mengapa agama katolik tidak bertepuk tangan saat memuji ALLAH ??

KNP ORG KATOLIK GK TEPUK TANGAN mazmur menyuruh bertepuk tangan dan bersorak sorailah?? silahkan monggo
contoh :
Maz. 47:1
Untuk pemimpin biduan. Dari bani Korah. Mazmur. (47-2) Hai segala bangsa, bertepuktanganlah, elu-elukanlah Allah dengan sorak-sorai!(TB)

Lalu apakah dengan tepuk tangan anda lebih benar di mata Tuhan?

;D

KARNA itu perintah ALLAH sya tdk bgitu bnar hanya bertanya kenapa sih kok gk tepuk tangan ?? males ya?? karna itu menandakan sifat hati tulus gak
masa tepuk tangan aja gak mau

Ada jawapan yang lebih jelas/alkitabiah?

Jujur nih bro, ada tidak di dalam Bible perintah yang mengatakan “bertepuk tanganlah, karena bila tidak berarti anda tidak tulus ibadahnya”, ada ga bro perintah seperti itu? Saya terkadang tepuk tangan, terkadang saya diam, ekspresi tubuh kita saat memuji dan menyembah Allah tidak mempengaruhi penilaian Tuhan bro.

Tuhan melihat hati tetapi MANUSIA MELIHAT APA YANG TAMPAK, jadi kalau anda bilang kenapa tidak tepuk tangan? Saya jawab, mau dilihat sama manusia ya anda lebih sungguh ibadahnya?

:ashamed0004:

Ya ada, postingan saya sebelumnya. Tuhan melihat hati, tetapi manusia melihat apa yang nampak, anda mau diam, mengangkat tangan, tepuk tangan, tidak masalah.

Kalau lagunya sedih masa tepuk tangan kegirangan? Atau kalau lagunya gembira, masa tidak tepuk tangan? Ya ekspresi sikap hati kita pasti terpancar kan keluar tapi sekali lagi itu tidak membuat kita lebih benar di mata Tuhan.

:slight_smile:

apa itu kutang jelas maz47:1 lihay yohada memuji raja BAGAIMANA??
2 Raj. 11:12
Sesudah itu Yoyada membawa anak raja itu ke luar, mengenakan jejamang kepadanya dan memberikan hukum Allah kepadanya. Mereka menobatkan dia menjadi raja serta mengurapinya, dan sambil bertepuk tangan berserulah mereka: “Hiduplah raja!”(TB)

mazmur 47:1 mengatakan tepuk tangan yang artinya bersyukurlah
ngapain diliat orang mah gak usah
baca dgn tari-tarian
Maz. 150:4
Pujilah Dia dengan rebana dan tari-tarian, pujilah Dia dengan permainan kecapi dan seruling!(TB)
jika dilihat org itu gk peenting kawan apakah anda malu bila dilihat orang anda malu dengan TUHAN anda???

jika lagu sedih kaya lagu penyembahan angkat tangan jgn tepuk tangan

ya… anda benar.
Maksudnya ini?
mengapa agama katolik tidak bertepuk tangan saat memuji ALLAH ??
Lho…memuji Allah kan nga semestinya bertepuk tangan…saat kita berdoa atau bersaksi juga bisa memuji Allah dan nga terbatas saat kita digereja aja…

Bro pradip, anda belum mengerti esensi memuji Tuhan berarti, anda berjemaat dimana kalau boleh tau?

Sorry bro, tanya aja, soalnya takutnya kalau saya bicara mengenai memuji Tuhan, kalau doktrin Gerejanya beda anda tersinggung nanti… :slight_smile:

inikan pertanyaan saya kepada saudara Rennati…

Berarti memang tidak harus tepuk tangan ya? Sudah terjawab dong?

Mas Pradip,
mungkin ada baiknya, kita berdoa mencari jawaban atas pernyataan mas & sambil baca-baca ilustrasi cerita berikut ini:

saya rasa cukup relevan ya…

salam,

waduhh… masa digereja punya lagu sedih?? :mad0261:

Pujian dan penyembahan itu tidak tergantung pada sesebuah lagu itu bro…
Lagu rentak cepat/rancak bukan bererti lagu pujian dan lagu rentak slow bukan bererti lagu penyembahan.
:happy0025:

Betul, tapi maksud saya kalau lagu dengan ritme slow, nah dengan lagu tersebut anda mau jingkrak-jingkrak? Saya sih tidak masalah, mau koprol juga boleh… :wink:

ya…bisa aja. Tergantung gimana cara seseorang itu mengekspresikannya…

Katolik yang tepuk tangan juga ada, yaitu katolik karismatik di cikanyere, pimpinan Pastor Yohanes.

Yang kerjanya puasa dan doa terus juga ada, yaitu ordo Trapis.

Yang dalam bidang rumah sakit juga ada.

Yang dalam bidang pengajaran juga ada.

Yang melayani orang yang hampir mati di jalan-jalan dan sudah tidak dianggap manusia lagi, juga ada, yaitu dari ordo charity, mother Teresa.

Yang melayani orang-orang didaerah-daerah yang belum mengenal Kristus juga ada.

Dan banyak lagi macamnya, sesuai dengan dorongan hatinya masing-masing mau mengikuti yang mana.

Dan para pastor dan Nuns itu tidak kawin, meninggalkan keluarganya, tidak digaji, dan tidak mempunyai kekayaan duniawi.

Syalom.

kalo saya, belum pernah lihat orang kegereja bawa rebana,kecapi dan seruling :slight_smile:

Bro pradipta86… komentar ya (walau sy bukan katholik)…
IMHO: ayat mazmur 47:1 belum dapat dijadikan dasar untuk mengkritik saudara kita umat Katholik… atau sebagai suatu perbandingan dalam ‘CARA STATIK’ menyembah Tuhan…

2:13 Berdiam dirilah, hai segala makhluk, di hadapan TUHAN, sebab Ia telah bangkit dari tempat kediaman-Nya yang kudus.
46:10 (46-11) “Diamlah dan ketahuilah, bahwa Akulah Allah! Aku ditinggikan di antara bangsa-bangsa, ditinggikan di bumi!”
2:20 Tetapi TUHAN ada di dalam bait-Nya yang kudus. Berdiam dirilah di hadapan-Nya, ya segenap bumi!
5:2 (5-1) Janganlah terburu-buru dengan mulutmu, dan janganlah hatimu lekas-lekas mengeluarkan perkataan di hadapan Allah, karena Allah ada di sorga dan engkau di bumi; oleh sebab itu, biarlah perkataanmu sedikit.

Jadi…

3:1 Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun di bawah langit ada waktunya.
3:4 ada waktu untuk menangis, ada waktu untuk tertawa; ada waktu untuk meratap; ada waktu untuk menari;
3:7 ada waktu untuk merobek, ada waktu untuk menjahit; ada waktu untuk berdiam diri, ada waktu untuk berbicara;

peace ya bro pradipta86 :slight_smile: