Nabi yang seperti Musa

Mohon maaf newbie

Lagi latihan bikin Thread baru

topik klasik saya yakin para hero disini sudah pinter diluar kepala dalam menaggapi.
saya ingin belajar maklum newbie

Ulangan

18:18 seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya.
18:19 Orang yang tidak mendengarkan segala firman-Ku yang akan diucapkan nabi itu demi nama-Ku, dari padanya akan Kutuntut pertanggungjawaban.

siapakah nabi yang dijanjkan kepada musa tersebut ?

Silahkan

:onion-head83:

kasih smiley biar cakep

“…. Musa tidak saja dilihat sebagai seseorang yang telah membebaskan bangsa Israel dari penjajahan Mesir, tidak saja sebagai pemberi hukum [Taurat], tetapi juga sebagai nabi pertama yang menjadi contoh teladan yang istimewa bagi semua nabi di masa yang akan datang.

Peran dasar nabi adalah untuk berbicara di dalam nama Tuhan dan mewartakan arti dan jangkauan kejadian- kejadian masa lalu, masa kini dan masa depan: Karena itu, bangsa Israel tidak membutuhkan ahli nujum, peramal, pemanggil arwah yang terkait dengan berhala dan tahayul ….

Arti mesianis dari ayat 15-18 [ditunjukkan sbb:] di dalam Perjanjian Baru, Rasul Paulus mengidentifikasikan “nabi” yang akan dibangkitkan Allah ini dengan Yesus Kristus (lih. Kis 3:22-23, yang secara langsung mengutip Ul 18:18, juga Yoh 1:21,45; 6:14; 7:40)

Yang menjadi bukti terkuat dari tradisi Yahudi di jaman Yesus, yang memberikan interpretasi mesianis kepada perikop ini, adalah manuskrip- manuskrip Qumran (lih. 1 QS 9) yang menambahkan pada perikop ini perikop dari Ul 5:28-29 dan referensi kepada bintang Yakub (Bil 24:17) dan tongkat kerajaan yang tak akan beranjak dari Yehuda (Kej 49:10) ……

Arti kolektif yang mungkin disampaikan di sini oleh Musa (faktanya bahwa ayat itu dapat diinterpretasikan mengacu kepada banyak nabi yang akan dibangkitkan Tuhan sepanjang sejarah) adalah sempurna sesuai dengan penggenapannya yang paling penuh di dalam Yesus Kristus, Nabi terbesar dari semua nabi (lih. Ibr 1:4).”

jadi nabi itu adalah yesus ?

Sepertinya gitu

:coolsmiley:

ok ada yang lain yang mau menambahkan

karena saya dalam posisi belajar jadi saya tampung saja sebagai masukan

kalo ada yang mau nambah silahkan

Yesus sendiri mengaku nubuat Nabi Musa mengacu kepada-Nya dengan konfirmasi seperti dibawah:

“Kamu percaya kepada Nabi Musa, tentu kamu akan percaya juga kepada-Ku, karena Nabi Musa telah menulis tentang Aku.” (Yohanes 5:46)

[b]

Nabi = God’s Messanger [/b]

Pemikiran FK 1 YESUS = God
Pemikiran FK 2 YESUS = Son of God
Pemikiran FK 3 YESUS = God’s Messenger = Nabi

Kalo di hubungkan No 1 dengan 3….YESUS Messenger of YESUS… hahahaha… aneh…dan kelewat pandai :huh:

Piss bro

Logikanya agak aneh ya mas? he he he, beljar matematik nya di mana ? He he he

oh jadi anda cewe ya fren… saya kasih bunga biar tambah manis ya… :love0072:

nabi Yohanes Pembaptis… :happy0025:

Topik saya kunci karena sudah terjawab di

@Hellrider: sebelum mebuat topik, sebaiknya Anda lihat dulu apakah pertanyaan Anda sudah terjawab, sehingga Anda tidak perlu membuang-buang waktu dan tenaga untuk mengetik pertanyaan yang sama.

Terima kasih untuk semua member yang telah berpartisipasi. Sampai jumpa di topik menarik lainnya.

Tuhan YESUS memberkati