Mukjizat Ekaristi (roti menjadi daging) Laciano, ada photonya!!SUNGGUH MUKJIZAT!

Dua belas abad yang lalu, sebuah mukjizat besar terjadi di dalam sebuah gereja Katolik. Peristiwa ini tepatnya terjadi pada Abad ke-8 A.D, di sebuah gereja kecil yang bernama Saint Legontian. Allah menjawab keraguan seorang biarawan Basilian mengenai kehadiran nyata Yesus dalam Ekaristi.

Pada suatu misa, setelah konsekrasi (bagian dari Misa yang dipercaya sebagai perubahan roti dan anggur menjadi tubuh dan darah Kristus), hosti benar-benar berubah menjadi Daging dan darah yang hidup, yang mengental menjadi lima gumpalan. Bentuk gumpalan tersebut tidak beraturan dan berbeda bentuk serta ukurannya.

Roti benar-benar berubah menjadi daging yang berwarna coklat muda, dan tampak berwarna kemerahan bila disinari dari belakang. Darah yang begitu kental dan berwarna seperti tanah (kuning kecoklatan). Sudah lebih dari 250 tahun daging tersebut disimpan dalam sebuah ostensorium perak yang artistik, dan diukir halus ileh seniman dari sekolah Neopolitan.

Darah yang menggumpal telah ditampung dalam sebuah Rock-Crystal (piala indah yang amat kuno). Hingga saat ini, para biarawan Fransiskan Konventual masih merawat Sanctuarium tersebut.

Pada tahun 1970 dilakukan suatu penelitian ilmiah oleh seorang ilmuwan yang amat termasyhur, Prof Odoardo Linoli, seorang professor ulung dalam Anatomi dan Pathological Histology dan kimia dan clinical microscopy.

Ia dibantu oleh Prof Ruggero Bertelli dari Universitas Siena.

Analisa dilakukan dengan kecermatan ilmiah yang mutlak dan tak dapat disangkal, serta didokumentasikan dengan disertai serangkaian foto microscopic; disampaikan kepada masyarakat luas oleh Prof Linoli sendiri dalam suatu konferensi yang diselenggarakan pada tanggal 4 Maret 1971 di Gereja Mukjizat.

Analisa-analisa tersebut mendukung kesimpulan-kesimpulan berikut:

  1. Daging adalah benar-benar daging. Darah adalah benar-benar darah.

  2. Daging terdiri dari jaringan otot jantung (myocardium).

  3. Daging dan Darah berasal dari spesies manusia.

  4. Daging dan Darah mempunyai golongan darah yang sama, yakni AB.

  5. Dalam Darah didapati protein dalam proporsi normal yang sama (dalam persentase) seperti ditemukan dalam sero-proteic yang terkandung dalam darah normal yang segar.

  6. Dalam Darah juga didapati mineral-mineral berikut: khlorida, fosfor, magnesium, kalium, sodium dan kalsium.

  7. Penyimpanan Daging dan Darah, yang dibiarkan dalam keadaan alami selama duabelas abad (yakni tanpa bahan pengawet kimia) dan rentan terhadap unsur-unsur atmosfir dan biologis, tetap merupakan suatu fenomena yang luar biasa.

Ilmu pengetahuan merupakan bisa dijadikan metode pendekatan sebuah paham, namun Yang Maha Tahu atau Allah sendirilah yang mencipatakan segala pengetahuan yang dimiliki dan dipelajari manusia. Mana yang lebih kita percaya? Para ilmuwan atau Sang Pencipta (yang telah menciptakan para ilmuwan dan segala yang dipelajari para ilmuwan)?
(Zepe)

lihat Picture-nya di:

@zepe

Saya “mengagumi” semangat bro untuk “mengungkapkan” kisah tentang roti dan anggur

Namun rasa2 nya perlu diluruskan pemahaman yang sebenar-benarnya apa yang dimaksudkan dengan roti dan anggur

Jika diartikan secara harafiah, itu FATALISME namanya

Sama seperti ketika Nikodemus tidak mengerti ketika Tuhan YESUS menyatakan setiap manusia harus “lahir baru” atau dilahirkan kembali

Joh 3:3 YESUS menjawab, kata-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah.”

Joh 3:4 Kata Nikodemus kepada-Nya: “Bagaimanakah mungkin seorang dilahirkan, kalau ia sudah tua? Dapatkah ia masuk kembali ke dalam rahim ibunya dan dilahirkan lagi?”

Joh 3:5 Jawab YESUS: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.

Joh 3:6 Apa yang dilahirkan dari daging, adalah daging, dan apa yang dilahirkan dari Roh, adalah roh.

Joh 3:7 Janganlah engkau heran, karena Aku berkata kepadamu: Kamu harus dilahirkan kembali.

Seorang pengajar utama umat Yahudi yang begitu paham tentang hukum Taurat tidak dapat memahami arti sebenarnya dari dilahirkan kembali

Saya sangat confirm dan yakin bahwa Tubuh YESUS yang diwakili atau disimbolkan sebagai Tubuh KRISTUS, bukanlah daging dan darah secara harafiah

Karena jika diartikan demikian tentu umat Kristiani atau orang percaya digolongkan sebagai manusia kanibal (makan daging manusia)

Dan begitu ironisnya jika darah itu diartikan secara harafiah darah manusia, lengkaplah “stigma” manusia monster buat orang percaya, sudah kanibal kemudian keturunan drakula lagi

Sebenarnya roti dan anggur itu melambangkan simbolisasi rohani dari “daging” dan “darah” KRISTUS
Ada begitu banyak dan dalam makna rohani dari “daging” dan “darah” KRISTUS sebagai suatu esensi dinamika kehiduapan orang percaya

Secara singkat saja

“daging” KRISTUS melambangkan persekutuan dengan tubuh KRISTUS, dalam ketaatan dan kesetiaan pada TUHAN ALLAH

Manusia kedagingan lama kita, perlu terus menerus diperbaharui dengan “mengimplan” atau “mencangkok” atau “mengkonsumsi” tubuh KRISTUS

Heb 10:10 Dan karena kehendak-Nya inilah kita telah dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya oleh persembahan tubuh YESUS KRISTUS.

Dengan demikian proses pengudusan yang dilakukan oleh Roh Kudus lewat makna rohani dalam roti yang melambangkan daging KRISTUS terus dapat teraktualisasi dalam kehidupan kita

Sedangkan “darah” KRISTUS pun kurang lebih berfungsi sama, namun memiliki esensi dinamis yang begitu kaya dari sisi rohani untuk menjadi rhema bagi kita semua

Seperti yang kita tahu, darah adalah fungsi yang sangat vital dalam tubuh manusia, karena itulah darah merupakan banyak representasi pemaknaan rohani

Mungkin salah satunya yang bisa saya bagikan adalah; darah KRISTUS mendamaikan manusia dengan Allah Bapa, sehingga dengan keberanian penuh kita dapat bersekutu dan membangun hubungan yang sangat erat dengan Allah Bapa melalui darah KRISTUS yang sudah tertumpahkan menebus hidup orang percaya

Heb 10:10 Dan karena kehendak-Nya inilah kita telah dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya oleh persembahan tubuh YESUS KRISTUS.

Sebenarnya masih banyak yang bisa kita ungkapak dari kekayaan perjamuan roti dan anggur yang melambangkan daging dan darah KRISTUS

Namun yang terlebih penting bukan hal-hal yang berbau magis seperti yang bro sampaikan itu menjadi makna tunggal kerohanian daging dan darah

Melainkan barangsiapa yang dengan cara tidak layak makan roti atau minum cawan Tuhan, ia berdosa terhadap tubuh dan darah Tuhan

1Co 11:25 Demikian juga Ia mengambil cawan, sesudah makan, lalu berkata: “Cawan ini adalah perjanjian baru yang dimeteraikan oleh darah-Ku; perbuatlah ini, setiap kali kamu meminumnya, menjadi peringatan akan Aku!”

1Co 11:26 Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan sampai Ia datang.

1Co 11:27 Jadi barangsiapa dengan cara yang tidak layak makan roti atau minum cawan Tuhan, ia berdosa terhadap tubuh dan darah Tuhan.

1Co 11:28 Karena itu hendaklah tiap-tiap orang menguji dirinya sendiri dan baru sesudah itu ia makan roti dan minum dari cawan itu.

1Co 11:29 Karena barangsiapa makan dan minum tanpa mengakui tubuh Tuhan, ia mendatangkan hukuman atas dirinya.

Demikian bro yang bisa saya sampaikan

:slight_smile:
GBU

Yoi…

Itu bukan magis kok…

Tapi kuasa Tuhan…

Mistik Kristen ada karena campur tangan Tuhan…

jadi bukan karena kekuatan dan kemampuan kita…apalagi pake kekuatan alam dan roh-roh kegelapan…

Thanks buat firmannya, semoga setiap dari kita,umat Kristen, akan semakin bisa memaknai perjamuan kudus…

bro magis dan mistis itu sama pengertiannya

di Kekristenan tidak ada suatu yang mistis (karena hal mistis itu berasal dari iblis dan pengikutnya)

yang ada hanya mujizat, misalnya kesembuhan, atau mujizat yang meneguhkan dan mengenapi purpose TUHAN kepada seseorang atau untuk suatu komunitas, dsb

:slight_smile:
GBU

Yah…cuma soal istilah saja…

seperti kita nyebut kata “pelayan”…orang bisa nyebut sebagai buruh, orang yang melayani Tuhan, orang yang melayani raja…

Yah…Kalau ada yang ga nyaman pake kata “pelayan” pake aja kata yang lain, misalnya pekerja, buruh, hamba, karyawan…dll…

kalau Bro nyebut mistik dengan gambara-gambaran yang horor ya silakan…
jadi kalau mau nyebut sebagai mukjizat ya…mungkin lebih bae…silakan…

GBU

Kalo soal mukjizat…

ga usah yang muluk-muluk…atau berupa kesembuhan juga ada…

kita bisa bernafas…kita bisa hidup ampe sekarang…detak jantung kita…

itu mukjizat…

Kalau soal mukjizat Ekaristi di artikel saya…

bagi saya sih…biasa saja…lha wong saya Udah percaya ma Gusti Yesus…

Liaht orang disembuhkan …juga biasa saja…Yesus tinggal di hati setiap orang yang percaya juga udah mukjizat yang luar biasa kok…

Tapi…bagi orang lain seh…tergantung…kembali pada masing-masing…

Menurut kamus,

mis·tik n 1 subsistem yg ada dl hampir semua agama dan sistem religi untuk memenuhi hasrat manusia mengalami dan merasakan emosi bersatu dng Tuhan; tasawuf; suluk; 2 hal gaib yg tidak terjangkau dng akal manusia yg biasa.

ma·gi n sesuatu atau cara tertentu yg diyakini dapat menimbulkan kekuatan gaib dan dapat menguasai alam sekitar, termasuk alam pikiran dan tingkah laku manusia;
– hitam magi yg digunakan untuk tujuan jahat; – putih magi yg digunakan untuk tujuan baik

Peristiwa kenaikan Tuhan Yesus adalah peristiwa mistis, peristiwa gaib yang sukar dijangkau oleh akal manusia biasa saja.

Saya juga percaya mujizat, artikelnya Zepe mengingatkan saya kembali bahwa mujizat itu nyata. Yang utama dari peristiwa mujizat adalah bawahsannya mujizat apapun bertujuan hanya untuk Kemuliaan Tuhan. GBU

jelas sangat bedanya

mistik (dari iblis)

Exo 7:11 Kemudian Firaunpun memanggil orang-orang berilmu dan ahli-ahli sihir; dan merekapun, ahli-ahli Mesir itu, membuat yang demikian juga dengan ilmu mantera mereka.

sedang mujijat (dari Tuhan)

Exo 7:10 Musa dan Harun pergi menghadap Firaun, lalu mereka berbuat seperti yang diperintahkan TUHAN; Harun melemparkan tongkatnya di depan Firaun dan para pegawainya, maka tongkat itu menjadi ular.

Exo 7:12 Masing-masing mereka melemparkan tongkatnya, dan tongkat-tongkat itu menjadi ular; tetapi tongkat Harun menelan tongkat-tongkat mereka.

sama-sama bisa merubah tongkat jadi ular, tapi sumbernya berbeda

:slight_smile:
GBU

Setahu saya, bukannya golongan darah Tuhan itu O ya?

Best Regard,
Daniel FS

Amin :afro:

Krn di gereja Katolik pun sy percaya Kuasa Tuhan Yesus ada di sana

saya sering membaca tentang mujizat ekaristi Katolik dimana Roti berubah menjadi daging dan anggur berubah menjadi darah. Di Injil YESUS sendiri mengatakan:

Yohanes 6:53-55
6:53 Maka kata YESUS kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jikalau kamu tidak makan daging Anak Manusia dan minum darah-Nya, kamu tidak mempunyai hidup di dalam dirimu.

6:54 Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia mempunyai hidup yang kekal dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman.

6:55 Sebab daging-Ku adalah benar-benar makanan dan darah-Ku adalah benar-benar minuman.

6:58 Inilah roti yang telah turun dari sorga, bukan roti seperti yang dimakan nenek moyangmu dan mereka telah mati. Barangsiapa makan roti ini, ia akan hidup selama-lamanya."

Ini gambar Roti atua Hosti yang berubah menjadi daging

Karena itu Firman Tuhan itu Nyata!!! Dia mengajak kita hadir dalam ibadah untuk selalu mengenangNya dan menerima Dia yang hadir dalam roti agar Ia tinggal di dalam kita.

Boleh tanya refrensinya dimana?

Mujizat masih terjadi sampai saat ini… bagi yang percaya
bisa di gereja Katolik, bisa di GBI, bisa di GPdI , bisa di GTI .
Krn kuasa Tuhan YESUS bisa dinyatakan ketika namaNya ditinggikan :afro:

Krn yang jelas mujijat itu bukan monopoli milik suatu gereja saja … sedang gereja yang lain kuasa gela
Intinya ketika 2-3 orang percaya berkumpul dlm nama YESUS… di situlah Tuhan hadir

Jika diartikan secara literal, sekali lagi saya sampaikan itu FATAL

Masa manusia makan daging Anak Manusia (roti), minum darah Anak Manusia (anggur)

Kenapa harus memakan roti, bukan daging mentah?

Kenapa tidak minum anggur, bukan darah segar?

Sudah saya jelaskan arti rohaninya apa

jangan mengartikannya secara harafiaf seperti Nikodemus mengartikan lahir kembali harus masuk kedalam rahim ibunya lagi

Roti itu melambangkan DAGING KRISTUS YANG ARTINYA FIRMAN KEBENARAN

Anggur itu melambangkan DARAH KRISTUS YANG ARTINYA ROH KUDUS

Maka

Joh 4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."

MENJADI RELEVAN DAN KONTEKSTUAL

bro Clay, itu merupakan pertanyaan kritis dari ;

4. Daging dan Darah mempunyai golongan darah yang sama, yakni AB.

mengapa golongan darah dan dagingnya sama AB?

darah dan daging siapakah itu?

apa pernah Tuhan Yesus pergi ke laboratium untuk periksa golongan darah-Nya?

:slight_smile:
GBU

Boleh tanya refrensinya dimana?

Banyak sich referensinya…

<"O Darah Mulia Yesus Kristus,

Yang Kurucahkan untuk membuktikan kerahiman-Mu kepada semua insan. Pandanglah kami yang menghadap ke hadirat-Mu, limpahilah kami dengan rahmat-Mu.

Lihatlah kepala kami, tangan kami, akal budi kami, ingatan kami, pikiran dan cita-cita kami, kecenderungan kami, perbuatan kami, pancaindera kami, baik yang lahiriah maupun nyang rohaniah.

Cucilah semuanya itu, bersihkanlah segalanya itu, jadikanlah kami manusia baru karena daya kekuatan-Mu. Amin

Doa tersebut merupakan doa yang senantiasa didoakan oleh Sr Seraphine Spickermann bersama keenam suster temannya dalam komunitas awalnya di Sittard. Ia menemukan penghiburan dan kekuatan yang mendalam saat menghadapi situasi sulit berkaitan dengan kongregasi baru yang dilahirkannya. Dari doa tersebut kemudian mengalir devosinya kepada Darah Mulia.">

Source: http://www.keuskupan-purwokerto.net/index.php?pilih=news&mod=yes&aksi=lihat&id=71

<Dihapuskan dosaku
Hanya oleh darah Yesus
Aku pulih dan sembuh
Hanya oleh darah Yesus
O, darah Tuhanku,
Sumber pembasuhku !
Sucilah hidupku
Hanya oleh darah Yesus>

Source: Kidung Jemaat No.36 Dihapuskan Dosaku

Ngga ditulis “AB, Darah Mulia Yesus Kristus” atau “AB, darah Tuhanku” kan?

Joke… hahaha…

Yang penting fungsinya Darah Yesus Kristus…

Best Regard,
Daniel FS

Yup banyak kok…

yang pasti Yesus punya banyak cara untuk membuktikan bila Dia benar-benar hadir dalam Perjamuan Kudus…

misalnya juga…banyak kesembuhan terjadi pada saat Perjamuan Kudus…(Misa Ekaristi)

Mt 26:26 Dan ketika mereka sedang makan, Yesus mengambil roti, mengucap berkat, memecah-mecahkannya lalu memberikannya kepada murid-murid-Nya dan berkata: "Ambillah, makanlah, inilah tubuh-Ku."

1Co 11:24 dan sesudah itu Ia mengucap syukur atasnya; Ia memecah-mecahkannya dan berkata: “Inilah tubuh-Ku, yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku!”

Anggur itu melambangkan DARAH KRISTUS YANG ARTINYA Roh Kudus

Mat 26:27-28
Sesudah itu Ia mengambil cawan, mengucap syukur lalu memberikannya kepada mereka dan berkata: "Minumlah, kamu semua, dari cawan ini. Sebab inilah darah-Ku, darah perjanjian, yang ditumpahkan bagi banyak orang untuk pengampunan dosa.

25 Demikian juga Ia mengambil cawan, sesudah makan, lalu berkata: “Cawan ini adalah perjanjian baru yang dimeteraikan oleh darah-Ku; perbuatlah ini, setiap kali kamu meminumnya, menjadi peringatan akan Aku!”

darah dan tubuh Tuhan Yesus jelas banget sbg Korban yang ta’ bercacat cela

Roti dan anggur bukan hanya sekedar …lambang ttp seharusnya benar benar diimani ketika kita ambil bagian d Perjamuan Suci sedang … menggambil bagian dr tubuh dan darah Tuhan :wink:

Yup…saya setuju…!!!

Mukjizat juga terjadi di teman-teman kita dari agama lain kok…

:slight_smile:

Berkah Dalem…

Penjelasan kamu tidak sama seperti yang dipahami Gereja Katolik sejak zaman rasul, perjamuan yang mereka lakukan itu utk mengenang Yesus. dan mujizat tersebut untuk menunjukkan bahwa Yesus benar2 hadir dalam roti tersebut, sebab Ia mengatakan:

Yohanes 6:53-55
6:53 Maka kata YESUS kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jikalau kamu tidak makan daging Anak Manusia dan minum darah-Nya, kamu tidak mempunyai hidup di dalam dirimu.

6:54 Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia mempunyai hidup yang kekal dan Aku akan membangkitkan dia pada akhir zaman.

6:55 Sebab daging-Ku adalah benar-benar makanan dan darah-Ku adalah benar-benar minuman.

6:58 Inilah roti yang telah turun dari sorga, bukan roti seperti yang dimakan nenek moyangmu dan mereka telah mati. Barangsiapa makan roti ini, ia akan hidup selama-lamanya."

Itu Firman TUHAN loh? Bukan Firman Engkong kita!!!

Ams. 13:13 Siapa meremehkan firman, ia akan menanggung akibatnya, tetapi siapa taat kepada perintah, akan menerima balasan.

Dan FIRMAN YANG HIDUP meyatakan FIRMANNYA dan MUJIZAT itu untuk menunjukkan bahwa IA BENAR2 HADIR DALAM Ibadah Ekaristi.

Kalau anda meragukan hal itu, Jadi menurut anda mujizat itu datangnya dari mana? Tolong di Jawab?

Hahaha aku udah kirain seriuss…