mengatasi minder

saya wanita yang menikah selama 12 tahun,problemnya sekarang adalah saya merasa minder dihadapan orang lain dan suami sendiri,awalnya saat suami ketahuan selingkuh dan tidak berlanjut.namun jika ingat akan hal itu saya merasa apakah mungkin saya ini tidak cantik,memang diakui wajah saya tidaklah sempurna ada cacat sedikit…sekarang banyak sekali pertanyaan mengapa tuhan menciptakan/membiarkan ada wajah2 cantik dan buruk rupa…seolah kami yang tidak dianugerahi tidak bisa menikmati rasanya dihargai oleh pasangan

sbab cantik itu adalah sex appeal…

mengetahui cantik tidak adalah hal yang kedagingan…

cantik itu juga bisa dibeli dengan duit…

dunia telah membuat ketentuan2 sendiri…

hingga perbedaan itu MERUPAKAN KEHARUSAN…

DAN yang tertindas dari perbedaan itu harus menahan sakit…

bukan hanya cantik dan jelek…

kaya dan miskin, terhormat dan tidak terhormat, dan lainnya…

buat sis P yang lagi bingung… sebenarnya yang membuat seorang suami selingkuh atau tidak itu bukan cantik atau tidak cantiknya anda secara fisik… akan tetapi kedewasaan berpikir kedua belah pihak, dan komunikasi yang terjalin antara anda berdua… saya coba sederhanakan yaaa… biasanya sih ada perbedaaan yang dipendam terus menerus… akhirnya salah paham dan berujung perselingkuhan… dan sisanya ada resiko walaupun sangat kecil, tapi ada juga yaitu resiko kejiwaan dari yang berselingkuh… nah yang penting sekarang temukanlah perbedaan itu dan selesaikan…

Dude-> thanks bwt masukkannya.sekarang saya memang lebih memperhatikan penampilan saya.walaupun memang itu bukanlah apa yang saya mau setiap hari…semua saya lakukan untuk menjaga hubungan kami tetap langgeng,Sex Appeal memang ada disetiap sisi pria melihat wanita!kadang kami wanita tidak menyadari jika kami jadi objek kesenangan bagi mata pria.dan saya baru menyadarinya sekarang.

cthank to ibmagi,memang sejak lama saya terlalu cuek dengan perbedaan ini yaitu saya tidak pernah menyelami kebutuhan suami

Nah kalau anda sudah tahu di mana kesalahan anda, kenapa anda justru ribut menambal yang lain? Apakah memperhatikan penampilan anda setiap hari bisa menambal kekurangpengertian anda akan kebutuhan suami? Seseorang bisa sakit pusing karena berbagai hal, dari akibat sakit gigi, masuk angin, flu, vertigo, darah rendah, melemahnya mata tanpa disadari, sampai banyaknya masalah pekerjaan atau lainnya, hingga kekurang uang. Semua bisa menunjukkan satu gejala yang sama: pusing. Sayangnya anda tidak bisa menyembuhkan pusing akibat sakit gigi dengan memberinya sangobion yang untuk menambah darah, atau pusing akibat bertumpuknya masalah di tempat kerja dengan membernya lebih banyak uang.

Jadi kalau anda sudah tahu pemicu suami anda berselingkuh, obatilah penyebabnya, sis. Jangan menelan obat yang lain dan berharap “pusing” anda akan hilang karena toh sama-sama obat.

cinta itu memang membingungkan ,namun menyenangkan…kami pun yang sudah menikah 12 tahun ada saja hal yang membuat kami bertengkar,namun ada saatnya kami saling cemburu.
apakah ada masukkan lain,seperti apakah pria memandang wanita…apakah fisik itu lebih penting bagi kaum adam,seperti menomorsatukan penilaian sehingga menggeser penilaian karakter…
yang sama halnya wanita, lebih menomorsatukan karakter sehingga benih cinta itu bisa timbul karena kebaikkan pria.
karena ada banyak wanita2 yang mempercantik dirinya dengan habis habisan ketempat2 kecantikkan,tak lain supaya ada daya tarik dari lawan jenisnya.

laki2 paling suka bila pulang ke rumah habis kerja capeee… disambut istri yang cantik rapi… dilayani… kadangkala laki2 itu seperti anak kecil… kadang suka dimanja, disayang… tidak terlalu beda dengan perempuan kannn…??? Sebagai istri kadang perlu memperhatikan dan cerdik melihat suasana… bila terlihat suami sedang kelihatan lelah janganlah ditambahi dengan berbagai urusan bila tidak mendesak…urusan2 itu masih bisa menunggu nanti bila waktunya tepat… ingat juga sewaktu membuka pembicaraan, lakukanlah seperti anda waktu berpacaran dahulu… janganlah memakai nada2 yang tinggi dan memancing emosi… laki2 juga sama seperti perempuan membutuhkan seseorang untuk bertukar pikiran… atau dengan kata lain “Perhatian”… Setidaknya itulah yang dicari oleh para suami dari selingkuhan, atau di tempat hiburan karena tidak ditemukan di rumah…

Ouw iya mengenai kecantikan yaa… bagi laki2… cukup dengan melihat pasangannya berdandan natural, rapi, enak dilihat dan tidak terlalu berlebihan… ketika anda melakukannya dengan tulus dan senyumlah… disitu akan terlihat kecantikan anda yang dari dalam… memang butuh waktu… namun waktu akan mengubahnya…

hmmm… ada suatu contoh… sekarang kita balik… hmm… saya tidak tahu kondisi anda bekerja juga atau tidak… namun bila anda pernah bekerja… coba bayangkan… apa yang paling anda inginkan ketika anda sudah lelah bekerja dan pulang sampai rumah…??? tidak berbeda kan dengan ini “Kasihilah sesamamu seperti dirimu sendiri” meskipun laki2 dan perempuan ada bedanya dalam perlakuan hehehe… ^^

Semoga bermanfaat…

Sis, anda harus mencari tahu nilai-nilai apa yang berlaku bagi suami anda. Jangan membuang waktu dengan mencari pandangan atau nilai-nilai yang menyamaratakan semua laki-laki karena semua laki-laki di dunia ini tidak penting bagi anda. Laki-laki yang penting bagi anda hanya ayah, suami, dan anak anda. Kalau pun 100 laki-laki mengatakan fisik seorang wanita itu nomor satu sementara suami anda memandang perhatian kepada dia (sekali lagi: “kepada dia” dan bukan kepada laki-laki lain) lebih penting, mana yang benar bagi anda, pendapat suami atau 100 laki2 lainnya?

Ada banyak wanita yang mempercantik diri habis-habisan untuk menarik perhatian lawan jenis. Dan jangan dikira tidak ada pria yang bersolek mati-matian untuk menarik perhatian lawan jenisnya. Tetapi dalam situasi anda di mana anda sudah bersuami, anda mempercantik diri bukan untuk menarik perhatian suami tetapi untuk menghargai suami. Bayangkan kalau sampai tetangga keliru menyangka anda adalah pembokat sementara pembokat anda justru dikira nyonya rumah…tidak lucu, bukan? Tapi anda tidak perlu “menarik perhatian” suami karena dengan dia menjadi suami anda itu berarti dia sudah tertarik pada anda.

Kalau sekarang anda “berusaha menarik perhatian” suami itu namanya anda ketinggalan kereta.

Coba anda kenali kesukaan atau kebiasaan-kebiasaan yang disukainya dari anda (tolong perhatikan dari anda dan bukan dari janda sebelah rumah). Umumnya pasangan yang sudah menikah menuntut pasangannya untuk menerima dirinya “apa adanya.” Padahal tuntutan seperti itu tidak logis. Bayangkan saja kalau suami anda tukang bikin berantakan rumah – baju kotor bertebaran dari ruang tamu sampai gudang, piring makan dari dapur sampai genteng – apakah anda tidak akan memprotes? Bahwa suami anda sudah biasa begitu sejak kecil, apakah anda bisa menermanya “apa adanya”? Sudah pasti tidak.

Karena itu hal sebaliknya juga berlaku, sis. Anda boleh dan berhak menuntut suami anda mengubah beberapa hal dari dirinya agar lebih menyukakan anda, sebaliknya anda juga harus dan berkewajiban mengubah beberapa hal dari diri anda agar lebih menyukakan dia.

Seorang laki-laki sesudah berumah tangga selama lebih dari 10 tahun sebenarnya tidak akan memandang wanita lain hanya karena fisiknya. Tentu saja, dengan perkecualian laki-laki yang secara mental dan karakter yang masih belum berkembang. Kalau pun seorang laki-laki yang sudah lebih dari 10 tahun menikah melirik wanita lain, biasanya lebih dikarenakan tingkah laku isterinya dan bukan karena bentuk fisik istrinya yang sudah ambrol sana-sini.

Lihat saja sekitar anda, dan anda sendiri kalau anda mau. Berapa banyak isteri yang dengan santainya melontarkan komentar yang merendahkan suami di hadapan orang lain. Banyak isteri begitu yang akan membela diri dengan mengatakan dirinya hanya “bergurau.” Tapi apakah suami mereka menerimanya sebagai gurauan juga? Dan, yang lebih penting lagi, apakah orang lain yang mendengar komentar merendahkan tersebut juga menerimanya sebagai gurauan? Kalau tidak maka si suami akan dipandang rendah.

Berapa kali anda menegur suami di suatu acara untuk tidak mengkonsumsi makanan tertentu karena kesehatannya? Bagi kebanyakan wanita, tindakan seperti itu wajar karena mereka toh isterinya. Sayangnya kebanyakan suami menganggap tindakan seperti itu memalukan karena mengingatkan semua orang akan ibu mereka. Sikap seperti itu bukanlah sikap seorang isteri tapi sikap seorang ibu kepada anaknya yang masih ingusan.

Seberapa sering anda mengatakan kalau anda sangat menyayangi suami anda? Kalau anda bangga memiliki dia sebagai suami? Kalau anda bersyukur bahwa dia yang menjadi ayah anak-anak anda?

Anda akan menganggap saya berlebihan. Tapi kenyataan bahwa rumah tangga anda bermasalah seharusnya membuat anda berpikir sejauh mana kebenaran tindakan anda selama ini daripada menyepelekan pendapat lain sebagai berlebihan. Dan, dalam kondisi kritis seperti ini, apakah anda masih akan bertahan menganggap hal-hal kecil tapi vital seperti memuji suami sebagai berlebihan sementara sedikit waktu lagi anda akan menemui dukun bahkan terjauh sekali pun dalam usaha anda untuk mempertahankan suami?

Saya pria yang sudah beristeri.

Selingkuh itu bukan melulu soal ada yang lebih cantik atau bukan. Tetapi ada banyak sebab mengapa pria itu selingkuh dan seks bukan sebabnya, tetapi seks adalah bagian dari pelampiasannya.

Secara logis, selingkuh terjadi karena ketidak puasan. Baik secara batiniah maupun lahirah. Bukan atas diri anda sendiri, tetapi juga atas seluruh keluarga, baik orang tua anda maupun orang tuanya.

Saat sepasang suami dan isteri bertengkar maka tidak ada yang benar dari keduanya, alias keduanya bersalah, demikian juga dengan perselingkuhan, bukan saja yang selingkuh salah, tetapi pasangan sahnya juga bersalah.

Dimulai dari komunikasi, bangunlah sebuah komunikasi yang berkwalitas. Dalam rumah tangga, komunikasi menjadi kunci keharmonisan, saling mengerti dan mahami. Bukan banyaknya bicara tetapi kwalitas kominikasi tersebut, bagaimana saling membaca dan mengerti isi hati dan pikiran masing-masing sehingga terbangun hubungan saling memiliki dan saling mendukung dan didukung.

Tentang rasa malu yang timbul soal bentuk badan dan wajah anda, tidak perlu dipusingkan. Tubuh indah dan seksi, wajah yang cantik dan menarik, tentu siapa saja suka tetapi untuk masuk dalam tahap hubungan lebih intim yang diperlukan bukan wajah dan tubuh yang ideal, tetapi respon yang tepat. Tidak semua wanita selingkuhan itu lebih cantik dan seksi dari isterinya sendiri, mengapa demikian? Sebab selingkuh diawali dari respon, bukan pilihan.

Pria dewasa tidak lagi seperti remaja yang idealis melihat wanita. Pria dewasa condong menerima wanita apa adanya (asal tidak keterlaluan) secara fisik isterinya. Kecantikan yang dapat dilihat oleh pria dewasa adalah kecantikan dari dalam bukan kecantikan fisik seperti yang dilihat para remaja. Relatif… jika cantik fisik itu relatif, maka cantik batiniah juga relatif bagi tiap pria, tergantung dari sudut mana ia memandangnya. Saat seorang pria butuh pengakuan, dan dari istrinya selalu merongrong dan menuntut prestasi, maka pria akan melihat wanita yang mendukungnya untuk maju mulai dari bawah, akan terlihat lebih cantik dari isterinya.

Karena itu 1 Petrus 3:3-4 menuliskan, “Perhiasanmu janganlah secara lahiriah, yaitu dengan mengepang-ngepang rambut, memakai perhiasan emas atau dengan mengenakan pakaian yang indah-indah, tetapi perhiasanmu ialah manusia batiniah yang tersembunyi dengan perhiasan yang tidak binasa yang berasal dari roh yang lemah lembut dan tenteram, yang sangat berharga di mata Allah.” Dan dilanjutkan ayat-ayat dibawahnya bahwa kecantikan wanita itu adalah wanita yang menaruh harapnya kepada Allah dan tunjuk kepada suaminya. Sebab Allah tahu, saat pria menjadi dewasa, ia tidak lagi melihat kecantikan jasmani tetapi kecantikan batiniah.

Suami anda masih remaja atau sudah setua anda? Percantikah manusia batiniah anda maka suami anda akan melihat anda sangat cantik dan paling cantik didunia ini. Firman Tuhan tidak pernah berbohong…

Penyebab suami selingkuh karena suami sis bukan orang yang Takut akan Tuhan

Jangan melihat hanya satu sisi sis ,wanita cantik tidak menjamin suami tidak akan selingkuh, wanita bisa cantik di masa mudanya tetapi tidak di masa tuanya ,Tuhan menciptakan manusia ada yang kurang dan cantik dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing, wanita yang cantik dari luar lebih banyak tidak bisa menemukan laki-laki yang benar-benar mencintainya karena mereka hanya menjual wajahnya sedangkan wanita yang kurang cantik lebih banyak menemukan laki-laki yang benar-benar mencintainya karena mereka menjual inner beauty.

manusia yang memiliki kekayaan,kecantikan,kepopuleran lebih mudah jatuh dalam dosa kesombongan dan perselingkuhan,pecabulan,dll daripada manusia yang memiliki banyak kekurangan, sebenarnya Tuhan menciptakan semua sama tidak ada yang jelek atau cantik tetapi cara pandang setiap orang yang masing-masing memiliki persepsi sendiri melihat “cantik itu seperti apa…”

Dalam sebuah pernikahan ,masalah itu pasti selalu ada sis, bukan hanya sis yang mengalami suami selingkuh tetapi di sekitar sis pasti banyak cuma belum ketahuan saja. dan tidak perlu malu pada diri sis sendiri ,masih banyak orang yang lahir dengan wajah yang jauh lebih kurang atau tidak mempunyai mulut atau hidung yang normal, jadi syukuri kekurangan yang sis punya…"

kalau suami selingkuh itu bukan kesalahan sis ,tetapi dimana kita hidup ,masalah pasti akan selalu ada,tetapi dari setiap masalah kita membangun diri kita menjadi pondasi yang kuat. ingat juga sis istri diciptakan untuk menjadi penolong suami, jika sis sekarang lemah dan hanya meratapi diri sendiri ,bagaimana dapat jadi penolong suami?" doakan suami jangan berusaha membuat diri sendiri terlihat cantik, karena sis sudah dilahirkan cantik dengan menjadi penolong suami sis…"

Pernikahan adalah saling membangun,menguatkan, dan menolong

“tubuh akan menjadi debu, dan jiwa itu kekal sis” :slight_smile:

maap cc gw sendiri belom menikah…tapi gw bisa bagi kesaksian sedikit.
di tempat kerjaan gw ada seorang hamba TUHAN yang hidupnya sangat pas - pasan, wajahnya juga bego- bego (ga lebih ga kurang tapi berkelimpahan :D), suatu hari gw lagi istirahat kerja gw dengar itu hamba TUHAN becanda genit (mesra) di tlp sama seseorang…terus gw tanya om lagi bicara sama siapa ? soalnya itu mereka mesra - mesraan kayak anak abg baru pacaran! bener - bener mesra dan ini gw ga bikin - bikin.
trus gw bilang Ah ga mungkin om!..om menikah sudah berapa lama ?..dia jawab tahun 94 menikah.
gw tanya kok bisa masih mesra begitu ?..dia jawab malu - malu “lah memang kenapa toh itu istri aku?”.
dia bilang rasa cinta ga bisa di tentuin dari “keinginan” dan itu ga bisa di dapat secara instan tapi harus belajar rendah hati,saling membutuhkan,saling menghargai…kata intinya “belajar” bahkan mengasihi itu di mulai dari belajar. ow iya 1 lagi cantik itu ga penting sampai cc tau di kepala cc itu ada mahkota laki - lak (wibawa)…jadi setiap laki - laki harus menghormati wanita, begitu juga laki - laki harus menghormati dirinya sendiri karena memakai mahkota kristus 1 kor 11.jujur gw si cari istri yang cantik juga tapi bukan itu tujuan utama gw hehehehe

Thank U All…
Tidak semudah kita berbicara,dengan paradigma yang bertahun menetap karena tempaan keadaan.
Untuk itulah saya lari kepada kalian sahabat yang telah menguatkan langkah untuk mendekat pada kebenaran Firman Tuhan.
Sebab bagi ku terkadang cerita manusia itu misteri , nyatanya masih banyak kaum adam terjatuh karena kecantikan hawa,
nyatanya masih banyak manusia lebih respek pada orang2 yang berpenampilan sempurna,
nyatanya banyak diantara kita lebih menyukai berteman dengan orang2 yang lebih baik keadaannya,
nyatanya banyak orang2 tua yang ingin jodoh anaknya sempurna lahiriah dan batiniah,
nyatanya banyak anak2 yang mengolok2 jika bertemu dengan orang2 yang tidak beruntung,
kejadian ini membuatku melihat untuk bersyukur selalu ,dan bisa melihat kesedihan mereka yang tidak seberuntung yang lain.
Dipacu oleh waktu untuk menyakinkan diri sendiri,sebelum semuanya terlambat,
untuk tidak menyangkal Allah penciptaku yang telah memberiku keadaan seperti ini,adalah memang yang terbaik untuk mengerti dan peduli

terpenting adalah isi dalam hati baik benar !!!

penampilan luar bukan lah yang terpenting !!!

maaf,

minder
biasanya
berakar dari gambar diri yang belum dipulihkan Bapa :happy0025:

okk.memang sepertinya ya,kekurangan fisik membuat jadi malas untuk berdandan/berpenampilan baik.
Mengapa Tuhan bisa menciptakan yang satu lebih indah daripada yang lain,manakah gambar diri yang sebenarnya?

indah menurut pemandangan siapa?
manusia?
manusia biasa melihat apa yang ada terlihat diluar tetapi Tuhan melihat hati
sekedar saran: ikuti retreat Pemulihan Hati Bapa atau konsultasi ke pembimbing rohani anda
itu lebih efektif daripada tanya jawab by dunia maya

hmm… bukannya lbh tepat ikut retreat pemulihan gambar diri dulu yah? hehe.

tp sy setuju sama sis chrisma… lebih baik sis TS memulihkan gambar diri sis dulu spy sis bisa menerima diri sis apa adanya. sangat dianjurkan utk konsultasi dgn pembimbing rohani di gereja sis.
Tuhan itu menciptakan semua manusia baik adanya, dan yg pasti serupa dan segambar denganNya. dan sepanjang yg sy tau sampai saat ini, mskp ada org yg secara fisik tidak lbh baik dr yg lain, biasanya Tuhan memberikan dia kelebihan yg tidak dimiliki org yg secara fisik lbh baik dr dirinya.
jd jangan pernah menyesali diri anda sendiri dengan membandingkannya dengan orang lain, krn Tuhan pasti memberikan setiap kita kelebihan yg hanya kita sendiri yg memiliki itu. :slight_smile:

tks buat responnya
kalau di tempat saya itu 2 in 1, paketnya :smiley: