Pasangan Beda Suku

[b]Pasangan BEda suku…
Mau tanya neh yee, bagemana pendapat kalian smua…

Kayaknya yang warga keturunan chinese…ortunya pasti selalu
wanti wanti utk merid or pny pacar yang sesuku, sama2 chinese
mgkn menurut mereka lebih bagus sesuku, biar meridnya itu memakai
adat istiad yang sama, trus kulturnya sama
jadi penyesuaian masuk kelingkungan keluarga yang baru itu
ga terlalu rumit, jadi bisa jauh dari salah paham yang menyebabkan
perpecahan, pertengkaran or apa lah yang menyebabkan cerai or tetekbengek laennya…

Nah, jangan kan dilingkungan keluarga yang emg mengharapkan smua anggota keluarganya pny pasangan sesuku…
tapi apakah lingkungan kalian itu…seperti teman2 jg berfikiran sama
supaya pasangan itu mesti sesuku…

INi contoh kasus pada kebanyakan suku chinese…
bagemana yang bukan chinse?
tolong ya sharenya…

karna dulu kayaknya gw sependapat sama smua keluarga besar
dan temen2 gw, kalo kita (keturunan chinese) mesti mendapat
pasangan yang sesuku…diluar dari Chinese di cut aja deh

tapi sekarang gw kok jadi ga nyaman yee dengan hal itu
bukan krn ada yang gw suka yang ga sesuku
tapi gw pikir, walopun ga sesuku asal pasangannya Takut akan Tuhan
dan bisa membawa kita mendekatkan diri dengan Tuhan, itu ga masalah
tapi… susahnya Ortu gw msh tetep kekeh…gw disuruh harus yang sesuku
apa lagi temen2 gw jg melarang gw mendapatkan pasangan yang tidak sesuku…

bingung mode on [/b]

NB: kalo ada yg merasa postingannya sama dengan porum sebelah ya maap, emg sengaja mao tau dan mao dapet msukan yang banyak, hihihih

tapi gw pikir, walopun ga sesuku asal pasangannya Takut akan Tuhan
dan bisa membawa kita mendekatkan diri dengan Tuhan,

salam…
sepertinya udah terjawab sendiri deh…:smiley:
saya setuju_TAKUT AKAN TUHAN_adalah modal utama dalam suatu hubungan.
Lalu menyangkut keluarga yang kurang setuju, jika kita bersiap yakin, mungkin juga akan bisa mengerti dan menerima perbedaan suku ini.
Dengan pemahaman “takut akan Tuhan” selayaknya pula akan sampai di pemahaman : sama pula Ciptaan Tuhan. :slight_smile:

jadi? lanjuuuuttt…D

wowwwww keren nich…

betul sekali Takut akan Tuhan Yesus dan sama2 bertumbuh dalam pengenalan Kasih Bapa dalam diri kita yang akan mempersatukan dan berakhir pada suatu Pernikahan yg kudus dan menjadi Mempelai surga…

Udeh Mey Serahkan Semuanya ke Pada Tuhan aja, Biarlah Rencana Tuhan Yang berjalan, Toh Mey Juga Gak Kawatir dengan smuanya, Kalo Tuhan Kasih Jalan smuanya akan Indah… jd sekarang ga kawatir lagi
yang mesti di cari pasangannya Dulu… hahahahaa
Duhhh Tuhan… Mey Suka Dia… :*

Ingat lagu:
YESUS CINTA SEGALA BANGSA
SEGALA BANGSA DI DUNIA…
INGGRIS PERANCIS AFRIKA dsb dsb…
YESUS CINTA SEGALA BANGSA DI DUNIA.
(eh mana ya bangsa CINAnya malah ga ada lho :wink:)

yang mo nikah kan kamu bukan ortu, keluarga, teman or siapa" tapi KAMU…
KAMU tau yg terbaik.
Dengar kata hati suara Tuhan. Pasti semua ok.
banyak kq kasus yg sprti itu. tapi akhirnya ortu, teman, dsb bisa nerima.

Sori… Bagi pendapat gw… terserah de… Tuhan telah menciptakan manusia berbagai-bagai suku… supaya kita dapat mengasihi antara satu sama lain… cinta kasih melebihi batasan suku,agama & segalanya… tapi untuk pasangan aslkan saudara seiman udah bisa… tapi bergantung kepada diri sendiri… tapi tuhan pasti memberikan pasangan yang cocok nanti… GBU

Pasangan beda suku itu diterapkan hanya dari orang tua saja!! pada dasarnya tidak ada di Firman Tuhan yg mengajarkan harus mempunyai pasangan dengan satu suku!!

Tapi Firman Tuhan mengajarkan harus Mempunyai pasangan dengan satu Iman!!

beda suku? :coolsmiley:

sapa takut? 8)

asal takut Tuhan, aQ sih ga masalah :afro:

Hmmm…
10 tahun yang lalu ada yang datang dengan pertanyaan yang sama…

pesan saya cuma satu… berpasangan artinya berani menanggung lebih banyak masalah bersama… siap?

thats all,

salam

perbedaan itu sudah dileburkan dalam Yesus Kristus Mey…

dalam hal ini tiada lagi orang Yunani atau orang Yahudi, orang bersunat atau orang tak bersunat, orang Barbar atau orang Skit, budak atau orang merdeka, tetapi Kristus adalah semua dan di dalam segala sesuatu. (Kolose 3:11)

sudah ga ada lagi orang Yunani, ga ada lagi orang Yahudi, ga ada lagi orang Pribumi Asli, ga ada lagi orang Chinese, ga ada lagi orang Ambon, ga ada lagi orang Batak, ga ada lagi orang Sunda, ga ada lagi orang Jawa… Tuhan Yesus aja ga buat perbedaan kenapa kita harus buat perbedaan itu sendiri? semuanya unik di mata Tuhan, semua manusia diciptakan dengan karakternya masing2 dan keindahannya masing2… untunglah Tuhan menciptakan manusia berbeda, kalau sama semua apa bedanya kita dengan robot? keindahan anugerah Allah adalah manusia diberikan “Free Will”…

:slight_smile:

Ngomong-omong… istri saya juga beda suku dengan saya… tapi rasanya ga ada masalah yang mendasar… kalo masalah budaya kadang bikin BT tp kadang juga jadi sangat menarik…

Cuma perlu pertimbangkan penyampaian ke ortu atau pertimbangan spiritual yang disampaikan ortu, karena ortu biasanya hanya akan bicara soal culture saja…

salam

kalo aku secara pribadi mah gak masalah dan bener sih jika sudah Takut kan Tuhan itu gak masalah…:smiley:

ada contohnya ko…:smiley: Tulang (paman) ku kandung menikah dengan wanita dari suku ambon…begitu juga dengan sodara-sodaraku yang lainna mereka punya pasangan yang beda suku…dan ga da masalah sih…dan memang perbedaanna hanya di culture az…:smiley:

so pasangan beda suku enjoy az dah…:smiley:

Kalo Marboenz sendiri sudah berpasangan belum? :smiley:

Salam

jawabannya muantep abisss…
apalagi,
lanjut,

tapi sih emang dari sana nya ya… menurut pandangan gw … suku chinese nyari pacara / pasangan itu pasti se suku… jarang jarang banget beda di luar suku nya… gag tau kenapa … sampe skarang masih binun… hehe

[b]sama skali no problemoo !!!

aku ndiri “hasil” dari pernikahan beda suku (jawa-tionghoa)
dan mpe sekarang ga pernah ada masalah mendasar tu !!
even ortu ku dulu ditentang pas mao merid, tapi karena emang pada dasarnya Tuhan yang jodohin akirnya ortu mereka luluh juga…mpe sekarang malah baek banget hehe :char11:

mey cia yo !![/b]

kakak ku dapat orang batak

tante ku ada dapat orang manado & orang jawa…

dll…

asal muasalnya Tuhan ga ciptakan istilah “SUKU”
yang ada juga kita semua masih bersodara… dari Adam & Hawa…
kalau terlalu jauh… ya dari…
NUH → sem, ham, yafet
cuma itu

Kalo bisa si se-suku ttp cari yang takut akan Tuhan :afro:

Krn adat terkadang juga menjadi kendala keharmonisan dlm RT.
Sifat2 pembawaan bayi kadang juga belum tentu bisa diterima pasangannya.

Kecuali memang pacaran dlm waktu yang lama , luar dalam (maksudnya jelek baiknya dah tahu semua)
ngga soal. :wink:

tp ga semua bro arranger,
kakak sepupu gw ada yg udah nikah sama orng chinese,
mereka bahagia kok,skrng udh punya 2 anak. dia china pontianak lg,

sama bro aku juga bingung knapa bisa bgitu…kalo pun dah cinta Tuhan biasanya ( sebisa mungkin) juga yg cari cinta tuhan dan tetep satu suku… 8)