Mengenai Awal segalanya "Tuhan dulu atau Manusia dulu" ?

Kristen menganggap Tuhan adalah awal segalanya

tapi apakah itu pernyataan yg benar atau cuma impuls saja

Menurut saya Manusia dulu yg ada baru ada Tuhan

karena Tuhan adalah Ciptaan Manusia yg paling Sempurna

Menurut I … orang bebas berpendapat… mau berkata bhw hewan dulu ada baru Tuhan … silahkan :smiley:

^
setubuh eh setoejoe…

karena

maka untuk pertanyaan ini

i berpendapat gak mungkin…

hatred…mana yang paling betul dari daftar dibawah ini:

1.Manusia menciptakan Tuhan
2.Tuhan menciptakan Manusia
3.Tuhan menciptakan Manusia yang berpikir bahwa Manusia menciptakan Tuhan
4.Tuhan menciptakan Manusia yang berpikir bahwa Tuhan menciptakan Manusia
5.Manusia (dll) dan Tuhan adalah satu (gak ada urusan “cipta-ciptaan”)

yg benar yg ini

  1. Manusia menciptakan Tuhan agar Manusia terpedaya menganggap Tuhan menciptakan Manusia.

tolong jawab sesuai pilihan. gak usah melenceng

loh

oke saya bakal jawab sesuai pilihan kalo love juga menjawab sesuai pilihan pertanyaan saya

pertanyaan saya buat love

anda itu termasuk apa

  1. binatang
  2. tumbuhan

nb:

tolong jawab sesuai pilihan. gak usah melenceng

lebih terhormat orang yang bisa berdiskusi dan mau ditanyain,dan lebih lagi mau menjawab pertanyaan. Tolong jawab pertanyaan saya dulu

@love

maksud saya orang berhak untuk menjawab…

tapi anda malah memaksakan saya menyetujui apa yg anda pikirkan.

gitu loh…

dan orang bakal lebih terhormat lagi bila bisa berdiskusi dengan tidak memaksakan pendapat, tetapi saling berbagi pendapat.

bukan memaksakan pendapat… tapi pilihan yang saya kasih itu sudah meliputi tipe manusia di dunia ini
sebaiknya kamu hanya memilih saja

mana yang paling betul dari daftar dibawah ini:

1.Manusia menciptakan Tuhan
2.Tuhan menciptakan Manusia
3.Tuhan menciptakan Manusia yang berpikir bahwa Manusia menciptakan Tuhan
4.Tuhan menciptakan Manusia yang berpikir bahwa Tuhan menciptakan Manusia
5.Manusia (dll) dan Tuhan adalah satu (gak ada urusan “cipta-ciptaan”)

kalo saya tipe manusia yang ke 4. Tuhan menciptakan manusia yang berpikir bahwa Tuhan menciptakan manusia.

Boleh juga pendapat anda bro hatred,
Itu berarti anda telah menjawab sendiri pertanyaan anda, bahwa sebenarnya Manusia dulu baru Tuhan.
Bukankah begitu?
Nah yang jadi pertanyaan saya adalah, DARI MANA ASAL MULANYA MANUSIA ITU?

@love

jawaban saya yg memberikan no 6 itu adalah bukti bahwa anda belum

meliputi tipe manusia di dunia ini

@cloude ← pakein e ya, biar kerenan dikit hehe…

manusia berasal darimana saya tidak punya jawabannya…

bagaimana dengan cloude , darimana manusia berasal? ada argumen yg faktual?

itu kan menurut anda… >>> sebagai orang yg belom mengenal saya.

btw apakah kamu punya bukti kuat kalo Tuhan adalah ciptaan manusia? selain dugaan dari kamu sendiri??

^
siapa yg mewartakan Tuhan?

manusia bukan?

saya rasa ada salah bahasa di sini, yg benar seharusnya:
Manusia sebetulnya menciptakan Tuhan, tetapi sebagian Manusia menganggap Tuhan menciptakan Manusia.

anda lemah sekali, hatRed, karena anda sendiri tidak punya teori dari mana manusia berasal. sedangkan, bagi orang Kristen sudah ada dasar pengertian.

lalu, jika anda menganggap Tuhan tidak ada, bagaimana dengan setan? apakah dia juga tidak ada? bagaimana pikiran kamu menjelaskan kejadian2 supra natural yg terjadi?

gak ah…aku gak ngefans sama Jean Claude Van damme.

Tidak punya jawaban artinya bingung.com ;D

lihat pembukaan postingan hatRed ini.
Aku orang kristen :azn:

@chirpy

bolehlah anda menganggap saya lemah

tetapi saya tidak seperti orang Kristen yg berbicara tidak realistis…
dan mengenai setan, ngapain pula diikut sertakan dalam diskusi ini

emang setan itu dapat memberikan jalan dimana Tuhan berada?

lagipula saya masih berpendapat ini yg benar

Manusia menciptakan Tuhan agar Manusia terpedaya menganggap Tuhan menciptakan Manusia.

karena kalo versi anda ada dua kebenaran yg kontradiktif

@cloud <— biasa aja deh… hehe 8)

bingung itu gak tau mau jawab apa… sedangkan saya dengan yakin menjawab tidak tahu.

setan juga bisa memberikan jawaban apakah ada yg namanya Tuhan apa gak dalam konteks sebagai pencipta.

jika anda percaya dengan adanya setan, bagaimana dengan teori ini? (yg pasti salah banget teori ini, tetapi mungkin anda lebih mudah menerima, sehingga anda tahu manusia dari mana)
zaman dahulu, ada suatu pribadi (kita namakan) Mr. X; setelah dia menciptakan manusia, terjadi sesuatu hal (u bisa karang sendiri) yg menyebabkan dia suka menganggu manusia (bisa dibilang ciptaanya dibikin seperti mainan). lalu manusia yg tidak tahu apa2, menganggap Mr. X adalah setan dan manusia juga menganggap sesuatu yg sebetulnya Mr. X juga sebagai Tuhan (karena mereka sendiri tidak tahu kalau Mr. X si setan itu juga adalah pencipta mereka)

hatred punya bukti kalo Tuhan itu gak ada?

kalo kamu punya bukti kuat dan gak bisa dibantah sama sekali maka kamu emang hebat :happy0062: dan sangat realistis :afro: