Murid Yesus

Paham Trinitas hanyalah salah satu paham yang berkembang di masyarakat pada abad-abad awal Masehi. Paham lain yang juga berkembang adalah paham Unitas (Tauhid) yang pada abad keempat dibela oleh Arius dan para pendukungnya. Lalu mengapa Kaisar Konstantin memilih Trinitas? Apakah karena Trinitas itu adalah kebenaran sejati? Melihat latar belakang Kaisar yang pagan, kami tidak heran jika kaisar lebih memilih Trinitas daripada Unitas.

Apakah Unitas baru lahir pada abad keempat? Pada abad keempat, diketahui adanya pertentangan antara pendukung Unitas dan para pendukung Gereja Pauline. Di jalan-jalan, orang ramai mempermasalahkan apakah anak sama dengan Bapa? Jika seseorang bertanya kepada pedagang di pasar berapakah harga barang ini? Dikatakan oleh pedagang, “Bukankah Bapa lebih besar dari anak?” Hal ini adalah kiasan atas betapa meluasnya perdebatan antara pendukung Trinitas dan Unitas saat itu.

Pertentangan ini sudah ada sejak awal berdirinya Gereja Pauline/Kristen. Bukankah Anda mengetahui adanya pertentangan antara Paulus dan 12 murid Yesus? Bahkan Paulus menentang pewaris da’wah Yesus, yaitu Petrus (Matius 16:18; Galatia 2:11). Bahkan Paulus menyebut Barnabas sebagai orang yg mengikuti kemunafikan Yahudi (Galatia 2:13). Paulus melakukan pembunuhan karakter terhadap para penentangnya dengan penilaian subyektif terhadap perbuatan para penentangnya. Mirip sekali dengan tukang gosip yang suka membicarakan orang lain berdasarkan penilaiannya semata atas perbuatan orang yang ia gunjingkan.

Pada saat itu, juga telah berkembang ajaran bahwa Yesus tidak menghapus hukum Taurat, bahkan menggenapkannya. Siapa yang membawa paham dan ajaran seperti ini yang jelas-jelas bertentangan dengan paham yang dibawa Paulus? Tentu saja para murid Yesus yang setia menemani dan mendukung da’wah Yesus. Mereka adalah para murid Yesus yang ditentang dan difitnah oleh Paulus sebagai munafik karena mereka mengajarkan bahwa Yesus tidak disalib, bahwa Yesus tidak menghapus Taurat.

Apakah hanya ada satu pengajaran di zaman itu? Apakah hanya ada satu doktrin di zaman itu? Nyatanya tidak. Saat itu juga telah berkembang paham bahwa Yesus tidak disalib. Telah berkembang pengajaran Yesus yang asli. Tetapi Paulus ingin merebut jemaat 12 murid Yesus dengan berkata: “Hai orang-orang Galatia yang bodoh, siapakah yang telah mempesona kamu? Bukankah Yesus Kristus yang disalibkan itu telah dilukiskan dengan terang di depanmu?” (Galatia 3:1)

Apakah Paulus menyaksikan Yesus disalib? Apakah Paulus pernah melihat wajah Yesus sebelum ia mengaku telah dipilih Yesus dalam penampakan? Paulus tidak punya pengetahuan yang dapat dipertanggung-jawabkan dalam hal ini. Pengetahuan Paulus atas penyaliban Yesus adalah pengetahuan yang meragukan, karena dia sebenarnya tidak menyaksikan penyaliban Yesus. Dia tidak benar-benar tahu apakah Yesus itu benar disalib atau tidak. Dia hanya mendengar kabar saja bahwa Yesus disalib. Tetapi dia tidak menghiraukan kabar lainnya bahwa Yesus tidak disalib. Siapakah pembawa kabar (injil) yang lain itu? Siapakah yang dituduh telah menipu orang Galatia dengan mengajarkan bahwa Yesus tidak disalib? Para murid Yesus. Para murid Yesus telah mengajarkan ajaran Yesus, yang tentunya berbeda dengan pekabaran yang dibawa Paulus si Farisi dari Tarsus.

Pekabaran siapa yang Anda pilih, wahai ahli kitab? Pekabaran para murid Yesus, ataukah pekabaran Paulus yang kemudian didukung oleh Kaisar pagan?

kasihan sekali si moses neh hehehe

Pemuka Pelopor Pendiri Gereja:

  1. Gereja Antiokhia (Turki) pada 37 M didirikan oleh Rasul Petrus kemudian diteruskan melalui Suksesi Apostolik.
  2. Gereja Byzantium/Konstantinopel (Yunani) pada 38 M didirikan oleh Rasul Andreas kemudian diteruskan melalui Suksesi Apostolik.
  3. Gereja Roma (Katholik) pada 42 M didirikan oleh Rasul Petrus dan Rasul Paulus kemudian diteruskan melalui Suksesi Apostolik.
  4. Gereja Selat Malabar (India) pada 52 M didirikan oleh Rasul Thomas dan Rasul Bartholomeus.

Nah kalau semuanya konspirasi Rasul Paulus, mengapa kesemua Gereja di atas memiliki sentral doktrin yang sama? padahal cikal pembentuknya dari rasul yang berlainan, dan mereka menjaga keotentikan doktrin secara turun temurun melalui Suksesi Apostolik. Apa berarti Rasul Paulus ngiklan keliling seluruh Asia? sejarah tidak berkata demikian bung…

Pekabaran siapa yang Anda pilih, wahai ahli kitab? Pekabaran para murid Yesus, ataukah pekabaran Paulus yang kemudian didukung oleh Kaisar pagan?

Apanya yang dipilih, wong sentral doktrinnya sama… Anda buta sejarah, pelajari lagi dech… bisa diketawain Gereja kalau Anda berkata demikian…

Best Regard,
Daniel FS

:cheesy:
dibaned juga masih direplay…
ngomong2 kenapa dibaned ya om moses?? :’(
agak2 gawat yak postingannya??? :ashamed0004:

Karena tidak berbobot, serangan zaman Flinstone koq masih aja dipakai… emang ga pernah baca Apologetika tuch…

Best Regard,
Daniel FS

Melihat dan melihat tapi gak melihat dan memahami
Mendengar dan mendengar tapi gak mengerti

Cocokkkkkkkk :afro:

Topik saya kunci karena sudah dijawab bro Daniel FS di Murid Yesus - Terjawab - ForumKristen.com

Terima kasih untuk semua member yang telah berpartisipasi. Sampai jumpa di topik lain yang menarik.

Tuhan YESUS memberkati.