Pacaran dengan Sepupu sendiri

So, salam Kenal Gw member baru… Nama gw Wilson Usia 22
Mau nanya sedikit ne,
Gw anak sekarang ini sedang menjalin hubungan dengan cwe yang ternyata sepupu gw sendiri.
Cwe gw ternyata anak dari adek perempuan bapak gw, (berarti cwe gw itu sepupu gw) kami beda marga memang.
Yg pengen gw tanyain,

  1. Apakah hubungan kami ini dibenarkan atau tidak ?
  2. bolehkan kami melanjutkan hubungan kami ?
  3. apa yang harus kami lakukan kedepannya ?
    mohon saran dari teman teman seklian…

terima kasih

@wilson99 :

Bray, udah elo tanyain ke ortu elo atau ortu pacar elo?

udah bro… ternyata mama si cwe gw sama bapak gw itu kaka beradik kandung,…

Maksud gue, elo udah tanya belon sama ortu elo atau ortu pacar elo, apakah di suku kalian boleh nikah sama sepupu?

hmm… belom gw tanya sih,… klo ditanya n ternyata gak oleh gimana ??
kecewa hebat pasti,… Omg,… what should i do ???

Dengan pernyataan anda yg mengatakan “kami beda marga”,

jika anda adalah org batak, maka hubungan ini tdk masalah secara adat dan agama (malah jaman dulu sangat dianjurkan)

Namun ada yg harus dipertimbangkan, misalnya faktor genetik hususnya penyakit turunan.

Jika faktor ini ada, sebaiknya hubungan jangan dilanjut.

Well, Apakah benar tidak menjadi masalah ? SI cwe anak dari adek Perempuan Papa gw,…
Untuk masalah Genetik memang saya pernah membaca ,…
dan sampai saat ini saya bingung harus bagaimana,… sementara saya pernah memberi tahu pacar saya dan jawaban dia sangat mencengangkan, dia mengatakan “memang kenapa ? apa maslahnya ?” bagaimana ini?
mohon masukannya,…

secara ilmu genetika
semakin dekat “kerabat” dengan pasangannya dikhawatirkan segala yang jelek2nya itu tar menurun ke anaknya

kalian ngga bisa saling melengkapi kalau ternyata membawa suatu penyakit bawaan

kalau orang tua ngga masalah
saran sy selanjutnya mungkin bisa cek untuk masalah ini… (meskipun sy jg ga tau beginian bisa dicek gak atau dimana ceknya…)

Mohon maaf, mungkin saya kurang cermat dalam memahami hubungan anda dengan pacar anda

yg pertama coba dijawab apakah anda orang batak?

dan untuk orang batak

X (laki-laki) bersaudara dengan Y (perempuan)

kemungkinan perkawinan :
A. anak laki-laki dari X dengan anak perempuan dari Y,
ini membuat hubungan keketrabatan menjadi kacau balau, sehingga sangat dilarang didalam adat batak.

B. anak perempuan X dengan anak laki2 Y

perkawinan ini meneruskan sistem kekerabatan, sehingga dulunya sangat direkomendasikan dlam adat batak

Jika kondisi anda adalah A, maka saran saya, jangan dilanjut.

karena hal ini akan membuat seluruh keluarga besar kedua belah pihak jadi kacau balau.

Well,… saya bukan dari keluarga Batak,…
dan sepertinya saya ada di kasus A,…

karena saya tdk tau pasti anda dari suku apa, maka sulit untuk memberi saran.

untuk suku yg ada di Pulau Jawa, rasanya tdk ada larangan yang tegas terhadap hubungan seperti yg anda alami, walaupun memang kejadiannya sangat jarang terjadi.

saran saya,
diskusikanlah dengan org yg paham adat/istiadat sesuai suku anda,
karena secara Alkitab tdk ada larangan yg tegas untuk itu.

Jika itu dilarang secara adat, sebaiknya jangan dilanggar.

Tidak baik, jika orang kristen jadi batu sandungan bagi sesamanya.

Apakah pada kasus A yg saudara maksud itu termasuk saudara sedarah atau bagaimana ??
dan kenapa pada kasus B diperbolehkan ?

saya kurang nagkap maksud pertanyaannya.

tapi, pada kasus yg saya illustrasikan yaitu pada kasus A, ada bebarapa kemungkinan :

  1. ayah si cowok adalah saudara skandung dengan ibu si cewek (hubungan darah masih sangat dekat)

  2. ayah si cowok semarga namun sdh jauh hubungan keluarganya dengan ibu si cewek (hubungan darah sdh jauh bahkan dianggap tdk ada)

  3. ayah si cowok, aslinya bukan orang batak, namun secara adat sdh diangkat marganya sehingga sama dengan marga ibu si cewek (dlm hal ini sebenarnya sama sekali tdk ada hubungan darah)

larangan berlaku untuk ke 3 kemungkinan di atas

dan kenapa pada kasus B diperbolehkan ?

tidak bisa dijawab secara pasti kenapa A tdk boleh atau B boleh karena ini adalah ketentuan yg sdh ada dan berlau secara konsisten sejak jaman dahulu, sejak adanya suku batak.

namun analisis saya, kasus B diperbolehkan, karena sistem kekerabatan tetap konsisten secara adat batak.

Well, jadi selama ini saya erpacaran dengan adik saya sendiri, dan saya sudah tahu kalau itu memang salah,…
terima kasih bro,…
saya akan coa bicarakan dengan pacar alias adik saya ini untuk kelanjutannya,…
hal yang tidak pernah terduga,… kesalahan saya mencintai saudara sendiri,…

saya sangat menghargai keterbukaan dan ketulusan hatimu dalam berdiskusi

namun saya penasaran,

kenapa bro menyimpulkan seperti itu, kan penjelasan saya hanya menyangkut adat batak, bukan adat suku lain.

apa kaitanmu dengan yg saya jelaskan

Well,. mungkin setelah saya pelajari dan bertanya ke beberapa sanak saya, ada kemiripan adat atak dengan adat keluarga saya ,…
nah, apa lagi yg bisa di simpulkan selain hal tersebut bro,…
memang sulit untuk menerima kenyataanya,… but, what can i do ?? and what should i do now?
its all depend on our discussion then, will her end this up or not,…
and how to tell her ? how to tell her so she can accept and yah,… begitulah,…
dont know what should i do… abit disappointed,…

Saran gue, elo bikin pertemuan antara ortu elo dan ortu sepupu elo.
Nah, di situ elo dan sepupu elo bikin pengakuan soal hubungan kalian.
How about that?

Wow,… i dont know can i menage it or not,… i need time ,…
its will be hurt,…
should we do that ?

Gue sih cuma pengen elo mengantisipasi apabila sepupu elo ga mau terima penjelasan dari elo, bray.
Trik lain, bisa juga begini, elo suruh sepupu elo tanya-tanya ke ortunya soal nikah. Tapi jangan langsung to the point tapi ajak muter-muter dolo. Pas timingnya pas, baru masuk bab intinya.

Betewe, emang seberapa dalem sih percintaan kalian, bray? Semoga tidak seperti yang gue pikirin.

Memepertimbangkan jawaban anda pada saya sbb:

Jika adat keluarga anda, mirip dgn adat batak, maka saya sarankan hal ini diselesaikan sendiri tanpa melibatkan keluarga/ orang tua,

“Dengan memakai patokan adat batak”, berhubungan seperti anda dan sepupu anda ini adalah tabu, dan aib bagi keluarga.

Jika kedua keluarga dilibatkan, jika saya bayangkan ini terjadi pada keluarga saya, maka hal ini berpotensi merusak hubungan persauadaraan antara ayah anda dan keluarga perempuan tsbt.
Atau paling tidak akan terjadi kecanggungan dalam hubungan.

Dan…
Diterima atau tidak, anda hrs memutuskan hubungan ini.