Mengapa Protestan gak percaya sama Santo , di Alkitab ada kok.

You are absolutely right brother Roti :slight_smile:

mereka semua masuk dalam terms pengantara dan doa bagi orang yang benar …:slight_smile:

Dalam apa yang diquote Jenova masuknya dalam term devosi.

Imho iman para kudus ini adalah sesuatu yang benar dan infallibel menurut teologi katolik, yang tidak infallibel ini adalah praktek devosi, penghayatan iman devosinya dll ini yang bisa salah sekaligus praktek ini juga tidak mengikat.

Contoh…orang katolik sangat tidak salah bila ia berdoa devosi para kudus termasuk bunda Maria.
Namun orang katolik yang berpikiran bahwa doa ini mengharuskan Tuhan mengabulkan doa nya hanya gara2 dia berdoa dengan devosi para kudus walaupun sebenarnya itu bukan jalan Tuhan yang terbaik baginya maka praktek ini salah dan menyimpang dari teologi iman katolik itu sendiri.

Sama juga dengan rekan non katolik termasuk protestan merasa dengan berdoa langsung maka mengharuskan TUhan mengabulkan doa mereka walaupun itu bukan jalan Tuhan yang terbaik baginya in my humble opinion ini juga melenceng dari teologi doa dalam iman kristiani non katolik.

Karena alkitab telah memberi contoh sikap doa yang baik seperti yang diserukan bunda Maria : aku ini hamba Tuhan terjadilah padaku menurut perkataanmu atau sikap Tuhan Yesus sendiri…jangan kehendaKu yang jadi melainkan kehendak Bapa sendiri.

Menurut saya sikap doa ini lah yang benar dan diajarkan oleh alkitab baik untuk teologi iman katolik yang menganut perantaraan para kudus dan rekan2 non katolik yang tidak menganut devosi para kudus.

salam damai :slight_smile:

saya pribadi sendiri bahkan percaya bahwa saya nantinya juga ke surga karena nama Yesus…(Aminn…)
masa sih menurut anda bunda Maria n semua Rasul malah ga mengenal Yesus seperti saya?

Maksudnya opo Pak Dor…?

ga ada apa2 bro…

Sorry kalau begitu … maksudku denom Protestan itu mencakup Kharismatik, Calvinis , Pentakosta dst dst yang akarnya dari Marthin Luther .

Oke terutama denom Kharismatik dan Pentakosta yang juga tidak percaya bahwa Bunda Maria masuk Surga.

Judul thread terlihat provokasi yah bro :wink:

Imho judul thread ini sama artinya dengan ini : menagapa katolik memakai doa perantara…

Nah kalau ketemu judul yang dibuat oleh rekan katolik seperti ini bro Erwin bisa klarikasi dengan kata2 kurang lebih seperti ini :
Anda salah .
Protestan mengimani para kudus seperti para rasul dan para nabi telah berbahagia di Sorga, yang tidak kami imani adalah peran mereka sebagai perantara.
Bisakah anda jelaskan bagaiamana teologi katolik mengenai peran pengantara ini adakah ajaran keperanataraan ini alkitabiah?

begitu bro dan dengan begini diskusi akan berkembang dengan baik yang boleh jadi memperkaya wawasan masing2 pihak.

Jadi jangan panas dulu yah bro :slight_smile:

salam damai itu dua kata yg maknanya baik dan semua kita disini harus membuat itu jadi hukum di forum ini
Amin. Mari kita saling mengingatkan satu sama lain...dalam persaudaraan kristiani yang penuh kasih.

salam damai :slight_smile:

Sekarang Bunda Maria , para Rasul sudah di Surga atau Tidak … ?
Menurut anda…

  1. Ya ada di Surga… alasan / di Alkitab
  2. Tidak masih berada di … alasannya mengapa dan referensinya ?

SETUJU…SETUJU…AKLAMASI … ini baru oke.

nah gini ditanya satu2 biar lebih jelas.

jwban 1 n 2 dirangkep jadi satu.
menurut saya surga itu tidak terikat waktu; dahulu, sekarang ato besok sama saja.

jika anda bertanya, apakah Bunda Maria n para Rasul telah diselamatkan Yesus?
saya jawab, Iya.

saya coba tanya balik,
apakah menurut anda Bunda Maria adalah satu2nya manusia yang mampu menyelamatkan dirinya sendiri tanpa memerlukan penebusan Kristus?

tentu maria membutuhkan penebus…
Maria adalah Hamba Allah, manusia yang berbahagia karena mengandung dan melahirkan Allah…

Point 1 & 5 bro

Deposit Iman:
Kitab suci dan Tradisi Suci yg dikenal dan diterima oleh Magisterium. INFALIBLE sebagai Firman yg diterima langsung dari Allah melalui ajaran para rasul. TIDAK DAPAT DITAMBAH ATAU DIKURANGI.
Dogma:
Ajaran iman dan moral yang INFALIBLE, yg bersumber dari deposit iman. Diikat oleh organ infabilitas Gereja, yaitu melalui keputusan paus secara ex-cathedra atau melalui konsili ekumenis para uskup dalam persatuan dengan Paus. Tidak dapat bertentangan dengan Deposit iman atau dogma2 pendahulunya.
Dogma ditegaskan seiring berjalannya waktu utk menjaga kemurnian ajaran yg berasal dari deposit iman, ketika ajaran2 ini berhadapan dengan bidaat2 yg menentangnya. Contoh: dogma Tritunggal yg ditegaskan di konsili Nisea di tahun 325 AD dan dogma dwi-natur YESUS yg ditegaskan di konsili Kalsedon tahun 451 AD. Jadi bukan hal yg aneh kalo dogma purgatory ataupun Mary’s assumption ditegaskan setelah abad ke 15, karena memang baru di waktu itulah ajaran ini mendapat perlawanan dari bidaat2 yg menyangkal iman Gereja. Tapi dogma2 ini dapat dengan mudahnya dibuktikan bahwa ajarannya sudah ada sejak awal gereja, sesuai dan tidak bertentangan dengan deposit iman.
Doktrin:
Ajaran iman dan moral yang TIDAK INFALIBLE. Mengikat semua umat katolik yang menerimanya. Dapat berubah, diubah, dibuang, bahkan dinyatakan bidaat/sesat jika ditemukan bertentangan dengan deposit iman. Doktrin jarang ditetapkan menjadi dogma.
Disiplin:
Aturan dan pedoman dalam hidup beriman yang TIDAK INFALIBLE, mengikat semua umat katolik yg menerimanya. Disiplin iman dibuat utk menjaga umat utk tetap di jalan yang lurus (orthodox), termasuk di dalamnya adalah aturan pantang dan puasa, hidup selibat para biarawan/wati, dll. Disiplin dapat dikompromikan, diubah, atau bahkan dihapus jika keadaan mengharuskan.
Devosi:
Praktek berdoa, meditasi, dan disiplin rohani, sesuai dengan restu Gereja. TIDAK INFALIBLE. Termasuk di dalamnya adalah devosi2 kepada Maria (e.g. rosario, novena), devosi jumat pertama utk menghormati Hati Kudus YESUS, devosi Sabtu Pertama utk Hati Kudus Maria, Liturgy jalan salib, dll. Tidak mengikat umat, boleh dilakukan jika dapat mendukung pertumbuhan iman, boleh ditolak jika menjadi batu sandungan.

Ada beberapa Devosi yang merupakan warisan para Rasul bro :slight_smile:

sekian lama saya di gereja Kharismatik nggak pernah dengar ada jemaat lainnya yang mengatakan bahwa bunda Maria nggak ke sorga bro, saya pribadi juga tidak pernah terbersit setitik pun pikiran kalau bunda Maria tidak masuk surga.

???

Kebalik kali bro … kesaksian dari denom kharismatik malah banyak yang sudah jalan2 ke sorga :smiley: :smiley: :smiley: (emang piknik :p)

Menurut mereka di sana tentu ada para nabi, rasul, termasuk bunda Maria. ada yang melihat kakek buyutnya, kakeknya dsb di sorga, masaak bunda Maria gak masuk sorga ? :smiley:

Jadi bro salah sasaran tembak nih, ayo puteerrr :smiley:

Sedikit OOT.
Saya tertarik melihat post anda ini bro Erwin. Di post anda, seolah anda menganggap Protestan itu bukan Karismatik, dan sebaliknya, begitukah?

:mad0261:

Dear Bruce

Sori ikut nimbrung, tapi kalau saya lihat mungkin maksudnya Sdr Erwin adalah Kalangan Protestan terdiri dari beberapa denominasi seperti Injili, Reformed, Karismatik, Pentakosta… (mungkin ada lainnya). Karismatik dan Pentakosta lahir juga dari Denominasi Protestan dan bertambah besar sehingga menjadi denominasi sendiri dari kelompok Protestan.

Salam

kalau setau saya sih menurut bro Erwin yang Protestan adalah yang mainstream seperti Injili Calvin, Lutheran yang kalau di Indonesia adalah HKBP, GKI, GPIB, GMIM dll…
Sedangkan kalau karismatik, baptis mungkin juga Pantekosta itu denom yang lain dari Protestan…
Bro erwin, dan Bro Mac Please correct me if I am wrong :slight_smile:

Nah sedangkan dari sudut pandang rekan2 katolik : saudara2 berbagai denom selain SSY dan anti Trinitas tentunya, nah mereka semua itu baik karismatik, Lutheran, Calvin, Anglikan dll…itu digolongkan sebagai protestan.
Dan yang lain lagi adalah Gereja Orthodox .

Jadi katolik melihat seluruh Gereja ini dalam 3 golongan besar yaitu katolik itu sendiri , Protestan, Orthodox.

Untuk SSY, atau Gereja anti Trinitas lainnya maaf tidak kita anggap saudara seiman karena memang iman Trinitas dalam konsili Nicea dan konstatinopel adalah acuan seturut Tradisi dan Kitab suci yang menandakan kita adalah putera-puteri pengikut Kristus.

salam damai :slight_smile:

Dear Leonardo

Yah betul, ada istilah Gereja-gereja mainstream dalam kalangan Protestan namun sejarah dari Karismatik, Pentakosta sendiri sebenarnya sudah cukup tua juga (dilihat dari sudut waktu saat ini). Namun semua gereja ini berada di bawah payung Gereja Protestan.

dan sama seperti Gereja Katolik, Kalangan Protestan tidak memasukkan SSY, Mormon, dan anti trinitas lainnya ke dalam Gereja Protestan karena beda ajaran.

Salam

jika kita percaya bahwa Tuhan menebus kita, tentunya kita juga percaya bahwa Tuhan menebus Maria kan.
jadi siapa yang tidak percaya bahwa Maria masuk surga?

nanya dong, kalo dalam ayat dibawah ini termasuk UUT jg ga?

Kel.32:4 Diterimanyalah itu dari tangan mereka, dibentuknya dengan pahat, dan dibuatnyalah dari padanya anak lembu tuangan. Kemudian berkatalah mereka: "Hai Israel, inilah Allahmu, yang telah menuntun engkau keluar dari tanah Mesir!

Kalau ini bukan UUT tapi OOT, karena ayat yang kamu kutip adalah penyembahan berhala dan bukan doa perantara seharusnya yang kamu kutip…adalah ayat Yakobus yang mengajarkan untuk saling mendoakan…

salam :slight_smile:

ada orang2 protestan yang mengatakan surga kosong melompong…

menurut saya, ini OOT…

kalo menurut kamu bagaimana, bro…?