juga mengimani infallibility dari kanon Kitab Suci (39+27) yg sama sekali tidak disebut2 dalam alkitab Anda. :slight_smile:

Betul koh.

@ Bro Jenova,

Terima kasih untuk informasi yang berharga Anda berikan pada Reply #151 di atas…

Tadinya saya ingin memintanya secara langsung dari Anda agar ‘sumber’-nya jelas dari pihak GKR, dan bukan dari saya, sehingga kredibilitasnya lebih tinggi…

Jika nantinya ada tafsiran saya yang keliru atas materi (legal-formal) yang Anda berikan, saya terbuka untuk Anda koreksi…

Salam,

(Nuansa)

Pantas saja Dogma dibilang ajaran agama lain oleh Bruce.

Rupanya “penginjilan” internet itu menganggap yg diinjili batita semua, makanya gak malu2 lagi menyatakan Dogma Gereja Katolik adalah ajaran agama lain seperti yg anda lakukan Bruce.

EENS ini termaksud Dogma yang Infallible dan Mutlak Benar kan bro?

Meskipun banyak doktrin ajaran GK yang bisa salah, seperti devosi pada Maria dan santo santa, setidaknya masih ada ajaran yang pasti benar dalam Gereja Katolik. EENS adalah salah satu contoh ajaran yang Infallible.

Bro Jenova, yang dimaksud “GerejaNya” dalam KV II adalah gereja yang tunduk dan takluk pada Paus (GRK).

Sedang lembaga gereja2 yg TIDAK bersatu dengan Paus adalah TIDAK termaksud dalam pengertian Gereja Roma Katolik.

LG 8: Dokumen Vatikan II, Konstitusi Dogmatis tentang Gereja, Itulah satu-satunya Gereja KRISTUS yang dalam Syahadat iman kita akui sebagai Gereja yang satu, kudus, katolik dan apostolik. Gereja itu (Roma Katolik), yang didunia ini disusun dan diatur sebagai SERIKAT, berada dalam Gereja Katolik, yang dipimpin oleh PENGGANTI Petrus (PAUS) & para Uskup dlm persekutuan dengan Paus (MAGISTERIUM)

LG 14 :“Maka dari itu andaikata ada orang, yang benar-benar TAHU, bahwa Gereja Roma katolik (GEREJA YANG TUNDUK PADA PAUS) itu didirikan oleh Allah melalui YESUS KRISTUS sebagai upaya yang perlu, namun TIDAK MAU MASUK ke dalamnya atau tetap tinggal di dalamnya, ia TIDAK DAPAT diselamatkan”

Syarat keselamatan dalam Dogma EENS memang tidak mengatur keselamatan umat Katolik, tapi pengikut KRISTUS yang TIDAK tunduk dan takluk kepada Paus.

Tambahan bro Jenova bagi pengikut KRISTUS yang keluar/ menolak tunduk pada Paus berarti juga menghujat ROH KUDUS sudah cukup menjelaskan maksud Dogma EENS ini.

Ya, denominasi2 yg tidak bersatu dengan Paus memang tidak termasuk dalam pengertian Gereja Katolik Roma, TETAPI mereka termasuk dalam pengertian “diluar persekutuan itupun terdapat banyak unsur pengudusan dan kebenaran, yang merupakan karunia-karunia khas bagi Gereja KRISTUS dan mendorong ke arah kesatuan katolik” (LG-8)

Dalam definisi GK, mereka ini bukan heretics/skisma seperti yg Anda katakan itu!!
Mereka termasuk dalam definisi LG-15!

Anda ini bukan jemaat GK tapi kok ngotot kalo pengertian Anda yg salah ini adalah ajaran GK yg benar??

Sudah berkali2 aku jelaskan, bahkan dalam diskusiku dengan bro nuansa pun sudah aku berikan banyak bukti dan referensi2nya, bahwa dogma EENS hanya berlaku bagi mereka yg mengimani bahwa GK adalah Gereja yg sejati.
Kalo Anda tidak pernah menerima dan mengimani hal ini dan Anda menolak bergabung dengan GK, maka doktrin EES lah yg berlaku utk Anda. Doktrin EES ini sudah ada sejak jaman Gereja Perdana dan selalu co-exist dengan EENS!!!

Jangan memutilasi penjelasan orang lain!!

Silakan dibaca baik2, kalo seseorang telah menerima kebenaran dan mengimani bahwa GK adalah Gereja yg sejati, lalu kemudian dia mengingkari kebenaran yg telah diterimanya, maka dia telah menghujat roh kudus, dan sesuai dogma EENS dia kehilangan keselamatannya.

Kalo seseorang tidak pernah menerima dan tidak pernah mengimani kebenaran ini, dia tetap bisa diselamatkan meskipun menolak masuk dalam GK, simply karena “innocent ignorance”-nya, bukan karena dia telah menghujat Roh Kudus.

Ya, sesuai penjelasanku di reply #151, sebagai dogma EENS adalah infallible!!

Doktrin memang fallible, dalam artian bisa saja salah atau boleh ditolak kalo menjadi batu sandungan bagi seorang umat GK.

Satu lagi, Devosi BERBEDA dengan Doktrin.
Jadi entah apa yg Anda maksud dengan devosi kepada Maria dan santo/a bisa salah??

Bravo bro jenova…
Masih sabar aja ngadepin apples…
Terlihat sekali klo dia bukan ingin mencari tau tentang kebenaran… Tapi berusaha membelokan kebenaran itu…
Dan Terlihat jelas sekali di thread “INJIL KATOLIK” buatan dia…
Mau ngakak disana tapi keburu ditutup… :stuck_out_tongue:
Banyak sekali serangan2 kosong tapi lagi2 terbukti pertahanan dengan apologetik terbaik memang ampuh…
Salam damai bro semua… Selamat memulai masa puasa… :slight_smile:

Pengertian “ECCLESIAM” dalam Dogma EENS ini adalah jemaat/ gereja yang tunduk dan takluk pada Paus Vikar Kristus, yaitu Gereja Roma Katolik.

Sudah benar bukan pengertian “ECCLESIAM” ini?

Betul tuh Koh…

Ya, dalam EENS, istilah “Ecclesia” secara khusus mengacu pada GKR, seperti definisi yg diberikan oleh Bellamirne:

“A body of men united together by the profession of the same Christian Faith, and by participation in the same sacraments, under the governance of lawful pastors, more especially of the Roman Pontiff, the sole vicar of Christ on earth”

Tapi ingat, pengertian “ecclesia” itu sangat luas, dan juga mencakup orang2 tanpa kesalahan mereka sendiri mengimani iman kristiani yg berbeda dengan iman GK. Mereka ini juga termasuk sebagai anggota Gereja meskipun tidak bersatu dengan Tubuh Gereja yg kelihatan (visible church) itu.

Many baptized heretics have been educated in their erroneous beliefs. Their case is altogether different from that of those who have voluntarily renounced the Faith. They accept what they believe to be the Divine revelation. SUCH AS THESE BELONG TO THE CHURCH IN DESIRE, for they are at heart anxious to fulfill God’s will in their regard. In virtue of their baptism and good will, they may be in a state of grace. They belong to the soul of the Church, though they are not united to the visible body.
http://www.newadvent.org/cathen/03744a.htm

Sekali lagi, silakan dibedakan antara ecclesia yg exclusive mengacu pada GKR, dan ecclesia yg mengacu pada jemaat Kistus secara general.

Jika seseorang telah mengimani kebenaran ttg ecclesia yg exclusive mengacu pada GKR, maka baginya berlaku dogma EENS.
Jika seseorang yg tanpa kesalahannya sendiri tidak mengenal dan tidak mengimani kebenaran ttg ecclesia, dia tetap dapat diselamatkan menurut doktrin EES.

Orang sabar disayang Tuhan, bro… :smiley:
Kalopun penjelasan2ku sia2 buat dia, semoga bisa berguna dan menguatkan orang2 lain yg memang ingin mengetahui kebenaran ttg ajaran2 GK.

Selamat memulai masa prapaskah!!
God bless us all… :slight_smile:

Bro Jenova, bidat/ skisma/ heretic adalah OKNUM pelaku dan BUKAN denominasinya itu bagaimana maksudnya?

Apakah Paus i.e magisterium masih menyeleksi lagi orang perorangan dari warga denominasi yang TIDAK mau tunduk dan takluk pada Paus?

Jenova, silakan Anda terima dan camkan ini!!

Protestant, reformed, orthodox, mereka SECARA SADAR MEMISAHKAN diri dari GK (yg berarti mereka pernah menjadi bagian dari GK), dan menolak tunduk dan takluk pada Paus maupun ajarannya, sehingga protestan, reformed, orthodox, anglikan inilah definisi bidaah/skisma!

Kalau bro Jenova “tidak tahu”, protestan dan yang lain2 pernah dan berasal dari GK seperti yang selama ini disemboyankan oleh katolikers.

Propaganda Katolik tidak hanya menyebut kalau tidak ada GK maka tidak ada protestan dll, tapi Alkitab Kitab Suci juga tidak ada dan YESUS tidak akan dikenal oleh umat manusia.

Jenova sebagai seorang katolik mengimani bahwa GK adalah Gereja yg sejati, tapi kemudian karena satu hal keluar dari GK dan masuk ke gereja orthodox/protestant. Dalam hal ini, Jenova adalah skisma/heretic, tetapi gereja orthodox/protestant BUKAN skisma/heretic.

Jenova adalah seorang Kristen yg besar di gereja orthodox/protestant, dan mengimani bahwa ajaran dalam orthodox/protestant adalah kebenaran sejati. Dalam hal ini, Jenova BUKAN skisma/heretic, tetapi orang yg karena “innocent ignorance” tetap bisa diselamatkan.

Nope, GK hanya bisa memberikan definisi dan ajaran2Nya.
Masing2 individu lah yg akan mempertanggung-jawabkan perbuatannya masing2 (i.e. menolak bergabung dengan GK), dan hanya individu itu dan Tuhan saja yg tahu apakah penolakannya itu benar2 karena “innocent ignorance” ataukah secara sadar telah menolak Gereja yg sejati.

Bedakan, denominasinya itu lahir dan diawali dari orang2 yg melakukan skisma dan heretic.
Pelopornya (e.g. Pothius pelopor skisma GOT dan pengikut2nya di waktu itu, Luther pelopor heretic protestant dan pengikut2nya di waktu itu) adalah skisma/heretic, tetapi orang2 yg kemudian lahir dan besar tanpa mengenal iman katolik dan mengimani bahwa yg diajarkan oleh pelopor skisma/heretic adalah hal yg benar (sehingga mereka menolak utk bergabung dengan GK), mereka ini TIDAK dianggap sebagai skisma/heretic oleh GK.

Kalo Anda mau mendefinisikan diri Anda sebagai heretic, ya monggo aja.
Tapi kalo sudah jelas definisi Anda ini BERBEDA dengan definisi GK, ya jangan terapkan dogma2 GK utk Anda yg jelas2 telah membuat definisi2 sendiri yg berbeda dgn definisi2nya GK!!

Ya kalo seorang protestant itu pernah menjadi jemaat GK, AFAIK dia memang telah menyandang predikat heretic.
Kalo seorang protestant itu tidak pernah menjadi jemaat GK, tumbuh dalam iman bahwa iman protestant itu adalah yg benar, GK memandangnya sebagai seorang yg karena “innocent ignorance” bisa diselamatkan!!

Boleh tahu Anda termasuk kategori yg mana? :smiley:

Propaganda??
Lol… silakan pelajari sejarah!!
Kalo tidak ada yg namanya Gereja Katolik, dari mana kanon alkitab yg Anda pegang ini lahir?
Kalo tidak ada Gereja Katolik yg diprotes oleh Luther, dari mana denominasi2 protestant ini akan lahir?
;D ;D ;D

Propaganda Katolik tidak hanya menyebut kalau tidak ada GK maka tidak ada protestan dll, tapi Alkitab Kitab Suci juga tidak ada dan YESUS tidak akan dikenal oleh umat manusia.

Aduh ini orang kok ignourance banget yah sama sejarah…;D ;D

Protestan itu dimulai olah bapa reformator nya ada Luther, Calvin, Zwingli dll…

Dan mereka itu dulunya katolik bukan hindu atau Islam atau Budha atau Orthodox ;D coba baca2 lagi sejarahnya dek apples ;D ;D

waduh kalau sudah history resistant bisa bergabung dengan para novelis dan brown dll untuk pembuatan novel selanjutnya tapi jelas tempatnya bukan di forum diskusi ;D ;D