New Zealand Life Culture

Dibawah ini adalah kesaksian dr teman sy yg tinggal di New Zealand. Kesaksiannya mengenai cara hidup / tata krama di negara tersebut. Maaf kesaksiannya dia tulis dlm bhs Inggris krn kesaksian itu diforward jg ke teman2nya di berbagai negara.

NZ Life Culture

Here, I cannot count myself and never heard educated people, supervisors, managers, colleagues who speak Bllsht, Fck, God dmn it, etc.etc… It is not our culture in NZ to say those words. We never want to swear. That’s why, God chooses NZ become His land. The people is so much different with Aussie. NZer never wants to be called Aussie. They don’t want that name. Firstly, I don;t know why. But, after leaving here 8 years, I realized that NZers are different.

Just recently, Irene and i were on the road. there was a car driven by a chinese loaded his car with heaps of boxes. Suddenly, the boot was opened and the boxes fell down on the road and the driver could not stop his car. What happened is : this is the difference, the cars behind him stopped, the drivers got off and moved the boxes into a safety place. They looked like quite heavy. They did not know whether the owner would collect them or not. Everyone is involved. Irene said, I like NZers.

NZers have helping hands and they are courteous. We never raise voice and always smile. We say hello on the street in the community though we don’t know them. They say hello first, not us. If we are polite and courteous, NZers will accept us as part of their community and we can merge in them.

HONESTY, HUMILITY, RESPECTS, COURTEOUS ARE CRITICALLY IMPORTANT IN NZ. ONCE THEY LOOSE THEIR TRUST IN US, THAT’S IT, THEY WILL NEVER TRUST US AGAIN.

THIS IS APPLIED TO WORK IN BANKS, BAKERIES OR EVEN SUPERMARKETS. EVERYWHERE…

We cannot let our blood pressure high up. We hit people, Police will take us to Court. We harass or bully people, we will get warning from Co.

the culture is “Thank you and Please”.

Usually, NZ Employers like to employ Indonesian. My Senior Manager from UK, he likes Indonesian workers as we always obey, work hard and do the best and giving no problems.

This is a small country.

God bless you.

Kenapa ya mrk bisa berlaku spt itu, sedangkan kita yg katanya bangsa yg sopan dan berketuhanan sptnya susah sekali utk tidak berkata kasar & memaki. Senyum di bumi Indonesia saat ini hampir punah. Sering kita senyum ramah ke orang lain, namun balasannya adalah pandangan ketus & curiga. Dimanakah nilai2 tata krama & kesopanan bermasyarakat yg dahulu diajarkan di bangku sekolah. Bila bangsa barat bisa knp bangsa kita tidak bisa ?

NZ baru kena gempa bumi 7+

iya bro

wuih NZ very cooll, awesome… i like it (kok gw jadi tulis pake bhs inggris ya…hehe)

well, pada dasarnya smua org itu baik kok…cm mgkn kebiasaan, masalah, tantangan hidup bahkan film menyebabkan org ga ramah…

@steavan: masalah ekonomi kali, hehe…

yah pokoke semua masalah…

cthL misalnya kita senyum ama org yg gak dkenal di jalanan atau kita disenyumin org yg kita ga kenal , ntar kita sangka/disangka copet, maling

kl kita ramah, ntar disangka pdkt atau penculik…hehe

ya benar, aku sering menjumpai kejadian ini… kebetulan 2x seminggu aku lewat daerah yang masih tergolong pedesaan meskipun masih berlokasi di surabaya. di sana gak ada angkutan umum yang lewat, dan orang2 sering mencegat untuk nunut, tapi sampai sekarang aku belum pernah kasih nunutan untuk orang yang cegat2 itu… resiko kan…

kalau kita lihat di film produksi amerika, di daerah pertanian banyak orang yang acungkan jempol dan mau numpang, dan banyak juga yang kasih tumpangan. gak tau kejadian ini benar di dunia nyata atau cuma di film…

gw jadi inget kejadian kmrn… gw sbg pengendara motor melihat mobil yg pintunya gak bgt rapat tertutup…

nah gw pengen bantu kasihtau tp bingung kasihtaunya… ntar disangka mau jambret…akhirnya gw urungkan niat gw… tp dalam hati gw, gw merasa menyesal…hiks

Sypun pernah alami yg bro steavan alami…Sy pernah mencoba memberitahu mobil di jalan tol yg kap mesinnya tdk terkunci dng benar. Sewaktu sy berkali2 memberikan kode lampu beam, pengendara mobil tsb malah marah & berusaha memancing emosi sy utk balapan. Sy berusaha susul dia tapi malah dia lebih tancap gas lagi. Mungkin krn dia sdh kesal akhirnya dia sprint dan ngebut. Tdk lama kemudian kap mesin terbuka menghantam kaca depannya hingga hancur. Untung tdk terbalik mobilnya. Krn sy jg dah kesal dngnya, jadi sy dekati mbl tsb, & sy sapa pengemudinya cukup dng 1 kata, yaitu Skrg puas khan go*lok ;D Lalu sy tinggalin dia.

Orang bule dulunya berbakti di gereja, Jaman dulu gereja masih belum materialist seperti sekarang, jadi masih terbiasa ramah. Saya lihat statistik, tahun 2006 penduduk NZ sekitar limapuluh sembilan persen Kristen duapuluh sembilan persen tanpa agama.

Saya yakin masalah ini contribute keramahan dari mereka, karena jaman dulu gereja sangat berpengaruh dalam membentuk karekter anggotanya.

Sekarang karena masalah gereja untuk bisnis, orang jadi memandang sebelah mata terhadap gereja.